Kalimantan Selatan

10 Tempat Wisata di Kotabaru Terbaru dan Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Siapa bilang di Kotabaru minim objek wisata? Nyatanya banyak loh objek wisata terhits sehingga dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Sejatinya Kotabaru merupakan kabupaten di Kalimantan Selatan, mengingat Kalimantan Selatan sangat luas maka pilihan tempat wisatanya pun dapat dipilih. Yang terpenting menyediakan budget yang cukup sehingga bebas memilih objek wisata.

Selain itu, mayoritas objek wisata alamnya masih asri dan terlindungi. Alasannya selalu dijaga keasriannya sehingga tidak ada campur tangan manusia yang membuat keindahannya berkurang, alhasil banyak argumen bahwa Kotabaru adalah Bali ke duanya Indonesia. Walaupun begitu, setiap kota memiliki keunggulannya tersendiri untuk memikat hati wisatawan.

Mengingat keanekaragaman objek wisata yang multifungsi, banyak orang memilih Kotabaru sebagai destinasi wisata liburan keluarga dibanding ke luar negeri. Memang, di luar negeri menawarkan banyak tempat wisata instagramable, namun wajib menyediakan budget sangat banyak. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Kotabaru terhits yang wajib dikunjungi, diantaranya adalah:

1. Goa Temuluang

Goa Temuluang

Image Credit: Borneowisatakalimantan.blogspot.com

Objek wisata Goa Temuluang terbilang unik loh dan dinikmati wisatawan karena goa tersebut bersejarah. Bahkan menjadi rumah puluhan ribu walet didalamnya, tak ayal saat menyusuri goa, pengunjung akan melihat walet berterbangan. Usahakan tidak mneyakiti walet-walet tersebut karena mereka ingin hidup dan tidak menganggu manusia, untuk itu nikmatilah pemandangan alam yang indah menawan.

Apalagi selama perjalanan, pengunjung menyaksikan pemandangan gunung-gunung kapur yang terletak di sekitar goa. Hal tersebut membuat Anda tak berkedip mata karena mengagumi segala pemandangan yang sangat indah.

Lokasi: Desa Bangkalan Dayak, Kec. Lumpang Hulu, Kab. Kotabaru.

2. Pulau Birah-birahan

Pulau Birah-birahan

Image Credit: Muhammadpadli.wordpress.com

Pulau Birah-birahan membuat pengunjung berdecak kagum karena memiliki bentuk memanjang dan berkelok, hal tersebut membuat keindahannya tercipta sempurna walaupun pulaunya tak begitu luas. Perlu diketahui, pulau tersebut memiliki tiga zona, yaitu terumbu karang, pantai tebing batu, dan pantai Ganggang.

Ke 3 zona tersebut harus dipatuhi pengunjung saat melakukan kegiatan air, tujuannya agar aman dan tidak ada bahaya yang ditimbulkan. Untuk zona Terumbu Karang digunakan untuk snorkelling dan berenang, sementara zona Ganggang digunakan untuk spot memancng. Dijamin kegiatan memancing seru dan membuat hati berdebar karena penasaran seperti apakah hasil tangkapan ikannya. Usahakan memancing dengan fokus dan tidak terlalu mengambil hati karena suasana memancing di tempat pemancingan berbeda dengan suasana memancing di alam bebas. Pasalnya ikan-ikannya dapat berenang bebas jika di alam bebas.

BACA JUGA:  Pantai Gedambaan, Pantai Cantik Nan Eksotis di Kotabaru

Lokasi: Kotabaru Perbatasan Antara Kec. Pulau Laut dan Kec. Pulau Sembilan.

3. Pulau Samber Gelap

Pulau Samber Gelap

Image Credit: Detik.com

Sejatinya, Pulau Samber Gelap terletak di sebelah selatan Pulau Laut sehingga pengunjung harus menggunakan speedboat untuk menjangkaunya. Sementara jarak tempuhnya sekitar dua jam, walaupun termasuk pulau yang kecil namun memiliki daya tarik tersendiri sehingga menjadikannya hits di kalangan masyarakat.

Pasir putih dan launya yang dangkal membuat wisatawan ingin berlama-lama berenang di pulau tersebut. Apalagi terdapat mercusuar sekaligus gardu pandang yang membuat pulau tampak unik namun berkelas. Pastinya banyak aktifitas air yang harus dicoba, misalnya snorkelling dan diving yang menarik karena pulau Samber Gelap memiliki kekayaan biota laut. Pastinya masih terlindungi sehingga pengunjung dapat mengetahui bahwa alam bawah laut sangat indah untuk dilestarikan.

Lokasi: Kec. Pulau Sebuku, Kab. Kotabaru.

4. Pulau Denawan

Pulau Denawan

Image Credit: Wisata-auda.blogspot.com

Anda ingin menenangkan diri dan jauh dari keramaian kota? Mengunjungi objek wisata Pulau denawan pilihannya. Pasalnya pulau indah dan menawan tersebut tidak berpenghuni sehingga sering dijadikan liburan seseorang yang kesehariannya sangat sibuk dan ingin menenangkan pikiran. Menariknya lagi pengunjung dapat menyaksikan penyu yang bertelur loh karena di pulau tersebut banyak penyu tanpa diganggu manusia.

Selain itu pulau tersebut cocok dijadikan bulan madu pengantin baru, dijamin kebersamaan sangat kental tanpa gangguan dari orang sekitar. Namun sah-sah saja jika Anda mengajak keluarga jika tak ingin terlalu sepi menikmati pemandangan indah pulau Denawan. Anda dapat membuat tenda di pantai sehingga dapat menikmati sunrice maupun sunset secara maksimal.

Lokasi: Kec. Pulau Sembilan, Kab. Kotabaru.

5. Pulau Pamalikan

Pulau Pamalikan

Image Credit: Beritagar.id

Siapa sangka, Pulau Pamalikan berada satu kecamatan dengan Pulau Denawan. Alhasil pengunjung dapat bergantian berkunjung ke pulau Pamalikan kemudian ke Pulau Denawan atau sebaliknya, pulau Pamalikan menawarkan spot bawah laut yang indah dan menawan. Untuk itulah pengunjung harus mengeksplor bawah laut pulau Pamalikan sehingga rasa penasaran hilang, pastinya dapat merilekkan pikiran.

BACA JUGA:  Kebun Raya Banua Banjarbaru, Wisata Seru Melihat Ribuan Koleksi Tanaman Langka

Sama seperti pulau Denawan, pulau Pamalikan memiliki banyak penyu yang menggemaskan. Sebagai pengunjung yang baik, walaupun pulau tersebut tidak terlalu ramai harus menjaga habitat penyu sehingga tidak punah. Dengan begitu generasi penerus dapat melihat seperti apakah kehidupan penyu.

Lokasi: Kec. Pulau Sembilan, Kab. Kotabaru.

6. Pantai Tanjung Ketapang

Pantai Tanjung Ketapang

Image Credit: Nfitriah.blogspot.com

Pantai Tanjung Ketapang hanya berjarak sekitar 10 km dari ibukota kabupaten Kotabaru sehingga ramai dikunjungi dan terhits. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi pantai tersebut karena memiliki pemandangan hijau yang eksotik, bahkan menjadi pantai instagramable loh. Hal tersebut lantaran menyuguhkan lanskap yang sangat indah beserta lautnya yang biru.

Anda dan rombongan pasti betah berlibur ke Pantai Tanjung ketapang karena tersedia penginapan untuk pengunjung. Walaupun penginapannya tidak seperti hotel berbintang, namun keindahan pantai melebihi tidur di hotel berbintang. Siapa sangka, pantai tersebut sering dijadikan foto prewedding loh. Banyak yang membuktikan hasil foto prawedding di pantai Tanjung Ketapang sangat indah dan berkarakter.

Lokasi: Sarang Tiung, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.

7. Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan

Image Credit: Ksmtour.com

Orang zaman dahulu mengenal pantai gedambaan sebagai pantai Sarang Tiung, namun kini berubah nama menjadi pantai Gedambaan. Sejatinya pantai tersebut menyediakan banyak penginapan untuk pengunjung, hal tersebut karena suasana subuh menjadi spot andalan pengunjung. Pengunjung dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang sangat indah karena letak pantai di sebelah timur.

Mengingat pantainya sangat indah, kebanyakan pengunjung lebih dari tiga hari menginap di penginapan sekitar pantai gedambaan. Alasannya sama, yaitu waktu liburnya panjang sehingga ingin lebih lama menikmati pemandangan alam pantai Gedambaan, untuk itu sediakanlah perlengkapan seperti pakaian, kebutuhan sehari-hari dan lain-lain sehingga tak menganggu liburan.

Lokasi: Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.

8. Pantai Teluk Gosong

Pantai Teluk Gosong

Image Credit: Mymagnificentindonesia.wordpress.com

Orang awam pasti mengira pantai teluk gosong adalah pantai tidak indah dan kebersihannya tidak terjaga. Nyatanya, pantai tersebut sangat indah dan berpasir putih. Apalagi biota launtnya lengkap dan tidak ada campur tangan manusia sehingga masih lengkap dan berada di tempatnya, liburan di pantai tersebut pastinya menyenangkan dan tak ingin cepat pulang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Barito Kuala Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.

9. Taman Hutan Meranti

Taman Hutan Meranti

Image Credit: Banjarmasinpost.co.id

Taman hutan Meranti menjadi andalan pengunjung loh karena dapat melihat keseluruhan Kotabaru dari atas, dijamin menjadi pengalaman tak terlupakan. Sementara terdapat jenis Meranti dan Keruing terbaik di dunia. Pengunjung dapat mengeksplor objek wisata tersebut bersama buah hati karena kental akan edukasinya mengenai alam dan kekayaan hewan yang ada di Kotabaru.

Jangan sampai anak generasi penerus tak mengetahui kekayaan alam Indonesia. Sebagai orang tua wajib membimbing mereka agar mengenal alam, caranya adalah mengajak mereka liburan ke Kotabaru yang menawarkan banyak edukasi.

Lokasi: Sebelimbingan, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.

10. Air Terjun Tumpang Dua

Air Terjun Tumpang Dua

Image Credit: Meratusgeopark.org

Objek wisata air terjun tumpang dua terbilang unik dan membuat pengunjung penasaran karena airnya tidak jatuh ke bawah. Menjadi objek wisata terhits, apalagi banyak wahana yang disediakan sehingga pengunjung betah berlama-lama mengeksplor. Untuk itulah mengajak sanak saudara adalah pilihan tepat sehingga banyak moment berharga yang tercipta, tentunya diabadikan pada smartphone untuk kenang-kenangan.

Selain itu sediakan perbekalan yang lengkap agar kegiatan liburan tidak terkendala, jangan sampai Anda lupa membawa pakaian anak yang lengkap dan camilan kesukaannya. Pasalnya anak-anak lebih cepat bosan ketimbang orang dewasa, terutama jika apa yang diinginkannya tidak lengkap. Jika buah hati cewek, pastikan membawa mainan termasuk boneka. Namun jika laki-laki bawalah mainan anak laki-laki.

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.

Mengunjungi objek wisata di Kotabaru memang tak ada habisnya karena banyak objek wisata terbaru dan terhits yang harus dikunjungi. Namun ke 10 rekomendasi diatas dapat dijadikan pilihan liburan bersama keluarga atau rekan kerja, dijamin liburan menyenangkan dan wawasan semakin luas karena setiap tempat wisata memiliki edukasi yang berbeda. jangan sampai lupa meluangkan waktu ke pusat oleh-oleh kotabaru ya, tujuannya membeli oleh-oleh untuk orang tercinta di rumah sehingga mereka turut senang.