Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Kayong Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Terbaik di Kayong Utara, Kalimantan Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Liburan atau pun Akhir Pekan.

Kayong Utara, nampaknya nama tersebut masih terasa asin di telinga masyarakat Indonesia, padahal Kayong Utara adalah nama suatu daerah yang berada di Kalimantan barat. Seperti yang kita ketahui Kalimantan adalah kepulauan yang menyimpan sejuta pesona alam yang tersembunyi. Banyak turis mancanegara yang secara langsung datang ke Indonesia hanya untuk mengeksplor tempat-tempat keren di kelupauan kalimanta ini.

Begitupun dengan Kalimantan barat, tempat ini terkenal dengan kekayaan flora dan faunanya. Banyak konservasi alam yang dibuat di Kalimantan barat, konservasi alam ini dibuat untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuh-tumbuhan endemic yang ada di rimbun hutan Kalimantan. Tapi jangan takut, karena jumlah turis dalem negri maupun luar negri yang terus meningkat, pemerintah akhirnya menambah jumlah pemandu wisata di setiap konservasi alam yang mereka buat.

Jika ini adalah pertama kalinya kamu mendengar istilah nama daerah Kayong Utara, wajar saja kayong memang masih tergolong baru, namun semenjak diadakannya acara sail selat karimata pada tanggal 15 oktober 2016 lalu, Kabupaten yang baru terbentuk ini mulai diketahui masyarakat luas. Apabila kamu berkesempatan ke Kayong Utara ada beberapa tempat wisata menarik yang wajib kamu datangi.

1. Pantai Pasir Mayang

Pantai Pasir Mayang

Image Credit: Wartakayong.wordpress.com

Pantai satu ini bisa dikatakan masih sangat alami, karena belum banyak masyarakat luar yang tau, pantai ini masih sangat asri dan alami. Untuk kamu pengejar sunrise pantai pasir mayang bisa dijadikan salah satu rekomendasi yang tepat. Terlebih karena jaraknya yang hanya berjarak 8km dari pusat kota kayong kamu bisa menyewa homestay atau pavilion sederhana yang nyaman untuk tempat menginap. Kamu juga bisa menikmati ombak kecil di tepian pantai pasir putih. Ada banyak spot foto menarik untuk mempercerah feed media sosialmu.

Jika kamu mencari penginapan di sekitar pantai itu sulit, karena masih belum banyak terjamah manusia, pembangunan di pantai ini juga masih minim.

Lokasi: Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara.

2. Lubuk Baji

Lubuk Baji

Image Credit: Delikkalbar.com

Karena Kayong Utara merupakan Kabupaten yang baru saja terbentuk, maka tempat wisata disini juga     kebanyakan masih tergolong baru, begitu pula dengan lubuk baji. Disini terdapat curug kecil dengan pemandangan air yang sangat jernih. Disekitar curug masih rimbun dengan pepohonan dan bebatuan sehingga menambah kesan asri dan suasana lebih tentram.

BACA JUGA:  Pulau Randayan, Pulau Cantik Nan Eksotis di Kalimantan Barat

Jika berminat datang kesini jangan lupa bawa persediaan bekal dan minum yang cukup, karena kamu akan mendaki jalur pendakian sebelum sampai ke tempat tujuan.

Lokasi: Sedahan Jaya, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara.

3. Kepulauan Karimata

Kepulauan Karimata

Image Credit: Travel.detik.com

Nah, yang satu ini cocok untuk penyuka olahraga menyelam. Di kepulauan karimata ini kamu bisa menikmati spot diving yang luar biasa indahnya. Panorama alam yanga da di bawah laut masih terjaga dengan baik. Pemandangan yang eksotis dengan aneka ragam terumbu karang dan biota laut sayang jika kamu lewatkan begitu saja.

Pulau cantik ini bisa kamu tempuh menggunakan kapal klotok dengan waktu temouh 10-12 jam, jika cuaca kurang bersahabat maka bisa saja kamu membutuhkan waktu yang lebih lama.

Lokasi: Pelapis, Kec. Pulau Maya, Kab. Kayong Utara.

4. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung

Image Credit: Voinews.id

Destinasi wisata satu ini harus kamu kunjungi jika berkesempatan ke Kayong Utara. Daerah hutan yang masih asli dan terjaga dengan baik ada di taman nasional gunung palung. Namun kejadian kebakaran yang terjadi pada September 2019 kemarin menjadi hari buruk bagi ekosistem yang ada di dalamnya. Sekarang ini aktivis lingkungan sedag berusaha untuk membuat penghijauan kembali di teman nasional gunung palung.

Menurut informasi, ekosistem yang ada di taman nasional gunung palung adalah terlengkap dari taman nasional yang ada di dunia. Wah kita sebagai masyarakat Indonesia harus bangga dn membantu melestarikannya.

Lokasi: Padu Banjar, Kec. Simpang Hilir, Kab. Ketapang.

5. Bukit Mendale

Bukit Mendale

Image Credit: Wisatasia.com

Selanjutnya ada bukit mendale. Destinasi wisata satu ini cocok untuk kamu yang berjiwa petualang sejati. Untuk bisa sampai ke puncak bukit dan melihat panorama alam yang ada, kamu membutuhkan tenaga ekstra. Jalur pendakian yang cukup sulit akan menemanimu selama perjalanan, selain itu waktu tempuh yang akan kamu hadapi juga lumayan lama, setidaknya butuh 2 jam dan bisa lebih.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kapuas Hulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tampat wisata bukit mandale termasuk ke dalam wisata yang masih tersembunyi, dengan ketinggian sekitar 320 mdpl dan medan yang sulit sebaiknya kamu membawa persediaan konsumsi dari rumah.

Lokasi: Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara.

6. Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok

Image Credit: Wartakayongnews.blogspot.com

Pantai pulau datok bisa dikatakan sebagai andalannya Kabupaten Kayong Utara. Masyarakat sekitar cenderung lebih menyukai wisata alam seperti pantai. Dengan deburan ombak yang tidak begitu tinggi dan jajaran pohon pohon hijau yang masih rimbun di sisi bibir pantai, akan membuatamu betah berlama-lama di pantai pulau datok, jika berkesempatan ke Kayong Utara jangan lewatkan pula destinasi satu ini. Dijamin beban pikiran yang ada di dalam otakmu akan menguap begitu saja

Menurut informasi jika berwisata ke pantai ini, jangan lupa untuk merasakan nikmatnya kelapa segar yang banyak dijual di tepi pantai. Rasa kelapa di sini masih sangat segar dan cocok untuk teman santap siangmu

Lokasi: Jl. Pantai Pulau Datok, Pangkalan Buton, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara.

7. Taman Wisata Mangrove Sukadana

Taman Wisata Mangrove Sukadana

Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Nah, wisata satu ini bisa dikatakan satu paket dengan wisata pantai pulau datok. Setelah kamu berpanas-panasan di pantai waktunya ngadem di taman wisata mangrove sukadana. Tempat ini berdekatan dengan pantai pulau datok. Selain itu obyek satu ini sedang ramai-ramainya dikunjungi wisatawan. Jika ingin kesini jangan lupa batrei kamera maupun smartphone harus terisi penuh, karena spot selfie yang ada di sini banyak yang menarik. Tempat wisata di Kalimantan barat memang banyak yang berdekatan satu sama lain, jadi jika mencari infromasi dengan benar bisa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Tempat ini menjadi salah satu kawasan yang memiliki peran ekologis sangat tinggi, ada sebanyak 7 jenis flora yang terdiri dari 5 familia. Vegetasi tumbuhan yang ditemukan kebanyakan adalah semai, pancang, dan beragam jenis pepohonan.

Lokasi: Jl. Pelabuhan TPI, Dusun Tanah Merah, Sutera, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara.

8. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang

Image Credit: Heikaku.com

Untuk menuju pulau ini kamu bisa menggunakan transportasi laut seperti speedboat dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Pulau kepayang di dominasi oleh pasir pantai yang putih, itu karena pulau kepayang sendiri merupakan pulau yang terbentuk dari endapan-endapan pasir. Banyak juga flora dan fauna yang hidup di pulau ini. Pulau kepayang terdiri dari satu tempat tinggal da nada pula tempat peribadahan.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Alam Pantai Kijing di Pontianak

Di pulau kepayang kamu bisa snorkling ria juga, aneka ragam biota laut lucu dan terumbu karang bisa kamu lihat. Keadaannya masih alami karena belum banyak tereksplorasi. Selain itu ada penemuan tempayang 2 buah.

Lokasi: Betok Jaya, Kec. Kepulauan Karimata, Kab. Kayong Utara.

9. Bukit Bulan

Bukit Bulan

Image Credit: Triptrus.com

Destinasi wisata Kayong Utara yang satu ini cocok untuk kamu yang suka selfie dengan background pemandangan alam yang masih alami. Spot foto disini akan langsug menghadap ke barisan bukit-bukit hijau dan pemandangan awan. Kamu bisa datang kesini seteah datanga dari kawasan lubuk baji, kedua tempat wisata ini berdekatan, namun untuk dapat menikmati pemandangan alam yang indah kamu harus melewati medan pendakian yang cukup terjal.

Informasi tambahan, kamu juga bisa mendirikan camp di bukit bulan. Kawasan tanah disini landau, jadi cocok untuk menikmati indahnya malam dengan teman-temanmu,

Lokasi: Pengkalan Butun, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara.

10. Pulau Serutu

Pulau Serutu

Image Credit: Wisatasia.com

Jika kamu belum puas ke pulau karimata, masih ada satu pulau lagi yang bisa kamu kunjungi. Ya pulau serutu, pulau ini masih sangat hijau dan kaya akan keindahan baharinya. Selain keindahan bahari yang ada di sini, kamu juga bisa melihat adanya mercusuar yang berusia lebih dari seabad dn masih berdiri dengan kokoh di pulau tersebut. Wisata pulau ini cukup lengkap kamu juga bisa menikmati indahnya pantai pasir putih yang menjadi highlight atau persembahan utama dari pulau serutu.

Saat berkunjung ke pantai ini bersikaplah ramah dan sopan, masyarakat disini sangat ramah pada wisatawan atau orang yang terlihat asing.

Lokasi: Betok Jaya, Kec. Kepulauan Karimata, Kab. Kayong Utara.

Nah, tentunya masih banyak sekali objek wisata yang belum terekspose yang ada di Kabupaten Kayong Utara. Masih banyak wisata alam seperti pantai, bukit, ataupun cagar budaya untuk tempat konservasi yang belum banyak diketahui masyarakat luar. Jika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Kayong Utara jangan lupa untuk menyiapkan waktu ekstra ya, agar tidak terburu-buru dan malah melewatkan berbagai destinasi wisata unik yang ada di Kayong Utara.