Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Katingan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Katingan, Kalimantan Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Memiliki Pesona Wisata Menarik yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Kabupaten Katingan merupakan salah satu kabupaten yang ada di kalimantan tengah. Kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten yang sedang berbenah diri dan mematutkan diri menjadi kabupaten yang layak dijadikan tempat berwisata. Meskipun tidak dipungkiri bahwa provinsi kalimantan tengah sendiri memiliki  potensi yang cukup besar untuk dikembangkan. Alasanya adalah kebanyakan objek wisata yang ada di provinsi kalimantan tengah berada di kabupaten ini.

Ibukota dari kabupaten Katingan berada di Kasongan. Memiliki luas wilayah sekitar 17800 km membuat kabupaten ini cukup untuk menampung cukup banyak pendatang. Berada cukup jauh dari pusat pemerintahan provinsi kalimantan tengah membuat kabupaten Katingan sendiri belum begitu populer. Meskipun secara umum, banyak objek wisata yang berada di kabupaten Katingan dan ternyata populer sebagai objek wisata di kalimantan tengah.

Kabupaten Katingan yang memiliki semboyan yakni hidup dengan damai dan sejahteran berdampingan bersama. Adanya semboyan ini menandakan bahwa kabupaten Katingan siap untuk hidup secara bersampingan bersama dengan para pendatang dan membangun Katingan menjadi lebih baik lagi. Kabupaten Katingan yang memiliki potensi cukup besar ini memiliki beberapa objek wisata yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Kabupaten Katingan yang layak untuk dikunjungi:

1. Air Terjun Beruang

Air Terjun Beruang

Image Credit: Beritadunia.net

Air terjun beruang termasuk ke dalam salah satu objek wisata yang cukup populer di kabupaten Katingan. Objek wisata ini memiliki beberapa keunggulan yang menjadi alasan untuk berkunjung ka objek wisata ini. Memiliki mata air yang berasal dari pegunungan asli tentu saja mata air ini sangat menyejukkan.

Bagi penyuka kegiatan air, maka air terjun beruang menjadi alternatif berwisata yang murah dan lagi menyejukkan. Pemandangan asri yang ada di sekitar air terjun dan juga pepohonan rindang disertai dengan kemamouannya untuk menaiki puncak gunung menjadikan air terjun ini sangat fenomenal. Ketenangan airnya ditambah dengan banyaknya pepohonan tentu saja membuat air terjun beruang ini layak untuk dikunjungi.

Lokasi: Tumbang baraoi, Kec. Petak Malai, Kab. Katingan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Murung Raya Terbaru & Terhits Dikunjungi

2. Bendungan Sungai Sala

Bendungan Sungai Sala

Image Credit: Tempatwisata.pro

Bendungan sungai sala merupakan salah satu objek wisata yang disukai oleh banyak kalangan. Bentuk dari objek wisata ini adalah sebuah bendungan yang memang memiliki fungsi untuk mengendalikan debit air sungai yang mengalir. Bendungan sungai sala ini memiliki banyak pengunjung yang sengaja datang untuk menikmati bendungan.

Bagi penyuka kegiatan memancing, berwisata ke bendungan sungai sala bisa menjadi pilihan. Alasannya adalah di dalam bendungan sungai sala terdapat banyak sekali spot khusus untuk para penggemar memancing untuk mencoba peruntungannya dalam memancing ikan yang ada di dalam sungai. Bisa dikatakan bahwa bendungan sungai sala merupakan objek wisata murah dan menyenangkan bagi penyuka kegiatan memancing ikan.

Lokasi: Kasongan, Kec. Katingan Hilir, Kab. Katingan.

3. Air Terjun Habangoi

Air Terjun Habangoi

Image Credit: Wisatasia.com

Menikmati berwisata air bisa dilakukan dengan mengunjungi air terjun habangoi. Air terjun ini berada di sekitar kawasan pegunungan yang sangat sejuk. Menikmati air terjun habangoi  yang berada di kawasan bukit raya memang cukup menyenangkan.  Keasrian pemandangan sekitar  bukit raya tersebut masih sangat terjaga keasriannya.

Menikmati pemandangan air terjun habangoi memang cukup fantastis. Diiringi dengan suasana pegunungan yang sangat asri ditambah dengan iringan suara gemericik air terjun yang sangat menenangkan, tentu saja membuat suasana menjadi lebih santai. Bagi yang ingin bermain air juga bisa menjadi alternatif yang menyejukkan ketika memilih berkunjung ke air terjun habangoi yang sangat menenangkan sekaligus menyejukkan.

Lokasi: Tumbang Habangoi, Kec. Petak Malai, Kab. Katingan.

4. Bukit Batu

Bukit Batu

Image Credit: Mytrip.co.id

Objek wisata bukit batu merupakan objek wisata yang sudah lama sekali ada dan dipilih oleh wisatawan untuk dikunjungi. Sebagai salah satu objek wisata yang banyak dipilih oleh para wisatawan yang berkunjung ke Katingan tentu saja bukit batu menjadii sangat fenomenal. Bukit batu menjadi salah satu bukit yang memiliki panorama yang sangat indah.

Bukit batu termasuk objek wisata yang cukup dikeramatkan oleh warga sekitarnya. Alasannya adalah sebagai salah satu tempat yang digunakan untuk bersemedi bagi pahlawan asli Katingan. Jadi bagi para pengunjung yang menyempatkan diri berada di bukit batu disarankan untuk tidak berkata kotor selama kunjungan di bukit batu.

BACA JUGA:  Pantai Ujung Pandaran, Wisata Bahari Andalan Kotawaringin Timur

Lokasi: Kasongan Lama, Kec. Katingan Hilir, Kab. Katingan.

5. Bukit Bulan

Bukit Bulan

Image Credit: Borneonews.co.id

Apabila Anda mencari madu dengan kualitas terbaik, maka Anda harus berkunjung ke bukit bulan. Bukit bulan di daulat sebagai salah satu lokasi lebah madu terbaik bahkan menjadi salah satu lokasi penangkaran khusus lebah madu. Tidak heran jika objek wisata ini dianggap sebagai salah satu objek wisata wajib bagi penggemar madu.

Bukit bulan berlokasi di taman nasional sabungau tentu saja membuat bukit bulan menajdi salah satu lokasi wisata yang sangat asri. Pemandangan alam sekitar yang sangat mempesona tentu saja menjadi salah satu alasan mengapa wajib mengunjungi bukit bulan. Bukit bulan juga populer dengan keindahan serta keragaman flora dan fauna yang ada di sekitar taman nasional. Jadi bukit bulan merupakan lokasi wisata yang cocok untuk menikmati liburan.

Lokasi: Tumbang Bulan, Kec. Mendawai, Kab. Katingan.

6. Bundaran Durian

Bundaran Durian

Image Credit: Katinganfm.wordpress.com

Bagi yang penasaran dengan icon wisata di kabupaten Katingan, maka Anda wajib untuk mengunjungi bundaran durian. Disebut bundaran durian karena daerah kasongan merupakan produsen durian terbaik dan terbanyak yang ada di kalimantan tengah. Bundaran durian menjadi icon terkini kabupaten Katingan.

Di kawasan bundaran durian terdapat banyak sekali produk durian yang di jual secara bebas. Durian asal Katingan terkenal karena memiliki rasa yang sangat manis dan enak. Di juluki sebagai daerah penghasil durian terbaik tentu saja kabupaten Katingan menjadi salah satu kabupaten dengan jumlah produksi durian terbanyak. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Katingan namun tidak mampir ke bundaran durian.

Lokasi: Kasongan Lama, Kec. Katingan Hilir, Kab. Katingan.

7. Monumen Tjilik Riwut

Monumen Tjilik Riwut

Image Credit: Flickr.com @Palangkabox

Monumen tjilik riwut menjadi salah satu icon yang ada di kabupaten Katingan. Tjilik riwut merupakan nama pahlawan asli kalimantan tengah yang berjuang membebaskan tanah kalimantan tengah dari penjajah hindia belanda. Namanya diabadikan menjadi nama bandara tjilik riwut yang ada di kota palangkaraya.

Monumen tjilik riwut menjadi icon kabupaten Katingan yang wajib untuk dikunjungi. Bentuk monumen ini adalah sebuah patung dengan tinggi sekitar 25 meter yang menjulang tinggi. Patung ini menjadi patung yang cukup terkenal dan wajib untuk diabadikan ketiika berada di kalimantan tengah. Monumen ini menjadi monumen yang paling bersejarah di kalimantan tengah.

BACA JUGA:  5 Mall & Tempat Belanja di Palangkaraya yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi: Jl.Tjilik Riwut KM. 2,5, Kasongan Lama, Kec. Katingan Hilir, Kab. Katingan.

8. Danau Biru

Danau Biru

Image Credit: Travelingyuk.com

Lokasi wisata alam yang bisa dikunjungi ketika berada di kabupaten Katingan adalah danau biru. Danau ini memiliki air yang sangat jernih. Kejernihan air inilah yang membuat danau biru cukup populer. Airnya yang berwarna biru membuat asal usul mengapa danau ini diberi nama danau biru.

Danau biru awalnya adalah sebuah lokasi tambang yang sudah lama sekali tidak digunakan dan tidak lagi produktif. Lama –kelamaan kubangan bekas tambang tersebut berubah menjadi danau karena terisi dengan air. Tentu saja dengan mengunjungi dan menikmati danau biru dapat menjadi salah satu solusi untuk mencari lokasi wisata yang murah.

Lokasi: Tewang Manyangen, Kec. Tewang Sangalang Garing, Kab. Katingan.

9. Danau Bulat

Danau Bulat

Image Credit: Weekdaystraveler.blogspot.com

Danau bulat termasuk ke dalam salah satu objek wisata air yang memiliki banyak penggemar. Keindahan danau bulat terletak pada bentuknya yang bulat ditambah dengan banyaknya fasilitas guest house yang dapat disewa secara bebas di kawasan yang terjaga dengan ketat. Danau bulat memiliki countur tanah yang berbeda jauh. Oleh karenanya, kawasan ini menjadi salah satu kawasan berwisata yang cukup diminati oleh wisatawan.

Lokasi: Jahanjang, Kec. Kamipang, Kab. Katingan.

10. Danau Jalan Pangen

Danau Jalan Pangen

Image Credit: Wisatasia.com

Apabila Anda ingin menikmati sensasi berwisata danau yang dikelilingi oleh hutan mangrove, maka Anda harus berwisata ke danau jalan pengen. Lokasi danau ini tidak jauh dari danau bulat. Yakni berada di kawasan dusun Kamipang. Area ini merupakan salah satu area yang cukup dominan. Keindahan hutan mangrove ditambah dengan danau yang biru dan menyejukkan tentu membuat para wisatawan menjadi betah bersantai di kawasan ini.

Lokasi: Baun Bango, Kec. Kamipang, Kab. Katingan.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Katingan yang populer dan terbaru. Semua objek wisata yang ada di kabupaten ini merupakan yang cukup baik. Bahkan untuk berlibur, Anda harus mengunjungi lokasi wisata yang ada di kabupaten Katingan. Sensasi berwisata alam yang berbeda dapat Anda rasakan ketika sudah berada di kawasan yang cukup ramai dengan penduduk.