Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Kapuas Hulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Destinasi Wisata Alam Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Liburan sepertinya menjadi momen yang ditunggu-tunggu semua orang, aktifitas satu ini dipercaya bisa menjaga pikiran agar tetap berpikir positif dan melepaskan beban yang selama ini ada di dalamnya. Jika sekrang ini kamu sedang ingin liburan tapi bingung mau kemana, bersyukurlah karena kamu tinggal di Indonesia, Indonesia adalah kepulauan yang banyak menyimpan tempat-tempat terpencil dengan julukan surge dunia. Tinggal pilih saja kamu ingin liburan ke salah satu daerah di Indonesia. Salah satu provinsi yang sering dikunjungi untuk pilihan destinasi wisata adalah Kapuas.

Kabupaten Kapuas Hulu adalah kabupaten yang ujung wilayah Indonesia bagian timur, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia. Kapuas Hulu merupakan tempat konservasi yang terkenal degan sumber daya alam yang ada. banyak tempat wisata di Kapuas yang sering dikunjungi wisatawan domestik maupun non domestik. Potensi pariwisata yang ada di Kapuas Hulu memang sayang jika tidak dikembangkan dan dikelola dengan baik.

Untuk kamu yang sedang merencanakan liburan, mungkin referensi ini bisa jadi satu inspirasi penyelamat karena pikiran yang buntu, dijamin puas dengan pesona alam yang masih asri di Kapuas Hulu. Berikut beberapa tempat wisata populer di Kapuas Hulu yang wajib kunjung.

1. Air Terjun Medang

Air Terjun Medang

Image Credit: Wisatasia.com

Objek wisata satu ini sudah sangat popular di kalangan pecinta alam, akses perjalanan menuju tempat ini sudah bisa di lewati mobil, namun disarankan lebih baik menggunakan sepeda motor saja. Selain lebih hemat waktu, menggunakan sepeda motor akan membuatmu lebih merasakan kenikmatan sensai perjalanan di alam terbuka.

Staf dinas kepemudaan, olahraga dan pariwisata kabupaten Kapuas Hulu pernah mendatangi air terjun medang ini, review yang diberikan sangat positif dan membuat wisata ini semakin ramai.

Lokasi: : Sungai Medang, Tani Makmur, Kec. Hulu Gurung, Kab. Kapuas Hulu.

2. Bukit Tekenang Danau Sentarum

Bukit Tekenang Danau Sentarum

Image Credit: Wisatasia.com

Wisata alam Kapuas Hulu lainnya yang wajib dikunjungi adalah bukit tekenang yang ada di danau sentarum. Bukit ini terletak di tengah danau kawasan taman nasional danau sentarum. Untuk kamu yang butuh suasana tenang dan minim kebisingan, bukit tekenang adalah salah satu rekomendasi yang cocok kamu sambangi.

BACA JUGA:  Pantai Pasir Panjang, Destinasi Wisata Favorit di Singkawang

Bukit tekenang hanya bisa ditempuh dengan jalur air. Kita bisa menyewa speedboat dari lanjak dengan harga penyewaan yang bervariasi, jarak tempuh dari lanjak ke bukit sekitar 30 menit.

Lokasi: Sekulat, Kec. Selimbau, Kab. Kapuas Hulu.

3. Danau empangau

Danau empangau

Image Credit: Mongabay.co.id

Danau ini merupakan danau alami bukan dananu buatan, untuk kamu traveller atau pecinta alam bebas tempat ini cocok untuk dikunjugi, suasana alam liar akan sangat terasa karena terletak di kawasan yang tersembunyi di kawasan hutan rawa. Keaneka ragaman hayati dan nabati yang ada di danau ini masih sangat bagus, jadi jika berkunjung ke sini jangan bersikap sembarangan.

Danau empangau saat ini termasuk sebagai kawasan lindung, kondisi air di danau empangau yang coklat merah kehitaman menjadi penanda bahwa kawasan tersebut merupakan habitat asli siluk atau ikan arwana.

Lokasi: Nanga Empangau, Kec. Bunut Hilir, Kab. Kapuas Hulu.

4. Air Terjun Lubuk Mantuk

Air Terjun Lubuk Mantuk

Image Credit: Youtube.com (Herdian Nurbeni)

Air terjun ini sebenarnya bernama air terjun gurung sepangin. Ketika waktu liburan tiba tempat wisata ini akan penuh sesak oleh pengnjung lokal maupun luar daerah. Jika ingin berkunjung ke sini kamu harus menyediakan persiapan yang matang. Jarak tempuh yang dibutuhkan lumayan lama dari ibu kota Pontianak.

Sebenarnya lubuk mantuk adalah nama sebuah kampong yang terletak di selatan ibu kota kabupaten Kapuas Hulu provinsi Kalimantan barat Indonesia. Karena orang-orang sering menyebutnya air terjun lubuk mantuk jadilah nama destinasi tersebut berubah menjadi air terjun lubuk mantuk.

Lokasi: Tekudak, Kec. Kalis, Kab. Kapuas Hulu.

5. Air Terjun Riam Dait

Air Terjun Riam Dait

Image Credit: Wikipedia.org

Air terjun ini berada di kabupaten landak, provinsi Kalimantan barat Indonesia. Wisata alam yang satu ini berbeda dengan air terjun pada biasanya, bentuknya yang multi step karena memiliki undakan air terjun di sepanjang punggungan bukit membuatnya tampak canti k, jika sedang deras air terjun ini semakin cantik. Bebatuan yang ada di bawahnya tidak terlalu membahayakan untuk bisa mandi segar di bawah siraman air terjun.

BACA JUGA:  Masjid Jami’ Sultan Syarif Abdurrahman, Masjid Tertua di Pontianak

Karena berbentuk undakan tinggi air terjun ini berbeda, tingkat pertama air terjun memiliki ketinggian 60 meter, sedangkan kegua hingga ketujuh ketinggiannya berkisar 20 sampai 30 meter.

Lokasi: Sekendal, Kec. Air Besar, Kab. Landak.

6. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung

Image Credit: Wisatatok.blogspot.com

Wisata konservasi alam ini terletak di kabupaten kayong utara dan kabupaten ketapang, Kalimantan barat. Karena tempat ini masih asri dan terlindungi tentunya kamu perlu pemandu jika akan masuk dan mengeksplorasi kekayaan alam hewan dan tumbuhan rimbun yang ada di dalamnya. Tempat ini rekomendasi pertama untuk kamu pecinta alam yang sesungguhnya.

Taman nasional ini sudah di tetapkan sebagai kawasan konservasi dengan status sebagai kawasan suaka alam yang ditunjuk berdasarkan keputusan het zelfbestuur van het landschap dan disahkan di Pontianak pada tanggal 29 april 1937.

Lokasi: Jl. Piere Tendean, Kec. Putussibau Utara, Kab. Kapuas Hulu.

7. Taman Nasional Betung Kerihun

Taman Nasional Betung Kerihun

Image Credit: Pesona.travel

Taman nasional betung kerihun didirikan pada tahun 1992 dengan wilayah seluas 8.000 km2. . berada di kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan barat kamu bisa kesini dengan menempuh perjalanan darat sekitar 1 jam dari kabupaten. Karena masih tergolong wisata alam liar jangan coba-coba masuk ke sini tanpa pengawasan ahlinya ya. Di sini kamu juga bisa merasakan sensasi susur sungai yang menegangkan, jika kamu beruntung kamu bisa menemukan spesies reptile besar atau ular piton yang banyak bersarang di hutan.

Betung Kerihun juga disebut dengan surge tersembunyi di batas negeri. Betung kerihun merupakan kawasan perbukitan yang menjadi pembatas alam diantara wilayah Indonesia dan negara bagian serawak, Malaysia.

Lokasi: Jl. Piere Tendean, Kec. Putussibau Utara, Kab. Kapuas Hulu.

8. Keraton Kadriah Pontianak

Keraton Kadriah Pontianak

Image Credit: Borneoscape.com

Keraton ini adalah istana kesultanan Pontianak yang dibangun pada tahun 1771 sampai 1778 masehi. Destinasi wisata satu ini dekat dengan pusat kota Pontianak, Kalimantan barat, jadi akses ke tempat ini sudah sangat mudah. Dalam perkembangannya keratin kadriyah sudah banyak mengalami renovasi dan rekontruksi hingga sampai pada bentuk sekarang ini.

Struktur bangunan keraton terbuat dari kayu pilihan, sebuah ruangan berupa mimbar yang menjorok ke depan yang dulunya digunakan oleh sultan sebagai tempat istrirahat atau untuk sekedar menikmati keindahan pemandangan sungai Kapuas dan sungai landak.

BACA JUGA:  5 Rumah Adat Khas Kalimantan Barat

Lokasi: Jl. Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

9. Air Terjun Sarai Brunyau

Air Terjun Sarai Brunyau

Image Credit: Pontianak.tribunnews.com

Air tejun ini terletak di desa riam piang, kecamatan bunut hulu, Kapuas Hulu. Lokasi: nya yang masih asri cocok untuk dijadikan tempat refleksi kebuagaran, penghilang stress. Sayangnya infrastruktur yang ada di tempat ini kurang memadai, misalkan saja jembatan dan jalannya. Jadi untuk kamu yang ingin ke sini persiapkan mental yang baik yak arena akses perjalanan banyak yang belum tersentuh pembangunan. Namun pihak pengelola sudah mengajukan proposal untuk perbantuan pendanaan yang baik agar destinasi wisata satu ini bisa semakin berkembang.

Jika kamu berkunjung ke wisata satu ini jangan lupa juga untuk ke wisata medang pulang dan wisata tunggal di desa tani makmur kecamatan hulu garung, dan masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di sekitar air terjun sarai brunyau.

Lokasi: Riam Piang, Kec. Bunut Hulu, Kab. Kapuas Hulu.

10. Taman Alun Kapuas

Taman Alun Kapuas

Image Credit: Supadio-airport.co.id

Nah nggak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kapuas Hulu jika tidak mampir ke alun-alunnya. Taman alun ini merupakan salah satu Lokasi:  wisata yang ada di kota Pontianak, provinsi Kalimantan barat. Tata letaknya yang ada di pusat kota menjadikan taman alun bisa dikunjungi dari arah manapun. Taman alun Kapuas memiliki bentuk dan dekorasi yang sudah tertata rapi, sehingga tempat ini sering menjadi tempat refreshing bagi beberapa kalangan masyarakat lokal, apalagi sekarang sudah ada air mancur yang indah.

Taman ini sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun lalu, taman alun saat ini sudah emnjadi ikon dari kota Pontianak itu sendiri, pembangunan pertamanya dilakukan pada tahun 1999-an lalu, dan erakhir dilakukan pada tahun 2012 lalu.

Lokasi: Jl. Rahadi Usman, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

Masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Kapuas Hulu, Kalimantan barat memang menyimpan segudang wisata alam yang bisa membuatmu sejenak lupa dengan kesibukan rutinitas yang membosankan. Tidak ada salahnya sejenak meninggalkan kesibukan di ibukota atau di tempat kerja . untuk kenyamanan saat liburan sebaiknya memesan kamar hotel dan sewa transportasi jauh-jauh hari, agar saat sampai di tujuan sudah tidak pusing lagi.