Kalimantan Tengah

5 Tempat Wisata di Kapuas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Kapuas, Kalimantan Tengah. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan.

Kabupaten Kuala Kapuas merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah yang memiliki potensi wisata yang cukup beragam. Keberagaman suku yang ada di Kapuas membuat Kapuas menjadi kabupaten yang memiliki cukup banyak jumlah penduduk pendatang. Meskipun  banyak pendatang namun tidak mengurangi hubungan dengan suku asli yakni suku dayak.

Secara umum kabupaten Kapuas dilalui oleh sungai Kapuas yang menjadi icon provinsi Kalimantan Tengah dan barat. Kabupaten kuala Kapuas memiliki tingkat kepadatan penduduk sekitar 19 jiwa per kilo meter. Itu artinya bahwa kabupaten kuala Kapuas tidak begitu padat dengan jumlah penduduk. Meskiupun tidak begitu padat namun memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan secara seksama.

Sejarah menyatakan bahwa kabupaten kuala Kapuas pernah menjadi kabupaten yang diduduki oleh pemerintah kolonial hindia belanda. Raja kerajaan Kapuas pada saat itu memiliki kontrak tersendiri dengan pemerintahan hindia belAnda untuk menyerahkan pengelolaan pemerintahannya   kepada pemerintah hindia belanda. Namun secara perlahan pemerintah kuala Kapuas berhasil di rebut kembali ke tangan raja setempat. Apabila Anda ingin berkunjung dan berwisata ke kabupaten kuala Kapuas, ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Kapuas yang bisa Anda kunjungi seperti berikut ini:

1. Taman kota Kapuas

Taman kota Kapuas

Image Credit: Flickr.com @baka_neko_baka

Objek wisata murah meriah yang bisa dikunjungi pertama kali ketika berada di kabupaten kuala Kapuas. Taman yang memiliki luas areal wilayah sekitar 174 m memiliki banyak sekali spot foto yang bisa dijadikan objek untuk berfoto bersama dengan keluarga maupun untuk berfoto sendiri. Taman kota Kapuas sendiri menjadi favorit bagi seluruh wisatawan baik lokal maupun dari luar yang ingin berwisata namun tidak jauh dari kota.

Taman kota Kapuas sendiri menjadi salah satu objek wisata alternatif untuk para wisatawan yang ingin menghabiskan sore hari berada di taman seharian. Taman ini memiliki banyak sekali tanaman yang merupakan tanaman bunga yang memiliki warna bunga yang indah. Bukan hanya itu saja, taman kota ini menjadi salah satu icon kabupaten kuala Kapuas yang sangat familiar di kalangan wisatawan.

BACA JUGA:  Pantai Ujung Pandaran, Wisata Bahari Andalan Kotawaringin Timur

Berwisata murah di Kapuas bisa Anda lakukan di taman kota Kapuas. Tentu saja dengan adanya taman ini, membuat sore hari di Kapuas tidak membosankan. Ada fasilitas tempat duduk yang nyaman untuk menikmati sore hari di Kapuas. Bukan itu saja, ada juga tempat-tempat yang nyaman untuk berolah raga sore hari maupun pada pagi hari. Taman yang bersih dan indah menjadi kesukaan dari para wisatawan yang berkunjung ke taman kota ini. Berkunjung ke taman kota Kapuas Anda tidak perlu menyediakan budget khusus sebab memasuki areal taman bisa diakses secara gratis. Pengunjung selain bisa berfoto di beberapa spot di taman, bisa juga smbil berbincang dengan orang terdekat sambil menikmati beberapa jajanan yang di jajakan di sekitar taman ini.

Lokasi: Jl. Trans Kalimantan, Selat Dalam, Kec. Selat, Kab. Kapuas.

2. Cafe terapung

Cafe terapung

Image Credit: Tavel.detik.com

Cafe terapung menjadi salah satu tempat yang cukup direkomendasikan untuk dikunjungi ketika berada di kabupaten kuala Kapuas. Cafe ini berada di tidak jauh dari pusat kota kuala Kapuas. Cafe terapung kini menjadi trend terbaru untuk para wisatawan yang berkunjung ke kabupaten kuala Kapuas. Tentu saja dengan adanya sensasi terapung di cafe membuat suasana makan menjadi semkin istimewa

Sensasi menikmati hidangan di atas sungai Kapuas yang terbentang dengan luasnya tentu saja membuat suasana makan menjadi lebih istimewa. Apalagi jika ingin makan di tempat ini ketika malam hari. Ketika malam hari, Anda akan menyantap makanan ditemani dengan suasana dan lampu yang bersinar di mana-mana. Menikmati keindahan lampu-lampu kota di atas sungai.

Selain Anda dapat menikmati suasana makan yang nyaman, pengunjung juga akan ditawarkan dengan menu masakan yang sangat bervariasi. Menu makanan yang ditawarkan di cafe terapung ini sangat beragam. Mulai dari menu khas kabupaten Kapuas hingga menu-menu internasional yang memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Di masak di dapur yang bersih dan pengunjung dapat melihat langsung proses memasaknya menjadikan pengunjung percaya bahwa makanan tersebut di masak dengan higienis.

BACA JUGA:  4 Pakaian Adat Khas Kalimantan Tengah

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Kuala Kapuas 73513, Selat Hilir, Kec. Selat, Kab. Kapuas.

3. Stadion Panunjung Tarung

Stadion Panunjung Tarung

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Stadion panunjung parung merupakan salah satu lokasi yang harus dikunjungi ketika berada di kabupaten Kapuas. Stadion panunjung parung memang memiliki fasilitas yang lengkap. Stadion ini masih digunakan sebagai tempat untuk berlatih bagi club sepak bola setempat sekaligus menjadi lokasi wisata yang cukup direkomendasikan untuk dikunjungi.

Bentuk stadion yang sederhana membuat para pemain sepak bola dan juga para penggemar sepak bola bisa menikmati pertandingan sepak bola dengan nyaman. Bukan itu saja, stadion yang terletak tidak jauh dari kota memudahkan par pendukung masing-masing tim sepak bola yang sedang bertanding di stadion ini untuk bisa mendukung tim favoritnya.

Tribun penonton yang didesign senyaman mungkin membuat para penonton bisa menikmati pertandingan sepak bola hingga selesai. Mampu memuat penonton lebih dari 2000 orang membuat stadion ini mampu menampung par pendukung dari masing-masing tim yang sedang bertanding. Bagi penggemar sepak bola, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke stadion ini untuk menikmati pertandingan sepak bola atau hanya menikmati para pemain lokal sedang berlatih sepak bola.

Apabila Anda berkunjung ke stadion panunjung parung ketik sedang ada tim yang bertanding, jangn heran jik stadion ini sangat penuh dengan penonton. Sebab stadion ini memiliki jarak yang tidak jauh dari areal perkotaan. Daya tampungnya yang besar membuat para pendukung bisa saling memberikan dukungan untuk pertandingan yang sedang berlangsung.

Lokasi: Selat Tengah, Kec. Selat, Kab. Kapuas.

4. Pulau Telo

Pulau Telo

Image Credit: Wisatasia.com

Berkunjung ke kuala Kapuas tidak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri mampir ke pulau telo. Pulau telo sendiri merupakan pulau yang digunakan oleh warga setempt untuk bercocok tanam. Warga memanfaatkan lahan yang ada di pulau ini untuk bercocok tanam berbagai jenis tanaman. Kegiatan bercocok tanam dipulau telo sendiri sudah berlangsung cukup lama.

Pulau yang berada tidak jauh dari areal sepanjang sungai  memang memberikan keuntungan tersendiri untuk warga setempat. Sebab pulau ini menjadi tidak perlu khawatir tentang kebutuhan air. Kebutuhan air di pulau ini menjadi terpenuhi. Akan tetapi di tengah keindahannya justru pemerinth daerah setempat tidak melakukan pengelolaan dengan baik dan sempurna.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Tengah yang Paling Hits

Di pulau telo sama sekali tidak terdapat fasilitas pariwisata seperti tempat wisata pada umumnya. Meskipun demikian, bagi para wisatawan yang ingin mencoba sensasi baru di kuala Kapuas, maka Anda bisa mengunjungi pulau telo untuk alternatif berwisata Anda di kuala Kapuas. Keasrian dan keaslian yang ditawarkan oleh pulau ini benar-benar dapat membuat wisatawan betah berlama-lama di kawasan wisata kuala Kapuas ini.

Di pulau telo, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar kuala Kapuas beserta sungai Kapuas yang membentang di sekitar pulau telo. Memiliki pemandangan asri yang di pertahankan tentu saja membuat pulau  ini benar-benar layak untuk dikunjungi sebagai salah satu alternatif wisata murah namun asri yang bisa Anda lakukan ketika berada di kuala Kapuas.

Lokasi: Pulau Telo, Kec. Selat, Kab. Kapuas.

5. Air terjun masupa

Air terjun masupa

Image Credit: Wisatasia.com

Kabupaten kuala Kapuas memiliki objek wisata yang cukup banyak untuk dikunjungi. Kapuas sebagai salah satu kabupaten yang sedang berkembang memiliki objek wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Salah satunya adalah air terjun masupa. Air terjun ini merupakan salah satu jenis air terjun yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Terletak di desa masupa seperti namanya membuat air terjun ini sangat mudah untuk dijumpai

Air terjun masupa merupakan air terjun yang masih sangat terjaga keasrian dan kebersihan alamiahnya. Sehingga air terjun ini benar-benar direkomendasikan untuk dikunjungi. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang membuat air terjun ini sangat dingin. Bagi yang suka dengan aktivitas air, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Pengunjung bisa bermain air dengan leluasa dengan airnya yang sangat jernih dan juga dingin sebagai tempat untuk berendam.

Lokasi: Masupa Ria, Kec. Mandau Talawang, Kab. Kapuas.

Itulah tadi ada 5 tempat wisata terkenal yang wajib diikuti dan dikunjungi bagi Anda yang berasal dari luar Kapuas. Tempat-tempat wisata tersebut menawarkan untuk membeli beberapa oleh-oleh yang bisa dibawa selepas dari tempat wisata tersebut. Anda bisa menikmati liburan meskipun tidak perlu membawa budget yang besar untuk menikmati Kapuas yang sedang berkembang dan sedang berbenah diri.