Kalimantan Utara

15 Tempat Wisata di Kalimantan Utara yang Paling Hits

Temukan Berbagai Tempat Wisata Favorit di Kalimantan Utara. Objek Wisata Alam, Budaya & Wisata Bahari Terbaru dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Salah satu provinsi di Kalimantan ini masih tergolong baru, sehingga belum banyak yang tahu mengenai pariwisata ataupun budayanya. Budaya Dayak masih dijaga dengan baik dan sangat kental, sehingga sangat baik untuk pelestarian budaya Indonesia. Provinsi Kalimantan Utara ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, sehingga menjadi pintu untuk menarik banyak pelancong mancanegara. Berikut ulasan 15 tempat wisata yang menarik di Kalimantan Utara yang wajib Anda kunjungi saat berlibur.

1. Air Terjun Krayan

Image Credit: Detik.com

Menjadi salah satu destinasi wisata di Kaltara yang minim pengunjung karena aksesnya yang cukup sulit. Daerah ini tidak dilengkapi oleh jalur darat, sehingga wisatawan harus memakai jalur udara untuk sampai di destinasi ini. Tentu biaya yang dikeluarkan cukup tinggi, sehingga baik turis domestik maupun mancanegara sangat jarang ke tempat ini. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa lokasi destinasi wisata ini berdekatan dengan negara tetangga.

Wilayah satu ini seakan akan menjadi lokasi yang kurang terjamah, sehingga budaya Dayak masih sangat terjaga dan cukup kental. Wisata Air Terjun Krayan ini memiliki potensi dan daya tarik yang cukup tinggi. Potensi yang dimilikinya yaitu menjadi wisata yang mendunia jika akses dan fasilitas diperbaiki. Daya tarik yang ditawarkan adalah keasrian alam dan debit air yang sangat besar, sehingga dijadikan PLTA oleh masyarakat setempat sehingga lebih hemat energi.

Lokasi: Desa Long Midang, Kec. Krayan, Kab. Nunukan.

2. Air Terjun Sianak

Air Terjun Sianak

Image Credit: Seringjalan.com

Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya, salah satunya air terjun yang berada di pulau terluar dan terdepan, Pulau Sebatik. Keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini harus Anda bayar mahal dengan medan yang ditempuh.

Stamina prima menjadi tuntutan karena medan yang Anda lalui mencakup perbukitan dan tengah hutan. Akan tetapi, hal itu terbayar tuntas dengan panorama hutan alam Pulau Sebatik, keeksotisan destinasi, dan air terjun yang jernih.

Lokasi: Desa Bambangan, Kec. Sebatik, Kab. Nunukan.

3. Bukit Damai

Bukit Damai

Image Credit: Indolah.com

Bagi Anda yang mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota, tempat wisata satu ini sangat cocok. Sesuai dengan namanya, bukit damai kabarnya mampu memberikan kedamaian untuk para pelancong yang datang ke sini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tarakan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Daya tarik yang ditawarkan adalah perbukitan berwarna hijau, ilalang yang cukup menarik, dan udara sejuk yang mampu menyegarkan kembali pikiran serta jiwa. Anda perlu menyiapkan alat fotografi untuk mengabadikan momen ini dengan sangat cantik dan apik.

Lokasi: Jl. MT Haryono, Gn. Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

4. Giram Luyu

Giram Luyu

Image Credit: Tempatwisata.pro

Memiliki nama yang cukup unik dan terdengar asing, tetapi bermakna Jeram Longsor. Hal ini dikarenakan pada zaman dulu pernah terjadi longsor dan bebatuan jatuh ke sungai pesiangan. Kalimantan memiliki banyak sungai, salah satunya sungai yang cocok untuk berbagai aktivitas menantang satu ini.

Anda dapat menyewa longboat atau perahu motor panjang yang biasanya dipakai sebagai transportasi. Selain itu, Anda juga dapat memancing ikan sungai dengan ukuran jumbo.

Lokasi: Desa Labang, Kec. Lumbis Ogong, Kab. Nunukan.

5. Kebun Raya Binusan

Kebun Raya Binusan

Image Credit: Detik.com

Kalimantan sangat terkenal dengan hutannya yang menjadi paru paru dunia dengan aneka flora dan fauna liar. Oleh karena itu, kebun raya binusan ini cukup ramai dikunjungi karena bisa Anda jadikan sebagai objek wisata dan edukasi.

Tempat ini juga menawarkan spot menarik untuk menikmati akhir pekan, udara yang sejuk sehingga sangat nyaman, dan menikmati hutan yang cukup asri. Berlibur dengan memandang alam ini dapat menyegarkan kembali pikiran dan hati.

Lokasi: Desa Binusan, Kec. Nunukan, Kab. Nunukan.

6. Long Bawan Krayan

Long Bawan Krayan

Image Credit: Boombastis.com

Salah satu desa di Kaltara ini menyimpan berbagai keindahan dan keeksotisan karena masih memegang teguh adat dan istiadat. Desa ini ditinggali oleh penduduk asli dari suku Dayak Lundayeh, tetapi para pelancong akan disambut dengan hangat dan ramah oleh mereka. Akan tetapi, akses yang tersedia hanya melalui udara sehingga cukup sulit dijangkau.

Daya Tarik Long Bawan Krayan adalah air terjun, sungai yang indah, perbukitan hijau, dan Anda pun dapat mendirikan tenda di area terbuka.

Lokasi: Long Bawan, Kec. Krayan, Kab. Nunukan.

7. Pantai Eching

Pantai Eching

Image Credit: Wisatasia.com

Ingin berlibur ke pantai tetapi tetap aman untuk anak anak? Pantai Eching menawarkan objek wisata menarik untuk liburan bersama keluarga dengan sangat aman. Pasalnya, pantai satu ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga aman untuk berenang ataupun bermain anak anak.

Terdapat spot foto menarik di Mako TNI dan tersedia pula spot untuk memancing ikan. Anda juga dapat menikmati keindahan pantai Eching dari ketinggian melalui mercusuar.

BACA JUGA:  Pantai Amal, Destinasi Wisata Terbaik di Tarakan

Lokasi: Jl. Ujang Dewa, Selisun, Kec. Nunukan Selatan, Kab. Nunukan.

8. Pantai Kayu Angin

Pantai Kayu Angin

Image Credit: Kompas.com

Salah satu pantai yang ikonik di Pulau Sebatik, Pantai Kayu Angin harus masuk dalam daftar destinasi liburanmu. Tempat ini tergolong bersih, meskipun ramai pengunjung dan sering kali ada event. Kontur pantai cukup landai dan ombaknya tidak besar, sehingga aman untuk area bermain anak anak.

Tersedia pula wahana lain di Pantai ini yang dapat Anda nikmati, seperti perahu karet, pelampung untuk berenang, dan banana boat yang disewakan dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: RT. 7, Tanjung Karang, Sebatik, Kab. Nunukan.

9. Pulau Sebatik

Image Credit: Genpi.co

Mengisi sederet Pulau Terluar Indonesia, Pulau Sebatik menyimpan berbagai cerita dan pesona yang sangat indah. Pulau ini berbatasan langsung dengan negara tetangga dan menjadi tempat terjadinya konfrontasi. Akan tetapi, aktivitas di pulau ini sangat unik karena dua mata uang dipakai secara bersama.

Tidak hanya itu, salah satu pulau di Kaltara ini memiliki potensi wisata alam yang cukup tinggi dengan berbagai wisata menarik dan budaya yang masih kental terjaga.

Lokasi: Tanjung Karang, Kec. Sebati, Kab. Nunukan.

10. Sungai Desa Balatikon

Sungai Desa Balatikon

Image Credit: Tempatwisata.pro

Desa Balatikon ini memiliki potensi sebagai desa wisata, tetapi pengelolaannya belum terlalu baik. Daya tarik yang ditawarkan cukup menarik, seperti alam yang masih asri dan sungai yang terjaga dengan baik. Sungai desa Balatikon ini cocok dipakai sebagai pemandian alami karena airnya sangat jernih.

Berendam di sini sangat menyenangkan sambil menikmati udara yang sejuk. Tempat ini jadi surga tersembunyi bagi para mancing mania karena banyak ikan air tawar.

Lokasi: Desa Balatikon, Kec. Sebuku, Kab. Nunukan.

11. Sungai Hitam

Image Credit: Kompas.com

Sesuai dengan namanya, air sungai ini berwarna hitam karena batuan dan sedimen sehingga memengaruhi warna air. Akan tetapi, panorama dari wisata ini sangat sepadan dengan jarak dan waktu tempuh menuju destinasi tersebut.

Setelah melalui perjalanan panjang, Anda akan disuguhi hutan asri di pedalaman Kalimantan, udara yang sejuk, dan arus sungai yang deras. Arus ini sangat cocok dipakai untuk olahraga air, seperti arung jeram atau river tubing.

Lokasi: Desa Tabur Lestari, Kec. Seimenggaris, Kab. Nunukan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tana Tidung Terbaru & Terhits Dikunjungi

12. Desa Long Beluah

Desa Long Beluah

Image Credit: Rullyelvara.blogspot.com

Kembali mengisi desa yang patut dijadikan sebagai desa wisata di pedalaman Kalimantan. Desa Long Beluah memiliki potensi wisata yang cukup banyak, seperti sungai yang dapat dipakai sebagai olahraga arung jeram karena arusnya yang besar.

Selain itu, terdapat pula air terjun dengan panorama yang indah serta hutan anggrek yang cukup asri. Ketiga potensi ini dapat menjadi sumber ekonomi masyarakat dan menaikkan harga jual desa di sektor pariwisata.

Lokasi: Desa Long Beluah, Kec. Tanjung Palas Barat, Kab. Bulungan.

13. Batu Tumpuk

Batu Tumpuk

Image Credit: Pariwisata.bulungan.go.id

Banyak yang bertanya tanya mengenai destinasi wisata satu ini karena keunikannya belum diketahui banyak orang. Daya tarik dari lokasi ini adalah batu yang ditumpuk menjulang tinggi dan paduannya dengan panorama alam sekitar menciptakan udara yang sejuk.

Wisata satu ini cocok dipakai sebagai lokasi fotografi dengan pengambilan gambar yang tepat dapat foto yang sangat artistik. Pepohonan di tempat ini sangat rapat, sehingga suasana pun masih asri.

Lokasi: Panca Agung, Kec. Tanjung Palas Utara, Kab. Bulungan.

14. Dermaga Tidung

Dermaga Tidung

Image Credit: Budisusilo85.blogspot.com

Terkenal dengan nama Dermaga Cinta karena menjadi spot yang tepat untuk menikmati sunset dan cukup romantis di waktu tersebut. Diklaim sebagai spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam di Pulau Bunyu. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang swafoto atau mengambil foto keindahan alam di wisata ini.

Di sore hari, Dermaga Tidung ini juga dipakai sebagai tempat kapal bersandar dan pemancing mania menikmati sensasi strike ikan laut di bawah dermaga.

Lokasi: Menjelutung, Kab. Sesayap Hilir, Kab. Tana Tidung.

15. Gunung Putih

Gunung Putih

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Sesuai dengan namanya, gunung satu ini berwarna putih karena merupakan gunung kapur. Destinasi wisata ini menawarkan pesona alam yang sangat indah dengan tingginya gunung dan paduan persawahan yang menghiasi sekitarnya.

Saat ini telah dilengkapi dengan anak tangga agar para pelancong dapat naik ke puncak dengan mudah. Menurut kabar yang terdengar, goa di gunung ini dulu pernah dijadikan sebagai tempat semedi dari Sultan Bulungan.

Lokasi: Gunung Putih, Kec. Tanjung Palas, Kab. Bulungan.

Itulah 15 tempat wisata menarik di Kalimantan Utara yang patut Anda kunjungi. Beberapa tempat di Kaltara ini masih dihuni oleh suku Dayak Lundayeh, sehingga adat istiadat masih dijaga dengan baik. Beberapa wisata yang berada di perbatasan negara Indonesia dan negara tetangga belum dilengkapi dengan akses yang memadai.

Oleh karena itu, tempat wisata tersebut belum banyak dikunjungi oleh turis domestik ataupun mancengara. Namun provinsi ini menyimpan potensi yang besar sebagai daerah wisata. Berminatkah liburan ke Kaltara?