Kalimantan Timur

15 Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Paling Hits

Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik dan Populer di Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Alam, Bahari dan Buatan Terbaru dan Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Ketika Ingin Menghabiskan Liburan Bersama Orang Tercinta.

Kalimantan adalah pulau yang penuh dengan kekayaan, tetapi masih belum banyak yang tahu mengenai potensinya. Salah satu contohnya dari segi pariwisata, sehingga belum terlalu banyak dikunjungi oleh turis baik domestik maupun mancanegara.

Oleh karena itu, ulasan mengenai tempat menarik di Kaltim ini menjadi sangat penting sebagai panduan sebelum Anda mengunjunginya. Yuk intip rekomendasi tempat wisata di Kalimantan Timur yang dapat Anda kunjungi saat liburan.

1. Danau Jempang

Danau Jempang

Image Credit: Bombasticborneo.com

Destinasi wisata yang cukup menarik perhatian ini berada di Kutai Barat dan membentang di sepanjang alur Sungai Mahakam. Diklaim sebagai danau terbesar dari 76 danau yang ada di area tersebut dengan kedalaman sekitar 7 sampai 8 meter.

Anda dapat menikmati kekayaan alam, seperti flora dan fauna yang ada di sekitar Danau Jempang ini. Daya tarik dari danau ini adalah keringnya danau hingga seperti gurun pasir tanpa setetes air setiap 5 tahun sekali.

Lokasi: Tanjung Isuy, Kec. Jempang, Kab. Kutai Barat.

2. Batu Dinding

Batu Dinding

Image Credit: Genpi.co

Batu dinding ini menjulang tinggi memagari Sungai Mahakam Ulu sepanjang 800 meter dengan tinggi antara 100 hingga 200 meter. Gugusan batu dinding ini semakin menarik karena warna putihnya dan spot terbaik untuk memotret.

Keindahan alam yang ditawarkan sangat menarik hati dan memanjakan pelancong, yaitu alam yang asri dengan deretan hutan, tanaman anggrek yang liar di sepanjang perjalanan, serta rumah rumah adat yang kental dengan penduduk lokal.

Lokasi: Desa Bukit Merdeka, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara.

3. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Image Credit: Wisatakalimantan.com

Taman rekreasi yang ada di Samarinda ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Terdapat berbagai hal yang dapat Anda nikmati, seperti replika hutan lengkap dengan rotan yang menjadi jenis kayu khas Kalimantan.

Selain itu, kolam pemancingan, pendopo untuk melepas lelah, dan kafetaria. Bagi para pecinta camping, Anda dapat mendirikan tenda di sini dan masih dilengkapi dengan fasilitas outbond dan wahana lain, seperti flying fox, waterboom, dan jaring panjat.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

4. Wisata Bukit Bingkirai

Wisata Bukit Bingkirai

Image Credit: Panduanwisata.id

Wisata yang ada di Kutai Kartanegara ini adalah hutan hujan tropis alami dengan luas sekitar 1500 hektar. Telah berdiri kokoh selama kurang lebih 22 tahun dan masih dikunjungi banyak pelancong karena daya tariknya yang tidak pernah mengecewakan. Anda dapat menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata dan merefresh pikiran. Ada maskot Kalimantan Timur, yaitu pohon bangkirai yang berumur lebih dari 150 tahun, anggrek hutan liar, dan buah buahan tropis.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Kutai Kartanegara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Daya tarik utama dari kawasan wisata ini adalah jembatan kanopi yang bernama Jembatan Tajuk. Anda dapat melintasi jembatan sepanjang 64 meter di ketinggian 30 meter ini untuk melihat berbagai gugusan pohon dan pemandangan indah. Jembatan yang dibuat di Amerika Serikat ini menghubungkan 5 pohon Bangkirai besar. Daya tarik utama dari jembatan ini ialah indahnya Tajuk Tegakan Dipterocarpaceae yang menjadi ciri dari hutan hujan tropis.

Lokasi: Karya Merdeka, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara.

5. Goa Losan

Goa Losan

Image Credit: Wisato.id

Dalam bahasa daerah setempat berarti goa tembus karena membelah dua provinsi dan seperti menyelam ke dalam perut bumi. Bagi pelancong yang ingin merasakan sensasi berpetualang yang unik dan menegangkan, destinasi satu ini sangat cocok. Berjalan di sepanjang goa hanya berbekal senter atau obor, tetapi inilah sisi menarik dari tempat ini.

Anda dapat menemukan sumber air, deretan batu alam bernada seperti alat musik jika dipukul, batu murni, dan sarang burung walat.

Lokasi: Jl. Tanjung – Kuaro, Batu Butok, Kec. Muara Komam, Kab. Paser.

6. Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit

Image Credit: Brrrwisata.com

Diartikan sebagai Goa Mengangkat Langit, membuat banyak wisatawan penasaran. Pasalnya, goa ini adalah gunung batu yang berfungsi sebagai atap dan dinding dari sungai Kandilau. Daya tarik dari destinasi ini adalah dindingnya yang megah dan tinggi, sehingga dapat memikat hati para pelancong.

Area wisata ini masih alami, sehingga banyak satwa liar di area hutan, pohon pohon tropis, dan tetesan air di bebatuan yang ditumbuhi lumut terlihat sangat menakjubkan.

Lokasi: Desa Muara Kuaro, Kec. Muara Komam, Kab. Paser.

7. Jantur Inar

Jantur Inar

Image Credit: Mapio.net

Salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi ini berada di Kutai Barat dengan akses yang sangat mudah dengan kendaraan roda empat. Panorama yang disuguhkan adalah air terjun dengan ketinggian 30 meter dan lumut yang menempel di bebatuan menjadi sangat eksotis.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Wajib Anda Bawa Pulang

Untuk menikmati bermain di dasar air terjun, telah tersedia 200 anak tangga dari pengelola. Daya tarik yang unik adalah wisatawan yang main air di bawah air terjun akan terkena bayang pelangi.

Lokasi: Temula, Kec. Nyuatan, Kab. Kutai Barat.

8. Pantai Melawai

Pantai Melawai

Image Credit: Getborneo.com

Pantai yang sangat cocok untuk menikmati matahari terbenam ini berada di Balikpapan, lebih tepatnya di pusat kota. Keindahan yang ditawarkan karena saat matahari kembali ke paraduan tidak terhalang oleh bukit, pemandangan horizon sangat jelas, dan masih ditingkahi perahu nelayan setempat.

Para wisatawan juga masih disuguhi panorama pulau babi di seberang pulau, selat Makassar, dan keramaian kota karena menjadi pusat penjaja makanan serta minuman.

Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

9. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Image Credit: Beritagar.id

Memiliki keindahan alam yang luar biasa membuat destinasi wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Anda dapat menyelam untuk melihat secara langsung keindahan biota laut, seperti terumbu karang, ikan, dan ekosistem laut lainnya.

Tidak heran wisata menyelam menjadi daya tarik utama dari pantai yang memiliki air laut jernih ini. Meskipun perjalanan menuju pulau ini cukup sulit, tetapi tidak menyurutkan para wisatawan.

Lokasi: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.

10. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban

Image Credit: Panduanwisata.id

Menjadi salah satu pulau yang sangat digilai oleh turis mancanegara karena keindahan biota laut dan panorama bawah laut yang ditawarkan. Objek wisata bahari satu ini memiliki daya tarik utama, yaitu danau ubur ubur yang tidak dapat Anda temukan di tempat lainnya.

Terdapat empat jenis ubur ubur di habitat yang sangat alami untuk organisme satu ini. Aktivitas yang sangat menarik dan dapat Anda lakukan, antara lain diving atau snorkeling di danau tersebut.

Lokasi: Kepulauan Derawan, Kec. Maratua, Kab. Berau.

11. Hutan Mangrove Margomulyo

Hutan Mangrove Margomulyo

Image Credit: Heikaku.com

Kawasan ini menjadi area konservasi yang berfungsi sebagai pencegah abrasi, tetapi juga dikelola menjadi destinasi wisata. Daya tarik yang ditawarkan adalah keindahan alam yang khas dari hutan mangrove dan ditambah dengan menara intai yang unik.

Melalui tempat ini, Anda dapat menyaksikan burung burung terbang, hinggap, lalu pergi. Di pagi hari, Anda bisa melihat bekantan yang bertengger di pohon bakau dan pemandangan yang menyejukkan mata.

Lokasi: Jl. AMD Gg. 4 No.RT 42, Margo Mulyo, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Pontianak Paling Enak & Murah

12. Danau Labuan Cermin

Image Credit: Indonesiakaya.com

Kembali hadir fenomena alami yang sangat menakjubkan dan di luar nalar di Kabupaten Berau. Danau Labuan Cermin menjadi wisata yang menarik banyak wisatawan karena suguhan surga bawah lautnya. Anda dapat menikmati keistimewaan tempat wisata ini karena di bagian atas danau adalah air tawar.

Sedangkan di dasar danau adalah air asin, uniknya lagi kedua air ini tidak bercampur. Organisme yang tinggal di bawah danau juga terdiri atas dua tipe.

Lokasi: Biduk-Biduk, Kec. Biduk Biduk, Kab. Berau.

13. Pulau Derawan

Pulau Derawan

Image Credit: Ksmtour.com

Menjadi salah satu surga di calon ibukota negara, pulau derawan ini memiliki keindahan biota laut yang tiada duanya. Anda dapat menikmati aktivitas diving, snorkeling, surfing, atau hanya berjalan jalan di tepi pantai. Perjalanan yang panjang dan cukup melelahkan akan terbayar dengan keindahan pesona bahaya yang ada.

Air laut yang disuguhkan juga sangat jernih, sehingga cocok untuk pecinta aktivitas menyelam. Dari segi harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Lokasi: Desa Tanjung Harapan, Kec. Pulau Maratua, Kab. Berau.

14. Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku

Image Credit: Ksmtour.com

Cukup mudah mencari destinasi wisata ini, tetapi tidak banyak yang berkunjung ke destinasi yang tergolong terpencil. Kurang tepat disebut gua karena sejatinya adalah danau, tetapi nama gua diambil dari representasi pintu masuk yang mirip dengan pintu gua.

Daya tarik dari wisata ini adalah warna airnya yang tosca muda dengan tekstur di bawah air yang kasar. Anda akan merasa seperti ditarik untuk menceburkan diri ke dalam air payau tersebut.

Lokasi: Teluk Harapan, Kec. Maratua, Kab. Berau.

15. Goa Batu Gelap

Goa Batu Gelap

Image Credit: Wikipedia.org

Memiliki nama yang merepresentasikan tempatnya, yaitu cukup gelap dan didominasi oleh batu. Destinasi di daerah Kutai Kartanegara ini berasal dari pegunungan karst dengan batuan gamping yang menjadikannya sebagai goa alam di Kalimantan Timur.

Daya tarik yang ditawarkan adalah stalagmit dan stalagtit, serta sungai bawah tanah yang sangat cantik. Anda dapat mengambil foto eksotis di tempat ini dengan sedikit cahaya yang masuk melalui celah goa.

Lokasi: Simpang Birawa, Sukamaju, Kec. Tenggarong Seberang, Kab. Kutai Kartanegara.

Masyarakat Indonesia sendiri banyak yang belum mengetahui berbagai destinasi menarik dan populer di pulau Kalimantan ini. Akan tetapi, 15 rekomendasi tempat wisata di Kalimantan Timur yang telah disebutkan menjadi destinasi yang menarik minat pelancong baik dari domestik maupun mancanegara. Turis mancanegara ini banyak tertarik dengan keindahan bahari yang dimiliki oleh Indonesia untuk aktivitas diving atau snorkeling. Manakah destinasi pilihanmu untuk liburan mendatang?