Kalimantan Tengah

15 Tempat Wisata di Kalimantan Tengah yang Paling Hits

Apa Saja Destinasi Menarik di Kalimantan? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Kalimantan Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Jika Anda sudah puas untuk menjelajahi pulau Jawa, maka tak ada salahnya untuk berkelana di Kalimantan Tengah. Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi untuk dijadikan liburan bersama keluarga. Provinsi yang digadang gadang akan menjadi ibu kota baru ini memiliki pesona alam yang luar biasa tak tertandingi.

Untuk menjawab rasa penasaran anda, yuk simak ulasan 15 tempat wisata populer yang ada di Kalimantan Tengah yang wajib Anda eksplor.

1. Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran

Image Credit: Ksmtour.com

Jika Anda ingin berkunjung ke Kalimantan Tengah tak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Pandaran yang memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Banyak turis dari mancanegara yang datang berkunjung ke pantai ini untuk sekedar mengisi waktu liburan.

Hamparan pasir putih yang sangat luas ditambah dengan deburan ombak yang seolah membawa Anda untuk melupakan hiruk pikuk kota. Selain itu Anda juga bisa melihat langsung seperti apa upacara adat yang digelar di pantai tersebut.

Lokasi: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur.

2. Istana Kuning

Istana Kuning

Image Credit: Indonesia-az.com

Selain pesona pantai, Kalimantan Tengah juga memiliki wisata sejarah yang istana kuning. Bukan berarti istana ini dibalut dengan warna kuning untuk semua bangunanya, namun hanya bagian gerbang saja yang berwarna kuning.

Bangunan peninggalan kerajaan di Kalimantan Tengah ini merupakan perpaduan berbagai budaya seperti Melayu, China dan Dayak. Hampir seluruh bangunan terbuat dari kayu ulin yang sangat kokoh.

Lokasi: Raja, Kec. Arut Selatan, Kab, Kotawaringin Barat,

3. Sungai Sekonyer

Sungai Sekonyer

Image Credit: Kalimantantours.com

Ingin memiliki liburan yang berbeda? Anda bisa berkunjung ke Sungai Sekonyer di Kalimantan Tengah. Sungai ini akan membawa Anda menelusuri sungai dalam beberapa hari. Tak perlu takut akan ancaman binatang puas, karena awak kapal sudah dilengkapi dengan pengetahuan agar terhindari dari bahaya.

Hal unik lain yang bisa Anda coba lakukan adalah menikmati alam sambil menyantap hidangan lezat. Anda bisa menyediakan menu makan lezat dengan tempat nyaman.

Lokasi: Desa Sungai Sekonyer, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

4. Museum Balanga

Museum Balanga

Image Credit: IG: (@museumbalanga)

Wisata di Kalimantan Tengah yang bisa menambah wawasan pengetahuan Anda adalah Museum Belanga. Saat berkunjung ke sini Anda akan menemukan banyak sekali senjata tradisional seperti duhung, mandau sumpit, rabayang dan tombak. Senjata ini biasanya digunakan untuk keperluan upacara, bercocok tanam, berburu dan membela diri.

BACA JUGA:  5 Tempat Wisata di Kapuas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Biasanya banyak sekali murid sekolah yang berkunjung ke Museum Belanga untuk menambah wawasan.

Lokasi: Jl. Tjilik Riwut No.KM, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

5. Pantai Kubu

Pantai Kubu

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Kubu merupakan salah satu objek wisata di pangkalan Bun karena letaknya yang ideal untuk mengasingkan dari keramaian kota. Pantai ini memiliki ciri khas pasirnya yang berwarna agak kecoklatan.

Warna pasir cokelat ini karena pengaruh hutan gambut yang berada tak jauh dari pantai. Pantai ini juga sangat landau dan sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain air.

Lokasi: Kubu, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

6. Bukit Raya

Bukit Raya

Image Credit: Ksmtour.com

Gunung bukit raya adalah salah satu gunungan tertinggi di Indonesia yang mewakili banyak gunung gunung di Kalimantan Tengah. Kawasan pegunungan ini masih sangat lestari dan terjaga flora serta fauna yang tinggal di dalamnya.

Untuk bisa mencapai puncak Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih selama lima hari perjalanan. Setelah sampai puncak maka Anda akan menemukan pemandangan awan yang sangat indah dari atas bukit tersebut.

Lokasi: Desa Rantau Malam, Kec. Serawai, Kab. Sintang.

7. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Image Credit: Kompasiana.com

Jika Anda berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting,. Maka Anda akan menyaksikan secara langsung bagaimana orangutan yang masih berkembang biak dengan baik di taman tersebut. Anda bisa memberikan pakan ke orang utan yang telah disediakan seperti ubi, pisang, atau susu. Untuk bisa memiliki kesempatan memberikan makan ke orang utan, maka Anda bisa memilih tiga camp yang ada di wilayah tersebut.

Ketiga camp ini memiliki raja orangutannya masing masing dan jika sudah waktunya pemberian makan, maka raja tersebut aan muncul ke lokasi. Selain orang utan, taman nasional ini juga merupakan penangkaran untuk hewan lain seperti babi hutan, monyet, bekantan dan jenis makhluk hidup lainnya yang hidup berdampingan dengan taman nasional tersebut. Selain itu pengunjung juga berlindung di bawah pohon taman nasional yang menjulang tinggi.

Lokasi: Teluk Pulai, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

8. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling

Image Credit: Ksmtour.com

Berkunjung ke Bukit Tangkiling maka Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat berbeda. Bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 500 mdpl ini akan menawarkan pesona alam yang luar biasa indah. Hamparan hijau dari pepohonan akan menyambut Anda setibanya sampai di puncak bukit tersebut.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Anda sudah mencapai titik puncak bukit, maka Anda akan menyaksikan pemandangan bukit lain yang tak kalah mempesona.

Lokasi: Tangkiling, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

9. Danau Tahai

Danau Tahai

Image Credit: Indonesia-tourism.com

Danau Tahai adalah sebuah danau kecil yang berada di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah. Keistimewaan kawasan wisata ini adalah jembatan kayu yang mengelilingi areal hutan ini. Danau Tahai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh danau danau lainnya di luar Pulau Kalimantan.

Di sekitar danau Tahai pengunjung juga terdapat rumah rumah terapung milk penduduk yang biasa disebut dengan rumah lanting.

Lokasi: Desa Tahai, Kel. Tumbang Tahai, Kec.n Bukit Batu, Kotamadya Palangka Raya.

10. Rumah Tradisional Longhouse

Rumah Tradisional Longhouse

Image Credit: Wisatayogyakartahutanpinusku.blogspot.com

Rumah adat Longhouse ini adalah karya suku Dayak yang bermukim di pedalaman Kalimantan. Suku ini memiliki konsep hidup berkelompok yang memiliki panjang kurang lebih 180meter dan terdiri dari 35 pintu.

Rumah yang dibangun dengan kayu ulin ini bisa terhindar dari hama rayap selama ratusan tahun. Orang suku Dayak sendiri umumnya memiliki kebiasaan untuk memelihara hewan seperti anjing, burung, kucing, atau sapi.

Lokasi: Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

11. Taman Kumkum

Taman Kumkum

Image Credit: Ksmtour.com

Kumkum Park adalah objek wisata yang terletak di dekat Palangkaraya yang menjadi salah satu tempat wisata populer yang dikunjungi oleh banyak orang saat liburan. Taman ini bisa disebut sebagai kebun binatang kecil karena hanya memiliki beberapa hewan seperti buaya, beruang, burung elang dan monyet.

Selain bisa berinteraksi dengan hewan yang ada di dalamnya, Anda juga bisa memesan makan sambil menikmati live music di taman Kumkum.

Lokasi: Jl. Wisata No.1, Pahandut Seberang, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

12. Sebangau National Park

Sebangau National Park

Image Credit: Beritagar.id

Untuk bisa sampai di Taman Sebangau National akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari bandara kecil Riwut Palangkaraya. Wilayah ini memiliki kurang lebih 568 hingga 700 hektar dan memiliki sumber daya alam yang lengkap.

Di taman nasional inni terdapat kurang lebih 808 spesies tanaman, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung dan 54 spesie ulas. Jenis jenis flora pun bisa tumbuh subur di Sebangau National Park.

BACA JUGA:  Pantai Pagatan, Destinasi Favorit Berakhir Pekan di Tanah Bumbu

Lokasi: Jl. Mahir Mahar KM. 1.2, Paduran Sabangau, Kec. Sebangau Kuala, Kota Palangka Raya.

13. City Air Muara Teweh

City Air Muara Teweh

Image Credit: Ksmtour.com

Muara teweh adalah Ibu Kota Kabupaten Barito Utara yang memiliki mayoritas penduduknya adalah suku Dayak Bakumpai. Kota yang dikelilingi oleh hutan memiliki bentuk memanjang mengikuti aliran air sungai. Di sepanjang aliran sungai, Anda juga akan menjumpai pemandangan alam yang sangat menawan.

Anda juga bisa mencicipi durian papaken dan ikan saluang khas dari Kalimantan. Kota yang memiliki tanaman kayu bakah ini dapat langsung diminum dari batang pohonnya.

Lokasi: Melayu, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara.

14. Danau Biru Tewang Pajangan

Danau Biru Tewang Pajangan

Image Credit: Bloggerkalteng.id

Berkunjung ke Kalimantan Tengah untuk berlibur rasanya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Danau Biru Tewang Pajangan. Daya tarik utama dari danau ini adalah air danau yang berwarna biru seperti awan dan tidak pernah mengalami perubahan. Ditambah lagi keindahan alam yanga da di sekitar danau seolah menambah lengkap pesona danau tersebut. Keindahan air danau ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat untuk berfoto selfie.

Namun ada juga beberapa masyarakat yang memilih untuk menggunakan air tersebut sebagai tempat pemandian. Warna air yang biru ini disebabkan karena banyak sekali plankton yang hidup di perairan yang cukup biru tersebut. Selain warna air yang sangat cantik, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan putih dari gundukan tanah yang ada di sekitarnya. Suasana liburan pun akan semakin lengkap jika berkunjung ke danau tersebut.

Lokasi: Desa Tewang Pajangan, Kec. Kurun, Kab. Gunung MAS.

15. Bukit Batu Tjilik Tengah

Bukit Batu Tjilik Tengah

Image Credit: Inddependenttour.wordpress.com

Jika Anda ingin mengunjungi wisata yang berbeda dari biasanya, Anda bisa mengunjungi Buit Batu Tjilik Tengah yang ada di Kalimantan Tengah. Di tempat wisata ini Anda akan menemukan sembilan jenis batu bertuah yang berbeda.

Anda akan menemukan spot foto yang sangat menarik dan bisa dijadikan latar belakang kece. Hal ini karena pemandangan di atas bukit tersebut akan sangat indah

Lokasi: Jl. Trans Kalimantan, Kasongan Lama, Kec. Katingan Hilir, Kab. Katingan.

Mengisi waktu liburan memang akan sangat menyenangkan bila dilakukan dengan mengunjungi beragam tempat wisata menarik. Salah satunya dengan mengunjungi Kalimantan Tengah yang masih memiliki tempat wisata yang asri dan belum terjamah oleh para wisatawan. Dengan mengunjungi tempat wisata tersebut, maka pikiran akan kembali fresh dan siap untuk melakukan aktivitas harian.