Kalimantan Barat

15 Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Paling Hits

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Kalimantan Barat. Destinasi Wisata Alam, Bahari dan Buatan Terbaru, Kekinian untuk Membuat Liburan Anda lebih Berkesan.

Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki ibukota Pontianak dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Indonesia terkenal dengan alamnya yang indah, sehingga banyak pula destinasi alam yang patut Anda kunjungi saat berada di Kalimantan.

Beberapa daerah di pulau ini telah menyuguhkan berbagai wisata dengan kearifan lokal ataupun telah tersentuh kemodernan. Akan tetapi, masih sangat eksotis, cantik, dan menarik untuk dikunjungi. Yuk simak 15 tempat wisata di Kalimantan Barat pada ulasan bawah ini!

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas

Image Credit: Flickr.com @Adaduitokla

Menjadi sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas juga menjadi ikon penting bagi rakyat Kalimantan Barat. Banyak hal yang ditopang oleh sungai ini, sehingga disebut sebagai urat nadi bagi masyarakat setempat. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di sungai yang telah berubah menjadi destinasi wisata ini. Salah satunya dengan menaiki perahu untuk berkeliling kawasan sungai. Harga yang perlu Anda keluarkan cukup bervariasi bergantung pemilik perahu.

Tidak hanya berkeliling sungai dengan menaiki perahu, Anda juga dapat menikmati keindahan sungai Kapuas dengan duduk santai di tepi sungai. Tidak lupa untuk mencicipi wisata kuliner yang terbentang di sepanjang ikon penting masyarakat Kalbar ini. Suguhan keindahan sungai di sore hari menjadi spot dan waktu yang paling tepat untuk dihabiskan dengan teman atau pacar. Tidak hanya penduduk lokal, para pelancong juga wajib menikmati keindahan yang ditawarkan.

Lokasi: Temiang Kapuas, Kec. Sepauk, Kab. De Sintang.

2. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk

Image Credit: Mytrip.co.id

Indonesia terkenal dengan keindahan wisata bahari, sehingga pantai Temajuk ini menjadi salah satu destinasi yang tidak perlu diragukan. Paduan air laut yang jernih dan pasir pantai yang coklat cukup kontras, tetapi sangat indah dan menarik.

Daya tarik dari pantai ini ada dua, yaitu indahnya menikmati pemandangan matahari terbenam yang diklaim sebagai sunset terindah di Indonesia dan garis pantai yang cukup panjang, sehingga puas untuk berjalan menyusuri pantai.

Lokasi: Desa Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

3. Danau Sentarum

Danau Sentarum

Image Credit: Wikipedia.org

Ungkapan perjuangan yang berat untuk mendapatkan suatu keindahan terbukti nyata karena Anda harus menempuh perjalanan yang panjang untuk ke danau sentarum. Pemerintah terus menjaga kelestarian danau terbaik ini karena berfungsi sebagai penadah hujan.

BACA JUGA:  Pulau Lemukutan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

Anda akan menyaksikan keindahan yang luar biasa saat berkunjung ke tempat wisata ini. Waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah musim hujan karena air danau akan habis di musim kemarau.

Lokasi: Nanga Leboyan, Kec. Sentarum, Kab. Kapuas Hulu.

4. Bukit Penjamur

Bukit Penjamur

Image Credit: Misteraladin.com

Menjadi salah satu spot terbaik untuk mengabadikan sunset dan sunrise, bukit penjamur jadi ramai dikunjungi pelancong. Tidak hanya itu, panorama yang disuguhkan juga sangat menarik, seperti lautan awan yang memesona saat mendaki bukit ini.

Akses yang harus Anda tempuh juga tidak terlalu sulit, sehingga cocok untuk pendaki pemula. Yang harus diperhatikan adalah selalu hati hati dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen.

Lokasi: Bhakti Mulya, Kec. Bengkayang, Kab. Bengkayang.

5. Air Terjun Sarai Sawi

Air Terjun Sarai Sawi

Image Credit: Tempatwisata.pro

Menjadi salah satu wisata yang masih perawan karena belum diketahui banyak orang, tetapi indahnya alam Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Anda dapat menikmati derasnya air terjun dan keindahan air yang turun dari ketinggian. Tingkatannya cukup tinggi, tetapi medannya sangat terjal sehingga kurang aman.

Anda hanya bisa bermain di tingkatan bawah, tetapi air terjun tetap memuaskan. Para pelancong disarankan untuk memakai pemandu dari warga setempat.

Lokasi: Jl. Parit Haji Husein II, Bansir Darat, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

6. Air Terjun Wong Prawan

Air Terjun Wong Prawan

Image Credit: Tempatwisata.pro

Berada di kecamatan Badau, air terjun wong prawan ini sangat asri dan airnya jernih, sehingga dipakai sebagai sumber air bersih oleh warga sekitar. Anda dibuat takjub karena air terjun ini setinggi 50 meter dengan kerapatan tanaman hijau hingga menutupi tebing.

Tidak hanya itu, dindingnya juga sangat terjal dan pepohonan rapat membuatnya seperti peneduh alami di tempat tersebut. Destinasi ini menjadi salah satu wisata yang wajib Anda kunjungi.

Lokasi: Desa Kekurak, Kec. Badau, Kab. Kapuas Hulu.

7. Bukit Ampan

Bukit Ampan

Image Credit: Uncak.com

Ingin mendaki tetapi masih sangat awam? Bukit Ampan menjadi destinasi yang paling tepat karena tidak terlalu tinggi dan aksesnya cukup mudah. Hanya berjarak beberapa ratus meter dari Kapuas hulu, sehingga cukup mudah ditemukan. Di tempat ini Anda akan disuguhi lautan awan dan merasa seperti di atas awan selama beberapa saat.

Bagi pecinta camping juga dapat mendirikan tenda di atas bukit sambil menunggu indahnya matahari terbit atau tenggelam.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sanggau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Nanga Pedian, Kec. Pengkadan, Kab. Kapuas Hulu.

8. Bukit Babi

Bukit Babi

Image Credit: Genpi.co

Asal usul nama dari tempat ini cukup misterius, bahkan hingga saat ini belum ditemukan alasan penamaan Bukit Babi ini. Panorama yang ditawarkan adalah Danau Sentarum dari sisi yang berbeda.

Akan tetapi, Anda juga dapat pemandangan hijaunya padang ilalang di bukit yang cukup misterius ini. Paduan dari indahnya danau sentarum yang cukup memikat dan warna hijau di depan mata membuat para pelancong termanjakan, bahkan betah berlama lama di sini.

Lokasi: Nanga Leboyan, Kec. Sentarum, Kab. Kapuas Hulu.

9. Danau Balairam

Danau Balairam

Image Credit: Kompas.com

Berada dalam satu kawasan yang dilindungi dengan danau sentarum membuat danau balairam juga ramai dikunjungi. Daya tarik yang ditawarkan sangat berbeda, tetapi patut menjadi salah satu objek wisata andalan. Anda akan disuguhi kondisi hutan khas Kalimantan yang masih sangat asri dengan banyaknya pohon besar sepanjang sungai.

Selain itu, danau ini juga jadi surga tersendiri bagi para mancing mania karena menyimpan ikan besar yang cukup banyak.

Lokasi: Desa Malemba, Kec. Batang Lupar, Kab. Kapuas Hulu.

10. Danau Empangau

Danau Empangau

Image Credit: Mediaindonesia.com

Menjadi kawasan konservasi dan budidaya ikan, danau yang terletak di Bunut Hilir ini memiliki peraturan khusus saat memancing ikan. Tidak sembarang ikan yang dapat diambil karena jadi lokasi perlindungan ikan di habitat aslinya. Salah satu ikan asli yang hidup di danau ini adalah ikan arwana superred.

Danau dengan luas sekitar 124 hektar ini juga menjadi sumber ekonomi bagi nelayan setempat dan dijadikan objek wisata, sehingga Anda bisa memancing atau hanya menyusuri danau.

Lokasi: Desa Nanga Empangau, Kec. Bunut Hilir, Kab. Kapuas Hulu.

11. Desa Wisata Kepala Gurung

Desa Wisata Kepala Gurung

Image Credit: Merahputih.com

Menjadi salah satu desa yang potensial untuk dijadikan tempat wisata, desa kepala gurung memiliki banyak keindahan terpendam. Adanya jembatan gantung dengan spot foto unik dengan dipayungi dedaunan alami. Dari namanya dapat disimpulkan desa ini memiliki sungai yang sangat indah dan cukup berpotensi sebagai spot arung jeram.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menemukan Air Terjun Gurung Prangai yang eksotis dan Bukit Sunan yang memiliki pemdangan indah.

Lokasi: Desa Kepala Gurung, Kec. Mentebah, Kab. Kapuas Hulu.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Melawi Terbaru & Terhits Dikunjungi

12. Goa Beluan

Goa Beluan

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Berada di Kabupaten Kapuas Hulu, Goa Beluan menambah destinasi menarik yang wajib Anda kunjungi saat ada di area tersebut. Jarak tempuh yang relatif sebentar dengan akses yang cukup mudah membuat objek wisata ini sangat menarik.

Daya tarik dari goa ini adalah lorong yang cukup menarik untuk eksplorasi. Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhi aliran air yang deras sehingga tampak sangat segar dan panorama indah yang tiada duanya di tempat lain.

Lokasi: Desa Tepuai, Kec. Hulu Gurung, Kab. Kapuas Hulu.

13. Gurung Duayak

Gurung Duayak

Image Credit: Tempatwisata.pro

Bagi pecinta olahraga air, seperti arung jeram sepertinya sangat cocok memasukkan destinasi ini ke dalam daftar liburannya. Anda dapat menikmati arus yang deras dan rintangan bebatuan yang cukup sulit dan menantang. Desa ini dapat menjadi desa wisata karena telah memiliki dua objek yang menarik dan cukup ramai dikunjungi.

Daya tarik lainnya dari tempat ini adalah ada tradisi menangkap ikan duayak di lokasi yang berjarak 18 km dari pusat kecamatan.

Lokasi: Desa Bahenap, Kec. Kalis, Kab. Kapuas Hulu.

14. Jembatan Gantung Dusun Meliau

Jembatan Gantung Dusun Meliau

Image Credit: Sara1996.blogspot.com

Dusun Meliau ini cukup terkenal di kalangan pemancing karena memiliki danau yang cukup memesona, yaitu Danau Merebung. Komunitas satu ini sering kali melakukan aktiviasnya di desa yang sangat indah dengan panorama yang sangat unik.

Anda dapat berfoto di jembatan gantung dusun Meliau ini dengan beberapa pose atau sudut yang berbeda. Semakin unik karena adanya popohanan rapat yang membuatnya menjadi payung alami.

Lokasi: Desa Melemba, Kec. Batang Lupar, Kab. Kapuas Hulu.

15. Lubuk Semah

Lubuk Semah

Image Credit: Tribunnews.com

Ingin snorkeling yang anti mainstream? Kalimantan Barat ini memiliki sungai di tengah hutan yang dapat Anda jadikan sebagai spot baru untuk snorkeling. Air di sungai ini sangat jernih, sehingga dasar sungai terlihat jelas dari atas permukaan.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berenang, memancing, bahkan snorkeling untuk melihat berbagai keindahan biota alam. Anda juga dapat merasakan sensasi strike dari ikan ikan di lubuk semah ini.

Lokasi: Desa Tekalong, Kec. Mentebah, Kab. Kapuas Hulu.

Menutup tahun dengan berlibur memang sangat menyenangkan, sehingga menjadi ajang untuk memberi penghargaan terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, Anda harus mulai menyusun jadwal dan rencana untuk berlibur beserta destinasi yang ingin dituju. Kalimantan Barat adalah salah satu tujuan yang sangat menarik karena menyimpan berbagai keindahan alam yang luar biasa. Sudahkah Anda mengunjungi salah satu destinasi di pulau yang sangat eksotis ini?