Kalimantan Selatan

10 Tempat Wisata di Hulu Sungai Utara Terbaru dan Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Kalimantan Selatan? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Menarik & Populer di Hulu Sungai Utara Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Sejatinya, Hulu Sungai Utara adalah salah satu kabupaten Kalimantan Selatan yang memiliki beragam objek wisata terbaru dan terhits. Banyak wisatawan lokal maupun asing menghabiskan hari libur di salah satu objek wisatanya, apalagi kebanyakan objek wisata memiliki fasilitas lengkap dan aman untuk pengunjung baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Sebenarnya, Hulu Sungai Utara dahulu bernama Amuntai. Namun seiring berkembangnya waktu, nama tersebut tak terpakai lagi walaupun sebagian masyarakat masih menggunakannya. Perlu diketahui, menurut georafis, kabupaten tersebut terdiri dari dataran rendah dan banyak digenangi rawa. Walaupun begitu, kondisi lingkungannya terjamin dan kebersihannya selalu dijaga sehingga wajib dikunjungi untuk liburan.

Hulu Sungai Utara menyuguhkan beragam objek wisata, misalnya wisata religi, wisata budaya, wisata kuliner dan wisata lainnya yang instagramable. Usahakan menyediakan perlengkapan yang lengkap agar liburan maksimal, tentunya dapat menjelajahi objek wisata tujuan. Berikut ada rekomendasi objek wisata di Hulu Sungai Utara yang dapat dijadikan pilihan, diantaranya adalah:

1. Wisata Itik Alabio

Wisata Itik Alabio

Image Credit: Tabloidsinartani.com

Wisata Itik Alabio menjadi wisata andalan keluarga loh, pasalnya memiliki nilai edukasi mengenai kehidupan itik. Apalagi itik Alabio menjadi ikon kota Hulu Sungai Utara yang dikenal luas, pengunjung dapat melihat secara langsung tingkah menggemaskan itik-itik. Pastinya menjadi kegiatan seru bagi anak-anak, Anda dapat memberikan penjelasan pada mereka mengenai makanan itik, cara itik berkembang dan lain-lain.

Jangan lupa mengabadikan moment saat anak-anak berinteraksi dengan itik-itik misalnya saat mereka belajar menyentuh maupun memberi pakan secara ragu-ragu. Tujuannya agar menjadi kenang-kenangan buah hati pernah berinteraksi dengan itik Alabio di Hulu Sungai Utara.

Lokasi: Sungai Pandan Hulu, Kec. Sungai Pandan, Kab. Hulu Sungai Utara.

2. Sirkuit Tabur

Sirkuit Tabur

Image Credit: Superadventure.co.id

Anda menyukai adrenalin? Sirkuit Tabur adalah objek wisata tepat sehingga waktu liburan lebih bermakna dan ceria. Pasalnya tersedia kegiatan ektream seperti motor treak outbond dan kegiatan menantang lainnya, sirkuitnya yang berlumpur dan licin cocok untuk menantang keberanian anda. Dijamin menjadi pengalaman tak terlupakan. Untuk itulah sebaiknya mengajak pasangan sehingga saat mencoba kegiatan tidak ada perasaan was-was karena didekat orang tercinta.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Barito Kuala Terbaru & Terhits Dikunjungi

Banyak loh traveller yang luar kota mendatangi sirkuit tabur bersama rekan-rekannya. Mereka rela menempuh perjalanan jauh demi mengobati rasa penasarannya pada kegiatan ekstrem, hal tersebut dapat dijadikan tontonan yang seru dan mendidik. Yang terpenting adalah menjaga persaudaraan antar masyarakat sehingga tidak terjadi keributan.

Lokasi: Tayur, Kec. Amuntai Utara, Kab. Hulu Sungai Utara.

3. Danau Panggang

Danau Panggang

Image Credit: Afrkulidesa.blogspot.com

Danau Panggang termasuk objek wisata alam yang wajib dikunjungi karena pemendangan alamnya sangat indah dan eksotik, apalagi banyak kerbau yang berenang karena banyak rawa-rawa. Pengunjung dapat menyaksikan kerbau-kerbau berenang dirawa-rawa, untuk itulah abadikanlah setiap moment agar tidak hilang diingatan.

Saat kerbau-kerbau selesai berenang, pengunjung dapat memberikan mereka pakan dengan jarak aman atau ditemani pemandu kerbau. Walaupun tampak was-was, namun kegiatan tersebut menyenangkan karena pertAnda menyayangi makhluk hidup. Tak heran banyak pengunjung membawa kamera canggih sehingga dapat mengabdikan setiap moment berlibur ke danau panggung.

Lokasi: Danau Panggang, Kec. Danau Panggang, Kab. Hulu Sungai Utara.

4. Candi Agung

Candi Agung

Image Credit: Wikipedia.org

Candi Agung adalah objek wisata sejarah Sungai Malang, candi tersebut termasuk situs candi Hindu peninggalan kerajaan Negara Dipa yang hidup pada masa kerajaan Majapahit. Selain itu candi tersebut memiliki luas sekitar 40 x 50 m dan selalu dipadati wisatawan lokal maupun asing.

Tentunya menjadi wisata anak-anak sekolah maupun kunjungan indutri. Apalagi dunia pendidikan pasti memilih objek wisata yang memiliki nilai edukasi tinggi sehingga wawasan peserta didik semakin luas. Untuk itulah candi Agung pilihan tepat, pengunjung dapat menjelajahi apa saja yang ada di dalam candi. Tentunya dengan pendampingan juru kunci maupun orang yang ditugaskan mengawal wisatawan.

Lokasi: Sungai Malang, Kec. Amuntai Tengah, Kab. Hulu Sungai Utara.

5. Monumen Itik Alabio

Monumen Itik Alabio

Image Credit: Instakalimantan.blogspot.com

Siapa sangka, di Hulu Sungai Utara terdapat objek wisata Monumen Itik Alabio loh. Alhasil jika berwisata ke peternakan itik Alabio, dapat menuju monumen itik Alabio yang terletak di ibukota Hulu Sungai Utara. Pengunjung akan menyaksikan patung besar berupa itik Alabio yang digunakan spot foto utama, dijamin hasil foto akan indah dan menandakan Anda pernah berkunjung ke monumen itik Alabio.

BACA JUGA:  Pantai Turki, Pantai yang Memukau di Tanah Laut

Selain itu pengunjung dapat mencicipi kuliner khas Sungai Hulu Utara di warung-warung sekitar objek wisata. Jika ingin makan di restoran atau kafe, juga tersedia beragam kuliner yang membuat Anda betah berlibur dan menikmati liburan setiap detik.

Lokasi: Jl. Patmaraga,Murung Sari, Kec. Amuntai Tengah, Kab. Hulu Sungai Utara.

6. Titian Panjang

Titian Panjang

Image Credit: Flickr.com @Amallea

Hiruk pikuk kota sering meresahkan pikiran dan ingin pergi ke tempat yang sejuk sehingga pikiran rileks tanpa beban. Anda dapat mengunjungi objek wisata berupa titian panjang yang terletak di Desa Jingah Bujur, Kecamatan haur Gading. Wisatawan dapat menyusuri titian kayu yang panjang sambil menikmati pemandangan di sekitarnya, pasalnya titian tersebut diletakkan diatas rawa sehingga pemandangannya eksotik dan jauh dari polusi udara.

Selain menyenangkan, pengunjung tak mengeluarkan biaya besar. Namun mendapatkan kebahagiaan batin berupa terlepasnya beban pikiran dan kenangan indah, jangan salah loh, pikiran yang rileks ditemani pemandangan yang sejuk mampu menghilangkan beban pikiran dan memunculkan pemikiran positif untuk mengambil tindakan dan solusi pemecahan masalah.

Lokasi: Jingah Bujur, Kec. Amuntai, Kab. Hulu Sungai Utara.

7. Danau Caramin

Danau Caramin

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Danau Caramin awalnya sebuah nama di Kecamatan Amuntai tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Perlu diketahui, di desa tersebut terdapat danau yang luas dengan pemandangan indah. Alhasil seiring berjalannya waktu menjadi objek wisata terbaru dan terhits yang wajib dikunjungi, wisatawan lokal dan mancanegara pun berdatangan hingga danau tersebut terkenal di internet.

Panorama danau yang menawan menjadi daya tarik tersendiri, lengkap dengan warna airnya yang biru dan terjaga kebersihannya. Liburan pasti menyenangkan dan siap menyambut aktifitas usai berlibur. Jangan salah loh, di danau Caramin banyak penjual kaki lima yang menyediakan beragam makanan lezat. Pastinya makananya aman tanpa bahan kimia sehingga tidak menganggu kesehatan.

Lokasi: Danau Ceramin, Kec. Amuntai Tengah, Kab. Hulu Sungai Utara.

8. Siring Kota Amuntai

Siring Kota Amuntai

Image Credit: Wikipedia.org

Jangan salah loh, siring kota Amuntai menjadi wisata terhits karena pemandangan sekelilingnya yang rapi dan bagus. Walaupun termasuk tepian sungai di dekat pasar namun banyak dikunjungi, hal tersebut lantaran sering diadakan acara seperti lomba memasak, lomba mengaji, dan kegiatan positif lainnya sehingga banyak orang yang penasaran. Alhasil menjadi objek wisata terhits karena banyak jajanan lezat khas Hulu Sungai Utara maupun daerah lainnya.

BACA JUGA:  Mengintip Bukit Rimpi Pelaihari, Bukit Teletubbies di Kalimantan Selatan

Selain itu jika waktu berlibur cukup panjang, pengunjung dapat mengikuti kegiatan yang diadakan di siring kota Amuntai. Pastinya menjadi pengalaman tak terlupakan karena masyarakatnya ramah-ramah sehingga pengunjung tidak ragu bergaul dengan mereka. Tentu Anda mendapatkan 2 hal dari liburan, yaitu mendapat pengalaman indah mengenai objek wisata tujuan dan mendapat saudara baru.

Lokasi: Jl. Norman Umar, Kebun Sari, Kec. Amuntai Tengah, Kab. Hulu Sungai Utara.

9. Danau Biru Tabur

Danau Biru Tabur

Image Credit: Deeanpersonalblog.wordpress.com

Objek wisata Danau Biru Tabur termasuk tempat wisata yang unik karena tampilan danau seeprti diberikan taburan berwarna biru sehingga danaunya semakin cantik dan menawan. Alhasil membuat seseorang yang memandang terpana sehingga selalu ramai dikunjungi, pasalnya pengunjung dapat menelurusuri danau menggunakan sampan maupun perahu motor sekitar 2 atau 3 orang per penumpang.

Sejatinya, letak danau tersebut di Desa Tayur dan banyak spot foto menarik yang harus dicoba. Pastinya pengunjung dapat melihat keindahan sunrice dan sunsite secara maksimal, usahakan mengajak orang tercinta ya agar kebahagiaan semakin lengkap. Sediakan pula kebutuhan makanan dan minuman sehingga tidak kebingungan saat haus dan lapar.

Lokasi: Tayur, Kec. Amuntai Utara, Kab. Hulu Sungai Utara

10. Pasar Alabio

Pasar Alabio

Image Credit: Twitter.com @AidaY4nti

Pasar Alabio menjadi wisata kuliner tradisional yang wajib dikunjungi karena berkunjung ke Hulu Sungai Utara tak lengkap tanpa pasar Alabio. Apalagi tersedia berbagai aneka makanan dan minuman, khususnya jajanan dan makanan khas Hulu Sungai Utara. Pengunjung dapat membeli jajanan ringan maupun makanan berat sebagai oleh-oleh orang di rumah, dengan begitu mereka merasakan kebahagiaan seperti Anda walaupun tak ikut berwisata.

Perlu diketahui, mayoritas jajanan di pasar Alabio terbilang terjangkau sehingga ramah di kantong. Walaupun terdapat makanan yang harganya mahal, namun kualitas rasa dan daya tahannya kuat sehingga mahal. Namun kualitasnya tetap karena tanpa pengawet.

Lokasi: Alabio, Tlk. Betung, Kec. Sungai Pandan, Kab. Hulu Sungai Utara.

Mengunjungi objek wisata di Hulu Sungai Utara memang menyenangkan karena banyak objek wisata yang dapat dipilih, maka rencanakanlah waktu liburan sebaik mungkin sehingga semuanya siap dan lengkap. Jangan sampai akibat terlupa hal kecil, membuat liburan kurang menyenangkan. Sementara 10 objek wisata diatas dapat dijadikan referensi tepat memilih sehingga liburan bermakna.