Kalimantan Selatan

9 Tempat Wisata di Hulu Sungai Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terindah dan Terbaik di Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Hampir sama dengan wialayah di Hulu Sungai Selatan. Hulu Sungai Tengah menjadi salah satu wilayah yang mempunyai banyak tempat wisata menarik. Banyak pengunjung dari berbagai daerah yang datang untuk menikmati berbagai wisata yang ada di tempat tersebut. Wisata yang ada di Hulu Sungai Tengah ini terkenal akan keanekaramanannya. Bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk mengisi liburan, Hulu Sungai Tengah ini bisa jadi pilihan. Akses menuju tempat wisata di Hulu Sungai Tengah juga terbilang mudah diakses sehingga siapa saja bisa berkunjung dengan mudah. Baik dari kendaraan bermotor maupun mobil.

Hulu Sungai Tengah menjadi salah satu lokasi yang ada di Kalimantan. Kalimantan memang mempunyai beberapa wilayah yang terkenal akan wisatanya yang sangat menarik. Rata – rata wisata yang ada di Kalimantan adalah wisata alam. Sehingga biasanya pengunjung yang datang hanya sekedar ingin merasa rileks dan tidak memikirkan beban pekerjaan yang menyibukan diri. Ketika sedang ada di Kalimantan maka akan sangat sayang jika tidak mampir di tempat wisatanya. Beberapa diantara wisata yang ada di Kalimantan ini masih baru dan belum terjamah oleh orang. Beberapa diantaranya juga menjadi tempat wisata yang hits. Hulu Sungai Tengah Termasuk wilayah yang mempunyai tempat wisata baru.

Ulasan kali ini akan mengulas beberapa tempat wisata yang ada di Hulu Sungai Tengah. Hulu Sungai Tengah ini terkenal akan wisata alamnya. Wisata alam yang ada di lokasi ini sangat menarik untuk dikunjungi. 10 tempat wisata di Hulu Sungai Tengah yang akan dibahas di bawah ini merupakan tempat wisata baru dan terhits. Jika Anda sedang ingin berdiam diri libur dari kesibukan ingin mengunjungi tempat – tempat yang sejuk dan asri maka Hulu Sungai Tengah ini menjadi pilihan yang tepat.  Sangat sayang jika Anda berada di Hulu Sungai Tengah tidak mampir di wisata ini.

BACA JUGA:  Kampung Sasirangan, Pusat Kerajinan Batik Khas Kalimantan Selatan

1. Lok Laga

Lok Laga

Image Credit: Visitbudaya.blogspot.com

Pernah mendengar Lok Laga? Tempat wisata yang satu ini ada di Hulu Sungai Tengah ternyata. Lok Laga adalah sebuah sungai. Lok sendiri berarti sungai, sedangkan Laga adalah naga. Diberi nama sungai naga karena ukurannya yang cukup luas.

Sungai Naga ini menjadi tempat wisata yang sangat menarik. Pengunjung yang datang ke Lok Laga ini sangat senang menikmati airnya yang jernih dan segar. Suguhan pemandangan yang sangat indah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Lok Laga. Wisata ini bisa dibilang masih sepi dari pengunjung, sehingga ketika Anda berkunjung ke wisata ini Anda bisa merasakan ketenangan.

Lokasi: Sungai Harang, Kec. Haruyan, Kab. Hulu Sungai Tengah.

2. Banyu Panas Hantakan

Banyu Panas Hantakan

Image Credit: Ksmtour.com

Pertama kali mendengar Banyu Panas Hantakan ini pasti adalah kesan airnya yang panas. Sebenarnya bukan berarti air dari sungai ini panas melainkan memang ada bagian airnya yang hangat.

Di bagian ujung sungai ini terdapat sebuah tempat yang mempunyai air hangat. Biasanya pengunjung yang datang ke tempat ini menggunakan kolam air hangat tersebut untuk mengulur sendi yang ada di tubuh. Kolam lumpur hangat bisa Anda nikmati ketika datang ke wisata ini. Melalui kolam lumpur ini tubuh Anda bisa lebih rileks. Selain itu tambahan pemandangan pepohonan membuat nuansa menjadi lebih tenang.

Lokasi: Haruyan Dayak, Kec. Hantakan, Kab. Hulu Sungai Tengah.

3. Nateh

Nateh

Image Credit: Kampungmargasari.blogspot.com

Datang ke Hulu Sungai Tengah sangat disayangkan jika tidak mampir di Nateh. Nateh ini menyajikan tempat wisata yang sangat indah. Wisata yang ditonjolkan adalah wisata alamnya. Mungkin beberapa tempat wisata di Hulu Sungai Tengah memang menunjukan wisata alamnya saja namun nampaknya Nateh ini menjadi pilihan yang paling banyak dicari oleh pengunjung.

Pemandangan alam yang ada di Nateh ini sangat indah. Ada sebuah jembatan yang sering kali digunakan untuk berfoto. Beground alam akan membuat tampilan foto menjadi lebih indah. Nateh sendiri adalah sebuah Desa yang cukup terkenal di Kalimantan. Ketika datang ke Nateh maka Anda akan mudah menemukan pemandangan alam yang menarik. Banyak pengunjung yang mengabadikan moment ketika berada di Nateh ini.

BACA JUGA:  5 Rumah Adat Khas Kalimantan Selatan

Lokasi: Nateh, Kec. Batang Alai Timur, Kab. Hulu Sungai Tengah.

4. Gunung Halau – Halau

Gunung Halau – Halau

Image Credit: Janganlupapiknikk.blogspot.com

Bagi Anda para pecinta pendaki gunung maka ketika di Hulu Sungai Tengah jangan lupa mampir di Gunung Halau – Halau. Gunung ini menjadi gunung yang sering dijadikan sebagai tempat menjadi para pendaki gunung.

Sampai di atas Gunung Halau – Halau maka Anda akan menemukan banyaknya pemandangan yang indah.  Menyuguhkan panoramana yang indsh dan juga trek untuk pendaki yang beraneka ragam.

Lokasi: Juhu, Kec. Batang Alai Timur, Kab.Hulu Sungai Tengah.

5. Bukit Rindang

Bukit Rindang

Image Credit: Tasupani.blogspot.com

Hampir semua wisata di Hulu Sungai Tengah ini merupakan wista alam. Bukit Rindang misalnya, bukit ini menyajikan wisata alam yang sangat indah.

Ada beberapa tempat spot foto yang indah untuk diabadikan. Berada di bagian pucuk gunung maka akan membuat diri Anda lebih rikls. Melihat pemandangan dari atas bukit merupakan sensasi tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Lokasi: Nateh, Kec. Batang Alai Timur, Kab. Hulu Sungai Tengah.

6. Air Terjun Tampah Tumaung

Air Terjun Tampah Tumaung

Image Credit: Instakalimantan.blogspot.com

Sama seperti air terjun pada umumnya. Bagi Anda yang sangat menyukai air terjun maka Anda bisa mampir ke lokasi ini. Air terjun disini tidak terlalu tinggi.

Ketika datang ke Air Terjun Tampang Tumaung ini alangkah baiknya cari informasi sebanyak – banyaknya. Belum banyak yang tahu lokasi wisata ini sehingga petunjuk arahnya masih sedikit. Banyak spot foto yang bisa digunakan untuk berfoto.

Lokasi: Datar Ajab, Kec. Hantakan, Kab. Hulu Sungai Tengah.

7. Goa Batu Sawar

Goa Batu Sawar

Image Credit: Instakalimantan.blogspot.com

Salah satu goa yang terkenal di Hulu Sungai Tengah adalah Goa Batu Sawat. Keindahan goa ini membuat pengunjung dari berbagai wilayah datang untuk berkunjung.

Untuk mencapai tempat ini membutuhkan waktu yang tidak telalu lama. Akses menuju goa juga sangat mudah untuk diakses walaupun terbilang terjal dan menanjak selama kurang lebih 1 jam. Rasa lelah menuju Goa Batu Sawar akan terbayar dengan keindahan dari Goa tersebut. Dari luar Goa tampak kecil namun setelah masuk akan terlihat sangat luas.

BACA JUGA:  19 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Haliau, Pagat, Kec. Batu Benawa, Kab. Hulu Sungai Tengah.

8. Tugu Burung Sulangking

Tugu Burung Sulangking

Image Credit: Kalsel.prokal.co

Ketika datang ke Hulu Sungai Tengah maka jangan lupa untuk mampir di Tugu Burung Sulangking. Tugu ini bagaikan ikon Hulu Sungai Tengah. Sehingga jika berkunjung ke Hulu Sungai Tengah pasti akan mampir di tempat ini.

Tampilan tugu ini sangat menarik sehingga cocok dijadikan tempat berfoto. Ukuran tugu ini juga terbilang cukup besar sehingga terlihat indah. Banyak penunjung yang datang ke Tugu Burung Sulangking.

Lokasi: Jl. Brigjen Hasan Basri, Bukat, Kec. Barabai, Kab. Hulu Sungai Tengah.

9. Batu Benawa

Batu Benawa

Image Credit: Naraituh.blogspot.com

Akses menuju wisata ini terbilang cukup mudah karena dekat ibukota Hulu Sungai Tengah.

Jarak ibukota dengan wisata ini hanya 7 km. Di objek wisata ini Anda bisa melihat pemandangan bukit – bukit. Ada juga sungai yang mempunyai mata air yang sangat jernih. Biasanya para pengunjung menikmati kesegaran airnya dan sejuknya di area perbukitan.

Lokasi: Pagat Batu Benawa, Kaki Bukit Batu Bini, Pagat, Kec. Batu Benawa, Kab. Hulu Sungai Tengah.

Itulah ke 9 tempat wisata di Hulu Sungai Tengah. Hampir mirip dengan wisata di Hulu Sungai Selatan. Rata – rata wisatanya menyanjikan indahnya pemandangan di wisata tersebut. Namun memang tidak semua wisata di Indonesia mampu menampilkan wisata alamnya, Hulu Sungai Tengah yang ada di Kalimantan ini menjadi salah satu wilayah yang mampu menyajikan indahnya alam secara luas. Ketika berada di Kalimantan maka sempatkanlah untuk datang ke wisata tersebut. Beberapa diantaranya menjadi wisata yang masih baru dan hits untuk dikunjungi. Ketika berkunjung ke Hulu Sungai Tengah maka cobalah untuk mengabadikan setiap moment yang ada di wisata tersebut. Dijamin liburan Anda akan merasa lebi terasa menyenangkan. Ajak juga keluarga Anda untuk berlibur bersama. 9 daftar lokasi di atas bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menentukan tempat liburan bagi anda.