Kalimantan Selatan

10 Tempat Wisata di Hulu Sungai Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Menarik di Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Paling Hits untuk Membuat Liburan lebih Berkesan.

Berkunjung ke tempat wisata adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan ketika musim liburan. Hulu Sungai Selatan menjadi lokasi berwisata yang sangat menarik untuk dicoba. Jika anda mengagendakan wisata di Hulu Sungai Selatan ini maka anda bisa berkunjung ke beberapa lokasi wisatanya. Ulasan kali ini akan membahas mengenai 10 tempat wisata terbaru dan terhits yang bisa ditemukan di Hulu Sungai Selatan. Beberapa tempat wisata yang ada di Hulu Sungai Selatan ada yang masih baru atau belum lama terjamah oleh manusia. Biasanya banyak pengunjung yang lebih tertarik untuk datang ke tempat wisata yang masih baru dan belum ada banyak orang tahu. Hulu Sungai Selatan ini menjadi salah satu wilayah yang mempunyai banyak tempat wisata yang menarik.

Hulu Sungai Selatan menjadi salah satu wilayah yang mempunyai sederet tempat wisata. Bahkan beberapa diantaranya merupakan surga yang tersembunyi. Masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui adanya tempat wisata tersebut. Beberapa diantaranya ditemukan oleh para pemuda yang melakukan petualangan. Sehingga semakin banyak daftar tempat wisata yang bisa dikunjungi selama di Hulu Sungai Selatan. Kali ini akan kita upas lebih detail mengenai tempat wisata tersebut.

Kabupaten Hulu Sungai Selatan menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan anda. Rata – rata tempat wisata di Hulu Sungai Selatan ini adalah wisata alam. Para pecinta wisata alam bisa berkunjung ke tempat ini. Liburan anda akan terasa lebih puas jika sudah mengunjungi tempat ini. Karena beberapa diantaranya adalah wisata baru maka anda akan sedikit kesulitan untuk menemukan lokasinya karena masih minim petunjuk. Namun akses menuju tempat wisata tersebut sangat mudah untuk anda jangkau baik menggunakan mobil atau motor.

1. Air Terjun Riam Hanai

Air Terjun Riam Hanai

Image Credit: Disporaparkabhss.blogspot.com

Wisata air terjun yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi selama ada di Hulu Sungai Selatan. Air terjun ini mempunyai ketinggian hingga 4 meter. Airnya yang jernih mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk air terjun ini.

Air terjun ini dikelilingi hutan dan juga berbagai bebatuan. Kolam di air terjun ini biasanya dijadikan sebagai tempat berwisata untuk para wisatawan.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Banjarmasin yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Lok Lahung, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

2. Kalang Hadangan

Kalang Hadangan

Image Credit: Semua-untuk-segala.blogspot.com

Kalang Hadangan atau yang dikenal dengan Kerbau Rawa. Tempat ini menjadi tempat wisata yang menarik karena terdapat beberapa kerbau yang dibiarkan bebas di alam. Menjadi tempat kumpulnya kerbau nyatanya mampu menjadi daya tarim.

Para kerbau ini dibiarkan hidup bebas di alam dan tetap di jaga oleh para pemiliknya. Banyak pengunjung yang datang ke Hulu Sungai Selatan untuk berkunjung ke Kalang Hadanan.

Lokasi: Hamayung, Kec. Daha Utara, Kab. Hulu Sungai Selatan.

3. Loksado

Loksado

Image Credit: Wisatakalimantan.com

Daya tarik Loksado sebagai wisata alam di Kalimantan Selatan memang tidak perlu diragukan lagi. Ketika datang ke Loksado maka anda bisa mencoba bamboo rafting.

Menaiki rakit bamboo menjadi daya tarik Loksado. Menggunakan rakit bamboo ini pengunjung diajak untuk mengelilingi sungai Amandit. Selain itu terkadang ada jongki yang menampilkan berbagai akrobat sangat menarik. Biasanya para jongki ini melompat dari atas perahu rakit. Aksi ini mampu membuat para pengunjung merasa sangat happy. Terkadang jika arus sungai sedang deras maka jika naik rakit bamboo akan sering menabrak deburan air tersebut, hal ini menjadi sensasi tersendiri yang membuat pengunjung tidak akan melupakan wisata ini.

Lokasi: Haratai, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

4. Air Terjun Kilat Api

Air Terjun Kilat Api

Image Credit: Instakalimantan.blogspot.com

Dari namanya mungkin anda penasaran apakah di air terjun tersebut ada kilat apinya. Keindahan yang ditawarkan air terjun ini mampu membuat siapa saja tertarik untuk datang. Pemberian namanya yang menarik ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Pertama kali orang mendengar nama air terjun ini pasti akan penasaran dengan bentuk kilat yang ditampilkan oleh air terjun ini.

Jika anda mampir di Loksado maka anda bisa menyempatkan diri untuk mampir di air terjun ini. Membutuhkan kejelian untuk sampai di air terjun ini karena minimnya petunjuk. Diberi nama kilat api karena airnya yang sangat jernih tersebut mampu membuat tampilan air terjun sangat menarik seperti ada kilatnya. Tidak semua air terjun mempunyai keunikan ini sehingga banyak menarik perhatian orang untuk datang.

BACA JUGA:  Rumah Pohon Cempaka, Destinasi Wisata Favorit di Banjarbaru

Lokasi: Hulu Banyu, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

5. Air Terjun Rampah Menjangan

Air Terjun Rampah Menjangan

Image Credit: Catatanringan.com

Air terjun satu ini masih berada di sekitar perbukitan hutan Meratus. Tempat wisata yang satu ini memang masih terbilang baru termajah oleh manusia.

Rampah sendiri merupakan bahasa dari suku Dayak yang mempunyai arti sebagai air terjun. Jika berada di Hulu Sungai Selatan maka anda bisa mencoba berkunjung ke lokasi ini.

Lokasi: Loa Panggang, Loklahung, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

6. Tebing Batu Laki

Tebing Batu Laki

Image Credit: Mapio.net

Kabupaten Hulu Sungai Selatan mempunyai wisata andalan yakni Tebing Batu Laki. Daya tarik wisata yang satu ini adalah keindahannya ketika melihat matahari terbit dan tenggelam. Biasanya para pengunjung akan datang memilih pada saat sunset dan sunrise. Ada pemandangan yang sangat menarik dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Selain itu pengunjung biasanya memilih untuk datang ke pucaknya yang mempunyai pemandangan sangat indah.

Peggunungan ini merupakan pegunungan batu kapur yang cukup besar. Bagian bawah gunung ini biasanya digunakan untuk berkemah. Gunung ini juga mempunyai pasangannya yakni Tebing Batu Bini. Gunung ini mempunyai cerita legenda yang sangat menarik yang mana ceritanya hampir sama seperti cerita Malin Kundang. Cerita ini berkembang sangat pesat di masyarakat hingga sekarang cerita legenda tersebut tetap menjadi cerita yang abadi.

Lokasi: Batu Laki, Kec. Padang Batung, Kab. Hulu Sungai Selatan.

7. Riam Bajandik

Riam Bajandik

Image Credit: Koranbanjar.net

Wisata ini terbilang masih sangat baru untuk dikunjungi selama anda ada di Hulu Sungai Selatan. Wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi para pengunjung dari berbagai wilayah. Karena baru maka tidak semua orang tahu wisata ini. Sehingga sangat cocok jika anda ingin mengeksplor tempat – tempat wisata baru di Hulu Sungai Selatan.

Akses menuju wisata ini juga terbilang sangat mudah. Bisa diakses menggunakan mobil maupun motor. Keindahan alamnya bisa membuat siapa tertarik untuk berkunjung berulang kali. Masih asri itulah yang membuat orang tertarik untuk datang lagi.

Lokasi: Jl. H. M. Taher No.RT 01/01, Baru, Kec. Batu Benawa, Kab. Hulu Sungai Tengah.

BACA JUGA:  Pulau Samber Gelap, Pulau Kecil Nan Eksotis di Kotabaru

8. Pulau Mas

Pulau Mas

Image Credit: Infopubliknews.com

Pulau ini tidak jauh dari wisata Riam Bajandik. Keindahan alam yang ditawarkan antara Pulai Mas dan Riam Bajandik ini terbilang masih sama. Keduanya menyuguhkan tampilan alam yang luar biasa.

Untuk membuat pengunjung tertarik untuk datang adalah menyediakan alunan musik setiap minggunya. Banyaknya spot foto yang menarik mampu membuat Pulau Mas ini menjadi pilihan para pengunjung untuk datang. Masuk ke wisata ini anda hanya harus membayar tiket mobil atau motor saja.

Lokasi: Baru, Kec. Batu Benawa, Kab. Hulu Sungai Tengah.

9. Baruh Bunga

Baruh Bunga

Image Credit: Instakalimantan.blogspot.com

Wisata di Hulu Sungai Selatan yang menarik adalah Baruh Bunga. Dari namanya saja sudah sangat menarik san identik dengan bunga. Wisata ini terbilang lebih modern jika dibandingkan dengan beberapa wisata di Hulu Sungai Selatan lainnya.

Baruh Bunga ini juga menyediakan waterpark dan juga beberapa kolam untuk anak. Wisata ini juga terkenal dengan lapangannya yang luas dan terdapat fasilitas yang sangat lengkap. Banyaknya fasilitas yang disediakan tersebut mampu membuat tempat ini lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Lokasi: Pagat, Kec. Batu Benawa, Kab. Hulu Sungai Tengah.

10. Manggasang

Manggasang

Image Credit: Youtube.com (Alfi Syakhrin)

Objek wisata yang satu ini sebenarnya terletak disekitar rumah warga. Sebelumnya objek wisata ini adalah tempat singgah bagi yang ingin mencuci mobil dan motor. Namun beralih menjadi sebuah tempat wisata yang hingga kini dikenal banyak orang.

Manggasang ini lama kelamaan menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Semakin banyak spot foto yang bisa digunakan orang untuk bersua foto. Air di Manggasang ini juga terkenal jernih dan segar yang mampu menarik orang untuk datang. Hal ini karena air Manggasang ini berasal dari pegunungan sehingga airnya jernih.

Lokasi: Batu Tunggal, Kec. Hantakan, Kab. Hulu Sungai Tengah.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Hulu Sungai Selatan. Beberapa diantaranya adalah tempat wisata yang masih baru sehingga terbilang masih asri. Para pengunjung biasanya juga datang untuk sekedar bersua foto. Jika anda berada di Hulu Sungai Selatan anda bisa mencoba mampir di beberapa tempat wsiata tersebut. Beberapa diantaranya termasuk dalam tempat wisata yang terhits sehingga dikunjungi banyak orang. Kini anda bisa membuat liburan anda menjadi lebih menarik dengan adanya tempat wisata tersebut. Pilih tempat liburan yang bisa membuat liburan anda semakin seru.