Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Gunung Mas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Gunung Mas? Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Destinasi Wisata Menarik Terbaru, Kekinian & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Propinsi Kalimantan Tengah menjadi salah satu propinsi yang menyimpan kekayaan alam yang menarik. Kekayaan alam tersebut dapat dilihat dari banyaknya lokasi wisata yang berada di kabupaten-kabupaten Kalimantan Tengah. Gunung Mas sendiri menjadi kabupaten di Kalimantan Tengah yang menyimpan kekayaan alam tersembunyi sehingga patut untuk Anda pertimbangan dengan baik.

Meskipun merupakan hasil pemekaran kabupaten Kapuas, Gunung Mas nyatanya memiliki lokasi wisata terbaru dan terhits yang mampu menarik minat para wisatawan. Setiap lokasi wisata yang berada di Gunung Mas memiliki pesonanya tersendiri dan layak untuk dijadikan tujuan wisata utama. Anda akan dibuat terperangah dengan kecantikan alam yang dimiliki oleh lokasi wisata Gunung Mas.

Karena memiliki pesona alam yang layak untuk dipertimbangkan, menjadi hal wajib bagi Anda untuk mengetahui lokasi tempat wisata di Gunung Mas yang terbaru dan terhits. Guna mengetahui lokasi mana saja yang dapat Anda kunjungi, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Batu Suli

Batu Suli

Image Credit: Obertvalent.blogspot.com

Salah satu lokasi wisata terbaru dan terhits yang ada di Gunung Mas adalah Batu Suli. Lokasi wisata yang berada di tengah-tengah desa Tumbang Manange dan desa Upon Batu ini memiliki pemandangan alam yang Masih alami. Bentuk batu unik yang dimiliki oleh Batu Suli banyak dijadikan objek foto oleh wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata.

Tidak hanya dapat menikmati keindahan Batu Suli, wisatawan dapat pula melakukan aktifitas panjat tebing. Karena lokasi wisata Masih asri, wisawatan dapat pla melakukan petualangan sendiri dengan mendirikan tenda di sekitar lokasi wisata. Wisatawan bahkan dapat memancing di lokasi wisata Batu Suli untuk menghilangkan kebosanan.

Lokasi: Tumbang Manange, Kec. Tewah, Kab. Gunung Mas.

2. Batu Antang

Batu Antang

Image Credit: Wisatasia.com

Ketika wisatawan berkunjung ke Batu Suli, mereka juga dapat berkunjung ke lokasi wisata Batu Antang. Karena lokasinya berseberangan dengan Batu Suli, wisatawan hanya perlu menggunakan perahu guna menyeberangi Sungai Kahayan. Menurut legenda, Batu Antang merupakan batu yang digunakan untuk melakukan ritual.

BACA JUGA:  4 Pakaian Adat Khas Kalimantan Tengah

Karena merupakan tempat yang sakral, wisatawan harus menaati peraturan-peraturan yang dibuat oleh pihak pengelola lokasi wisata. Wisatawan tidak boleh melakukan hal yang tak layak dan berbicara kotor. Hingga saat ini, Batu Antang merupakan cagar budaya yang harus dijaga dengan baik oleh semua pihak.

Lokasi: Tumbang Manange, Kec. Tewah, Kab. Gunung Mas.

3. Monumen Tambun Bungai

Monumen Tambun Bungai

Image Credit: Situsbudaya.id

Meskipun bukan merupakan lokasi wisata alam, Monumen Tambun Bungai menjadi lokasi wisata hits yang berada di Gunung Mas. Di lokasi wisata ini, wisatawan dapat menemukan tokoh-tokoh legenda yang pernah mendiami Kalimantan. Tokoh legenda tersebut dikenal sebagai nenek moyangnya dari suku Dayak yang dipercaya memiliki keberanian dan kebijaksanaan yang tinggi.

Karena menjadi tokoh yang dihormati, ada banyak tempat di Kalimantan yang menggunakan nama-nama tokoh suku Dayak sebagai nama jalan. Karena termakan usia, situs peninggalan yang berada di Monumen Tambun Bungai banyak yang hancur. Walaupun demikian, lokasi wisata Monumen Tambun Bungai Masih menjadi primadona wisatawan yang berkunjung ke Gunung Mas.

Lokasi: Kuala Kurun, Kec. Kurun, Kab. Gunung Mas.

4. Pegunungan Schwaner

Pegunungan Schwaner

Image Credit: The7summitsindonesia.com

Menjadi propinsi yang potensial dalam mengembangkan wisata alam, Gunung Mas banyak memiliki lokasi wisata alam yang menarik. Tidak hanya dataran tinggi, Gunung Mas juga memiliki lokasi wisata pegunungan yang patut untuk dikunjungi. Pegunungan Schwaner sendiri menjadi salah satu pegunungan di Gunung Mas yang dikenal sebagai pegunungan tertinggi yang ada di Kalimantan.

Keindahan alam yang dimiliki oleh pegunungan Schwaner tidak perlu diragukan lagi. Keindahan pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang eksotis menjadi pesona utama yang dimiliki oleh pegunungan Schwaner. Wisatawan bahkan dapat melihat keindahan alam hutan terbesar melalui pegunungan Schwaner.

Lokasi: Pegunungan Schwaner Sebaung, Kec. Marikit, Kab. Katingan.

5. Puruk Sandukui

Puruk Sandukui

Image Credit: GunungMaskab.go.id

Lokasi wisata ini dikenal pula sebagai ikon wisata Gunung Mas. Puruk Sankudui memiliki ketinggian hingga 250 m dan memiliki bentuk yang serupa dengan jari telunjuk. Menurut sejarahnya, Puruk Sankudui menjadi lokasi dimana kapal Nabi Nuh bernaung. Dengan bukit yang terjal, Puruk Sandakui sangat sulit untuk didaki. Pendaki banyak yang menemui kegagalan ketika mencoba mendaki Puruk Sandukui.

BACA JUGA:  Pantai Swarangan, Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan

Di sekitar lokasi wisata, wisatawan dapat menemukan suku Ot Danum yang menetap di Desa Harowu. Suku tersebut merupakan suku yang dipercaya memiliki asal usul yang menarik. Wisatawan dapat mempelajari asal usul suku ketika datang mengunjungi Puruk Sankudui guna mengetahui legenda kehidupan suku Ot Danum dahulunya.

Lokasi: Harowu, Kec. Miri Manasa, Kab. Gunung Mas.

6. Sungai Kahayan

Sungai Kahayan

Image Credit: Borneonews.co.id

Ketika datang ke Gunung Mas, belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Sungai Kahayan. Pada saat berkunjung ke Sungai Kahayan, wisatawan dapat menemukan Batu Antang dan Batu Suli yang ikonik. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona, Sungai Kahayan menyuguhkan pemandangan pedesaan yang berada di pinggiran sungai.

Tidak hanya dimanfaatkan untuk berlibur, Sungai Kahayan merupakan surga bagi wisatawan yang gemar memancing. Ada banyak ikan-ikan berukuran besar yang hidup di Sungai Kahayan dan banyak dimanfaatkan oleh Masyarakat sekitar sebagai mata pencaharian utama. Penduduk sekitar Sungai Kahayan banyak yang menjadi nelayan dan mengandalkan ikan-ikan yang hidup di Sungai Kahayan untuk mengais rejeki.

Lokasi: Tumbang Manange, Kec. Tewah, Kab. Gunung Mas.

7. Sungai Miri

Sungai Miri

Image Credit: Indonesiatravelfun.wordpress.com

Tidak hanya Sungai Kahayan, Sungai Miri menjadi lokasi wisata alam ikonik lainnya yang berada di Gunung Mas. Sungai Miri menyajikan wisata air bagi para wisatawan yang berkunjung. Olahraga arum jeram menjadi salah satu olahraga air yang dapat dilakukan oleh wisatawan ketika mengunjungi Sungai Miri. Tidak hanya dapat melakukan olahraga air, wisatawan dapat pula menikmati pemandangan alam sekitar sungai yang Masih asri.

Sungai Miri mampu memanjakan wisatawan dengan petualangan air yang menjanjikan. Arus air sungai yang ekstrem dan deras menjadi alasan mengapa olahraga arum jeram di Sungai Miri nampak lebih menegangkan. Adrenalin wisatawan akan terpacu dengan tawaran jeram-jeram yang dasyat dan arus air yang besar.

Lokasi: Tumbang Miri, Kec. Kahayan Hulu Utara, Kab. Gunung Mas.

8. Rumah Betang Toyoi

Rumah Betang Toyoi

Image Credit: Bombasticborneo.com

Untuk meningkatkan toleransi beragama, Rumah Betang Toyoi dapat dijadikan acuan guna menghormati perbedaan keyakinan. Rumah Betang Toyoi dihuni oleh 30 kepala keluarga yang memiliki keyakinan berbeda. Meskipun memiliki keyakinan berbeda, mereka dapat hidup berdampingan dengan baik akibat mampu menghargai dan menghormati satu sama lainnya.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Kalimantan Tengah Paling Hits Dikunjungi

Rumah Betang Toyoi telah dibangun sejak tahun 1869 dan dikenal sebagai cagar budaya Gunung Mas. Karena kehidupan para warganya yang mampu menjaga toleransi beragama, Rumah Betang Toyoi menjadi lokasi wisata yang sangat dihargai. Rumah adat ini menjadi inspirasi semua pihak yang mendukung perdamaian beragama.

Lokasi: Tumbang Malahoi, Kec. Rungan, Kab. Gunung Mas.

9. Danau Tewang Pajangan

Danau Tewang Pajangan

Image Credit: Travelingyuk.com

Tewang Pajangan adalah nama sebuah danau biru yang berada di Gunung Mas yang dikenal memiliki pemandangan alam menakjubkan. Danau yang terbentuk melalui proses alami ini merupakan lokasi wisata yang hits dan terbaru di Kalimantan Tengah. Wisatawan yang datang ke Danau Tewang Pajangan dapat mengabadikan keindahan alam dengan berswafoto.

Jika diperhatikan dengan baik, Danau Tewang Pajangan memiliki air yang berwarna biru. Warna biru pada danau tentunya dapat menambah kecantikan dan keindahan alami yang dimiliki oleh Danau Tewang Pajangan. Dengan keindahan alam yang memukau, tak mengherankan jika banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Danau Tewang Pajangan.

Lokasi: Tewang Pajangan, Kec. Kurun, Kab. Gunung Mas.

10. Air Terjun Hatowan

Air Terjun Hatowan

Image Credit: Borneoekowisata.wordpress.com

Lokasi wisata hits dan terbaru Gunung Mas yang terakhir adalah air terjun Hatowan. Air terjun ini merupakan air terjun di Gunun Mas yang Masih asri dan belum banyak dijamah oleh campur tangan manusia. Jika wisatawan ingin berkunjung ke air terjun Hatoman, mereka harus menyiapkan stamina dan bekal yang cukup. Wisatawan diharuskan untuk berjalan kali sepanjang 1 Km jika ingin meMasuki kawasan air terjun Hatoman.

Meskipun harus berjalan jauh, rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang dimiliki oleh air terjun Hatoman. Ada banyak sungai berukuran kecil yang akan dilalui oleh wisatawan ketika menuju ke air terjun. Dengan debit air yang besar, wisatawan dapat merasakan keganasan dari kekuatan air terjun Hatoman.

Lokasi: Tumbang Sian, Kec. Kahayan Hulu Utara, Kab. Gunung Mas.

Dengan inforMasi daftar tempat wisata terbaru dan hits di Gunung Mas, Anda dapat menentukan lokasi wisata yang sesuai dengan keinginan. Karena memiliki banyak kelebihan, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri ketika berkunjung ke lokasi wisata yang ada di Gunung Mas. Karena banyak lokasi wisata yang Masih dianggap liar, Anda harus meMastikan keselamatan ketika akan berkunjung ke lokasi wisata Gunung Mas.