Kalimantan Selatan

15 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan yang Paling Hits

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Kalimantan Selatan. Objek Wisata Alam, Budaya dan Wisata Bahari Terbaru & Paling Hits Dikunjungi.

Kalimantan Selatan adalah provinsi yang terkenal dengan destinasi wisata alam, salah satunya sungai. Ibukota provinsi, Banjarmasin memiliki banyak sungai yang membelah pusat kota sehingga disebut kota seribu sungai. Provinsi ini juga memiliki gugusan bukit yang cukup indah dan pesona alam yang cantik karena termasuk dalam kawasan hutan hujan tropis.

Oleh sebab itu, tidak heran banyak pelancong yang ke provinsi ini untuk berlibur. Berikut ulasan 15 tempat wisata terbaik di Kalimantan Selatan yang patut Anda singgahi saat berkunjung.

1. Pasar Terapung

Pasar Terapung

Image Credit: Wikipedia.org

Banjarmasin dikenal sebagai kota seribu sungai, sehingga tidak heran ada banyak pasar apung yang cukup terkenal. Salah satu pasar terapung yang wajib Anda kunjungi adalah Muara Kuin Banjarmasin karena telah bertahan selama ratusan tahun. Seluruh transaksi jual beli dilakukan di atas perahu dan Anda dapat memeroleh berbagai kebutuhan di pasar ini. Rasanya tidak lengkap, jika Anda tidak berkunjung ke pasar terapung yang ada di Banjarmasin Barat ini.

Pasar terapung kedua yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi ini berada di Sungai Tandipah. Para pegadang menjajakan barang dagangannya di atas perahu, mulai dari sayur, buah, serta berbagai macam barang lainnya. Pasar terapung Lok Baintan ini jadi pasar terapung alternatif yang dapat Anda kunjungi saat bermain ke Banjarmasin. Yang unik dari sistem penjualan di sini adalah sistem yang digunakan, yaitu masih menganut sistem barter atau pertukaran barang.

Lokasi: Jl. Alalak Selatan, Alalak Selatan, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

2. Taman Wisata Pulau Kembang

Taman Wisata Pulau Kembang

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Pulau kembang satu ini telah dibuka sebagai destinasi wisata yang berada di tengah sungai Barito. Keindahan yang ditawarkan adalah delta alami dan membentuk pulau serta adanya organisme yang menghuninya secara alami pula. Kawasan ini menjadi area koservasi untuk kera ekor panjang dan bekantan.

Uniknya Anda dapat berinteraksi dengan kera yang bersahabat dan berfoto bersama. Selain itu, juga terbentang hutan mangrove yang menjaga ekosistem.

Lokasi: Sungai Rangas, Kec. Martapura Barat, Kab. Barito Kuala.

3. Bukit Rimpi Pelaihari

Bukit Rimpi Pelaihari

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Telah disebutkan sebelumnya bahwa pulau provinsi Kalsel ini juga terkenal dengan gugusan bukitnya. Oleh karena itu, Bukit Rimpi Pelaihari ini menjadi destinasi yang menarik untuk Anda kunjungi. Kawasan ini sangat subur dan ditambah dengan hutan hujan tropis yang memberikan suasana hijau nyaman sepanjang mata memandang.

BACA JUGA:  Keseruan Berwisata ke Pondok Wisata Tambak Yudha di Banjarmasin

Anda dapat menikmati wisata bukit seperti di luar negeri dengan akses yang mudah. Daya tarik tersebut cukup menarik banyak pelancong.

Lokasi: Tampang, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.

4. Taman Labirin Pelaihari

Taman Labirin Pelaihari

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Taman satu ini memiliki daya tarik yang cukup unik, sehingga banyak orang yang datang. Tidak hanya orang lokal, turis dari berbagai daerah pun suka dengan destinasi satu ini. Daya tarik yang ditawarkan adalah spot foto yang alami dan asri karena taman ini bukan sintetis.

Tanaman yang dipakai asli, sehingga tampak hidup saat difoto. Anda juga dapat bermain dengan rusa atau kerbau Kalimantan yang ada di dalam kompleks Taman Labirin Pelaihari ini.

Lokasi: Sungai Jelai, Kec. Tambang Ulang, Kab. Tanah Laut.

5. Bukit Matang Kaladan

Image Credit: Dakatour.com

Mengisi daftar objek wisata dengan gugusan bukit selanjutnya, Bukit Matang Kaladan wajib Anda kunjungi bersama keluarga atau teman. Keindahan yang ditawarkan adalah panorama hutan dan danau yang sangat unik karena terdapat pulau di tengahnya.

Anda juga dapat memanfaatkan area ini sebagai spot foto menarik dan asri untuk menambah koleksi foto di galeri atau unggahan sosial media. Oleh sebab itu, persiapkan alat fotografimu saat ke tempat ini.

Lokasi: Desa Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kab. Banjar.

6. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura

Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata yang cukup terjangkau ini menjadi tempat yang tepat untuk anak mudah yang ingin melepas penat di sore hari. Anda dapat mengajak teman atau pacar untuk sekadar berjalan jalan atau duduk di bangku yang telah tersedia.

Banyak pula penjaja makanan khas Kalimantan yang wajib Anda coba dengan harga yang ramah di kantong tentunya. Biasanya Anda juga akan menemui komunitas skateboard atau BMX serta tersedia spot memancing.

Lokasi: Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

7. Taman Maskot

Taman Maskot

Image Credit: Mubarakrental.com

Taman ini diberi nama sesuai dengan sesuatu hal yang ada di tempat tersebut. Dua maskot dari kota Banjarmasin menyambutmu di gerbang masuk, yaitu bekantan dan pohon kasturi. Lalu di belakangnya terdapat rumah tanaman yang berisi kaktus, lidah buaya, dan beberapa tanaman lain yang ditanam di dalam pot.

BACA JUGA:  Amanah Borneo Park, Destinasi Wisata Edukasi Kekinian di Banjarbaru

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap dan nyaman, antara lain bangku taman yang cukup banyak, warung makan untuk wisata kuliner, dan area bermain anak.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No.22/64, Sungai Baru, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

8. Museum Wasaka

Museum Wasaka

Image Credit: Banjarmasin-culture.blogspot.com

Tidak lengkap kalau tidak merasakan wisata sejarah dari ibukota provinsi Kalsel ini, yaitu pergi ke Museum Wasaka. Anda dapat melihat peninggalan pada zaman perjuangan untuk melawan penjajah, seperti koleksi foto, mesin ketik, senjata yang dipakai, dan seragam perjuangan.

Tidak hanya itu, museum ini juga menyimpan senjata api milik lawan dan sepeda tua yang dipakai untuk mengantar surat. Uniknya di sini terdapat teks prokalamasi dengan isi sedikit berbeda.

Lokasi: Jl. Kampung Kenanga, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

9. Rafting Bambu di Sungai Amandit

Rafting Bambu di Sungai Amandit

Image Credit: Indonesiakaya.com

Beberapa orang menyukai aktivitas yang memacu adrenalin, seperti rafting bambu. Anda dapat menjajalnya di sungai amandit yang memiliki arus cukup deras dengan bambu rakitan. Jarak yang ditempuh cukup panjang dengan rintangan batu besar yang cukup sulit.

Oleh karena itu, aktivitas rafting kali ini cukup menguji adrenalin. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan karena dipastikan perahu sangat aman meskipun hanya terbuat dari bambu.

Lokasi: Tumingki, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

10. Jembatan Barito

Jembatan Barito

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Diklaim sebagai jembatan terbesar di Kalimantan Selatan sehingga sangat ramai dikunjungi. Sore hari menjadi waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat satu ini dengan duduk di tepi jembatan. Anda juga dapat menikmati berbagai kue yang dijajakan oleh beberapa penjual keliling di sekitar jembatan.

Pemandangan yang disuguhkan sangat menarik, yaitu langit sore, indahnya matahari terbenam, panorama sungai Barito, dan kapal kapal tongkang yang melintas.

Lokasi: Jl. Trans Kalimantan, Marabahan Baru, Kec. Anjir Muara, Kab. Barito Kuala.

11. Wisata Pantai Jodoh

Wisata Pantai Jodoh

Image Credit: Tukangpantai.blogspot.com

Memiliki nama yang unik, tetapi cukup efektif untuk menarik minat pelancong. Pasalnya, pantai ini dipercaya dapat memberi jodoh dan sebagai pantai bagi pasangan yang sudah menikah. Daya tarik yang ditawarkan adalah jembatan panjang yang cocok untuk menikmati senja dan indahnya panorama matahari kembali ke peraduan.

Angin pantai yang sejuk juga cukup nyaman dan membuat banyak pelancong betah, serta diklaim sebagai salah satu spot menarik untuk berfoto.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Pantai Teluk Tamiang di Kotabaru

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Siring, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

12. Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat wisata ini masih sangat asri dan alami, sehingga udara di tempat ini juga cukup sejuk. Tidak hanya itu, panorama yang ditawarkan juga sangat indah, eksotis, dan sejuknya udara dari pepohonan yang masih rapat.

Anda juga dapat melihat berbagai tanaman anggrek hutan dan bunga bangkai yang cukup langka. Area ini adalah tempat ekowisata untuk kegiatan, seperti traking, hiking, dan climbing sehingga cukup ramai pelancong.

Lokasi: Sungai Bakar, Kec. Bajuin, Kab. Tanah Laut.

13. Menara Pandang

Menara Pandang

Image Credit: Reunizldborneo.blogspot.co.id

Berkunjung ke pusat pemerintahan kota Banjarmasin tidak lengkap jika Anda tidak singgah ke ikon penting dari kota tersebut. Terdapat menara pandang yang telah diresmikan sekitar 6 tahun lalu dengan tinggi sekitar 21 meter.

Daya tarik yang ditawarkan adalah dapat melihat ke berbagai penjuru kota dari satu tempat, sehingga sangat praktis. Anda juga dapat menikmati indahnya kota Banjarmasin dari ketinggian tanpa harus membayar karena wisata ini tidak dipungut biaya.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No.07, RT.16/RW.2, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

14. Wisata Pulau Bakut

Wisata Pulau Bakut

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Tahukah Anda di bawah Jembatan Barito terdapat pulau kecil yang menawarkan keindahan luar biasa? Pulau Bakut tersebut memiliki luas sekitar 18 hektar yang dihuni oleh hewan dan tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan mudah terhadap pasang dan surutnya air.

Waktu tempuh yang diperlukan sekitar 20 menit dengan naik speedboat. Jika Anda ingin naik perahu motor dengan kearifan lokal, waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam.

Lokasi: Marabahan Baru, Kec. Anjir Muara, Kab. Barito Kuala.

15. Taman Satwa

Taman Satwa

Image Credit: Banjarmasintourism.com

Liburan dan edukasi dapat dikemas menjadi suatu kegiatan yang menarik untuk anak anak. Salah satu caranya dengan mengajak mereka ke taman satwa untuk belajar aneka macam hewan dan pentingnya turut melestarikan.

Terdapat beberapa zona, seperti unggas, buaya, aves, satwa air, primata, dan lain lain. Banyak orang yang datang bersama keluarga, sehingga pihak pengelola juga menyediakan area bermain anak agar kegiatan lebih bervariasi.

Lokasi: Jl. Jahri Saleh, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Berlibur ke Kalsel tidak lengkap jika tidak mengunjungi ikon kota Banjarmasin atau melihat dua maskot ibukota tersebut. Kota seribu sungai Kalimantan Selatan memiliki beragam tempat wisata dengan konsep air, sehingga patut Anda jajal satu per satu. Gugusan bukit juga sangat indah dan menawarkan pengalaman yang tidak biasa. Yang paling penting justru mengemas liburan dan edukasi dengan menyenangkan, seperti ke taman satwa atau wisata sejarah.