Kalimantan Utara

10 Tempat Wisata di Bulungan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Bulungan, Kalimantan Utara. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits yang Kaya Pesona, Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Bulungan.

Indonesia merupakan negara yang mempunyai potensi wisata besar, setiap daerah di Indonesia memiliki potensi wisata yang besar, bahkan setiap daerah pasti bermunculan wisata wisata yang baru dan bisa dikembnagkan menjadi lebih baik lagi. Sayang sekali jika kita tinggal di Indonesia namun belum pernah mengeksplor beragam wisata yang ada di Indonesia, jika kamu ada niat untuk mencoba eksplor kekayaan Indonesia, cobalah untuk eksplor bagian timur wilayah Indonesia.

Kalimanatan, pulau yang satu ini identic dengan sebutan paru paru dunia, bagaimana tidak, hampir setengah dari pulau kaliamntan adalah hutan hijau yang masih alami dan tentunya dnegan udara yang segar. Sperti halnya pulau lain, Kalimantan juga memiliki daerah-daerah yang menyimpan surge-surga indahnya yang masih alami karena tersimpan di daerah yang terpencil.

Salah satu daerah di Kalimantan yang bisa kamu kunjungi adalah Bulungan, Bulungan terleak di Kalimantan utara. Kabupaten Bulungan memiliki 10 kecamatan yanga da di dalamnya, dan 81 kelurahan, kabupaten ini cukup besar dengan minoritas penduduknya yang menganut ajaran agama Islam dan Kristen protestan. Ibu kota kabupaten Bulungan adalah tanjung selor. Dengan banyaknya kecamatan dan kelurahan yang ada di dalamnya tentu terdapat pula banyak tempat wisata alam di Bulungan.

1. Taman Tepian

Taman Tepian

Image Credit: Kaltara.prokal.co

Orang lokal sering menyebut taman temian dengan sebutan taman impian jaya ancolnya Kalimantan utara. Lokasi taman yang berada di tepian sunga kayan menjadi tempat strategis melihat sunset di sore hari, wisata rakyat yang murah meriah ini dijamin membuamu betah berlma-lama memandangi sungai kayan yang bersih dari sampah, selain itu jalanan yang ada di taman tepian juga rapi karena pemkot sudah menata dengan baik pkl untuk tidak berjualan dnegan sembarangan, mereka menyediakan lapak khusus bagi pkl dan wisatawan jika ingi jajan.

Untuk kamu yang bawa anak jangan khawatir, di beberapa titik disediakan pula fasilitas taman bermain untuk anak-anak, bagi yang ingin olahraga maka bisa menggunakantaman tersbut untuk jogging atau sekedar jalan santai untuk perenggangan badan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Malinau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Katamso, Tanjung Selor Hilir, Kec. Tanjung Selor, Kab. Bulungan.

2. Pantai Kelapa Mangkupadi

Pantai Kelapa Mangkupadi

Image Credit: Kaltim.tribunnews.com

Kota Bulungan juga memliki wisata pantai yang keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai pasir putih dari daerah lain. Pasir pantai mangkupadi cenderung putih kecoklatan jadi tidak terlalu putih, hal unik dari pantai mangkupadi jika kamu melihat dari ketinggian, maka air laut yang terlihat akan cenderung lebih hijau dan setelah didekati air akan terlihat berwarna biru.

Karena pohon kelapa tumbuh banyak di pantai ini, saat musi hujan ataupun banyak angina jangan berdiri atau duduk di bawah pohon kelapa karena bisa saja buahnya jatuh di atas kepala kita.

Lokasi: Tanah Kuning, Kec. Tj. Palas Timur, Kab. Bulungan.

3. Taman Selimau

Taman Selimau

Image Credit: Budisusilo85.blogspot.com

Wisata Taman Selimau masih tergolong baru di Bulungan, dari namanya pasti kamu sudah tau tempat ini cocok jika dijadikan tempat wisata keluarga, walaupun asih tergolong baru namun saat musi liburan tiba wisatawan yang kesini bisa mencapai 1000 pengunjung lebih, jadi membludak yah.

Untuk kamu yang datang sendirian kamu bisa berenang di kolam renang yang telah disediakan, jika ingin duduk santai kamu bisa menikmati liburan di kolam pemancingan.

Lokasi: Jl. Sunan Ampel, Tj. Selor Timur, Kec. Tj. Selor, Kab. Bulungan.

4. Air Terjun Idaman

Air Terjun Idaman

Image Credit: Kopertraveler.id

Sebenarnya banyak traveller lokal yang menyebutnya dengan sebutan air terjun idaman 18, itu karena jarak dari pusat kota tanjung selor ke lokasi air terjun hanya sekitar 18 kilmeter, cukup dekat memang. Hanya saja akses masuk ke dalam air terjun masih harus melalui hutan yang masih terjaga dengan baik keasriannya. Air terjun idaman memiliki tga tingkatan dan tiap tingkatannya memiliki kolam yang luas itulah mengapa air terjun ini disebut sebagai idaman.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini yakni ketika memasuki musim kemarau, air terjun akan jernih dan tiak keruh sehingga kamu puas bermain dan berenang.

Lokasi: Tj. Selor Timur, Kec. Tanjung Selor, Kab. Bulungan.

5. Air Terjun Long Pin

Air Terjun Long Pin

Image Credit: Travelingyuk.com

Air terjun long pin terletak di kabupaten Bulungan dan dekat dengan pusat kota tanjung selor. Air terjun long pin cukup tinggi jadi kamu akan merasakan sensasi sejuk saat berada di bawahnya, adapula danay kecil di hilir air terjun, babtuan serta hijaunya pohon bakal bikin kamu betah berlama-lama di air terjun ini. Namun tetap saja jangan sampai kamu bermain sampai sore hari karena lokasi sekitar air terjun ini masih rimba dan hutan liar jadi masih minim penerangan.

BACA JUGA:  2 Pakaian Adat Khas Kalimantan Utara

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter, namun sayangnya oemerintah belum mengelola tempat ini menjadi wisata yang nyaman, jadi harus hati-hati jika bermain ke sini, karena masih rimbun dan dekat dengan binatang liar.

Lokasi: Long Bang, Kec. Peso Hilir, Kab. Bulungan.

6. Kulteka Tanjung Selor

Kulteka Tanjung Selor

Image Credit: Kaltara.prokal.co

Nah jika sudah lapar dan ingin makan siang atau makan malam bersama mampirlah ke kulteka tanjung selor. Banyak olahan makanan yang kamu bisa nikmati, ada berbagai macam olahan ayam seperti ayam bakar, ayam goring, bakso, nasi goring, soto dan semacamnya. Jangan takut digetok harga turis, masyarakat setempat tetap memberikan harga yang bersahabat untuk orang lokal maupun masyarakat luar Bulungan.

Yang menarik disini kamu bisa menikmati aneka macam makanan dengan ditemani deru ombak sungai, itu adalah pengalaman yang menarik dan tidak boleh dilewatkan tentunya.

Lokasi: Tandjungselor, Kec. Tj. Palas Tengah, Kab. Bulungan.

7. Sumber Air Panas Sajau

Sumber Air Panas Sajau

Image Credit: Sedangliburan.com

Jangan salah ya, di Bulungan juga terdapat wisata air panas, air panas disini datangnya dari panas bumi langsung, dengan tingkat panasnya kamu bisa merebus telur di dalamnya. Untuk akses perjalanan menuju sumber air panas hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dari tanjung selor.

Pemandangan alam sekitar yang didominasi pohn ulin yang besar besar, juga pohon bangkirai aksasa akan membuatmu betah berlama-lama dan selfie ria di temat ini, jangan lupa pakai baju yang nyaman ya.

Lokasi: Sajau, Kec. Tj. Palas Timur, Kab. Bulungan.

8. Tugu Cinta Damai

Tugu Cinta Damai

Image Credit: Tutiz-travelling.blogspot.com

Tugu ini sebenarnya baru diresmikan pada tangga 3 desember 2018, masih sangat baru. Tugu ini sudah menjadi iconic baru di kota Bulungan, letaknya sendiri ada di pusat kota tanjung selor kabupaten Bulungan, kamu yang berkesempatan wisata ke Bulungan jangan lupa mampir ke tugu cinta damai letaknya juga dekat dengan wisata yang ada di tepi sungai kayan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tarakan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tugu ini berada teat di tepi sungai kayan yang merupakan urat nadi lalu lintas ke tanung selor melalui sungai tarakan. Sekarang tugu ini menjadi landmark kota.

Lokasi: Jl. Katamso, Tj. Selor Hilir, Kec. Tj. Selor, Kab. Bulungan.

9. Air Hutan Gunung Seriang

Air Hutan Gunung Seriang

Image Credit: Jalanwisata.id

Tidak jauh dari pusat kota ada objek wisata menarik, jaraknya hanya 2 km dari pusat kota, namun untuk sampai ke sini kamu perlu waktu 10-20 menit, hal ini dikarrenakan akses perjalanan yang hanya bisa dilalui dengan jalan kaki saja. Pemandangan yan asri dan hijau akan menyambutmu sepanjang perjalanan, untuk traveller alam bebas sepertinya tempat ini cocok banget ya.

Sebaiknya datang kesini saat musim kemarau atau awal musim hujan, karena jika musim hujan sedang besar-besarnya air di hutan akan naik dan kondisi menjadi tambah lembab.

Lokasi: Gn. Seriang, Kec. Tj. Selor, Kab. Bulungan.

10. Gunung Putih

Gunung Putih

Image Credit: Ksmtour.com

Banyak orang bilang belum ke Bulungan jika belum mencoba sensai wisata gunung putih. Sebenarnya gunung putih merupakan gunung kapur dan ikon penting di tanjung palas pada masanya dulu. Untuk bisa sampai ke gung putih, bisa melewati gundukan anak tangga yang cukup panjang dan melelahkan , jadi jangan lupa bawa bekal. Perjalanan ke sini disarankan untuk naik motor saja karrena aksesnya menjadi lebih mudah dan cepat daripada menggunakan mobil, dari tanjung palas kamu bisa menghabiskan waktu sekitar 1jam perjalanan.

Disebut gunung putih karena gunung ini merupakan gunung kapur berwarna putih yang sangat indah dengan relie alami bak pahatan seorang seniman. Ada juga sungai kecil disisi gunung, kemudian bebatuan besar serta pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

Lokasi: Tj. Palas Tengah, Kec. Tj. Palas, Kab. Bulungan.

Nah, bagaimana apa sudah ada gambaran mau memilih tempat wisata di Bulungan yang mana untuk menghabiskan cuti panjangmu. Untuk berjaga-jaga sebaiknya pesanlah penginapan jauh-jauh hari karena belum tentu kamu akan menemukan penginapan yang cocok saat sudah berada disana. Bulungan sendiri masih dalam tahap perkembangan karena masih sebagai kabupaten yang baru. Bawa barang seperlunya dan secukupnya saja agar tidak terlalu merepotkan diri sendiri, jangansampai perjalanan terganggu karena barang-barang berat yang tidak penting.