Kalimantan Timur

15 Tempat Wisata di Berau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Berau? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Berau, Kalimantan Timur. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Liburan merupakan suatu kegiatan yang umum dilakukan saat ini dan menjadi salah satu kebutuhan setiap orang agar bisa menghilangkan rasa penat sejenak dengan mengistirahatkan badan dan pikiran dari rutinitas biasanya.

Saat ini banyak sekali lokasi wisata yang menyajikan beragam objek wisatan juga fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung pada objek wisata tersebut. Dengan banyaknya objek wisata saat ini, menjadikan kebutuhan akan liburan dan rekreasi semakin meningkat. Salah satu tempat yang menyajikan banyak lokasi wisata adalah di Berau.

Berau merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Berau dikenal sebagai tempat yang memiliki banyak tempat wisata dengan pesona alam yang menakjubkan. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Berau.

1. Labuan Cermin

Labuan Cermin

Image Credit: Akurat.co

Labuan cermin merupakan objek wisata Berau yang menghadirkan danau dua rasa yaitu air tawar dan air asin. Selain memiliki dua rasa pada dananunya, pengunjung juga dapat menikmati keindahan danau dengan berkeliling menggunakan perahu yang dihargai Rp. 20.000 untuk setiap orang pada sekali keliling. Selama berkeliling menggunakan perahu, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan alam yang indah dan hijau. Pada aat itu, pengunjung dapat melakukan kegiatan berfoto bersama dengan latar belakang danau dan juga pemandangan yang hijau.

Lokasi: Labuan Kelambu, Kec. Biduk-biduk, Kab. Berau.

2. Pulau Derawan

Pulau Derawan

Image Credit: Hariliburnasional.com

Pulau derawan merupakan objek wisata yang menyajikan keindahan bawah laut bagi pengunjungnya. Pulau derawan memiliki air laut yang sangat jernih hingga menampakan keindahan bawah lautnya. Selain itu, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling dan diving di pulau derawan karena memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa dan dilengkapi dengan biota laut tidak berbahay seperti hiu tutul dan penyu yang yang lucu. Kedua biota laut tersebut banyak ditemukan pada sekitaran pulau derawan dan akrab dengan manusia sehingga tidak akan membahayakan para pengunjung yang melakukan aktivitas dalam air.

Lokasi: Pulau Derawan, Kab. Berau.

3. Kakaban Island

Kakaban Island

Image Credit: Mongabay.co.id

Kakaban islan merupakan salah satu objek wisata dari Berau yang menyajikan keindahan flora dan fauna yang ada pada laut, bahkan banyak juga biota laut langka yang bisa pengunjung lihat. Selain itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan bawah laut tanpa harus menyelam karena objek wisata pulau kakaban memiliki air yang sangat jernih hingga menampakan keindahan bawah lautnya. Bagi pengunjung yang melakukan kegiatan air seperti berenang, menyelam, dan snorkeling juga bisa ditemani dengan ubur-ubur. Ubur-ubur yang terdapat pada pulau kakaban merupakan spesies yang tidak menyengat sehingga tidak membahayakan pengunjung yang melakukan aktivitas air.

BACA JUGA:  Batu Dinding Samboja, Wisata Alam Mirip Tembok Cina

Lokasi: Kepulauan Derawan, Kec. Derawan, Kab. Berau.

4. Teluk Sulaiman

Teluk Sulaiman

Image Credit: Bombasticborneo.com

Bagi Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan santai dan tenang, tidak ada salahnya jika mengunjungi objek wisata teluk Sulaiman. Objek wisata yang berasal dari Berau tersebut menampilkan pemandangan laut dengan pantai berpasir putih. Selain itu, banyak sekali pepohonan yang ditanam pada pinggiran pantai sehingga membuat pantai tersebut menjadi rindang. Anda dapat berteduh dibawah pepohonan jika merasa kepanasan atau sekedar bersantai.

Lokasi: Teluk Sulaiman, Kec. Biduk-Biduk, Kab. Berau.

5. Pulau Maratua

Pulau Maratua

Image Credit: Niaga.asia

Objek wisata pulau Maratua dikenal sebagai objek wisata yang memiliki pasir putih dan panorama bawah laut yang indah. Pengunjung akan disajikan dengan keindahan koral dan biota laut yang bisa dilihat tanpa perlu menyelam karena memiliki air laut yang sangat jernih. Selain itu, pengunjung bisa menyewa peralatan snorkeling dan melihat berbagai spesies ikan serta spesies langka seperti Manta dan ikan Hiu. Saat mengunjungi pulau Maratua, pengunjung jug akan disajikan dengan pemandangan hutan mangrove yang lebat.

Lokasi: Pulau Maratua, Kec. Maratua, Kab. Berau.

6. Pulau Kaniungan

Pulau Kaniungan

Image Credit: Penadikta.wordpress.com

Pulau Kaniungan merupakan salah satu objek wisata Berau yang menyajikan pasir putih dan bersih sebagai objek utamanya. Meskipun tempat wisata tersebut bukan wisata pantai yang besar dan luas, tetapi pengunjung tetap bisa dimanjakan dengan pemandangan indah dari laut dan angin laut yang menyegarkan. Pengunjung dapat dengan santai menikmati liburan sambil bersantai di bawah pohon kelapa yang berada di pinggiran pantai.

Lokasi: Pulau Kaniungan, Kec Biduk-biduk, Kab. Berau.

7. Pulau Nabucco

Pulau Nabucco

Image Credit: Ikanovitasari.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan bersama dengan santai layaknya sedang berlibur di pantai Bali, Anda dapat mengunjungi objek wisata pulau Nabucco. Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil beristirahat pada tempat-tempat teduh yang berada di pinggiran pantai. Tidak luput juga tempat makan yang menawarkan beragam hidangan laut dan hidangan lokal yang memiliki cita rasa enak.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Balikpapan yang Wajib Dicoba

Lokasi: Pulau Nabucco, Kec. Derawan, Kab. Berau.

8. Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki

Image Credit: Pegipegi.com

Pulau sangalaki merupakan wisata pantai sekaligus wisata edukasi yang dapat memberikan wawasan. Pengunjung tidak hanya disajikan dengan keindahan alam dan panorama pantai yang hijau dan menyegarkan, tetapi pengunjung juga bisa mempelajari mengenai penyu dan perkembangbiakan penyu karena ditempat tersebut banyak ditemukan penangkaran penyu yang membantu proses perkembangbiakan penyu. Selain mendapatkan pengetahuan mengenai perkembangbiakan penyu, pengunjung juga bisa melakukan banyak kegiatan air seperti berenang, snorkeling, bahkan menyelam. Jika cuaca sedang bagus, ada kemungkinan pengunjung dapat berenang bersama penyu.

Lokasi: Kepulauan Derawan, Kec. Derawan, Kab. Berau.

9. Air Panas Asin Biatan

Air Panas Asin Biatan

Image Credit: Ngulon.com

Objek wisata yang menyajikan air panas asin dengan pemandangan alam yang indah sebagai objek utamanya. Pada objek wisata tersebut, banyak ditemukan spot bagus yang dapat digunakan sebagai latar belakang berfoto. Selain itu, pengunjung juga dapat merendam kaki pada air panas tersebut untuk menghilangkan rasa lelah sejenak.

Lokasi: Biatan Bapinang, Kec. Biatan, Kab. Berau.

10. Air Terjun Pahlawan

Air Terjun Pahlawan

Image Credit: Nyero.id

Objek wisata air terjun pahlawan merupakan objek wisata yang menyajikan wisata air terjun dengan pemandangan hijau yang alami sebagai latar belakangnya. Air yang turun dari juga memiliki rasa yang menyegarkan dan rasa dingin sehingga akan membuat Anda merasa nyaman saat merendamkan kaki. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang air terjun serta pemandangan hijau yang indah.

Lokasi: Tabalar, Kec. Tubaan, Keb. Berau.

11. Air Terjun Jenum

Air Terjun Jenum

Image Credit: Jalanwisata.id

Air terjun jenum merupakan objek wisata Berau yang terletak di kawasan kampong Merasa. Objek wisata air terjun jenum merupakan objek wisata yang menyajikan keindahan alam serta air terjun yang luar biasa dengan air jernih yang mengalir dari atas. Selain itu, pemandangan selama perjalanan menuju air terjun jenum juga memiliki pemandangan yang indah dan asri juga udara sejuk yang dapat menenangkan pikiran.

Lokasi: Merasa, Kec. Kelay, Kab. Berau.

12. Goa Mulut Besar

Goa Mulut Besar

Image Credit: Alodiatour.com

Goa mulut besar merupakan salah satu lokasi wisata Berau yang terletak di kampung Merasa. Objek goa mulut besar disebut juga dengan goa kelelawar karena dulu merupakan sarang bagi para kelelawar. Pengunjung bisa dengan bebas mengeksplorasi kedalam gua karena saat ini tidak ada lagi kelelawar yang menghuni objek wisata tersebut. Selain itu juga, pengunjung dapat melihat beragam batu alam cantik yang dapat ditemukan dalam gua. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan gua saja, tetapi juga terdapat pantai dengan keindahan yang luar biasa dan angina sejuk yang bisa dinikmati.

BACA JUGA:  Fakta Jembatan Mahakam Kebanggan Kalimantan Timur

Lokasi: Merasa, Kec. Kelay Kab. Berau.

13. Danau Telaga Biru

Danau Telaga Biru

Image Credit: Travel1107.blogspot.com

Danau telaga biru merupakan salah satu objek wisata Berau yang menyajikan keindahan serta kejernihan air danau. Pengunjung akan bisa melihat air danau yang jernih dan juga berwarna biru sehingga menampakan pemandangan bawah danau dengan jelas. Selain itu, pengunjung juga akan ditemani dengan pemandangan alami yang ada di sekitar danau. Fasilitas wisata yang disediakan pada objek wisata danau telaga biru adalah wisata perahu mengelilingi danau. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kegiatan berenang dan menyewa peralatan snorkeling. Bukan hanya itu saja, pengunjung juga bisa mencoba flying fox melintasi telaga.

Lokasi: Tembudan, Kec. Batu Putih, Kab. Berau.

14. Manimbora Beach

Manimbora Beach

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Pulau Manimbora merupakan salah satu objek wisata Berau yang menyajikan pemandangan air laut yang biru, keindahan pohon kelapa, serta pasir putih yang bersih dan mengkilat. Pulau Manimbora menjadi objek wisata yang cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan ketenangan dan kedamaian sambil ditemani pemandangan alam.

Lokasi: Ampen Medang, Kec. Batu Putih, Kab. Berau.

15. Pulau Biduk-Biduk

Pulau Biduk-Biduk

Image Credit: Piknikasik.com

Pulau biduk-biduk merupakan objek wisata Berau yang berada paling timur dan merupakan objek wisata yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, bukan berarti pulau tersebut tidak memiliki daya tarik tersendiri. Pulau biduk-biduk dikenal sebagai pulau berpasir putih yang berasal dari terumbu karang. Terumbu karang tersebut merupakan terumbu karang yang sudah hancur dan berkumpul menjadi satu hingga membentuk sebuah daratan. Bagi para pengunjung, akan lebih baik jika berjalan sekitaran pulau tanpa menggunakan alas kaki karena rasa pasirnya akan sangat berbeda.

Lokasi: Pulau Biduk Biduk, Kec. Biduk Biduk, Kab. Berau.

Itu lah 15 tempat wisata di Berau yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri sehingga memberikan rasa dan pengalaman yang berbeda pada setiap kunjungannya. Terlebih lagi bagi para wisatawan yang gemar melakukan traveling pada beberapa tempat dan menikmati keindahan alam.