Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata di Bengkayang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Favorit di Bengkayang, Kalimantan Barat. Objek Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu kabupaten yang cukup strategis di dalam provinsi kalimantan barat. Provinsi kalimantan barat memiliki posisi yang cukup penting. Salah satunya adalah pada kabupaten Bengkayang yang secara kebetulan merupakan kabupaten yang menjadi perbatasan langsung dengan negara malaysia. Tepatnya berdekatan langsung dengan kota serawak.

Meskipun berada di kawasan perbatasan, namun kabupaten Bengkayang mempunyai potensi yang luar biasa. Kabupaten Bengkayang yang juga merupakan bentuk perluasan dari kabupaten sambas memiliki potensi wisata yang luar biasa banyak. Apabila dilakukan pengelolaan dengan benar, maka kabupaten Bengkayang menjadi kabupaten yang cukup maju. Setidaknya meskipun berbatasan langsung dengan kota serawak namun penjagaan perbatasan tetap menjadi prioritas utama.

Kontur tanah yang cenderung sangat bervariasi membuat tingkat kesuburan tanah di kabupaten Bengkayang cukup tinggi. Tingginya tingkat kesuburan tanah membuat sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang cukup diandalkan untuk memajukan perekonomian warganya. Meskipun sekarang ini untuk sektor pembangunan mash bisa dikatakan cukup tertinggal jauh dari kawasan lainnya yang ada di indonesia. Ada beberapa potensi tempat wisata favorit di Kabupaten Bengkayang yang bisa dikunjungi, seperti:

1. Pulau Randayan

Pulau Randayan

Image Credit: Anekawisatanusantara.blogspot.com

Apabila Anda ingin menikmati sensasi berada di raja ampat yang populer itu, maka Anda bisa memilih objek wisata pulau randayan. Objek wisata ini memiliki keindahan panorama taman bawah air yang tidak kalah dengan yang ada di raja ampat. Meskipun sebenarnya untuk popularitas dari pulau ini masih kalah dari raja ampat. Namun untuk keindahan taman bawah airnya tidak kalah indah.

Pulau randayan memang masih sangat asri. Pengelolaan yang dilakukan belum begitu maksimal, namun sudah bisa dinikmati sebagai objek wisata keluarga. Pulau ini meman bukan merupakan pulau    yang memiliki penghuni seperti layaknya penghuni lainnya. Akan tetapi untuk pengelolaan dari pulau randayan sudah dilakukan sedemikian rupa untuk memikat para wisatawan. Salah satunya adalah dengan disediakannya beberapa penginapan di pulau.

Lokasi: Pulau Randayan, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang

2. Pantai Samudra Indah

Pantai Samudra Indah

Image Credit: Wisatasia.com

Destinasi wisata yang paling disukai oleh para wisatawan adalah wisata pantai. Salah satunya adalah pantai samudera indah. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas dan juga sangat bersih. Pasir putihnya yang bersih membuat pantai ini banyak digemari oleh wisatawan karena kebersihan pantainya.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Bukit Rindu Alam di Singkawang

Daya tarik berikutnya adalah adanya batu yang berukuran cukup besar. Bebatuan yang berukuran besar yang letaknya ada di pinggir pantai membuat daya tarik tinggi untuk wisatawan yang gemar melakukan swafoto. Ukuran batu ditambah dengan bentuk batu yang cukup unik tentu saja membuat para pengunjung sangat tertarik untuk mengunjungi pantai ini.

Lokasi: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

3. Bukit Jamur

Bukit Jamur

Image Credit: Nelsonfernaldi.blogspot.com

Tempat wisata yang berikutnya adalah bukit jamur. Bagi yang ingin menikmati keindahan kota dari atas bukit akan sangat disarankan untuk mengunjungi bukit jamur. Memandang kota dari arah ketinggian memang cukup menarik untuk dilakukan. Terlebih jika Anda merupakan penyuka tantangan. Ketinggian bukit jamur ini cukup menarik untuk dijadikan tempat untuk berswafoto.

Sensasi seperti berada di negeri di atas awan bisa Anda miliki ketika Anda naik hingga ke puncak bukit. Deretan awan putih yang bertebaran di mana-mana dapat memanjakan mata. Meskipun membutuhkan perjuangan untuk sampai di puncak bukit, namun pemandangan yang akan Anda peroleh sangat menghilangkan rasa lelah yang Anda rasakan ketika sudah berada di atas bukit.

Lokasi: Bhakti Mulya, Kec. Bengkayang, Kab. Bengkayang.

4. Mimiland Batu Payung

Mimiland Batu Payung

Image Credit: Wisatapontianak.com

Destinasi wisata keluarga yang sangat disarankan untuk Anda adalah mimiland batu payung. Mimiland batu bayung merupakan objek wisata keluarga yang memang dikelola secara khusus untuk berwisata bersama dengan keluarga. Objek wisata ini terintegrasi dengan pantai yang sangat indah untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

Di dalam objek wisata Mimiland, para pengunjung dapat mengajak anak-anak untuk bermain dengan puas di arena bermain yang ada di dalam mimiland. Arena permainan yang disediakan di dalam objek wisata ini bisa dikatakan cukup lengkap. Meskipun berada di tepi pantai, namun keamanan dari arena bermain terjamin dengan baik. Itulah sebabnya mimiland menjadi salah satu objek wisata keluarga yang ramah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Melawi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

5. Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap

Image Credit: Suarapemredkalbar.com

Kunjungan wajib berikutnya yang wajib untuk Anda pilih adalah air terjun riam marasap. Air terjun ini memiliki panorama yang sangat menarik. Air terjun yang berbarik dan terbagi menjadi beberapa bagian air terjun tentu saja membuat para pengunjung bisa menikmati pemandangan air yang turun dari ketinggian dengan suara yang bergemericik.

Tebing dan bebatuan yang menjulang tinggi dengan penataan alam yang sempurna membuat air terjun ini memiliki panorama yang sangat eksotik. Bukan itu saja dikelilingi dengan pepohonan yang rindang membuat suasana dingin dan sejuk semakin terasa ketika memasuki kawasan air terjun yang sangat indah dan juga sangat asri.

Lokasi: Pisak, Sentangau Jaya, Kec. Tujuhbelas, Kab. Bengkayang.

6. Gua Romo

Gua Romo

Image Credit: Wisatasia.com

Destinasi wisata berikutnya yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah roa romo. Menantang adrenalin dengan mengunjungi objek wisata ini tentu saja sangat mengesankan. Menelusuri goa yang cukup panjang dan gelap memang cukup menantang. Goa ini sangat cocok untuk yang suka dengan petualangan.

Letaknya yang jauh dari jangkauan kota memang cukup melelahkan untuk bisa mencapai di lokasi dan juga menyusuri goa. Namun ketika sudah sampai di ujung goa, maka rasa lelah itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat indah dan menawan yang ada di sekeliling goa. Rasa lelah tersebut akan hilang dengan pemandangan alam yang sangat indah. Rasa nyaman akan langsung terasa ketika Anda mencapai goa ini.

Lokasi: Sumber Rezeki, Gua, Kec. Sanggau Ledo, Kab. Bengkayang.

7. Hutan Adat

Hutan Adat

Image Credit: Mongabay.co.id

Bagi penyuka petualangan sangat disarankan untuk mengunjungi hutan adat. Kawasan hutan yang sangat terjaga keasriannya ini memiliki luas sekitar 100 hektar. Hutan seluas itu dapat dikelilingi untuk berpetualangan di dalam hutan.  Berjarak cukup jauh dari kota memang cukup melelahkan untuk bisa sampai ke hutan adat. Dinamakan hutan adat karena hutan ini dijaga dengan baik secara adat.

Menuju ke hutan adat, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun menggunakan roda empat. Berkeliling menggunakan sampan juga bisa menjadi pilihan untuk mengelilingi hutan adat dengan cukup aman. Bagi Anda yang suka dengan petualangan tidak ada salahnya untuk berkunjung ke hutan adat dan berkeliling menggunakan sampan untuk menikmati keindahan alam hutan adat yang masih sangat asri.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ketapang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Melayang, Sahan, Kec. Seluas, Kab. Bengkayang.

8. Air Terjun Riam Berawan

Air Terjun Riam Berawan

Image Credit: Wisataalamdaerahcity.blogspot.com

Destinasi bagi pecinta aktivitas air adalah air terjun riam berawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Meskipun memiliki ketinggian yang cukup fantastis, namun gemericik air terjunnya cukup memanjakan telinga dan mata. Riak-riak air yang berbentuk menyerupai awan putih memang menjadi salah satu andalan bagi lokasi wisata ini untuk dikunjungi.

Keasrian dari air terjun riam berawan memang tidak diragukan lagi. Bermain air di dalam air yang sangat jernih dan segar bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke air terjun ini. bagi Anda yang ingin berendam, bisa Anda lakukan. Meskipun memang jarak dari kota cukup jauh untuk ditempuh menggunakan kendaraan.

Lokasi: Biang, Bengkawan, Kec. Seluas, Kab. Bengkayang.

9. Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan

Image Credit: Rehatsejenak948111600.wordpress.com

Pulau lemukutan merupakan destinasi wisata yang masih kurang populer. Meskipun demikian, pulau ini sebenarnya memiliki keindahan panorama alam yang sangat menarik. Pulau lemukutan sendiri sebenarnya merupakan pulau yang berpenghuni. Meskipun berpenghuni, namun para wisatawan bisa tetap menikmati berbagai aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau lemukutan.

Bagi penyuka snorkeling, memang cukup disarankan untuk mencoba berkunjung ke pulau lemukutan. Sebab di dalamnya terdapat panorama bawah air yang cukup mempesona yang bisa dinikmati. Tidak kalah dengan keindahan objek wisata air populer lainnya, pulau lemukutan sendiri menawarkan panorama keindahan bawah air  yang mempesona.

Lokasi: Pulau Lemukutan, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

10. Riam Madi

Riam Madi

Image Credit: Lifestyle.okezone.com

Tidak puas dengan aktivitas air, Anda bisa berkunjung ke riam madi. Objek wisata ini merupakan sebuah sumber air bersih untuk warga sekitar. Meskipun berfungsi sebagai sumber air bersih namun panorama keindahan alamnya yang mempesona benar-benar mampu menyihir siapa saja untuk betah berlama-lama berada di lokasi wisata ini.

Lokasi: Jl. Raya Sanggau Ledo, Dayung, Kec. Lumar, Kab. Bengkayang.

Banyaknya tempat wisata di Kabupaten Bengkayang menandakan bahwa kabupaten ini memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk terus dikembangkan sehingga membuat perekonomian warga sekitar menjadi terangkat.