Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Barito Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Kalimantan Tengah? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Barito Utara Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Barito Utara menjadi salah satu kabupaten terkenal di Kalimantan Tengah yang ibukota kabupatennya berada di Muara Teweh. Kabupaten ini semakin dikenal oleh masyarakat luas dengan banyaknya lokasi wisata terbaru yang kaya akan potensi alamnya. Ada banyak surga tersembunyi yang kini dapat dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berlibur guna menghilangkan penat akibat banyaknya aktifitas yang dimiliki.

Tidak hanya memiliki lokasi wisata alam yang menarik, Barito Utara juga memiliki lokasi wisata sejarah yang bernilai tinggi. Setiap wisatawan akan dikenalkan dengan sejarah-sejarah tertentu yang berkaitan dengan kabupaten Barito Utara. Dengan begitu, wisatawan dapat berlibur sekaligus belajar ketika mengunjungi lokasi wisata terbaru dan terhits yang ada di kabupaten Barito Utara.

Karena ada banyak tempat wisata yang ada di Barito Utara, Anda sebaiknya mengetahui beberapa lokasi wisata yang sedang hits dan banyak menarik minat wisatawan. Untuk mengetahui lokasi wisata terbaru dan terhits mana saja yang berada di Barito Utara, simak ulasannya di bawah ini:

1. Gunung Pararawen

Gunung Pararawen

Image Credit: Nurliasmuntamah.student.umm.ac.id

Lokasi wisata terhits dan terbaru pertama yang ada di Barito Utara adalah Gunung Pararawen. Pada saat Anda berkunjung ke lokasi wisata ini, pesona alam yang nampak luar biasa merupakan tawaran utama dari Gunung Pararawen. Menjadi cagar alam yang alami, Gunung Pararawen dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan yang lebat.

Anda juga akan disajikan dengan sungai berukuran kecil nan jernih ketika mendaki Gunung Pararawen. Lokasi wisata Barito Utara ini menjadi tempat dimana flora dan fauna liar tinggal. Anda akan menemukan kawanan fauna liar yang menghuni kawasan hutan lindung.

Lokasi: Lemo, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara.

2. Bendungan Trinsing

Bendungan Trinsing

Image Credit: Dispupr.baritoutarakab.go.id

Lokasi wisata Barito Utara yang terbaru dan terhits lainnya adalah bendungan Trinsing. Bendungan yang berada di desa Trinsing ini dapat dijadikan lokasi untuk berenang dan memainkan aktifitas air lainnya. Anda dapat menyewa sepeda bebek agar dapat mengelilingi bendungan Trinsing.

Dengan keberadaan pepohonan yang rindang, udara di sekitar bendungan terasa sangat segar. Pepohonan yang berada di bendungan Trinsing kerap kali dimanfaatkan oleh warga sebagai payung ketika memancing. Karena ada banyak ikan air tawar yang hidup di bendungan Trinsing, lokasi wisata ini juga dijadikan lokasi memancing oleh warga sekitar bendungan.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Palangkaraya yang Wajib Dicoba

Lokasi: Trinsing, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara.

3. Hutan Muara Teweh

Hutan Muara Teweh

Image Credit: Nurliasmuntamah.student.umm.ac.id

Sesuai dengan namanya, Hutan Muara Teweh merupakan lokasi wisata yang berada di dalam hutan. Lokasi wisata ini berada di desa Melayu dan memiliki beberapa keunikannya tersendiri. Keberadaan kayu bakah merupakan keunikan yang dimiliki oleh Hutan Muara Teweh. Kayu bakah merupakan tanaman yang akan mengeluarkan air ketika bagian kayunya dipotong.

Air yang keluar dari kayu bakah dapat Anda konsumsi secara langsung ketika merasa haus akibat lamanya mengelilingi hutan. Tidak hanya dapat mengeluarkan air, kayu bakah memiliki ukuran diameter yang besar, yakni berukuran 5 cm. Agar dapat berkunjung ke hutan ini, Anda harus melewati sungai kecil terlebih dahulu. Tanpa adanya jembatan sebagai penghubung jalan, proses menuju ke dalam hutan akan terasa semakin menarik.

Lokasi: Melayu, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara.

4. Gunung Lumut

Gunung Lumut

Image Credit: Wisatasia.com

Menjadi kabupaten yang memiliki pemandangan alam indah, Barito Utara memiliki lokasi wisata alam yang berjumlah banyak. Gunung Lumut sendiri menjadi salah satu lokasi wisata alam yang dimiliki oleh Gunung Lumut. Pada saat Anda berkunjung ke Gunung Lumut, hamparan lumut yang luas akan memanjakan mata Anda.

Lumut-lumut tersebut tidak hanya menyelimuti batang pohon saja melainkan juga menyelimuti ranting, tanah hingga bebatuan yang berada di dalam hutan. Bagi suku Dayak, Gunung Lumut merupakan tempat yang dikeramatkan. Mereka percaya bahwa arwah orang yang telah meninggal akan menempati puncak Gunung Lumut.

Lokasi: Kawasan Hutan Lindung Lampeong, Kec. Gunung Purei, Kab. Barito Utara.

5. Jembatan K.H Hasan Basri

Jembatan K.H Hasan Basri

Image Credit: Aktual.com

Jembatan K.H Hasan Basri merupakan lokasi wisata terbaru dan terhits yang berada di Barito Utara. Nama jembatan diambil dari nama tokoh asli asal Muara Taweh yang ketika itu memegang jabatan sebagai ketua MUI. Jembatan dengan panjang 270 ini menjadi lokasi paling tepat bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pemandangan sungai Barito.

BACA JUGA:  Pantai Ujung Pandaran, Wisata Bahari Andalan Kotawaringin Timur

Anda juga dapat berswafoto untuk mengabadikan pemandangan yang berada di sekitar jembatan bersama teman atau orang-orang terkasih. Tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai lokasi wisata, jembatan K.H Hasan Basri dibangun untuk menghubungkan kabupaten Barito Utara dengan kabupaten Murung Raya. Jembatan mulai diresmikan oleh pemerintah sejak tahun 1995 lalu.

Lokasi: Jl. Yetro Sinseng, Lanjas, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara.

6. Rumah Betang Tambau

Rumah Betang Tambau

Image Credit: Kaltengpos.co

Sama halnya dengan propinsi-propinsi yang ada di Indonesia, Barito Utara memiliki sebuah rumah adat yang terkenal. Rumah Betang Tambau menjadi nama rumah adat bagi suku Dayak yang telah dibangun sejak tahun 1918 lalu. Rumah adat ini menjadi rumah adat paling tua yang berlokasi di Barito Utara.

Rumah Betang Tambau ditinggali oleh tujuh belas kepala keluarga suku Dayak yang berlatar belakang berbeda. Anda dapat melihat bagaimana ketujuh belas kepala keluarga tersebut dapat hidup berdampingan meskipun memiliki kepercayaan agama yang berbeda-beda.

Lokasi: RT 01, Nihan Hilir, Kec. Lahei Barat, Kab. Barito Utara.

7. Bangkai Kapal Onrust

Bangkai Kapal Onrust

Image Credit: Minews.id

Belum lengkap rasanya bagi Anda ketika datang ke Barito Utara namun belum menapaki kaki di Bangkai Kapal Onrust. Bangkai Kapal Onrust merupakan bangkai kapal milik Belanda yang menjadi bukti dimana warga Barito Utara melakukan perlawanan yang keras terhadap kekejaman bangsa Belanda ketika menjajah.

Pada saat itu, kapal Onrust berhasil ditenggelamkan oleh warga Barito Utara. Kisah heroik para pejuang Barito Utara inilah yang menjadikan Bangkai Kapal Onrust menjadi salah satu lokasi wisata terhits yang berada di Barito Utara dan wajib untuk Anda kunjungi. Karena minat besar wisatawan akan Bangkai Kapal Onrust, lokasi wisata ini menjadi tujuan wisata sejarah utama wisatawan ketika berkunjung ke Barito Utara.

Lokasi: Lalutung Tour, Kec. Teweh Baru, Kab. Barito Utara.

8. Buper Panglima Batur

Buper Panglima Batur

Image Credit: Viewofbatara.co.vu

Memiliki keindahan alam yang tidak perlu diragukan lagi, keberadaan Buper Panglima Batur menjadi lokasi wisata yang patut dipertimbangkan. Bumi perkemahan menjadi lokasi paling tepat bagi Anda yang ingin berkemah dengan teman-teman. Buper Panglima Batur menjadi bumi perkemahan terbesar nomor 2 setelah buper Cibubur.

Selama berkemah, Anda juga dapat menikmati keindahan alam hutan dan keindahan bendungan yang masih nampak asri. Pemandangan alam Danau Traheran dapat Anda nikmati ketika berada di buper Panglima Batur. Hal ini dapat terjadi lantaran lokasi wisata dibangun di dataran yang tinggi sehingga memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan alam yang disajikan oleh Danau Traheran.

BACA JUGA:  Pesona Alam Lestari, Destinasi Wisata Keluarga Favorit di Palangkaraya

Lokasi: Trahean, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara.

9. Jantur Doyan

Jantur Doyan

Image Credit: Borneonews.co.id

Jantur Doyan adalah nama sebuah air terjun yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi wisata alam ini tidak pernah absen dikunjungi wisatawan karena memiliki suasana alam yang menarik. Pada saat Anda pertama kali datang ke Jantur Doyan, Anda akan menemukan sebuah gerbang masuk berukuran besar.

Lokasi air terjun dengan gerbang besar tidak memiliki jarak yang jauh. Perjalanan menuju air terjun dipenuhi dengan pepohonan yang rindang. Susana menyenangkan dan sejuk akan timbul secara alami akibat keberadaan pepohonan yang berada di sekitar lokasi wisata. Guna memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang datang, Jantur Doyan difasilitasi dengan gazebo dan lokasi bermain anak.

Lokasi: Jl. Lintas Kalimantan Poros Tengah, Mukut, Kec. Lahei, Kab. Barito Utara.

10. Air Terjun Inih

Air Terjun Inih

Image Credit: Disbudparporabarut.blogspot.com

Barito Utara memiliki lokasi wisata air terjun yang dikenal dengan nama air terjun Inih. Memiliki kolam yang luas, air terjun Inih menjadi lokasi unggulan untuk bermain permainan air. Jika diperhatikan dengan seksama, air terjun Inih memiliki lekukan batuan yang indah dan dilengkapi pula dengan pepohonan hijau. Dengan banyaknya pepohonan yang berada di sekitar lokasi wisata, air terjun Inih mampu melahirkan lukisan alam yang mempesona.

Karena keberadaannya yang terpencil, air terjun Inih masih belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Meskipun demikian, air terjun ini mulai dikenal dan hits di kalangan para pecinta alam akibat tawaran pemandangan yang dimiliki oleh air terjun tersebut.

Lokasi: Benangin, Kuari, Kec. Teweh Timur, Kab. Barito Utara.

Keberadaan 10 lokasi wisata terbaru dan terhits yang ada di Barito Utara di atas dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin menemukan lokasi wisata menarik ketika berkunjung ke Kalimantan Tengah. Kesepuluh lokasi wisata yang telah dijelaskan di atas memiliki pesona alam yang sangat luar biasa dan patut dijadikan pilihan utama ketika Anda berlibur. Karena menjadi lokasi wisata yang terkenal, pastikan untuk menentukan waktu berlibur yang tepat agar Anda menikmati liburan yang menyenangkan.