Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Barito Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Barito Timur? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Barito Timur, Kalimantan Tengah. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Mencari tujuan wisata saat liburan telah tiba, kota Barito Timur bisa jadi jawabannya. Destinasi di tempat ini tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata di kota lainnya. Tempat-tempat menarik di sini antara lain air terjun, museum, taman dan lainnya. Setiap destinasi memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para pengunjung selalu ingin berkunjung kembali.

Barito Timur merupakan nama dari salah satu kota di Kalimantan Tengah. Di sana ada berbagai tujuan wisata yang menawarkan keindahan alam, nilai sejarah dan lainnya. Menyuguhkan suasana nyaman bagi para wisatawan yang berdatangan.

Banyak sekali area menarik di kota Barito Timur untuk dikunjungi. Bukan hanya di saat liburan, kapan saja pun bisa. Hanya saja, waktu libu atau weekend lebih ramai atau banyak wisatawan dibandingkan hari-hari biasa. Beberapa tempat wisata di Barito Timur terpopuler dan terhits antara lain adalah sebagai berikut:

1. Air Terjun Kedong Air

Air Terjun Kedong Air

Image Credit: Kalteng.antaranews.com

Apakah Anda suka tempat wisata yang berhubungan dengan air? Ada Air Terjun Kedong Air yang bisa Anda kunjungi. Bisa juga menjadi rekomendasi pertama untuk didatangi, bukan? Tempat ini menyuguhkan gemercik air yang jernih, bersih dan sejuk. Di sekitar terdapat pepohonan yang tumbuh hijau subur semakin memberikan kesejukan terbaik di sini.

Para pengunjung yang datang biasanya menceburkan diri ke air, sembari merasakan kesejukan air terjun Kedong Air ini. Ada juga yang bermain di sekitar atau di pinggiran. Terdapat bebatuan juga dan biasanya digunakan untuk duduk sembari bermain air.

Tempat wisata di air terjun Kedong Air ini turut menjadi favorit bagi para pengunjung. Objek wisata air ini menyuguhkan panorama keindahan alam bebas yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Gemericik air dari atas bukit pun tak pernah surut sekalipun musim kemarau telah tiba.

Lokasi: Malintut, Kec. Raren Batuah, Kab. Barito Timur.

2. Rumah Betang

Rumah Betang

Image Credit: Gareng.id

Merupakan salah satu peninggalan sejarah yang berada di Barito Timur. Tempat ini dapat dijadikan sebagai destinasi edukasi karena kaya akan nilai sejarah. Di samping itu, ada sebuah Museum yang bisa dikunjungi. Di sana tersimpan benda sejarah khas Dayak yang sangat berharga. Para pengunjung dapat mengatahui secara langsung mengenai kebudayaan dan sejarah suku Dayak di sini.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Balikpapan Paling Enak & Murah

Berwisata sembari belajar sejarah kenapa tidak? Kunjungan ke Rumah Betang ini juga memberikan nilai pengetahuan. Dimana para pengunjung bisa mendapatkan informasi menarik seputar sejarah kebudayaan yang ada di sana. Tempat ini sangat wajib dikunjungi terutama untuk Anda yang menyukai sejarah dan peradabannya.

Lokasi: Taniran, Kec. Benua Lima, Kab. Barito Timur.

3. Museum Lewu Hante

Museum Lewu Hante

Image Credit: Wartawisata.id

Satu lagi tempat wisata tema edukasi di provinsi Kalimantan ini. Adalah Museum Lewu Hante yang merupakan sebuah rumah panggung suku Dayak. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung kemari. Bangunan yang khas rumah panggung ini sangat luas dan sering digunakan untuk berbagai acara kebudayaan.

Tidak hanya itu saja, di dalam Museum Lawe Hante ini juga menyimpan berbagai benda bersejarah dari zaman dulu. Sampai saat ini, benda-benda tersebut masih tersimpan dengan baik dan aman.

Lokasi: Taniran, Kec. Benua Lima, Kab. Barito Timur.

4. Gua Liang Saragi

Gua Liang Saragi

Image Credit: Wisatasia.com

Merupakan sebuah gua yang juga menjadi tempat dari air sungai yang mengalir. Uniknya air sungai tersebut sangat bening. Para pengunjung bisa menyewa perahu untuk menyusuri perairan menawaran di dalam Goa Liang Saragi ini.

Ketika memasuki setiap sudut goa yang terbentuk secara alami ini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan yang luar biasa. Bebatuan alami yang ada di dinding goa membentuk skema tersendiri. Terlihat indah dan memberikan nilai pemandangan alam yang berbeda dari lainnya. Jika biasanya menyusuri sebuah goa bisa dengan berjalan kaki, di sini pengunjung harus menggunakan perahu.

Berada di perairan sembari menyusuri dalam goa memberikan pengalaman wisata yang berbeda. Sangat jarang ditemui goa di sebuah perairain, bukan? Di sini menjadi salah satu spot terbaik khususnya Anda para pecinta alam.

Lokasi: Ampari, Kec. Awang, Kab. Barito Timur.

5. Bendungan Tampa

Bendungan Tampa

Image Credit: Sangkaicity.blogspot.com

Dam Tampa merupakan bendungan yang mengendalikan laju aliran sungai tampa. Dam ini dimanfaatkan untuk perairan sehingga sawah-sawah warga sekitar mendapatkan pengairan yang cukup. Tanaman di sawah pun tumbuh hijau dan subur karena kebutuhan air terpenuhi dengan baik.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Palangkaraya yang Wajib Anda Coba

Berbeda dengan bendungan lain, dam tampa ini menjadi titik terbaik untuk menyaksikan keindahan alam sekitar. Berupa hamparan sawah yang luas berwarna hijau. Ketika angin bertiup, terasa udara di sekitar semakin sejuk. Duduk santai di tepi bendungan menjadi bagian dari salah satu rekreasi yang unik, bukan? Bagaimana bisa tidak, biasanya bendungan dimanfaatkan untuk urusan perairan tapi ini bisa untuk berwisata.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke bendungan Tampa adalah sore hari. Hal ini karena hari mulai teduh ditambah tiupan angin pelan memberikan kenyamanan tersendiri. Kesejukan dari hamparan sawah di sekitar seolah terbawa hingga ke atas bendungan, tempat dimana Anda berada.

Lokasi: Tampa, Kec. Paku, Kab. Barito Timur.

6. Taman Anggrek Hitam

Taman Anggrek Hitam

Image Credit: Vsitbartim.com

Sesuai namanya, Taman luas dan indah ini merupakan tempat dimana Anggrek Hitam tumbuh. Taman flora dengan luas kurang lebih 4 hektar. Di sini Anda bisa menemukan Anggrek Hitam yang tumbuh subur.

Tidak hanya Anggrek Hitam, Anggrek jenis lainnya juga. Tumbuh warna warni dan dilindungi. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai wisata alam bertema flora, bukan? Apalagi keindahan bunga cantik tersebut sangat jarang ditemui. Tentunya Taman ini sangat wajib dikunjungi, bukan? Keindahan dan pesona bunga Anggrek di Taman tersebut sangat memanjakan setiap yang melihat.

Untuk Anda penggemar Anggrek tidak afdol rasanya jika tidak datang ke Taman Anggrek Hitam. Di sini terdapat berbagai jenis bunga Anggrek yang tumbuh subur. Tanaman tersebut dirawat dan dijaga dengan baik sehingga dapat tumbuh berbunga indah. Anda juga bisa mengambil foto untuk disimpan. Perpaduan warna indah bunga Anggrek menjadi salah satu potret yang bagus untuk diabadikan.

Lokasi: Murutuwu, Kec. Paju Epat, Kab. Barito Timur.

7. Makam Temanggung Jayakarti

Makam Temanggung Jayakarti

Image Credit: Wisato.id

Mencari tempat wisata religi? Makam Temanggung Jayakarti bisa menjadi rekomendasi pertama untuk di datangi. Makam yang berada di Tamiang Layang ini masih jarang dikunjungi. Akan tetapi cocok untuk wisata religi. Terdapat juga sisa-sisa peradaban pada perang banjar zaman dulu. Wisata sejarah sekaligus religi pun bisa di satu tempat ini, bukan?

BACA JUGA:  Belajar Sejarah ke Museum Balanga Palangkaraya

Lokasi: Tamiang Layang, Dusun Timur, Kab. Barito Timur.

8. Makam Suta Ono

Makam Suta Ono

Image Credit: Wikipedia.org

Tempat wisata religi maupun ziarah lain yang bisa Anda temui adalah makam Suta Ono. Beliau adalah seorang pemimpin dari suku Dayak asli yang sangat berjasa pada masa perang Banjar. Beliau banyak berperan dalam membantu para warga masyarakat pada peperangan tersebut. Untuk kunjungan kemari.

Makam ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang banyak didatangi oleh pengunjung. Selain ziarah, para wisatawan dapat mengetahui nilai sejarah peradaban era dulu, terutama kisah Beliau dan perjuangannya pada masa itu.

Lokasi: Telang Baru, Kec. Paju Epat, Kab. Barito Timur.

9. Makam Putri Mayang sari

Makam Putri Mayang sari

Image Credit: Wikimedia.org

Satu lagi tempat wisata religi yang dapat Anda temui di Kabupaten Barito Timur. Adalah makam Putri Mayangsari yang merupakan seorang putri dari Sultan Suriansyah. Sang putri adalah keturunan dari kerajaan Bandar yang beragama Islam. Meskipun begitu tuan putri tidak meninggalkan kebudayaan Dayak dan sangat peduli serta bijaksana kepada rakyatnya. Untuk mengunjungi makam ini.

Lokasi: Jaar, Kec. Dusun Timur, Kab. Barito Timur.

10. Pegunungan Bahalang

Pegunungan Bahalang

Image Credit: Sangkaicity.blogspot.com

Untuk Anda yang ingin menemui pemandangan alam luas dan sejuk, pegunungan Bahalang bisa jadi jawabannya. Daratan pegunungan indah ini memiliki udara dingin alami. Bahkan pesona keindahan alam di pegunungan ini masih terjaga dengan baik. View pemandangan alam sekitar pun dapat dijadikan background hunting foto yang menarik.

Hawa yang dingin begitu terasa memasuki sekitar pegunungan Bahalang. Tempatnya cukup luas dan indah. Tempat ini dapat dikunjungi kapan saja dan biasanya ramai di akhir pekan. Banyak pengunjung yang berlibur sembari mencari suasana baru. Refreshing dari beragam aktivitas sehari-hari pun terobati di sini. Suasana nyaman, tenang dan dekat alam menjadi pilihan tepat untuk wisata yang menyenangkan, bukan?

Lokasi: Ampari Bora, Kec. Patangkep Tutui, Kab. Barito Timur.

Itulah beberapa objek wisata terbaik di Barito Timur yang wajib dikunjungi. Selain itu terdapat tempat wisata menarik lainnya yang dapat Anda temukan di sana. Daftar tempat wisata di atas pun bisa dijadikan rekomendasi tujuan travelling bersama keluarga maupun rekan. Wisata sejarah, religi, alam dan lainnya.