Kalimantan Tengah

10 Tempat Wisata di Barito Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan di Barito Selatan? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Berencana liburan ke pulau Kalimantan tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Barito Selatan. Adalah salah satu wilayah bagian provinsi di Kalimantan Tengah dengan ibukota di Buntok. Di sini ada banyak sekali tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata terbaik di Barito Selatan tersebut hadir untuk memberikan suasana baru bagi setiap pengunjung.

Mencoba suasana baru di spot wisata kenapa tidak datang ke Barito Selatan? Salah satu daerah di pula Kalimantan yang kaya akan destinasi wisata menarik. Tempat rekreasi tersebut cocok untuk wisata keluarga, kelompok maupun bersama pasangan. Beberapa destinasi tersebut seperti danau, taman, kebun binatang dan lainnya. Masing-masing tempat wisata menghadirkan keistimewaan yang akan membuat para pengunjung merasakan nyaman. Suasana baru di tempat refreshing tersebut menjadi tujuan para wisatawan dari berbagai daerah.

Mungkin nama Barito Selatan, Buntok, Kalimantan Tengah masih terbilang baru. Akan tetapi, di daerah tersebut kaya akan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Bahkan menjadi salah satu wisata yang cocok untuk berburu foto yang instagramble. Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini tempat wisata memiliki daya tarik untuk difoto juga. Menjadi spot hunting gambar yang menarik untuk diabadikan. Seperti halnya dalam 10 tempat wisata di Barito Selatan terbaru dan terhits berikut ini:

1. Danau Sadar

Danau Sadar

Image Credit: Jajarmartono.wordpress.com

Seperti namanya, Danau ini berada di Desa Sadar. Adalah salah satu nama Danau di Barito Selatan yang menghadirkan tema wisata alam. Pesona alam di tempat ini sangat terjaga keasliannya. Sangat cocok untuk refreshing sendirian, bersama rekan maupun keluarga. Banyak yang menjadikan Danau ini sebagai tujuan wisata dan setiap harinya selalu banyak pengunjung yang datang. Mereka begitu menikmati suasana pemandangan alam di sekitar Danau.

Danau Sadar ini sangat luas dan dikelilingi oleh pepohonan lebat. Membuat udara di sekitar Danau terasa sejuk alami sepanjang hari. Selain itu, di tempat ini bagus juga untuk mengambil gambar. Latar belakang pemandangan alam memberikan hasil yang indah di setiap potret. Anda bisa datang kapan saja, hanya saja tempat ini ramai dikunjungi di kala sore. Udaranya terasa sejuk ditambah angin sepoi-sepoi semakin memberikan kenyamanan bersantai di tepian Danau Sadar.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Palangkaraya yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Danau Sadar, Kec. Dusun Selatan, Kab. Barito Selatan.

2. Taman Nasional Tanjung Putting

Taman Nasional Tanjung Putting

Image Credit: Lifestyle.okezone.com

Merupakan salah satu Taman Nasional yang melindungi satwa Orang Utan. Sebab hewan ini banyak diburu dan membuat habitatnya terancam punah. Selain hewan tersebut banyak juga yang lainnya. Wisata di Taman Nasional Tanjung Putting ini cocok untuk edukasi sebab pengunjung yang datang dapat mengetahui beragam informasi menarik mengenai fauna yang ada.

Di sekitar Taman Nasional ini juga terdapat pepohonan yang rindang. Pengunjung dapat menikmati suasana sekitar sembari memandangi fauna yang ada. Biasanya tempat rekreasi ini dikunjungi oleh pelajar secara kelompok dimana mereka bisa berwisata sembari belajar. Selain itu cocok untuk umum. Para pengunjung bisa bersantai di sekitar sembari menikmati suasana pemandangan yang ada.

Lokasi: Tlk. Pulai, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

3. Danau Tahai

Danau Tahai

Image Credit: Indonesia-tourism.com

Merupakan Danau luas yang dikelilingi oleh pepohonan lebat di sekitar. Di sana terdapat sebuah jembatan yang mengarah dari area pinggir ke tengah Danau. Jembatan kayu tersebut sangat bagus untuk menikmati keindahan alam lebih dekat. Bahkan banyak sekali pengunjung yang menjadikan titik tersebut untuk mengambil foto. Duduk bersantai di jembatan kayu tersebut pun sangat nyaman.

Selain Jembatan kayu di Danau Tahai, terdapat gazebo di pinggiran Danau tersebut. Gazebo ini juga selalu dipenuhi oleh pengunjung yang datang. Bersantai di gazebo tersebut juga sangat nyaman, sembari memandangi area sekitar. Sejuk dan suasana tenang. Refreshing dan menikmati pemandangan di Danau Tahai ini benar-benar nyaman. Memanjakan setiap pengunjung yang datang dengan adanya keindahan alam dan kenyamanan sekitar.

Lokasi: Danau Sadar, Kec. Dusun Selatan, Kab. Barito Selatan.

4. Museum Balanga

Museum Balanga

Image Credit: Sangkaicity.blogspot.com

Wisata ke Museum, kenapa tidak? Berkunjung ke Kalimantan Tengah untuk wisata sejarah bisa datang ke Museum Balanga. Merupakan Museum yang menyimpan benda-benda, pakaian ada dan kebudayaan khas Provinsi ini. Menjadi tempat wisata edukasi bagi para pelajar dan umum.

Menengok sejarah berharga pulau Kalimantan dapat Anda temukan di Museum Balanga. Ratusan koleksi bernilai sejarah tersimpan di sana. Kebanyakan yang berkunjung adalah kelompok pelajar. Tapi untuk Anda yang non palajar pun bisa berkunjung ke sini. Wisata sejarah memberikan suasana yang berbeda, bukan?

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Gunung Mas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat ini sangat luas, bersih dan nyaman. Tersedia informasi penting dan singkat di setiap benda koleksi yang ada. Sehingga para pengunjung yang datang bisa mengetahui info-info seputar benda-benda yang tersimpan itu. Di Museum ini juga bisa berfoto-foto, dan tak kalah bagusnya untuk disandingkan dengan foto instagramable lainnya.

Lokasi: Jl. Tjilik Riwut No.KM, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

5. Pantai Kubu

Pantai Kubu

Image Credit: Ksmtour.com

Wisata air di Pantai Kubu, Kalimantan Tengah pun ada. Seperti di Pantai Kubu yang merupakan salah satu pantai dengan keasrian yang masih terjaga. Hamparan pasir putih yang bersanding dengan laut biru menjadi pemandangan yang indah. Laut lepas membawa angin sepoi-sepoi semakin memberikan kenyamanan bersantai di tepi pantai.

Selain bersantai, para pengunjung khususnya anak-anak biasanya bermain di atas pasir putih. Tersedia juga persewaan banana boat untuk para pengunjung. Perahu berbentuk menyerupai buah pisang tersebut biasanya untuk kelompok. Sangat seru, khususnya untuk wisata air yang menguji adrenalin. Bagaimana bisa tidak, ketika naik perahu ini, para penumpang akan dibawa berkeliling di sekitar laut kemudian dijatuhkan. Namun tak perlu khawatir karena setiap penumpang sudah dilengkapi dengan pelampung atau pakaian pelindung sehingga tidak akan tenggelam.

Lokasi: Kubu, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

6. Arboretum Nyaru Menteng

Arboretum Nyaru Menteng

Image Credit: Pagguci.com

Adalah sebuah taman hujan tropis yang di dalamnya terdapat berbagai macam flora dan fauna. Spesies Orang Utan adalah yang paling terkenal di tempat ini. Selain itu di sini juga menjadi habitat dari pepohonan dan hutan rawa. Para pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan alam luar yang dipenuhi oleh spesies flora fauna.

Lokasi: Jl. Tjilik Riwut Km 28, Tumbang Tahai, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

7. Istana Kuning

Istana Kuning

Image Credit: Gambarhitshd.blogspot.com

Untuk Anda yang sedang mencari tempat wisata tema edukasi, Istana Kuning adalah jawabannya. Sesuai namanya, destinasi ini sangat luas, indah dikelilingi taman yang hijau. Biasanya, tempat ini banyak diserbu oleh siswa atau pelajar. Namun pengunjung yang lainnya juga ada.

Dulunya tempat ini adalah sebuah istana kerajaan. Akan tetapi sekarang ini dijadikan sebagai Musem, yang di dalamnya tersimpan benda-benda sejarah.

BACA JUGA:  Pantai Pagatan, Destinasi Favorit Berakhir Pekan di Tanah Bumbu

Lokasi: Raja, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin Barat.

8. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan

Image Credit: Pesona.travel

Satu lagi tempat yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kalimantan Tengah. Adalah di Pasar terapung Lok Baintan. Sesuai namanya, pasar ini terapung dimana aktifitas perdagangan dilakukan di atas perahu. Tampak seru dan menarik sekali, bukan? Sama seperti kegiatab jual beli pada umumnya, di sini para penjual dan pembeli melakukan transaksi di atas sungai.

Lok Baintan ini merupakan pasar tradisional yang sampai sekarang masih aktif. Menjadi salah satu tempat paling ikonik di Kalimantan Tengah, tentu wajib dikunjungi, bukan? Sensasi belanja seru di atas perairan dapat Anda temukan di pasar ini. Tempat ini juga selalu ramai akan kunjungan para wisatawan yang ingin mencoba serunya belanja menggunakan perahu.

Lokasi: Jl. Sungai Martapura, Sungai Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Kab. Banjar.

9. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas

Image Credit: Pesona.travel

Adalah nama sebuah sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini sangat populer dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di sini para pengunjung bisa menyewa perahu untuk menyusuri area sekitar sungai. Bahkan kunjungan ke Kalimantan tak sempurna jika tak mengunjungi sungai ini.

Ada banyak sekali perahu yang disewakan dan para pengunjung bisa memesan dengan mudah. Di bantaran sungai ini para pengunjung bisa menyaksikan keindahan kota Kalimantan.

Lokasi: Sungai Jaya, Kec. Dusun Hilir, Kab. Barito Selatan.

10. Goa Biru

Goa Biru

Image Credit: Brilio.net

Adalah sebuah wisata alam yang berupa danau dengan air bewarna biru dan di pinggirannya berupa goa. Perpaduan perairan biru yang indah dicover oleh bebatuan goa membuat tempat ini sangat luar biasa. Wisata alam di sini menjadi favorit para pengunjung. Dimana mereka bisa menemukan keindahan alam diantara perairan dan bebatuan alam.

Destinasi wisata alam Goa Biru juga memiliki daya tarik untuk hunting foto. Para pengunjung pun banyak yang meluangkan waktu untuk memotret keindahan tempat ini. Ada juga yang bermain air, berenang dan berkeliling di sekitarnya.

Lokasi: Tlk. Harapan, Kec. Maratua, Kab. Berau.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Barito Selatan yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, terdapat juga destinasi menarik lainnya yang bisa didatangi. Satu dan lainnya menawarkan pesona keindahan yang luar biasa. Hingga membuat para pengunjung ingin datang lagi di lain kesempatan.