Kalimantan Selatan

10 Tempat Wisata di Barito Kuala Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik dan Populer di Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Patut Anda Kunjungi Ketika Ingin Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga.

Memasuki musim liburan pasti Anda sedang bingung menentukan tempat untuk menghabiskan waktu liburan. Di Indonesia ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Setiap wilayah mempunyai wisata yang berbeda-beda, salah satunya adalah wilayah Barito Kuala. Barito Kuala adalah sebuah Kabupaten di Marabahan yang terletak di Kalimantan Selatan. Barito Kuala ini menjadi salah satu wilayah yang mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Para pengunjung yang datang ke Kelimantan Selatan pasti sering mampir ke Kabupaten Barito Kuala.

Wisata di Barito Kuala ini ada banyak sekali. Mulai dari berwisata di Pulaunya, wisata di kawasan pertanian, sungainya, wisata religi, dan beberapa destinasi wisata lainnya. Beberapa wisata yang ada di Barito Kuala ini belum tentu bisa ditemukan di tempat lainnya sehingga banyak yang dengan sengaja datang ke Barito Kuala untuk sekedar menikmati keindahan wisatanya. Tiket masuk ke objek wisata di Barito Kuala juga termasuk terjangkau sehingga bisa menghemat pengeluaran saat liburan. Wisata yang paling banyak diminati para pengunjung adalah wisata pulaunya. Barito Kuala ini memang terkenal dengan beberapa pulaunya yang menarik untuk dikunjungi.

Menuju tempat wisata di Barito Kuala juga terbilang sangat mudah untuk dijangkau. Ada juga angkutan yang disediakan untuk membantu para pengunjung yang ingin menikmati indahnya wisata di Barito Kuala. Di bawah ini akan dipaparkan mengenai 10 tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selama di Barito Kuala. Pilih tempat wisata yang Anda sukai sehingga bisa menghabiskan waktu liburan dengan lebih menyenangkan. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Pulau Kembang di Tengah Sungai Barito

Pulau Kembang di Tengah Sungai Barito

Image Credit: Limakaki.com

Pernah mendengar Pulau Kembang? Pulau ini terdapat di Barito Kuala. Pulau ini berada di tengah sungai Barito. Pulau ini dulunya bukan tempat wisata, namun karena keindahan yang dimilikinya maka Pulau ini dibuka untuk umum pada tahun 1976. Pulau ini menjadi hutan wisata karena mempunyai daya tariknya tersendiri.

BACA JUGA:  4 Pakaian Adat Khas Kalimantan Selatan

Ketika datang ke pulau ini maka Anda akan menemukan monyet atau kera berekor panjang. Tidak hanya itu saja melainkan ada banyak spesies burung yang dihidup di sana. Banyaknya hewan asli yang tinggal di tempat tersebut hal ini mampu menjadi daya tarik tersendiri. Semakin masuk dalam maka Anda akan menemukan dua buah arca dengan bentuk hanoman.

Lokasi: Barito, Kec. Alalak, Kab. Barito Kuala.

2. Pulau Kaget Habitat Kera Belanda

Pulau Kaget Habitat Kera Belanda

Image Credit: Qorisme.com

Berkunjung ke Barito Kuala Anda bisa mampir ke Pulau Kaget. Pulau Kaget ini berada di tengah – tengah sungai Barito. Di Pulau ini juga terdapat habitat kera sama seperti di Pulau Kembang. Namun monyet atau kera yang ada di Pulau Kaget ini merupakan kera BelAnda / Bekantan.

Jika Anda penasaran dan ingin berkunjung ke Pulau Kaget ini maka harus menempuh perjalanan selama 15 menit dari pusat kota Banjarmasin. Akses menuju Pulau Kaget sangat mudah untuk diakses. Untuk sampai di Pulau ini biasanya para pengunjung akan menggunakan klotok. Tentu saja perjalanan ini membutuhkan waktu yang agak lama bisa mencapai 1,5 jam. Pulau ini bahkan masuk dalam Cagar Alam sejak 1976 untuk melindungi hewan langka yang ada di sana.

Lokasi: Barito, Kec. Tabunganen, Kab. Barito Kuala.

3. Pulau Bakut Pulau Asli Monyet Bekantan

Pulau Bakut Pulau Asli Monyet Bekantan

Image Credit: Kompas.id

Ingin menyaksikan langsung adanya monyet Bekantan? Anda bisa berkunjung ke Pulau ini. Pulau ini terkenal sebagai habitat asli monyet Bekantan. Bekantan memang tidak hanya ada di Pulau Bakut, namun di beberapa wilayah di Barito mudah menemukan monyet bekantan ini. Pulau ini terletak di bawah jembatan Barito.

Daya tarik yang dimiliki Pulau Bakut ini adalah adanya monyet bekantan tersebut. Tidak hanya bekantan saja melainkan ada beberapa hewan primata lainnya seperti kera, lutung, dan juga orang hutan. Untuk menikmati keindahan Pulau Bakut ini pengunjung bisa menggunakan perahu sampan. Berwisata di tempat ini sangat menarik untuk mengisi waktu liburan anda.

Lokasi: Marabahan Baru, Kec. Anjir Muara, Kab. Barito Kuala.

4. Pasar Apung Kuin

Pasar Apung Kuin

Image Credit: Wikipedia.org

Satu tempat wisata yang sangat menarik di Barito Kuala adalah adanya Pasar Apung Kuin. Biasanya pasar terdapat di suatu tempat yang ada di daratan. Sedikit berbeda dengan pasar apung ini. Ketika Anda datang ke Barito Kuala maka Anda akan menemukan pasar Apung Kuin.

BACA JUGA:  Liburan Seru ke Agrowisata Meek Farm Banjarbaru

Apung Kuin ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Pasar ini terdapat di muara kuin sehingga diberi nama pasar apung kuin. Pasar ini sudah mulai dibuka sejak subuh sampai menjelang siang. Para pengunjung bisa merasakan sensasi berbelanja di perahu. Ada berbagai macam sayuran dan kebutuhan lainnya yang dijual di tempat ini.

Lokasi: Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

5. Jembatan Barito

Jembatan Barito

Image Credit: Pesona.travel

Berkunjung ke Barito biasanya pengunjung tertarik untuk mampir di jembatan barito ini. Barito mempunyai beberapa jembatan yang menarik untuk dilalui. Biasanya orang akan berhenti dan mengambil beberapa foto di jembatan bintaro ini. Jembatan ini identik dengan warna kuning di beberapa tiangnya.

Jembatan ini mempunyai panjang 1.082 m yang mana telah diresmikan sejak 1997. Jembatan ini bahkan mampu menjadi jembatan gantung terpanjang yang ada di Indonesia. Biasanya orang akan melihat aktivitas beberapa penduduk Barito yang tinggal di pulau sekitar sungai. Jembatan ini menjadi salah satu spot foto terbaik di Barito Kuala.

Lokasi: Beringin, Kec. Alalak, Kab. Barito Kuala.

6. Jembatan Rumpiang di Atas Sungai Barito

Jembatan Rumpiang di Atas Sungai Barito

Image Credit: Fotopurwoko.blogspot.com

Salah satu jembatan yang berdiri di atas sungai Barito adalah Jembatan Rumping. Jembatan ini memang sangat terkenal di Barito Kuala. Tidak kalah dengan jembatan Barito. Jembatan ini masih terbilang baru yang baru diresmikan sejak tahun 2008.

Para pengunjung yang datang ke Barito Kuala biasanya sengaja melalui jembatan ini. Pengunjung yang lewat jembatan ini bisa melihat keindahan sungai Barito dengan jelas. Jembataj ini mempunyai panjang 753 meter. Pengunjung juga bisa mengabadikan moment di atas jembatan rumping ini.

Lokasi: Bagus, Kec. Marabahan, Kab. Barito Kuala.

7. Siring Marabahan

Siring Marabahan

Image Credit: Tourdebaritokuala.com

Tempat wisata terbaru dan terhits yang banyak dikunjungi pengunjung adalah Siring Marabahan. Tempat wisata ini menjadi tempat yang menarik dikunjungi karena keindahannya. Tempat wisata ini berada di pinggir sungai Barito. Bagi yang ingin menikmati indahnya sungai Barito biasanya akan mampir di tempat ini.

BACA JUGA:  Pulau Samber Gelap, Pulau Kecil Nan Eksotis di Kotabaru

Biasanya masyarakat akan mendatangi tempat ini juga sudah sore hari. Tempat ini menjadi spot foto yang menarik selama Anda ada di Barito Kuala. Siring Marabahan ini mempunyai letak yang strategis yakni di depan rumah dinas Bupati Barito Kuala. Banyak yang menghabiskan waktu disana untuk memancing ikan.

Lokasi: Marabahan Kota, Kec. Marabahan, Kab. Barito Kuala.

8. Wisata Religi Makam Datuk Syekh Abdussamad

Wisata Religi Makam Datuk Syekh Abdussamad

Image Credit: Wisatasia.com

Tidak hanya sekedar menikmati indahnya Barito Kuala saja. Disini Anda juga bisa berwisata religi. Tempat wisata religi yang terkenal di Barito Kuala adalah makam Datuk Syekh Abdussamad. Abdussamad asalah cucu dari Syekh M. Arsyad Al-Bajari. Tempat ini sangat mudah untuk diakses. Dari Ibukota Kabupaten hanya setengah kilo saja. Anda bisa beriwsata religi selama di Barito Kuala.

Lokasi: Marabahan Kota, Kec. Marabahan, Kab. Barito Kuala.

9. Agropolitan Tarantang

Agropolitan Tarantang

Image Credit: Rajihanterantang.blogspot.com

Kota pertanian yang dijadikan tempat wisata adalah Agropolitan Tarantang. Disini pengunjung bisa menambah pengetahuan seputar pertanian. Pemerintah menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk berwisata. Sekarang sudah banyak yang berkunjung ke wisata ini.

Bukan hanya soal tanaman saja melainkan disini Anda juga bisa menemukan peternakan. Ada hewan ternak seperti sapi dan kambing. Pengunjung bisa menikmati berbagai hal berbau pertanian di tempat ini.

Lokasi: Terantang, Kec. Mandastana, Kab. Barito Kuala.

10. Agropolitan Sungai Kambat

Agropolitan Sungai Kambat

Image Credit: Wisato.id

Sama seperti agropolitan Tarantang. Tempat ini juga menyuguhkan tempat wisata pertanian. Pengunjung bisa menemukan beberapa tumbuhan yang ada disana. Tidak hanya menarik untuk warga lokal saja melainkan warga dari mancanegara juga.

Lokasi: Sungai Kambat, Kec. Cerbon Kab. Barito Kuala.

Itulah 10 daftar tempat wisata di Barito Kuala terbaru dan terhits. Beberapa wista yang dijelaskan di atas memang sudah ada cukup lama. Namun tempat wisata tersebut menjadi yang paling hits dan sering dikunjungi oleh para pengunjung. Bahkan beberapa di antaranya seperti menjadi ikonnya Barito Kuala sehingga pasti akan dikunjungi oleh para pengunjung dari berbagai wilayah. 10 tempat wisata di atas bisa Anda jadikan reverensi di atas untuk berwisata di Barito Kuala. Liburan bersama keluarga di Barito akan lebih menyenangkan jika Anda sudah membuat planing dari sekarang.