Kalimantan Selatan

22 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Banjarmasin? Periksa Daftar Tempat Wisata Menarik di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Paling Populer Dikunjungi Saat Liburan.

Mengunjungi objek wisata memang menjadi kebanggan tersendiri dan menambah wawasan, apalagi dapat menghilangkan kepenatan rutinitas sehari-hari. Jangan salah loh, tempat wisata menarik tak harus ke luar negeri yang membutuhkan banyak biaya. Pasalnya di Banjarmasin terdapat puluhan ribu objek wisata menarik dan terhits, dijamin Anda dan keluarga bahagia menikmatinya. Apalagi Banjarmasin termasuk ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan sehingga spot wisatanya instagramable.

Selain itu banyak loh objek wisata tersembunyi yang menyuguhkan spot unik yang tak di miliki objek wisata daerah lain. Pasalnya setiap daerah memiliki beberapa obek wisata andalan sehingga menjadi ciri khas suatu daerah. Dengan begitu pengunjung akan mengingat betul Banjarmasin sebagai destinasi wisata instagramable yang harus dikunjungi.

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata keren seperti situs bersejarah, air terjun, situs budaya, keindahan pantai dan beragam spot keren lainnya yang memanjakan mata. Untuk itulah harus merencanakan waktu liburan dengan tepat sehingga Anda dan keluarga dapat mengeksplor tujuan wisata secara maksimal. Berikut ada 22 rekomendasi tempat wisata terhits di Banjarmasin yang harus dikunjungi, diantaranya adalah:

1. Waterboom Pesona Modern

Waterboom Pesona Modern

Image Credit: Youtube.com (Overview Me)

Waterboom pesona modern tepat menjadi tempat wisata keluarga loh, khususnya anak-anak karena menyediakan spot permainan air. Dijamin anak-anak puas bermain seharian tanpa merengek meminta pulang. Selain itu tempatnya juga strategis.

Lokasi: Perumahan Pesona Modern, Jl. A. Yani KM. 11, Pasar Kemis, Kec. Kertak Hanyar, Kota Banjarmasin.

2. Pasar Terapung, Lok Baintan

Pasar Terapung, Lok Baintan

Image Credit: Wikipedia.org

Jangan salah loh, pasar tradisional terapung di atas sungai menjadi objek wisata populer yang unik loh. Tak ayal setiap harinya dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, pengunjung dapat menyaksikan aneka sayuran, buah dan segala barang kebutuhan sehari-hari diatas perahu. Selain itu di pasar tradisional tersebut masih ada loh sistem barter, pengunjung dapat memberikan beragam edukasi pada anak-anak mengenai tradisi pasar di Indonesia.

Lokasi: Jl. Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Banjar.

3. Taman Wisata Pulau Kembang

Taman Wisata Pulau Kembang

Image Credit: Indo.balitourismboard.or.id

Sejatinya, Pulau Kembang terletak di tengah Sungai Barito yang terbentuk secara alami membentuk pulau. Tempat tersebut dihuni oleh kawanan kera karena termasuk area konservasi kera berekor panjang dan bekantan, alhasil pengunjung dapat melihat seperti apakah kera ekor panjang dan bekantan menjalani kehidupannya sehari-hari. Selain itu dapat dijadikan objek wisata anak-anak sehingga wawasannya semakin luas.

Lokasi: Wilayah Administratif Kec. Alalak, Kab. Barito Kuala.

4. Rumah Jomblo

Rumah Jomblo

Image Credit: Pegipegi.com

Siapa sangka, Bajarmasin, Kalimantan Selatan mempunyai rumah jomblo loh. Bahkan menjadi objek wisata terhits yang dikunjungi orang diberbagai daerah, pasalnya memiliki bentuk dari rumah lainnya. selain itu rumah tersebut terletak di gundukan tanah merah sehingga tampilannya semakin eksotik, tentunya cocok diabadikan sebagai kenangan indah pernah mengunjungi rumah jomblo di Banjarmasin.

Lokasi: Desa Cempaka, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

5. Danau Caramin

Danau Caramin

Image Credit: Kalsel.prokal.co

Anda butuh objek wisata yang merilekkan pikiran di Banjarmasin? Danau Caramin pilihannya. Dahulu, danau tersebut adalah tempat tambang pasir yang cukup luas namun seiring berjalannya waktu menjadi danau karena tidak digunakan lagi. Tempat tersebut kini menjadi objek wisata terhits karena banyak aneka spot menarik yang wajib dicoba, bahkan pengunjung dapat mengelilingi danau menggunakan perahu kelotok yang sudah disediakan pihak wisata.

Lokasi: Jl. Guntung Manggis, Landasan Ulin Timur, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

6. Jembatan Sungai Barito

Jembatan Sungai Barito

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Jembatan sungai Barito melintas kokoh dan eksotik di atas Sungai Barito yang digunakan untuk kegiatan bridge jumping remaja Banjarmasin. Hal tersebut membuat jembatan tersebut cocok dijadikan tempat wisata menarik yang dikunjungi, Anda dan keluarga dapat menyaksikan kaula muda Banjarmasin. Bahkan pengunjung dapat melihat bekantan, primata khas Kalimantan secara langsung, dijamin liburan akan menyenangkan dan berkesan sehingga menjadi bahan obrolan menarik saat pulang ke rumah.

BACA JUGA:  Mengintip Bukit Rimpi Pelaihari, Bukit Teletubbies di Kalimantan Selatan

Menikmati senja adalah spot utama yang menjadi incaran pengunjung kaula muda loh. Anda dapat bersantai menikmati senja di warung makan yang berjejer di sekitar bantaran Sungai Barito, tentunya menyantap berbagai makanan lezat yang disediakan.

Lokasi: Jl. Trans Kalimantan, Marabahan Baru, Anjir Muara, Kab. Barito Kuala.

7. Danau Biru Cempaka

Danau Biru Cempaka

Image Credit: The-tanginas.blogspot.com

Menyaksikan pemandangan danau berwarna biru adalah kegiatan menawan yang sulit dilupakan, untuk itulah objek wisata danau biru Cempaka populer di seluruh daerah. Pasalnya pesona danau berwarna biru hanya dijumpai di Pulau Bangka Belitung, sementara letaknya tak jauh dari jalan raya Trans Kalimantan. Bahkan tanahnya yang berwarna merah membuat pengunjung berdecak kagum karena menampilan warna yang kontras dengan air galian yang berwarna jernih sekaligus biru. Hal tersebut terjadi karena dahulu adalah bekas tambang pasir.

Lokasi: Desa Sungai Tiung, Kec. Cempaka, Kota Banjarbaru.

8. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Image Credit: Indonesiakaya.com

Anda rindu dengan masa kanak-kanak yang hobi menonton acara anak Teletubbies? Ada loh objek wisata Banjarmasin yang dapat melepas rindu pada Teletubbies. Tempat tersebut adalah Bukit Teletubbies Ala New Zealand atau Bukit Rimpi Pelaihari, mengingat Kalimantan identik dengan tanah dan hutannya yang subur, membuat pemandangan bukit tersebut sangat hijau dan sejuk. Dijamin pengunjung akan dimanjakan melihat bukit yang hijau sepanjang mata melihat.

Selain itu lokasinya juga mudah dijangkau, dari Kota Banjarmasin melalui Jalan Trans Kalimantan sehingga dapat melihat pemandangan sepanjang jalan.

Lokasi: Tampang, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.

9. Puncak Hutan Tahura Sultan Adam

Puncak Hutan Tahura Sultan Adam

Image Credit: Explorewisataku.blogspot.com

Mengunjungi objek wisata Banjarmasin tak lengkap jika melewatkan ke area hutannya, pasalnya di sana terdapat puncak hutan Tahura Sultan Adam memiliki bukit populer yang terkenal keindahan kabutnya saat pagi hari. tak ayal objek wisata tersebut sering dijadikan trekking sehingga wisata semakin seru sehingga dapat di eksplor secara maksimal. Walaupun Anda tak dapat trekking, pemandangan bukit tak akan tertandingi.

Lokasi: Jl. Ir. Pangeran Muhammad Noor, Desa Mandiangin Timur, Kec. Karang Intan, Kab. Banjar.

10. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin

Image Credit: Disbudpar.banjarmasinkota.go.id

Objek wisata Banjarmasin terdapat di area kota Banjarmasin loh, pasalnya menara pandang Banjarmasin menjadi destinasi wisata unik karena menyuguhkan pemandangan pulau Kalimantan yang sangat menawan dari atas menara pandang. Dijamin pengunjung mendapat pengalaman unik yang berkesan saat berdiri di atas empat lantai, pasalnya manara memiliki cakupan pemandangan yang luas sehingga sangat memanjakan pengunjung. Selain itu lokasinya tak jauh dari wisata pasar terapung sehingga Anda dapat mengunjungi objek wisata Banjarmasin lebih dari satu, dijamin kegiatan berfoto semakin instagamable.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No. 07, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

11. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan

Image Credit: Instagram.com @sanaz_rizqi

Berwisata ke Banjarmasin tak lengkap jika tidak berburu kain khas Banjamasin, untuk itulah Kampung Sasirangan menjadi tempat wisata incaran semua pengunjung. Kain khas Banjarmasin tersebut dapat dijadikan kenang-kenangan pernah berwisata ke Banjarmasin maupun dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

Lokasi: Jl. Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

12. Museum Wasaka Dan Museum Lambung Mangkurat

Museum Wasaka Dan Museum Lambung Mangkurat

Image Credit: Suharyantobjm.com

Anda memiliki anak-anak maupun kaula remaja? Mengunjungi objek wisata sejarah Banjarmasin harus dicoba loh. Pilihannya adalah tempat wisata Museum Wasaka dan Museum Lambung Mangkurat, banyak edukasi yang akan didapat dari ke dua museum tersebut. Apalagi letak Museum Wasaka berada di tepi Sungai Martapura yang memiliki bangunan unik menyerupai rumah panggung berwarna hijau, uniknya lagi bangunan tersebut dari kayu sehingga nilai alaminya sangat kental. Tak ayal suasananya sangat sejuk dan nyaman karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

BACA JUGA:  Pantai Angsana, Pantai Cantik yang Memukau di Kalimantan Selatan

Sementara Museum Lambung Mangkurat berada di kota Banjarbaru dan memiliki desain unik yang lain dari museum lainnya, pengunjung akan mengenal dan dapat mempelajari banyak hal sejarah budaya masyarakat Banjar.

Lokasi: Jl. Kampung Kenanga, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

13. Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan

Image Credit: Pesona.travel

Anda ingin mengunjungi raja ampat namun tidak kesampaian? Banjarmasin menjadi solusinya loh. Pasalnya terdapat objek wisata kekinian menyerupai Raja Ampat, yaitu Bukit Matang Kaladan yang letaknya tak jauh dari puncak hutan Tahura. Dijamin pengunjung akan menikmati pemandangan eksotik hutan dan danau yang dikelilingi pulau-pulau unik di tengahnya.

Apalagi objek wisata tersebut menyediakan area spot foto menarik bagi pengunjung. Yaitu latar belakang pemandangan Bukit Matang Kaladan sehingga sangat instagramable, jika kumpulan foto Anda disebarkan ke media sosial dipastikan banjir timeline karena hasilnya sangat ciamik.

Lokasi: Desa Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kab. Banjar.

14. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh

Image Credit: Wisatapro.com

Siapa sangka, Pantai jodoh menjadi incaran pengunjung yang belum memiliki jodoh. Pasalnya nama pantai tersebut unik dan tersiar kabar seseorang yang mengunjungi pantai tersebut akan mendapatkan jodoh, walaupun kabar tersebut tak pasti kebenarannya tetapi tetap diminati masyarakat. Alhasil banyak pengunjung yang berharap menemukan jodoh, walaupun begitu banyak loh pengunjung yang sudah memiliki anak mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Siring, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

15. Pulau Bakut

Pulau Bakut

Image Credit: Mi.com

Sejatinya, Pulau Bakut terletak di bawah jembatan Barito yang memiliki luas sekitar 18 hektar. Hal tersebut tepat dijadikan objek wisata Banjarmasin karena pemandangan alamnya yang menawan, apalagi pulau tersebut di huni oleh banyak hewan dan tumbuhan adaptif terhadap pasang surutnya air sungai.

Menjangkau wisata tersebut sangat mudah, cukup menggunakan perahu motor dari Banjarmasin sekitar 1,5 jam perjalanan. Selain itu pengunjung dapat menikmati segala keindahan yang disajikan wisata tersebut.

Lokasi: Marabahan Baru, Kec. Anjir Muara, Kab. Barito Kuala.

16. Taman Satwa

Taman Satwa

Image Credit: Banjarmasintourism.com

Taman Satwa menjadi destinasi populer anak-anak karena terdapat nilai edukasi tinggi mengenai satwa yang ada di Indonesia. Pasalnya setiap satwa pada taman tersebut terbagi menjadi beberapa zona satwa berbeda sesuai dengan jenisnya. Misalnya zona aves yang terdiri dari unggas seperti gagak, merpati, ayam hias, dan lain-lain. Sementara zona satwa air yang terdiri dari zona buaya, zona primate sampai zona rusa.

Memiliki pemandangan pepohonan rindang yang eksotik. Dijamin Anda bersama anak-anak betah berlama-lama mengeksplor objek wisata.

Lokasi: Jl. Jahri Saleh, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

17. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Image Credit: Banjarmasintourism.com

Masjid Raya Sabilal Muhtadin adalah objek wisata populer loh karena terletak di jantung kota Banjarmasin. Anda dapat melakukan sholah dan berdoa di dalam Masjid yang megah dan eksotik tersebut karena telah berdiri sekitar tahun 1981, walaupun sudah tua tetapi masih kokoh dan selalu dirawat sehingga pikiran pengunjung akan rilkes usai menempuh perjalanan jauh.

Perlu diketahui, penamaan tersebut memiliki makna mendalam sebagai penghormatan ulama besar yang kehidupannya untuk menyebarkan agama Islam. Beliau adalah Almarhum Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari, seorang ulama besar kerajaan Banjar. Alhasil Masjid tersebut dijadikan destinasi religi yang menyentuh kalbu.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No. 1, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

18. Waterboom Banua Anyar

Waterboom Banua Anyar

Image Credit: Google Maps (Faesal Marcin)

Waterboom Banua Anyar termasuk wisata air terjangkau dan rekomended loh. Walaupun mematok harga terjangkau tetap memiliki banyak wahana, misalnya water slide dengan lintasan spiral yang cukup tinggi, race slide, sampai kolam arus atau lazy river. Dijamin wisata Anda bersama keluarga seru sepanjang hari karena bebas memilih wahana kesukaan, sementara letaknya di Jalan Banua Anyar, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jangan lupa sediakan minuman dan camilan anak-anak karena mereka pasti lapar usai mencoba berbagai permainan air, dengan begitu mereka tak akan rewel atau meminta pulang.

BACA JUGA:  5 Rumah Adat Khas Kalimantan Selatan

Lokasi: Jl. Banua Anyar RT.1, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

19. Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin

Image Credit: Ksmtour.com

Air Terjun Bajuin memiliki panorama keindahan air terjun berupa pegunungan yang eksotik dengan udara yang sejuk. Hal tersebut karena terdapat pepohonan yang rindang dan terdapat 3 air terjun yang ketinggiannya berbeda, hal tersebut terjadi lantaran tempatnya masih asri dan alami.

Selain itu ada banyak burung dan tanaman anggrek hutan loh, terutama bunga bangkai. Bahkan kawasan air terjun tersebut dijadikan tempat climbing, hikking dan trekking yang seru dan menjadi kenangan indah tak terlupakan. Pastikan nyali Anda tinggi ya sehingga tak takut mencoba berbagai wahana.

Lokasi: Desa Sungai Bakar, Kec. Pelaihari yang berjarak sekitar 10 km dari Ibu Kota Kab. Tanah Laut dan sekitar 75 km dari Banjarmasin.

20. Hutan Pinus Mentaos

Hutan Pinus Mentaos

Image Credit: Hargatiket.net

Objek wisata hutan pinus Mentaos menjadi incaran pengunjung di berbagai daerah karena instagramable. Pasalnya banyak aneka layang-layang berwarna-warni yang dibentuk sedemikian rupa diantara pepohonan pinus. Apalagi ada hammock yang disewakan untuk pengunjung dengan harga terjangkau, jangan salah loh rekreasi tersebut diresmikan bulan Mei 2017 menjadi paru-paru kota dan peneduh hati usai menempuh perjalanan jauh.

Tatkala mengunjungi hutan pinus Mentaos sebaiknya mengajak orang tercinta seperti pasangan suami atau istri, tunangan maupun kekasih. Dengan begitu dapat mengabadikan diri bersama melalui kumpulan foto maupun video. Dijamin liburan puas dan ingin berlibur bersama lagi.

Lokasi: Jl. Suriansyah Ujung, Kel. Mentaos, Kec. Banjarbaru Utara, Loktabat Utara, Kota Banjar Baru.

21. Arung Jeram Sungai Kambang

Arung Jeram Sungai Kambang

Image Credit: Klikkalsel.com

Anda pecinta adventure? Arung Jeram di sungai Kambang harus dicoba. Apalagi pemula mauun senior dapat melakukan arung jeram karena terdapat pemandu yang mengajari pengunjung yang memiliki nyali bermain arung jeram. Sepanjang jalur airan air, pengunjung akan menyaksikan pemandangan yang eksotik da alami. Lengkap dengan beberapa air terjun kecil sehingga menambah keeksotikan tempat. Dengan begitu arung jeram menjadi pengalaman tak terlupakan.

Lelah bermain arung jeram, pengunjung dapat menyantap kuliner duriannya yang terkenal. Jika Anda tak menyukai durian, tersedia aneka makanan lainnya, selain itu minuman yang disediakan beraneka ragam. Seperti minuman dingin dan minuman panas. Pasalnya usai bermain arung jeram pasti kedinginan sehingga membutuhkan minuman panas dan makanan hangat sehingga tubuh hangat.

Lokasi: Jl. P M Noor, Kec. Aranio, Banjarmasin.

22. Trans Studio Mini

Trans Studio Mini

Image Credit: Dakatour.com

Jangan salah loh, di Banjarmasin terdapat Trans Studio Mini yang viral sehingga tak perlu jauh-jauh ke daerah lain. Pastinya cocok dijadikan tempat liburan semua orang tanpa batasan usia karena menyediakan berbagai wahana menarik, diantaranya adalah Sky Rider, Mini Train, Paris Swing, Coaster, Bumber Car dan berbagai wahana lainnya.

Tentunya setiap wahana memiliki levelnya masing-masing. Diantaranya adalah level biasa saja, sedang dan ekstrim. Maka sesuaikanlah level dengan tekad dan nyali Anda sehingga tidak membuat histeris sampai trauma, jika Anda memaksakan kehendak mencoba level ekstrim namun nyalinya kecil. Sebaiknya tidak melakukan karena berbahya untuk keselamatan Anda.

Lokasi: Jl. A. Yani No. 98, Melayu, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Kota Banjarmasin memang memiliki beragam objek wisata terhits yang wajib dikunjungi, tak ayal pengunjung diberbagai daerah rela menempuh perjalanan jauh untuk berwisata. Bahkan wisata ke Banjarmasin memberikan Anda edukasi bermacam-macam sesuai tempat wisata yang dituju, untuk itulah ke 22 objek wisata diatas dapat dijadikan pilihan liburan Anda. Usahakan membuat jadwal saat liburan sehingga tidak ada kendala dalam perjalanan sampai objek wisata tujuan.