Kalimantan Selatan

19 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Terbaik di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Liburan atau pun Akhir Pekan.

Perlu dikteahui, Banjarbaru adalah kota di provinsi Kalimantan Selatan yang dahulu menjadi kota administratif hasil pemekaran kabupaten Banjar. Selain itu di tahun 1999 tanggal 20 April menurut UU No. 9 resmi berdiri terbagi 5 kecamatan dan 12 kelurahan. Bahkan kota Banjarbaru memiliki puluhan ribu objek wisata terhits yang harus dikunjungi.

Apalagi kota Banjarbaru sudah diperbaharui semakin luas di bidang pariwisatanya, tak ayal wisatawan lokal maupun asing mengunjungi Banjarbaru untuk liburan. Pengunjung dapat memilih wisata alam, sejarah, budaya sampai kulinernya yang lezat dan bikin nagih. Maka siapkanlah budget dan waktu yang tepat sehingga tidak mempengaruhi liburan Anda dan rombongan.

Biasanya, seseorang memilih luar negeri sebagai tempat wisata menarik dan instagramable. Namun Banjarbaru tak kalah menarik dan menyita perhatian wisatawan asing, dibanding ke luar negeri yang biayanya sangat banyak lebih baik ke Banjarbaru yang terjangkau. Berikut ada 19 tempat wisata di Banjarbaru terhits dan wajib dikunjungi, diantaranya adalah:

1. Embung Sidodadi

Embung Sidodadi

Image Credit: Kanalkalimantan.com

Kalimantan Selatan yang merupakan kawasan tangkapan air. Namun menjadi tempat wisata pilihan karena terdapat kegiatan memacing yang seru, apalagi ikannya banyak dan besarnya berbeda-beda. Hal tersebut lantaran pemerintah menebarkan benih ikan sekitar 12.000 dan 4000 jenis ikan berbeda. Diantaranya adalah ikan papayu, ikan lokal ikan kelabau dan jenis ikan lainnya.

Selain itu pengunjung dapat memasak atau membakar ikan di kantin yang disediakan, dijamin menjelajahi tempat wisata seru dan tak ingin pulang.siapkanlah perbekalan memadai sehingga semua kebutuhan Anda dan keluarga memadai selama berlibur.

Lokasi: Jl. Sidodadi 2 No.96, Loktabat Selatan, Kec. Banjar Baru Selatan, Kota Banjar Baru.

2. Taman Van Der Pijl

Taman Van Der Pijl

Image Credit: Satubantal.blogspot.com

Taman Van Der Pijl menjadi objek wisata populer karena memiliki pepohonan yang rimbun dan hijau, alhasil udaranya sangat sejuk sehingga cocok untuk bersantai maupun berjalan-jalan mengelilingi taman. Selain itu setiap harinya dintempat wisata tersebut disediakan berbagai warung lengkap dengan camlan anak-anak maupun orang dewasa.

Banyak arena bermain anak-anak yang seru dan harus dikunjungi. Latihlah anak-anak bermain wahana sekaligus melatih mereka untuk berani dan tidak minder melakukan permainan. Hal tersebut ampuh melatih kedewasaan anak-anak.

Lokasi: Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.

3. Agrowisata Kebun Durian

Agrowisata Kebun Durian

Image Credit: Instakalimantan.blogspot.com

Berkunjung ke Kota Banjarbaru tak lengkap jika tidak berkunjungke kebun durian. Umumnya, agrowisata ke kebun durian dikenal dengan sebutan Meek Farm. Jangan salah loh, selain menikmati durian Kota Banjarbaru, pengunjung diperbolehkan koh membeli bibit unggul pohon durian.

Menariknya lagi, terdapat Restoran dengan tema durian sehingga kegiatan agrowisata semakin seru. Selain itu suasananya juga sejuk tanpa polusi udara. Lengkap dengan rerumputan hijau yang menenangkan pikiran.

Lokasi: Jl. Guntung Manggis, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

4. Kampung Purun Palam

Kampung Purun Palam

Image Credit: Reportase9.com

Sejatinya kampung purun dalam menadi tempat wisata keluarga karena pemndangannya yang menawam. Bahkan menjadi potensi purun yang berlimpanh sehingga ladang pencaharian semakin luas, apalagi banyak punrun dengan berbagai jenis seperti tikar, tas, dompet, map dan beragam jenis lainnya.

Menariknya lagi disediakan edukasi bagi engunjung, yaitu membiarkan mereka menjelajahi kota menggunajan sepedayang telah di sediakan. Dijamin liburan samkm indah dan elsotik.

Lokasi: Jl. Palam, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

5. Mustika Dunia Fantasy

Mustika Dunia Fantasy

Image Credit: Wisata-pribadi.blogspot.com

Anda mengajak serta anak-anak untuk berlibur ke Banjarbaru? Mustika dunia fatasy adalah pilihan tepat. Anda dapat mencoba permainan anak-anak seperti seluncuram air, water boom bom-bom car dan wahana lainnya. Pilihlah wahana anak yang disukai mereka sehingga semangat menjalani permainan, jika anak-anak takut pada wahana tersebut sebaiknya tidak dilakukan karena memicu trauma pada anak. Bahkan membuat mereka takut pada permainan tersebut sekalipun sudah dewasa.

BACA JUGA:  Pantai Muara Kintap, Destinasi Favorit di Tanah Laut

Bahkan pengunjung dapat menaiki bianglala, kolam arus, kereta kusa, speed racing, cawan air dan wahana keren lainnya. tak ayal mustika dunia fantasy sering disebut dufan mininya Kota banjarbaru. Tak ayal tempat wisata tersebut dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara karena wahananya seru dan aman digunakan.

Lokasi: Kayu Bawang, Kec. Gambut, Kota Banjar Baru.

6. Danau Galuh Cempaka

Danau Galuh cempaka

Image Credit: Nopatheexplorer.blogspot.com

Danau Galuh Cempaka memiliki spot menarik, Dahulu merupakan bekas pertambangan intan, kini menjadi objek wisata populer karena terbentuknya unik. Ada sumber yang menyatakan bahwa danau tersebut terbentuk karena bekas galian tambang yang digenangi air sehingga bentuknya eksotik dan lain dari danau lainnya.

Bahkan danau tersebut dijadikan tempat syuting loh, pasalnya suasananya indah dan mengangumkan. Alhasil tempat wisata tersebut selalu ramai dikunjungi, terutama pada hari minggu yang selalu sesak dipadati wisatawan. Anda dapat menemuh perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, tentunya cocok untuk rombongan menggunakan bus.

Lokasi: Purnawirawan, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

7. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi

Image Credit: Fatimahaqila.com

warna pelangi memang indah dan membuat yang melihtanya terpikat, siapa sangka di Banjarbaru terdapat beragam tempat wisata unik. Misalnya adalah kampung pelangi karena memiliki nuansa warna-warni di kawasan kampung tersebut, apalagi banyak spot foto menarik seperti ayunan warna-warni, latar belakang pemandangan alam yang warna-warni sehingga memanjakan pengunjung selama menjelajahi kampung pelangi.

Uniknya lagi kampung tersebut buka 24 jam sehingga pengunjung yang datang dari luar kota dapat menginap di penginapan yang disediakan.

Lokasi: Jl. Kemuning Ujung/Delima Ujung, RT.03/RW.01, Loktabat Selatan, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru.

8. Amanah Borneo Park

Amanah Borneo Park

Image Credit: Pojokjalan.com

Sejatinya, tempat wisata Amanah Borneo Park di luncurkan oleh pemerintah Banjarbaru sehingga menyediakan berbagai wahana yang lengkap dan memadai. Pastinya tepat dijadikan liburan keluarga maupun bersama rekan kerja, sementara fasilitas yang tersedia adalah Rabbit Park, Spot foto, Wisata petik buah, wisata air, wahana sepeda udara, wahana taman lalu lintas, Flying Fox dan berbagai wahana menantang lainnya.

Dijamin pengunjung betah berwisata seharian penuh karena dapat mencoba berbagai permainan bersama orang tercinta. Usahakan merencanakan waktu liburan bersama keluarga dengan tepat, misalnya saja saat hari yang tidak penuh sehingga anak-anak nyaman selama liburan lantaran objek wisata tak terlalu ramai. Pasalnya hal tersebut dapat menghambat mencoba wahana karena antrian yang panjang.

Lokasi: Jl. Taruna Bhakti, RT.12 RW.04, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

9. Danau Caramin

Danau Caramin

Image Credit: Google Maps (iqbal disdikbalangan)

Danau Caramin berada di kawasan Gunung Mangis yang memiliki keindahan tiada tara, yaitu panorama danau berwarna biru yang eksotik. Sepanjang danau, pengunjung dimanjakan mata karena udaranya yang sejuk dan kebersihannya terjaga. Bahkan disediakan wahana mengelilingi danau menggunakan perahu mesin yang sudah disediakan, tak ayal objek wisata tersebut terhits dan dikunjungi wisatawan lokal maupun asing.

Siapa sangka danau tersebut sering loh dijadikan untuk acara tertentu, misalnya untuk melamar kekasih, acara pertungangan dan lain-lain karena pemandangannya yang eksotik.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Pantai Teluk Tamiang di Kotabaru

Lokasi: Jl. Guntung Manggis, Landasan Ulin Timur, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

10. Lapangan Murjani

Lapangan Murjani

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Berlibur ke Banjarbaru tak lengkap jika tak mencoba wisata kulinernya, Pengunjung dapat menikmati kuliner khas kaki lima sampai kafe, semuanya tersedia di lapangan tersebut. Jangan salah loh, walaupun warung kaki lima tetapi menyuguhkan kuliner yang lezat dan bercita rasa sehingga tidak mengecewakan pengunjung.

Tak heran tempat tersebut dijadikan tempat bersantai sekaligus melepas lelah selama menjelajahi objek wisata, bahkan banyak pengunjung terlebih dahulu mampir ke lapangan Murdjani sebelum ke objek wisata. Selain itu pemandangan lampu remang-remang lengkap menemani hari lelah tergantikan dengan semangat dan cAnda tawa. Jangan lupa membeli makanan di lapangan tersebut untuk bekal di perjalanan sehingga Anda dan keluarga tidak kelaparan saat di perjalanan, pastinya makanannya tahan lama karena dimasak secara sempurna sehingga tidak mudah basi.

Lokasi: Jl. Comet Raya, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.

11. Aquatica Waterpark

Aquatica Waterpark

Image Credit: Twitter.com @ComeToBJB

Tempat wisata tersebut termasuk kolam renang populer karena fasilitasnya sangat banyak dan seru. Alhasil menjadi tempat wisata bersama keluarga yang menyenangkan, apalagi terdapat 3 perosotan unik dimana warnanya berbeda dengan lebar yang berbeda. Dijamin Anda dan anak-anak menikmati liburan sepanjang hari.

Perlu diketahui, objek wisata Aquatica Waterpark menjadi objek wisata paling dinanti. Alhasil walaupun termasuk wisata baru sudah menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Jika ingin berkunjung ke Aquatica Waterpark harus memilih jadwal tepat sehingga liburan sempurna dapat mencoba wahan yang disediakan, apalagi wahananya sangat seru dan sulit untuk berhenti. Sediakanlah tabungan yang memadai sehingga pembelian tiket tidak terkendala, pasalnya mencoba permainan termasuk kegiatan melatih anak untuk berani dan tertantang loh.

Lokasi: Jl. Trikora Komplek Griya Pesona Bhayangkara, Guntung Manggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

12. Bukit Batas, Aranio

Bukit Batas, Aranio

Image Credit: Zianarmie.blogspot.com

Banjarbaru dengan tinggi sekitar 200 kaki. Bahkan bukit tersebut memiliki panorama yang indah dan mengagumkan, apalagi jika pengunjung berada di atas bukit. Dijamin dapat melihat megahnya waduk riam yang memiliki hamparan air yang indah.

Selain itu bukit tersebut dikelilingi hutan hijau yang rindang, tak ayal suasananya semakin eksotik dan memanjakan pengunjung. Semilir angin membuat pikiran rileks dan jauh dari hiruk pikuk kota yang banyak polusi udara.

Lokasi: Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kab. Banjar

13. Rumah Pohon

Rumah Pohon

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Bukan rahasia lagi rumah pohon menjadi destinasi wisata paling dicari kaula muda karena tempatnya unik dan romantis. Anda dapat menikmati rumah pohon di Desa Beruntung Jaya, Selain itu akses menuju rumah pohon sangat mudah dan dapat dijangkau dari berbagai arah, sepanjang jalan pengunjung akan melihat padang ilalang beserta kebun karet. Tak ayal walaupun keberadaan rumah pohon berada di tengah hutan, tetap diburu banyak wisatawan.

Pastinya spot fotonya menarik dan sejuk karena banyak aktifitas outbond yang seru untuk dicoba. Usahakan mencoba semua aktifitas outbond sehingga banyak moment yang diabadikan, dengan begitu dapat dijadikan kenang-kenangan.

Lokasi: Beruntung Jaya, RT 34 RT 11, Sei Tiung, Kec. Cempaka, Kota Banjarbaru.

14. Djari-djari Banjarbaru

Djari-djari Banjarbaru

Image Credit: Facebook.com @djaridjarikuripan

Loktabat Utara yang pas untuk memanjakan diri dan rombongan selama liburan ke Banjarbaru. Apalagi terdapat tempat pemijatan sehingga pegal-pegal Anda hilang, namun pemijat sesuai jenis kelamin ya. Dengan begitu pengunjung tak akan risih dilakukan pemijatan yang sangat merielkkan pikiran.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan yang Paling Hits

Lokasi: Jl. Panglima Batur Timur, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.

15. Kampung Pejabat

Kampung Pejabat

Image Credit: Visit.co.id

kota Banjarbaru yang memiliki pemandangan unik. Sejatinya, dinamakan kampung pejabat adalah singkatan dari kampung pembuat jamu dan obat. Pengunjung akan menemukan berbagai tanaman obat dalam pot yang berjejer di halaman rumah warga, selain itu warganya ramah tamah sehingga pengunjung mendapatkan edukasi mengenai tanaman obat. Dengan begitu pengunjung mengetahui berbagai tanaman obat untuk segala penyakit.

Jangan salah loh, di kampung pejabat terdapat lukisan warna-warni cari dari rumah warga, hal tersebut membuat kampung pejabat semakin unik dan menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi: Loktabat Selatan, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru.

16. Danau Kota Citra

Danau Kota Citra

Image Credit: Banjarbaruklik.com

Danau Kota Citra termasuk objek wisata terhits karena memiliki daya tarik tersendiri dibanding danau lainnya, pengunjung dapat menaiki perahu bebek bersama keluarga maupun sanak saudara, memancing, bermain outbond, makam bersama, bermain air sampai karoke. Tentunya pengunjung akan seharian di danau karena semua aktifitas seru dan membuat kebersamaan semakin kental.

Lokasi: Jl. A. Yani Km.17,5, Guntung Payung, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

17. Q-Mall Banjarbaru

Q-Mall Banjarbaru

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Jangan salah loh, belanja menjadi waktu penting berlibur ke Banjarbaru, untuk itulah Q – Mall Banjarbaru menjadi pilihan tepat untuk belanja maupun membelikan oleh-oleh untuk keluarga. Pastinya pengunjung dapat membeli apapun yang diinginkan, misalnya pakaian,make up, makanan dan aneka kebutuhan rumah tangga lainnya.

Anda dapat memilihnya sesuai selera dari yang terjangkau, sedang hingga mahal. Tentunya disesuaikan dengan budget sehingga tidak memberatkan anda. Pilihan pembayarannya pun mudah, dapat secara tunai maupun kartu debet dan kartu kredit.

Lokasi: Jl. A. Yani, Komet, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.

18. Wisata Rumah Sangkut

Wisata Rumah Sangkut

Image Credit: Pegipegi.com

Objek wisata rumah sangkut terbilang unik dan membuat penasaran masyarakat di berbagai daerah, pasalnya sebuah rumah tampak nyangkut atau terikat di atas bukit yang telah di atas bukit yang telah di ekspoitasi. Apalagi kondisi rumahnya sebatang kara dengan warna tanah yang tampak kontras, hal tersebut membuatnya unik dan menarik wisatawan diberbagai daerah.

Menariknya lagi, rumah sangkut tersebut dijadikan spot foto andalan yang instagramable loh. Pasalnya hasil foto akan unik dan tak pernah Anda dapatkan di foro sebelumnya, sementara letaknya di Jalan Gunung Kupang Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Anda dapat berkunjung ke objek wisata tersebut kapan pun karena setiap hari dibuka, apalagi saat hari sabtu atau minggu, dipastikan tempatnya penuh dan banyak aktifitas aoutbond menarik yang wajib di coba.

Lokasi: Jl. Gunung Kupang, Cempaka, Kec. Cempaka, Kota Banjarbaru.

19. Bukit Lentera

Bukit Lentera

Image Credit: Mumun-maimunah.blogspot.com

Anda ingin melihat suasana kota Banjarbaru secara unik, Bukit Lentera adalah pilihan tepat menyaksikan pemandangan kota Banjarbaru. Apalagi pemandangan Bukit Lentera sangat indah dan menawan, dijamin liburan sangat berkesan sehingga tak ingin cepat pulang. Jika Anda melihat Kota Banjarbaru saat siang hari melalui Bukit, akan terlihat pemandangan kota yang penuh warna. Semuanya layaknya miniatur berwarna karena di lihat dari ketinggian.

Namun menyaksikan Kota Banjarbaru dari bukit paling diminati pengunjung loh, pasalnya suasana lampu malam hari sangat menawan sehingga tampilannya sangat eksotik dan instagrambale. Jangan lupa mengajak pasangan saat berkunjung karena tempat tersebut sangat romantis, tak ayal menjadi wisata andalannya kota Banjarbaru.

Lokasi: Jl. Mistar Cokrokusumo, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.

Kota Banjarbaru memang memiliki objek wisata yang menawan karena tempatnya luas dan mudah dijangkau kendaraan dari berbagai daerah, untuk itulah ke 19 objek wisata di Banjarbaru yang dikemukakan di atas dapat dijadikan pilihan berlibur bersama keluarga. Dijamin liburan sangat berkesan dan menjadi pengalaman indah tak terlupakan, manfaatkanlah liburanmu bersama orang tercinta sehingga menjadi penyemangat saat kembali pada rutinitas bekerja.