Kalimantan Selatan

12 Tempat Wisata di Banjar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Banjar, Kalimantan Selatan. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits yang Kaya Pesona, Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Banjar.

Kalimantan selatan memang tak pernah habis menyajikan berbagai pesona alam yang mampu menghipnotis mata. Berbagai wisata alam dengan suasana menyejukan bisa Anda temukan di provinsi yang satu ini.

Salah satu wilayah yang bisa Anda kunjungi untuk mengeksplorasi keindahan provinsi Kalimantan selatan adalah kabupaten Banjar. Di kabupaten Banjar, Anda bisa menemukan berbagai tempat wisata indah alami.

Tak hanya wisata alam, beberapa tempat wisata di Banjar juga sangat instagramable, Anda bisa mengambil berbagai foto dengan latar tempat yang cantik. Penasaran tempat wisata apa saja yang bisa Anda kunjungi selama berada di Banjar, Kalimantan Selatan? Berikut daftarnya.

1. Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan

Image Credit: Disbudpar.banjarkab.go.id

Jika Anda sedang gemar berbagi foto di media sosial maka waduk riam kanan merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi. Tak hanya indah, waduk riam kanan juga merupakan salah satu cagar alam di Kalimantan selatan. Berbagai spot cantik bisa Anda gunakan sebagai area berfoto.

Wisata di riam kanan sangatlah nyaman dan warga sekitar bahkan sangat ramah. Keunggulan lain dari waduk ini adalah akses nya yang mudah ditempuh sehingga Anda tak perlu kehabisan tenaga sebelum sampai di tempat tujuan.

Lokasi: Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kab. Banjar.

2. Alun – Alun Ratu Zalecha

Alun – Alun Ratu Zalecha

Image Credit: News.odiesign.com

Alun-alun ini berada di kabupaten Banjar lebih tepatnya berada di kawasan Martapura. Alun-alun ratu zalecha merupakan salah satu tempat yang paling disenangi warga sekitar untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Di alun-alun ini, Anda dan keluarga dapat bersantai sembari menikmati suasana sekitar alun-alun yang cukup ramai. Anda juga bisa menikmati beberapa jajanan yang dijajakan di sekitar alun-alun.

Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang sedang malas melakukan banyak aktivitas fisik. Cukup duduk santai menikmati suasana sembari mengamati interaksi orang sekitar, Anda sudah bisa melepaskan lelah Anda tanpa harus menempuh perjalanan sulit untuk sampai ke suatu destinasi wisata.

BACA JUGA:  11 Rumah Adat Suku Banjar

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Keraton, Kec. Martapura, Kab. Banjar.

3. Hutan Kota Pinus Mentaos I

Hutan Kota Pinus Mentaos I

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Meskipun nama destinasi wisata di Banjar yang satu ini adalah hutan pinus namun Anda jangan buru-buru menyimpulkan bahwa wisata ini hanya berisi pohon pinus.

Pohon pinus ini berbeda dengan pohon pinus lainnya. Loh, ko bisa? Tentu saja bisa karena wisata pohon pinus yang satu ini memiliki lokasi spot foto yang sangat instagramable. Berbagai payung warna warni digantung dengan rapi di antara pohon pinus.

Anda cukup berpose di bawah payung-payung tersebut lalu pilih foto paling menarik kemudian unggah di media sosial Anda, alhasil foto instagramable tersebut sudah bisa terpampang di berbagai media sosial yang Anda gunakan. Saat menjelang malam, keindahan pohon kota pinus semakin bertambah, terutama ketika bintang gemintang mulai muncul dan menghiasi langit malam di tempat wisata yang satu ini.

Lokasi: Jl. Suriansyah Ujung, Mentaos, Kec. Banjarbaru Utara, Kab. Banjar.

4. Bangku Kasmaran Lamunan

Bangku Kasmaran Lamunan

Image Credit: Pariwisataku.com

Salah satu tempat wisata terhits yang sering dikunjungi kawula muda di Banjar adalah bangku kasmaran lamunan. Disini, Anda bisa menikmati berbagai area dengan pemAndangan cantik dan indah tak hanya itu, Anda juga bisa berfoto di berbagai spot yang ada di kawasan bangku kasmaran lamunan.

Saking populernya tempat wisata yang satu ini, banyak orang rela mengantri untuk dapat masuk lo, sebaiknya Anda jangan mengunjungi tempat wisata ini saat hari libur.

Lokasi: Bukit Batubini, Kandangan, Kec. Martapura, Kab. Banjar.

5. Bukit Patrabulu

Bukit Patrabulu

Image Credit: Kampungmargasari.blogspot.com

Tempat wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah bukit patra bulu. Tempat yang satu ini sangat pas untuk Anda yang akan pergi bersama pasangan. Suasana romantis dan pemAndangan yang indah cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu diluar bersama kekasih tercinta.

Disini, Anda bisa melihat pemAndangan dari atas bukit yang memukau. Berkunjung ke bukit patra buku dijamin tidak akan membuat Anda menyesal.

Lokasi: Awang Bangkal Barat, Kec. Karang Intan, Kab. Banja.

BACA JUGA:  Kebun Raya Banua Banjarbaru, Wisata Seru Melihat Ribuan Koleksi Tanaman Langka

6. Hutan Raya Sultan Adam mandiangin

Hutan Raya Sultan Adam mandiangin

Image Credit: Bappelitbang.banjarkab.go.id

Bosan menghabiskan waktu di mall atau bioskop dengan suasana yang begitu saja? Itu tAndanya Anda memerlukan tempat baru untuk menghabiskan waktu. Anda bisa berkunjung ke hutan raya sultan adam mandiangin yang berada di kawasan Banjar, Kalimantan selatan.

Suasana tenang dan udara segar bisa Anda dapatkan selama menyusuri hutan. Harga tiket masuk hutan raya sultan adam mandiangin ini hanya Rp. 5000 saja. Jika Anda pergi bersama teman, Anda bisa mengajak mereka untuk berkemah tanpa ribet karena wisata yang satu ini menyediakan perlengkapan perkemahan jadi Anda tak perlu repot membawanya dari rumah. lokasinya wisata yang satu ini berada di daerah Mandiangin Barat, Karang Intan, Cempaka, Banjar.

Lokasi: Mandi Angin Barat, Kec. Karang Intan, Kab. Banjar.

7. Bukit Batas

Bukit Batas

Image Credit: Zianarmie.blogspot.com

Bagi Anda yang senang melihat dan menikmati suasana alam, berkunjung ke Banjar memang menjadi pilihan yang sangat tepat. Salah satu cara menikmati keindahan yang ada di wilayah Banjar adalah dengan mengunjungi bukit batas.

Tak hanya menikmati alam lewat dari atas bukit, Anda juga bisa melihat keindahan dari waduk riam kanan. Artinya, Anda bisa melakukan perjalanan ke dua tempat wisata sekaligus. Wah, menarik sekali bukan?

Di bukit batas, Anda juga bisa berkemah dan menikmati suasana malam dengan pemAndangan bintang gemintang yang cantik. Untuk menambah suasana menjadi semakin asik, Anda bisa membawa gitar dan bernyanyi bersama teman-teman.

Bagi Anda yang berniat berkunjung ke Bukit Batas, lokasi nya berada di Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio, Banjar. Anda juga hanya perlu membayar tiket masuk sebesar rp 5.000/ orang.

Lokasi: Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kab. Banjar.

8. Masjid Agung Al Karomah

Masjid Agung Al Karomah

Image Credit: Genpi.co

Bagi Anda yang senang melakukan wisata religi, Anda bisa mengunjungi masjid agung al karomah. Disini, Anda bisa melihat gaya arsitektur masjid yang di desain dengan apik selain itu, Anda juga bisa melakukan ibadah di masjid agung al karomah.

BACA JUGA:  Uniknya Belanja di Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin

Lokasi: Jl. A. Yani No.km, Pesayangan, Kec. Martapura, Kab. Banjar.

9. Bukit Agriboster

Bukit Agriboster

Image Credit: Banjarbaruklik.com

Wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat berada di Banjar adalah bukit agriboster. Bukit yang satu ini akan memancarkan keindahan terutama pada saat sore hari. Saat senja, bukit ini begitu indah dan sangat bagus untuk dijadikan spot foto. Bagi Anda yang ingin mengoleksi foto dengan latar tema yang apik, Anda bisa langsung mengunjungi bukit agriboster.

Lokasinya berada di

Lokasi: Jl. Mistar Cokrokusumo, Kec. Cempaka, Kota Banjarbaru.

10. Pasar Intan Martapura

Pasar Intan Martapura

Image Credit: Steemit.com

Bagi Anda pecinta perhiasan intan, Anda bisa mengunjungi pasar intan di Martapura. Anda bisa menemukan berbagai perhiasan cantik dengan berbagai kualitas yang bisa Anda temukan di pasar intan. Tempat yang satu ini dapat menjadi tempat untuk membeli berbagai perhiasan indah nan cantik untuk untuk menambah koleksi perhiasan Anda di rumah. Tak hanya perhiasan untuk perempuan, bagi Anda yang lelaki juga dapat membeli beberapa perhiasan yang didesain khusus untuk kaum adam. Harga perhiasan intan ini bisa Anda beli mulai dari harga RP 20.000. perhiasan intan juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga dan teman terdekat Anda.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani Km 27 No 1A, Landasan Ulin Timur, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

11. Mustika Dunia Fantasi

Mustika Dunia Fantasi

Image Credit: Wisata-pribadi.blogspot.com

Jika Anda kebetulan berwisata dengan anak-anak, Anda bisa mengunjungi wisata air seperti mustika dunia fantasi. Wisata air tentu sangat digemari oleh anak-anak dan sangat cocok menjadi tempat wisata bagi keluarga. Anda bisa mengajari anak berenang atau hanya sekedar main air dan bermain wahana yang disediakan.

Lokasi: Jl. Gubernur Subarjo, LAndasan Ulin Barat, Kec. Liang Anggang, Banjarbaru.

12. Agro Wisata Kebun Durian

Agro Wisata Kebun Durian

Image Credit: Instakalimantan.blogspot.com

Wisata yang satu ini berada tak jauh dari kabupaten Banjar. Wisata kebun durian sangat cocok bagi Anda yang merupakan penggemar raja buah tersebut. Disini, Anda bisa melihat berbagai jenis buah durian serta dapat pula membelinya untuk oleh-oleh.

Lokasi: Jl. Guntung Manggis, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

Itulah 12 rekomendasi tempat wisata di Banjar terbaru dan terhits yang wajib Anda kunjungi, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda.