Kalimantan Timur

21 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Balikpapan, Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan atau Akhir Pekan.

Balikpapan berada di Provinsi Kalimantan Timur, memiliki berbagai wisata alam yang memesona dan juga menakjubkan. Tidak hanya wisata alam saja, namun berbagai wahana modern juga turut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Awalnya, Balikpapan berasal dari kampung nelayan yang ada di pinggir pantai. Kemudian setelah adanya pengeboran sumur minyak di wilayah ini, kampung nelayan resmi menjadi kota yang sekarang kita kenal dengan nama Balikpapan ini.

Seiring perjalanan waktu, kota Balikpapan terus berkembang menjadi multi etnis yang memiliki adat dan kebiasaan yang beragam. Tidak hanya penduduk pribumi saja, namun juga berbagai penduduk pendatang turut merasakan keindah dan nikmatnya kota ini.

Kota Balikpapan berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara, Selat Makassar dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Secara geografis, lokasi ini memiliki wilayah perbukitan dan daratan yang bisa dihuni hanya sekitar 12% saja dari sebagian air dan sungai yang ada diwilayah ini. Dengan adanya fenomena ini membuat Kota Balikpapan makin eksotis. Adapun tempat wisata di Balikpapan yang bisa Anda kunjungi antara lain:

1. Pantai Melawai

Pantai Melawai

Image Credit: Getborneo.com

Pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Beberapa batu karang yang kemudian menumpuk menjadi sebuah daratan yang mirip pulau kecil menambah keindahan alam ciptaan Tuhan ini. Suasana alam yang masih sangat alami ini dapat mengundang gelak tawa sekaligus rasa haru bagi para pengunjung. Pasalnya, berbagai tumbuhan dan udara sejuk yang ada di sekitar pantai sangat indah dan memesona.

Pantai ini juga memiliki berbagai makanan khas daerah setempat yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

2. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Image Credit: Pegipegi.com

Apabila dilihat dari penataan dan penambahan wahana wisata, pantai ini jauh lebih modern dibanding pantai Melawai. Anda dapat berfoto atau merekam beberapa video saat bermain dan mengabadikan moment bersama orang tercinta. Berbagai fasilitas umum tersebut bisa Anda gunakan secara gratis dan bebas. Hanya saja, jika banyak orang yang antri dan ingin menggunakan maka harus bergantian dan tidak menggunakan terlalu lama.

Datanglah bersama keluarga dan sahabat tercinta untuk menikmati pantai Lamaru ini. Tentunya Anda akan sangat bahagia.

Lokasi: Jl. Mulawarman, Lamaru, Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

3. Pantai Kemala

Pantai Kemala

Image Credit: Langitkaltim.com

Dipenuhi dengan pasir putih yang indah, Anda sekaligus bisa menaiki kapal mesin yang bisa disewa selama beberapa putaran. Biasanya, ada beberapa orang yang akan menyewakan kapal yang sekaligus dengan sopirnya.

Jangan lupa untuk terus menjaga keramahan alam seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak fasilitas umum.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

4. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Image Credit: Rajatransit.com

Pasir putih dan ombak yang tenang menjadi ciri khas pantai ini. Destinasi wisata ini cocok untuk berkumpul bersama keluarga, suasana yang hangat dan tenang turut memeriahkan kebersamaan.

Lokasi: Jl. Pantai Manggar Segarasari Manggar, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur., Kota Balikpapan.

5. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra

Image Credit: Visitkaltim.id

Keindahan pasir putih disertai dengan ombak yang lembut membuat pantai ini sangat asik untuk dikunjungi. Berbagai wahana modern juga turut mendukung keberadaan pantai ini yang sangat disukai oleh banyak pengunjung. Anda bisa duduk di beberapa spot yang sudah disediakan.

BACA JUGA:  Taman Borneo, Wisata Alam Andalan Kota Samarinda

Pantai ini juga menawarkan berbagai hidangan laut yang masih segar dan lezat. Tidak hanya kuliner ikan saja yang ada di lokasi ini namun berbagai makanan pendukung lainnya juga ada di sini.

Lokasi: Jl. Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

6. Monpera

Monpera

Image Credit: Portalbalikpapan.com

Monumen ini mengingatkan kita pada jasa para pahlawan yang sudah berkorban untuk kepentingan umum.

Berkunjung ke lokasi bersejarah ini akan lebih bagus ketika matahari terbenam, karena latar orange pada saat matahari terbenam dapat menambah keindahan alam ini dengan cukup baik. Gambar yang dihasilkan pada sore hari akan nampak lebih indah dan eksotis.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.1, RW.RT.11, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

7. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan

Image Credit: Jalanwisata.id

Pantai ini menjadi salah satu yang paling terkenal di Balikpapan. Pasalnya, kota indah yang memiliki banyak pantai ini juga menawarkan hidangan ikan yang sangat beragam. Berbagai masakan ikan dengan bumbu yang berbeda akan membuat lidah terus bergoyang.

Lokasi: Jl. Sepinggan Raya 1, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

8. Caribbean Island Waterpark

Caribbean Island Waterpark

Image Credit: Hargatiket.net

Berbagai wahana air yang ditawarkan di lokasi ini antara lain spillet bucket, carribean castel, peluncuran balap, dan berbagai jenis perosotan. Tidak hanya itu saja, kolam renang untuk balita juga ada, kolam renang anak, kolam renang dewasa, dan berbagai permainan bola air turut menyemarakkan wahana ini.

Lokasi: Jl. Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II), Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

9. Aquaboom BSB

Aquaboom BSB

Image Credit: Balikpapan.legrandeurhotels.com

Apabila hendak ke sana jangan lupa membawa pakaian ganti agar tidak kedinginan. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menawarkan berbagai permainan air yang mengejutkan seperti bom.

Berbagai wahana air seperti kolam renang, peluncur air dan permainan air lainnya sangat lengkap di sini. Ajak saudara dan teman untuk bermain bersama, sebab wahana yang sangat banyak ini akan lebih seru jika dimainkan bersama.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No. 47, Balikpapan Superblok Complex, Nicopolis South Tower Astara Lt. 7, Gn. Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

10. Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo

Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo

Image Credit: Travelblog.id

Jika berkunjung ke sini jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah ke tempat yang sudah disediakan.

Di hutan ini Anda bisa menyaksikan beberapa bekantan yang tengah asik bergerombol dalam komunitas. Bekantan memiliki tubuh yang mirip sekali dengan monyet, hanya saja hidung dan wajahnya agak merah. Hewan ini juga memiliki hidung mancung dan panjang sehingga sangat mudah untuk dikenali. Berbagai jenis monyet lain juga ada di dalam hutan.

Lokasi: Jl. AMD Gg. 4 No.RT 42, Margo Mulyo, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

11. Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain

Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain

Image Credit: Bombasticborneo.com

Hutan ini memiliki luas sekitar 10.025 Ha yang terdiri dari rawa, perbukitan, dan sungai. Anda tidak harus berkeliling seluas hutan ini, cukup mengikuti jalan yang sudah ditata dengan rapi dan menarik sehingga Anda dapat meilhat dan menikmati hutan tanpa takut hilang. Berbagai hewan liar di sana juga tidak akan menyerang karena sudah ada pembatas dan sekat sehingga hewan tidak akan bisa menyerang dengan bebas.

BACA JUGA:  10 Taman di Samarinda yang Cocok untuk Refreshing

Pengunjung dapat menikmati berbagai rawa dan sungai yang terus mengalir. Banyak sekali hewan yang hidup disana agar tetap bisa bebas hidup di alam liar.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

12. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip

Image Credit: Travelingyuk.com

Reptil raksasa yang dapat memangsa manusia ini dipelihara bebas di sini. Berbagai jenis buaya yang dipelihara di sini antara lain buaya air tawar, buaya muara, dan buaya supit. Berbagai jenis buaya tersebut dirawat dan dipelihara sesuai dengan habitatnya. Agar lebih mirip seperti rumahnya, penangkaran buaya ini dibangun dengan konsep alam bebas meski sebenarnya mirip seperti penjara.

Selain dijadikan sebagai penangkaran, hewan reptil ini nantinya akan dimanfaatkan kulitnya untuk dijadikan bahan utama pembuatan tas dan dompet. Saat ke lokasi, pengunjung dapat memberi makan pada buaya secara bebas jika ditemani oleh pemandu. Ingat, buaya itu ganas ya jadi harus selalu waspada saat memberi makan.

Lokasi: Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

13. Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari

Image Credit: Indodandun.blogspot.com

Silakan datang kapan saja karena pada dasarnya wilayah ini adalah kampung yang dijadikan tempat wisata. Jadi, Anda bisa datang pagi, siang, sore bahkan malam hari sambil menikmati kuliner setempat.

Kampung atas air ini dibangun dengan konsep merakyat. Tidak heran jika berbagai kuliner dan wahana yang ditawarkan sangat ramah dikantong. Anda juga dapat menyapa dan berkomunikasi dengan penduduk setempat yang ramah dan hangat. Berlibur ke sana dapat melepas stress dan penat karena suasana yang ditawarkan sangat sejuk dan asri.

Lokasi: Jl. Sepaku, Margasari, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

14. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru

Image Credit: Kaltim.idntimes.com

Meski danau ini hanyalah danau buatan namun keindahan dan keelokannya sebanding dengan danau alami yang sudah kita tahu. Semula, danau ini hanya sebuah kerukan tanah saja. Kemudian seiring perjalanan waktu, danau ini menjadi indah dan terbentuk sendiri oleh alam.Tanpa sengaja danau ini bisa menjadi cermin akibat pantulan cahaya yang ada di sekitarnya sehingga tempat ini dinamakan danau cermin.

Danau ini sangat jauh dari kota sehingga udara dan panorama yang ditawarkan masih sangat asri dan indah. Bagi Anda yang sering mengalami sesak napas akan lebih sehat jika sering piknik ke lokasi yang sejuk semacam ini.

Lokasi: Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

15. Waduk Manggar

Waduk Manggar

Image Credit: Cendananews.com

Udara yang sejuk yang langsung terhubung dengan alam dapat menghilangkan stress dan penat. Di sekitar waduk terdapat berbagai pohon dan tanaman alam yang tersusun secara indah. Sesuai dengan cerita mistis lainnya, waduk ini juga menyimpan sejuta rahasia yang bisa dijadikan referensi alam. Banyak orang yang penasaran dengan cerita tersebut sehingga mereka datang untuk berkunjung.

Pada sore hari, Anda dapat melihat matahari terbenam yang sangat indah. Angin yang bertiup pada sore hari juga turut membuat waduk ini makin terlihat eksotis. Lokasi ini terletak di Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Datanglah berkunjung bersama orang tercinta untuk menikmati keindahan alam yang ramah ini.

BACA JUGA:  Batu Dinding Samboja, Wisata Alam Mirip Tembok Cina

Lokasi: Manggar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

16. Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan

Image Credit: Kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

Pemerintah Balikpapan sengaja membuat kebun raya ini sebagai salah satu objek wisata agar masyarakat bisa menikmati dan rehat sejenak bersama keluarga. Wisata bersama keluarga akan menambah keharmonisan sehingga tercipta masyarakat yang rukun dan damai.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

17. Taman Bekapai

Taman Bekapai

Image Credit: Ksmtour.com

Ada jalan setapak yang bisa digunakan untuk refleksi. Di lokasi ini juga terdapat para penjual makanan dan minuman sehingga Anda tidak akan merasa kelaparan. Jika malam tiba, maka lampu hias yang ada disekitar taman akan terlihat makin indah.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

18. Mahavihara Buddha Manggala

Mahavihara Buddha Manggala

Image Credit: Adityaparamasetiaboedi.com

Bentuk arsitek di kuil ini mirip dengan yang ada di Thailand sehingga siapa saya yang berkunjung bisa menikmati suasana seperti di luar negri. Kuil dan patung bewarna emas, ada patung gajah dan beberapa patung buddha lainnya yang turut menambah suasana religius. Sesuai dengan namanya yakni mahavihara maka luas bangunan ini juga cukup fantastis.

Tidak hanya itu, di sekitar lokasi wisata juga terdapat beberapa homestay dan penjual makanan sehingga jika Anda hendak istirahat dan singgah sebentar bersama keluarga tidak perlu mencari cukup jauh. Berbagai makanan yang ditawarkan juga cukup bervariasi.

Lokasi: Jl. MT.Haryono RT 43 No. 153, Graha Indah Ring Road, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

19. Masjid Islamic Center

Masjid Islamic Center

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Masjid ini memiliki bangunan yang sangat indah dan megah sehingga sangat cocok untuk diabadikan pada sebuah foto dan video. Bangunan ini tidak hanya indah dan luas namun juga dipenuhi dengan berbagai fasilitas seperti perpustakaan dan toilet yang bersih.

Lokasi: Jl. Belibis, Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

20. Makam Jepang Lamaru

Makam Jepang Lamaru

Image Credit: Balikpapan.prokal.co

Makam ini menjadi bukti sejarah bahwa dulunya, wilayah ini pernah dijajah oleh Pemerintah Jepang. Hanya saja tempat wisata ini kurang terawat sehingga banyak kotoran dan sampah yang merusak pemandangan.

Lokasi: Jl. Mulawarman, Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

21. Dahor Heritage

Dahor Heritage

Image Credit: Idntimes.com

Sebuah bangunan tua yang dibangun pada masa Pemerintahan Belanda. Bangunan ini memiliki usia yang lebih dari 100 tahun. Usianya yang sudah cukup tua membuat bangunan ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, kualitas bahan untiuk membangun rumah ini juga masih asli dari Indonesia. Dari bangunan ini menunjukkan bahwa Nusantara memiliki alam yang sangat kaya dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Anda bisa menikmati bangunan ini sambil berfoto dan mengamati arsitek yang ada pada bangunan. Jika hendak ke sana sebaiknya jangan menggunakan mobil sebab tidak ada lahan luas yang bisa memarkir mobil dengan baik. Pengunjung biasanya menggunakan motor sebagai transportasi umum yang ada.

Lokasi: Jl. Dahor No.1, Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

Itulah 21 rekomendasi tempat wisata di Balikpapan terbaru & terhits untuk dikunjungi. Pastikan Anda memiliki waktu yang pas untuk bisa berwisata agar tidak mengganggu aktivitas harian. Agendakan berlibur ke Balikpapan jika Anda memiliki waktu yang cukup panjang. Kota ini memiliki nuansa alam dan panorama yang sangat sayang untuk dilewatkan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terimakasih.