Kalimantan Selatan

10 Tempat Wisata di Balangan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Balangan, Kalimantan Selatan. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Liburan.

Jika selama ini setiap mendengar nama Balangan mungkin yang Anda ingat adalah pantai Balangan yang ada di Bali. Kali ini, Anda akan mengetahui tempat lain yang tak kalah bagusnya dengan pantai Balangan.

Balangan merupakan sebuah kabupaten yang ada di provinsi kalimantan selatan. Menjadi kabupaten dari provinsi besar di indonesia, nama Balangan bisa dibilang kurang terdengar dan populer. Banyak orang terutama masyarakat luar provinsi kalimantan yang masih asing dengan kabupaten Balangan.

Namun, ternyata kabupaten di kalimantan ini menyimpan sebuah surga yang tersembunyi lo. Banyak destinasi alam nan cantik yang kurang terekspos di Balangan. Jika Anda ingin mencoba pengalaman baru, maka tak ada salahnya jika Anda mengunjungi kabupaten Balangan untuk menjajal menjelajahi berbagai tempat wisata di Balangan. Penasaran, destinasi apa saja yang bisa Anda kunjungi selama di Balangan? Berikut daftarnya.

1.  Gunung Hantanung

Gunung Hantanung

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Jika Anda pecinta alam dan gemar naik gunung, maka berkunjung ke Balangan merupakan pilihan yang sangat tepat. Selama Anda menjelajahi gunung hantanung, Anda akan menikmati keindahan alam yang tidak akan Anda temukan di perkotaan tempat Anda tinggal.

Gunung ini memiliki pesonanya sendiri, Anda tak hanya akan melihat berbagai pohon dan tanaman khas hutan dan gunung tetapi Anda akan menemukan sebuah sungai yang airnya begitu segar. Anda dapat melepas sepatu anda, lalu merendamkan kaki dan melepas lelah Anda selama di perjalanan.

Anda juga akan menemukan gua dengan stalagmit yang begitu indah dan cantik. Selama berada di gua tersebut, Anda bisa beristirahat sembari menikmati kesegaran alam dengan keindahan stalakmit yang ada di sekitar dinding-dinding gua.

Untuk menikmati segala keindahan tersebut tentu bukanlah usaha yang mudah, bahkan untuk melihat goa cantik dan mencapai puncak gunung, Anda harus berjalan cukup jauh dari titik awal pendakian. Anda harus menyusuri hutan, melewati semak bahkan mendaki bukit demi bukit untuk bisa sampai ke tempat paling menawan di gunung hantanung. Meskipun cukup melelahkan, Anda bisa menikmati segala pemandangan indah selama proses pendakian.

BACA JUGA:  Keunikan Rumah Bubungan Tinggi, Rumah Tradisional Suku Banjar

Lokasi: Gunung Batu, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Balangan.

2.  Air Terjun Manyandar

Air Terjun Manyandar

Image Credit: Wartawisata.id

Air terjun yang satu ini memiliki segala pesona meskipun memerlukan usaha dan tenaga namun semua terbayar ketika Anda menemukan keindahan demi keindahan alam yang tersembunyi di balik pepohonan hutan.

Usaha yang dikeluarkan untuk menyusuri hutan sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan ketika melihat sungai yang bersih, udara yang segar, indah serta tentu saja air terjun yang menawan. Lokasi dari air terjun ini berjarak 27 km dari kabupaten Balangan.

Lokasi: Uren, Kec. Halong, Kab. Balangan.

3.  Danau Baruh Bahinu

Danau Baruh Bahinu

Image Credit: Wikimapia.org

Tak hanya gunung, terdapat pula danau bernama danau biru yang juga sangat indah dipandang mata di Balangan karena merupakan wisata populer Balangan. Lokasi danau ini tak terlalu jauh dari kabupaten Balangan, hanya berjarak sekitar 10 km.

Di danau baruh bahinu, Anda bisa melepaskan penat dan rasa stress Anda akibat pekerjaan atau masalah lainnya. Danau baruh bahinu menawarkan keindahan yang tak ada habisnya. di sekitar danau baruh bahinu, Anda bisa melihat hamparan hutan yang hijau dan menyejukan. Jika Anda ingin menjajal untuk menyusuri danau tersebut, Anda bisa naik rakit yang disediakan. Pengalaman menyusuri danau ini akan menjadi pengalaman baru yang menarik dan tidak akan Anda lupakan selama berada di kabupaten Balangan.

Lokasi: Pudak, Kec. Paringin Selatan, Kab. Balangan.

4.  Goa Berangin

Goa Berangin

Image Credit: Fahrii-maulanaa.blogspot.com

Wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi di Balangan adalah goa berangin. Jika Anda kebetulan ingin mendaki gunung, Anda bisa melakukannya sekaligus sembari melihat goa berangin karena goa berangin berada di kaki gunung belawan.

Goa ini juga memiliki sebuah terowongan yang akan menghubungkan goa dengan dasar gunung. Di goa ini, Anda bisa melihat keindahan sekitar goa yang begitu cantik dan indah. Sebuah pemandangan yang takan mudah Anda temukan di tempat lain. gunung Goa Berangin dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Balangan.

Lokasi: Kaki Gunung Belawan, Malutu, Kec. Halong, Kab. Balangan.

BACA JUGA:  Belajar Sejarah ke Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru

5.  Benteng Tundakan

Benteng Tundakan

Image Credit: Sketsahss212.blogspot.com

Jika Anda senang dengan wisata sejarah, maka berkunjung ke Balangan adalah pilihan yang sangat tepat. Di kabupaten Balangan, Anda bisa melihat benteng tundakan yakni salah satu benteng bersejarah yang menjadi bukti perlawanan para pejuang melawan penjajah. Benteng tundakan bukanlah sebuah benteng besar, melainkan benteng dengan ukuran sedang. Meskipun benteng ini tak megah namun benteng tundakan menyimpan sejarah dari perjuangan pangeran Antasari saat melawan para penjajah dari Belanda.

goresan yang ada pada benteng tundakan menjadi saksi bisu dari para pejuang kemerdekaan indonesia. Tentu peninggalan ini hanya dapat Anda temukan di kabupaten, Balangan.

Siapa sangka bukan, sebuah kabupaten yang namanya jarang Anda dengar, ternyata memiliki peninggalan sejarah yang sangat berharga.

Lokasi: Tundakan, Kec. Awayan, Kab. Balangan.

6.  Makam Datuk Kandang Haji

Makam Datuk Kandang Haji

Image Credit: Koranbanjar.net

Bagi Anda yang ingin melakukan wisata religi, Anda bisa mengunjungi kabupaten Balangan. Disini, Anda dapat melakukan ziarah untuk tokoh islam yang berjasa atas penyebaran agama islam di kalimantan khususnya Balangan.

Datuk kandang Haji yakni salah satu tokoh islam termasyhur yang di kebumikan di Balangan. Anda bisa memanjat kan doa untuk beliau sebagai rasa terimakasih atas jasa beliau untuk perjuangannya menyebarkan ajaran agama islam.

Lokasi: Tlk. Bayur, Sirap, Kec. Juai, Kab. Balangan.

7.  Sungai Maranting

Sungai Maranting

Image Credit: Ragamberita.id

Jika Anda ingin menemukan perairan yang jernih dan segar, Anda bisa mengunjungi sungai bernama maranting. Selain dapat melihat jernih dan bersihnya air sungai tersebut, Anda bisa melihat banyaknya pohon yang indah saat tertiup angin. Jika Anda ingin melepas penat anda, sungai ini dapat menjadi solusi. Anda bisa beristirahat sejenak untuk menikmati indahnya pemandangan di depan anda, suara alam yang menenangkan juga dapat membantu Anda untuk melepas penat.

Mengunjungi tempat wisata bukan harus berkunjung ke tempat dengan banyak permainan Namun, berkunjung ke tempat yang menenangkan seperti sungai juga dapat memberi Anda kesenangan tersendiri, terutama ketenangan yang sulit Anda dapatkan selama Anda hidup di perkotaan.

Lokasi: Gunung Batu, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Balangan

8.  Bukit Balawanai

Bukit Balawanai

Image Credit: Sugibalangannews.blogspot.com

Keindahan alam Balangan sepertinya tak ada habisnya. Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah bukit balawanai. Wisata yang satu ini cocok sekali bagi Anda yang tak memiliki terlalu banyak energi untuk mendaki gunung namun ingin tetap menikmati keindahan alam dari ketinggian tertentu.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Banjar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bukit yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 284 MDPL, meskipun tak terlalu tinggi, Anda tetap bisa menikmati pemandangan memukau dari atas bukit Bahkan, Anda bisa melihat indahnya awan putih diatas langit, apalagi jika Anda berkunjung di pagi hari.

Selama proses pendakian Anda juga akan dibuat takjub oleh pemandangan sekitar bukit, Anda juga dapat mendengar suara yang dipadu dengan suara kicau burung di pagi hari.

Lokasi: Puyun, Kec. Halong, Kab. Balangan.

9.  Gunung Hauk

Gunung Hauk

Image Credit: Sugianoor.wordpress.com

Balangan memang menjadi kabupaten yang sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan pendakian. Di Balangan, Anda dapat menjumpai berbagai gunung yang bisa Anda daki salah satunya adalah gunung hauk. Gunung dengan ketinggian 1325 MDPL ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin menyusuri gunung untuk akhirnya menikmati keindahannya dari puncak. Disarankan bagi setiap orang yang melakukan pendakian untuk terus bersikap sopan, jangan sampai Anda melakukan hal-hal yang tidak sepantasnya karena gunung hauk bukan hanya sekedar gunung biasa Namun merupakan gunung yang dianggap sakral Bagi para masyarakat sekitar.

Selama proses pendakian tentu Anda akan menjumpai segala keindahan alam, mulai dari hutan dan udara segar bisa Anda nikmati selama di perjalanan. Meskipun selama proses pendakiannya cukup melelahkan namun semua itu terbayar saat Anda mencapai puncak gunung.

Lokasi: Ajung, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Balangan.

10.  Gunung Titi / Gunung Pihandam

Gunung Titi Gunung Pihandam

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Gunung lainnya yang bisa Anda temukan di Balangan selanjutnya adalah gunung titi atau bisa juga disebut dengan gunung pihandam. Selama pendakian tentu akan memakan energi yang sedikit namun dijamin saat Anda sampai di puncak, semua rasa lelah Anda terbayarkan. Jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan

Lokasi: Hawang, Kec. Limpasu, Barabai, Kab. Hulu Sungai Tengah.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Balangan terbaru dan terhits yang wajib Anda kunjungi. Beberapa tempat bahkan memiliki jarak yang cukup dekat sehingga Anda tidak ,membutuhkan banyak waktu untuk dapat mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut.