Kalimantan Barat

10 Tempat Makan di Singkawang Paling Enak & Murah

Mempunyai pengalaman dan pengetahuan saat menjelajah sebuah kota baru adalah hal yang penting ya, karena ini bisa membantumu saat manajemen budget liburan. Budget liburan tentu harus dibagi untuk wisata dan kulineran, masih ada juga budget untuk oleh-oleh. Kecuali jika budget anggranmu tidak terbatas, kamu bebas membeli apapun sesuka hatimu. Kalau kamu bosan liburan di sekitaran Jawa saja atau Jakarta, mungkin kamu bisa mencoba untuk pergi liburan ke daerah Indonesia bagian timur yaitu Kalimantan.

Negara dengan bermacam-macam suku yang ada di dalamnya ini selalu memberikan kejutan pada wisatawan yang baru pertama kali datang berwisata ke provisi tersebut. Disana kamu akan melihat dan merasakan perbedaaan wisata alamnya dengan daerah-daerah lain. Faktor lingkungan yang masih alami dengan pohon dan hutan juga mempengaruhinya. Sensasi wisata alam yang lebih menegangkan dan liar bisa kamu rasakan disini. Jika ke Kalimantan jangan lupa untuk plesiran kuliner di Singkawang. Salah satu kota yang ada di Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 145km sebelah utara dari kota Pontianak.

Karena mayoritas penduduknya adalah keturunan etnis Tionghoa dan Khonghucu, makanan yang ada di Singkawang tentu juga mempunyai rasa, penampilan dank has yang tak lepas dari etnis tersebut. Untuk kamu yang muslim jangan lupa untuk selalu cek terlebih dahulu apakah makanan tersebuh halal, pasalnya cukup sulit untuk menemukan makanan halal di wilayah tersebut. Nah berikut ada beberapa rekomendasi tempat makan di Singkawang yang wajib banget kamu datangi saat berkunjung. Rumah makan ini terkenal dengan kualitas makan yang enak namun harga tidak membuat kantong jebol.

1. Toko Kopi Nikmat

Toko Kopi Nikmat

Image Credit: Mimbaruntan.com

Selain terkenal dengan perpaduan makanan dari etnis Tionghoa, Sengkawang juga empunyai budaya yang unik. Masyarakat Singkawang terbiasa minum kopi terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Itulah mengapa kedai kopi di Singkawang tumbuh subur seperti jamur di musim hujan. Salah satu kedai ternikmat mereka adalah Toko Kopi Nikmat ini. Kedai kopi yang ada di Jalan Diponegoro ini tak pernah sepi pembeli dari buka sampai malam hari saat jam tutup.

Disini kamu bisa menikmati kenikmatan kopi yang sudah terkenal dari generasi ke generasi sambil ditemani kue tradisional yang dijajakan di kedai tersebut. Kopi yang paling laris disini adalah kopi hita dan kopi susunya, siap-siap merasakan sensasi yang berbeda dari kopi buatan kedai nikmat ini. Untuk harga sangat terjangkau seklai, dengan uang 10.000 saja kamu sudah bisa menikmati secangkir kopi dan beberapa jenis jajanan pasar yang mengenyangkan.

Lokasi: Jl. Sejahtera, Melayu, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

2. Kampung Rawit

Kampung Rawit

Image Credit: MerahPutih.com

Masih bingung dengan santapan apa yang pas untuk makan siangmu, pengen yang sudah familiar di mulut namun tetap ada khas Singkawangnya. Cobalah mempir ke Kampung Rawit yang ada di Jalan Sedau Raya no.53 Singkawang. Berbagai jenis makanan disediakan disini terutama seafood dan makanan lokallainnya. Seafood disini sudah terkenal dengan rasanya yang enak sekali, lobster yang berukuran besar sehingga bisa untuk makan 3 sampai 4 porsi orang dewasa, sayur kangkung yang cocok untuk menemanimu menyantap makanan seafood yang bercita rasa super.

BACA JUGA:  Pantai Temajuk Sambas, Keindahan Alam Menakjubkan di Kalimantan

Sambil menunggu pesanan makanan kamu bisa melihat kolam ikan yang ada di bawah saung, suasan ini pasti bikin kamu merem melek dan betah berlama-lama. Namun untuk makan disini kamu bisa terlebih dahulu reservasi agar tidak menunggu terlalu lama.

Lokasi: Jl. Raya Sedau No.53, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

3. Dangau Resto

Dangau Resto

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Masih belum beranjak dari hidangan laut. Di Jalan Ahmad Yani, Singkawang ada juga satu spot tempat makan yang wajib kamu kunjungi, Dangau Rresto. Rumah makan ini menyajikan berbagai hidangan laut dan melayu yang sudah familiar di lidah kita, namun tentu saja tetap memouyai cita rasa yang khas dan berbeda dengan daerah lain.

Dangau Resto menyajikan makanan seperti ikan bakar, ayam bakar, sayur asem, kangkung cha, lidah buaya untk minuman segar , dan masih banyak lagi. Selain rasa makanan yang enak harga makanan disini juga masih relevan di kantong, jadi nggak bikin kantong bolong.

Lokasi: Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

4. RM Pondok Diponegoro

RM Pondok Diponegoro

Image Credit: 2Pos.asia

Nah, mau tempat makan yang santai dan asik untuk keluarga, RM Pondok Diponegoro adalah salah satu pilihan yang tepat. Makan siangmu bersama keluarga akan terasa lengkap adan asyik disini. Senangnya lagi tempat makan ini halal, jadi untuk muslim bisa merasakan makanan yang sudah terkenal enak disini.

Menu yang mereka sajikan adalah makanan China dan seafood yang top sekali rasanyai. Ada pula makanan lokal seperti ikan kelawat, sopnya yang segar. Untuk harga terjangkau dan sesuai dengan kualitas makanan. Tempat makan ini berada di jalur utama jadi kamu tidak akan susah mencarinya.

Lokasi: Jl. P. Diponegoro, Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

5. Bakmi Aloi

Bakmi Aloi

Image Credit: Vilyliu.wordpress.com

Bakmi yang satu ini juga wajib banget kamu cobain, selain terkenal dengan rasanya yang gurih bakmi ini sudah ada lama di Singkawang. Jadi kurang lengkap kalau ke Singkawang tapi tidak merasakan gurihnya bakmi Aloi. Cita rasa bakmi yang gurih dan toping babi yang banyak pasti bikin kamu ketagihan.

Namun sayangnya Bakmi Aloi ini non halal ya, jadi untuk kamu yang muslim atau pantang makan daging babi nggak bisa nyoba kelezatan hakiki yang satu ini. Satu porsi bakmi dengan toping banyak biasa dibandrol hanya dengan harga 18.000 saja, murah meriah bukan.

BACA JUGA:  Nikmati Berpetualang di Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya

Lokasi: Jl. P. Belitung, Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

6. Bakso Sapi 68

Bakso Sapi 68

Image Credit: Pastikesingkawang.id

Masih kecewa karena nggak bisa menikmati bakmi aloi melipir saja ke Bakso 68 ini. Lokasinya yang berada di Jalan Diponegoro masuk ke jalur utama, jadi kamu nggak sulit kalau mencarinya . Bakso sapi disini mempunyai rasa sapi yang dominan, jadi rasa yang dihasilkan memnag benar dari daging aslinya bukan hanya perasa saja.

Selain rasa yang enak, porsi dari bakso sapi disini juga sangat banyak cukup banget untuk mengganjal perutmu yang kelaperan karena seharian bolak-balik ke berbagai wisata di Kalimantan. Untuk harga jangan khawatir, disini kamu bisa makan sampai 3 mangkok dan menghabisakan biaya tidak sampai 50 ribu, terjangkau sekali bukan.

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro No. 68, Darat Sekip, Melayu, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

7. RM Vegetarian Diet Sehat

RM Vegetarian Diet Sehat

Image Credit: Happycow.net

Nah untuk kamu yang sedang liburan ke Singkawang tapi tidak mau mengacaukan proses dietmu, tempat makan satu ini adalah rekomendasi yang paling tepat. Tempat makan ini bisa dibilang paling bagus dan cocok untuk wisatawan yang tetap ingin kulineran tapi tidak mau mengacaukan proses dietnya.

Setiap harinya tempat makan ini selalu ramai pengunjung jadi siap-siap mengantri ya kalau kesini pas jam mkan siang. Harga di RM Vegetarian ini juga murah dan terjangkau untuk dompet wisatawan dan masyarakat lokalyang ingin diet dengan budget terbatas.lokasi RM Vegetarian berada di Jalan Hermansyah, Singkawang Indonesia.

Lokasi: Jl. Hermansyah No.36C, Melayu, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

8. Bakmi Kering Haji Aman

Bakmi Kering Haji Aman

Image Credit: Pontianak.tribunnews.com

Memang agak sulit mencari bakmi halal di Singkawang, kebanyakan pasti memakai toping daging babi atau bahan lainnya. Namun untuk kamu yang muslim dan tetap ingin merasakan gurihnya bakmi khas Singkawang bisa merujuk ke rumah makan halal Bakmi kering Haji Aman. Satu porsi bakmi kering biasanya disajikan dengan daging ayam atau daging sapi, kamu bisa memilih sesuai selera.

Tempat makan ini berada di Jalan Ahmad Yani, Sedau, Singkawang Selatan. Jika ingin kesini usahakan di sore hari atau sebelum jam makan siang untuk mempercepat waktu menunggumu. Karena bakmi satu ini cukup terkenal di kalanagan wisatawan yang mencari bakmi halal, jadi saat masuk jam makan siang langsung penuh oleh wisatawan atau masyarakat loal sendiri.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

BACA JUGA:  Pulau Lemukutan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

9. Rujak Thai Phui Jie Singkawang

Rujak Thai Phui Jie Singkawang

Image Credit: Twitter.com @Arieparikesi

Dari namanya saja, pasti kamu sedang menebak-nebak ini kulineran seperti apa, penamaan Thai Phui Ji sebenarnya adalah sapaan akrab dari kawan-kawan A Kian si pemilik tempat makan ini dan memiliki arti aci gendut, ada-ada saja ya. Rujak ini sudah berdiri sejak 27 tahun, jadi jangan ditanya soal rasa lagi dijamin memuaskan dan menyegarkan. Ciri khas dari rujak ini adalah ebi dan kacang yang digunakan lebih banyak dibandingkan dengan rujak pada umumnya.

Tempat makan ini buka dari jam 11 siang sampai jam 6 sore waktu setempat, jadi jika kamu ingin merasakannya di malam hari kamu bisa membeli take away saja dan menikmatinya di penginapan bersama teman-teman ang lain. Untuk harga masih relevan di kantong, dengan 50.000 sudah bisa membeli rujak smapai perutmu sakit. Lokasi tempat makan ini berada di Kuala, Singkawang Barat, Kalimantan.

Lokasi: Jl. Salam Diman No. 8, Condong, Melayu, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

10. Ikan Bakar Bang Lan Kuala Singkawang

Ikan Bakar Bang Lan Kuala Singkawang

Image Credit: 2Pos.asia

Nah penggemar ikan wajib banget datang di tempat makan satu ini, ada beberapa jenis menu ikan yang bisa kalian coba. Ada ikan bakar, ikan goreng biasa, ikan kremes yang kremesnya menutupi tubuh ikan dan masih banyak lagi menu ikan yang bisa kalian coba. Tempat makan satu ini halal dan bisa dicoba untuk teman-teman yang muslim.

Sayangnya jam buka Ikan Bakar Bang Lan ini hanya sampai jam 7 malam saja, tentu kamu tidak bisa menghabiskan malam di sini, tempat ini selelu ramai pebeli mungkin kamu bisa reservasi terlebih dahulu agar waktu menunggu tidak terlalu lama ya. Jam yang pas untuk makan di sini adalah saat jam makan siang. Perutmu yang kosong itu akan dengan mudah terisi dengan puas oleh olahan masakan ikan yang ada disini. Untuk harga sendiri jangan khawatir, masih terjangkau untuk ukuran tempat makan keluarga yang nyaman dan mengenyangkan.

Lokasi: Kuala, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

Beberapa rekomendasi tempat makan di Singkawang tadi sepertinya cukup untuk bekal kulineranmu. Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat wisata kuliner di Singkawang. Pertama jika kamu masih asing dengan tempat makan tersebut, jangan malu untuk menanyakan halal atau tidaknya olahan makanan mereka. Bisa jadi tempat makan tersebut tidak bisa dikonsumsi teman-teman ang muslim. Jangan takut asal kita sopan maka mereka pasti akan segan.

Kedua cari tahu informasi harga yang terbaru, banyaknya informasi harga yang bersliweran di internet belum tentu kebenarannya. Saat sudah ada di tempat kamu bisa cek terlebih dahulu menu dan menghitung budget anggran makanmu bersama teman-temanmu. Jika dirasa harga kurang cocokm tidak apa-apa mencari tempat makan yang lain saja. Nah selamat liburan di Singkawang ya.