Kalimantan Timur

10 Tempat Makan di Samarinda Paling Enak & Murah

Berlibur ke Samarinda kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke warung untuk sekedar minum teh atau kopi. Tidak hanya menghapus dahaga dan lapar, berkunjung ke sebuah warung makan juga akan meninggalkan kenangan tersendiri yang berharga. Terlebih lagi jika aroma dan khas rasa menu yang ada dalam warung makan tersebut enak dan lezat. Tentu akan ada rasa kangen yang terus menggoda agar datang kembali. Beragam menu dan sajian tersebut tentu saja yang bisa meninggalkan kesan pada lidah, sehingga memori dalam kepala mudah untuk mengingatnya kembali.

Berjalan dan melihat pemandangan tentu akan membuat perut lapar. Kurang pas rasanya jika berlibur tidak  mampir sejenak ke rumah makan atau restoran khas yang ada di sana. Terutama di Samarinda ini penuh dengan hidangan kuliner yang sangat menggoda. Tidak hanya hasil ikan saja, namun juga beragam sayur dan buah yang menjadi santapan lezat saat makan. Berikut ini ada 10 tempat makan di Samarinda paling enak dan tergolong murah.

1. Ta Wan

Ta Wan

Image Credit: iShared.id

Nikmati sajian hangat dan mengenyangkan dari menu Chines yang ada di rumah makan Ta Wan ini. Ada beragam sajian yang dapat menggoyang lidah, diantaranya ada cap jay, kwetiau dan fuyung hay. Ragam sajian lauk berat seperti ayam, daging atau ikan juga ada. Semua tersaji lengkap dengan rasa dan aroma yang khas. Tidak ketinggalan menu nasi putih yang pulen dan empuk. Sesuai dengan nasi orang asia pada umumnya, nasi di rumah makan ini juga sangat lezat.

Biasanya, menu yang ada di rumah makan sudah sangat populer dilidah orang Indonesia sehingga Anda tidak harus bingung memilih. Tidak susah mendapatkan rumah makan ini.

Lokasi: Jl. Untung Suropati No. 8 , Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

2. Depot Pusaka Indah

Depot Pusaka Indah

Image Credit: Garnesia.com

Rumah makan berikutnya yakni depot pusaka indah, menu andalan yang ada di rumah makan ini tentu saja soto veteran. Soto ini mirip dengan soto pada umumnya, hanya saja kuah dan isiannya agak berbeda. Kuahnya sangat bening dan gurih sehingga Anda akan ketagihan dengan rasa soto yang satu ini. Tidak hanya itu saja, isian tidak hanya sayur saja namun banyak daging yang membuat soto ini pantas dijadikan juaranya soto.

Menu yang ada di rumah makan sudah sangat popule. Ada banyak pilihan lain yang bisa Anda pilih karena rumah makan cukup lengkap. Buka dari pagi hingga sore, jadi jangan datang pada malam hari ya karena biasanya siang saja sudah habis.

Lokasi: Jl. Veteran, Pasar Pagi, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

BACA JUGA:  Masjid Baitul Muttaqin, Masjid Cantik & Terbesar Kedua di Asia Tenggara

3. Pondok Steak Sari Pasifik

Pondok Steak Sari Pasifik

Image Credit: Tripadvisor.com

Jika Anda ingin sajian hangat dan tidak begitu berat maka sangat cocok makan steak. Selain rasa daging yang gurih dan empuk, steak daging yang ada di pondok ini sangat khas dengan rempah Indonesia. Rumah makan ini terkenal akan lokasi yang indah dan menawan. Tidak hanya itu saja, sajian menu steak ada banyak pilihan. Tidak hanya daging sapi saja namun juga ada daging ayam sehingga Anda dapat memilih mana sesuka hati.

Lokasinya cukup luas dan memiliki ruang parkir yang lapang. Jadi Anda tidak usah khawatir kehabisan tmpat dan slot. Cukup sedianya dompet yang agak tebal saja karena sajian di sini sangat lezat, jadi jangan heran jika nanti dompet mendadak tipis.

Lokasi: Jl. Panglima Batur A No.5-7, Pelabuhan, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

4. Ichiban Sushi

Ichiban Sushi

Image Credit: Gotomalls.com

Berikutnya, jika Anda bosan dengan masakan China atau lokal bisa mencicip masakan Jepang yang terkenal akan sushinya. Tenang, di sini Anda bisa pesan sushi mentah atau matang. Jadi jika Anda tidak suka dengan sushi mentah silakan pilih saja dengan sushi matang di rumah makan ini. Menu yang ada di sini tentu saja tidak hanya sushi, masih ada sajian lain seperti kue beras, atau takoyaki. Semua menu tersebut sangat enak dan lezat sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Terletak di Big Mall Lt GF/CT 028. Buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Akan lebih baik jika datang sebelum jam 7 malam karena biasanya menu di sini cepat habis dan laris manis. Jadi jangan sampai ketinggalan ya.

Lokasi: Jl. Untung Suropati No.8, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

5. Villa Tranz Cafe dan Resto

Villa Tranz Cafe dan Resto

Image Credit: Facebook.com @Tranzcafe

Tempat selanjutnya yang tak kalah bagus dan indah yakni villa tranz cafe dan resto. Sesuai dengan namanya, menu yang ada dalam rumah makan ini tentu saja yang ringan dan yang berat semua ada. Jika Anda ingin makan berat silakan saja pesan nasi goreng, ayam bakar atau ikan bakar. Sedangkan cemilan sehat yang bisa menahan lapar beberapa jam ada es cream dingin yang ada taburan buah di atasnya. Semua menu tersebut sangat enak dan lezat.

Apabila Anda ingin menikmati suasana sore sambil minum kopi, tempat ini sangat pas sekali. Ada juga beberapa spot yang bisa dijadikan tempat berfoto sehingga Anda bisa update status dengan penuh percaya diri. Sekalian saja rekomendasikan untuk datang ke sini agar bisa bertemu dengan kawan atau saudara yang jarang bertemu. Malah bisa reuni dadakan yang indah bukan?

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kutai Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.1, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

6. Martabak Holland

Martabak Holland

Image Credit: Facebook.com @Holland Martabak Terang Bulan

Berikutnya ada martabak manis dan martabak telur yang bisa dijadikan teman minum kopi saat berbincang dengan sahabat atau keluarga. Cocok juga dijadikan oleh-oleh saat ingin berkunjung ke rumah kerabat yang ada di Samarinda. Martabak di sini sangat enak dan lezat. Untuk martabak manis ada pilihan toping beragam, mulai dari rasa coklat, green tea hingga keju. Sedangkan untuk martabak telurnya Anda bisa pilih yang biasa atau spesial. Tentu saja isian akan berbeda karena harga juga berbeda.

Martabak ini memiliki cita rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan martabak pada umumnya. Campuran bumbu dan adonan terasa lebih nyata dalam sekali gigit. Coba saja untuk datang ke warung ini. Terletak di Jl. Pangeran Antasari Samarinda. Buka dari pukul 5 sore hingga tengah malam. Namun jika dagangan sudah habis maka sebelum tengah malam juga sudah tutup. Martabak di sini menjadi idaman dan populer jadi jangan heran jika belum jam tutup saja sudah habis.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Sungai Pinang, Sungai Pinang Dalam, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

7. Warung Kediri Cabang DPR

Warung Kediri Cabang DPR

Image Credit: Google.com (Janna Garcia)

Tempat makan yang asik dan enak berikutnya ada di warung kediri cabang DPR. Menu yang ada di sini sangat enak dan beragam. Ada beragam ikan yang bisa Anda nikmati bersama sahabat atau kerabat. Sebut saja ikan mas, ikan nila atau ikan gurameh. Semua ikan tersebut diolah dengan bersih dan higienis sehingga tidak menyisakan rasa atau aroma tanah yang biasa ada pada ikan air tawar.

Buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Jadi bagi Anda yang tengah lapar silakan saja mampir ke warung ini untuk mencicipi sajian ikan yang enak dan lezat. Konon rumah makan sudah sangat legendaris sehingga banyak wisatawan yang datang khusus untuk mencicip menu yang ada di warung ini.

Lokasi: Jl. Durian, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

8. Warung Damarwulan

Warung Damarwulan

Image Credit: Tripifyapp.com

Sajian dan lezat berikutnya ada di warung makan damar wulan. Warung ini menyajikan aneka menu rumahan. Salah satu menu yang sangat terkenal yakni ayam suirnya. Nasi putih yang diberi taburan ayam sebagai toping kemudian disiram dengan kuah segar. Kuah yang disajikan tidak begitu banyak jadi mirip nasi rames pada umumnya. Kemudian Anda bisa memilih lauk atau sayur lain sebagai pendamping. Akan lebih pas lagi jika ada krupuk renyah yang akan membuat makan semakin meriah.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Wajib Anda Bawa Pulang

Rumah makan ini terletak di Jl. Slamet Riyadi Karang Asem, Samarinda, Kalimantan Timur. Buka dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Anda dapat memilih rumah makan ini sebagai tempat nongkrong atau berkumpul bersama. Tempatnya yang luas membuat Anda bisa leluasa mengajak beberapa orang tanpa bingung kekurangan.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi, Karang Asam Ilir, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

9. Warung Padang Upik

Warung Padang Upik

Image Credit: Openrice.com

Sajian nasi padang memamg menjadi buruan hampir setiap orang Indonesia. Pasalnya, pada menu nasi padang ini ada beragam lauk yang bisa dijadikan pilihan sempurna. Baik pada saat hujan atau tidak, menu yang satu ini tetap saja pas dan cocok dilidah. Sebut saja ayam bakar, ikan nila, tongkol atau cumi semua ada dimenu ini. Tidak ketinggalan sambal hijau dan sayur nangka yang bisa dijadikan kelengkapan menu nasi padang.

Buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Lebih tepat jika datang pada jam makan siang karena menu di sini cepat habis. Jadi sangan sampai kehabisan ya menu favoritmu.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.196, Sidodadi, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

10. Bubur Ayam Bandung Kartika

Bubur Ayam Bandung Kartika

Image Credit: Foursquare.com

Bubur dan soto hampir setiap kota ada saja penggemarnya. Karena tiap kota memiliki ciri dan khas yang berbeda sehingga tiap lidah juga ikut menikmati dengan caranya sendiri. Bubur ayam yang satu ini memiliki suiran ayam yang cukup banyak, plus dengan kuah kuning yang gurih dan hangat. Tidak ketinggalan kerupuk renyah yang membuat bubur ini makin nikmat dan lezat. Silakan saja bandingkan dengan bubur ayam bandung yang ada di kotamu, apakah bisa seenak dan selezat yang ada di sini.

Biasanya sebelum jam 12 siang bubur sudah habis, sebaiknya datang pada pagi hari karena menu ini menjadi sarapan hangat bagi mereka yang sedang lapar. Bubur ini juga dapat dibungkus untuk dibawa pulang, selama perjalanan akan awet hingga jam makan siang karena kuah terpisah.

Lokasi: Jl. Pirus, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

Itulah 10 tempat makan di Samarinda paling lezat yang wajib Anda coba. Harga bagi tiap makanan tentu saja berbeda. Namun, dari semua harga tersebut tentu saja untuk ukuran menu dan bahan sudah sesuai dengan takaran. Tempat makan yang tersaji pada tulisan di atas sudah sesuai dengan harga murah sesuai dengan kelasnya. Misalnya saja sushi dan steak, jika dibandingkan dengan tempat lain yang memiliki kualitas dan rasa yang sama tentu rekomendasi yang ada lebih murah dan lebih lezat. Silakan saja bandingkan sendiri dan rasakan kemantapan lidah sesuai selera. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.