Kalimantan Timur

10 Tempat Makan di Pontianak Paling Enak & Murah

Pontianak memiliki daerah yang indah dan luar biasa. Tidak hanya alam dan buminya saja yang menjadi buah bibir, aneka tempat makan yang lezat juga menjadi perbincangan tersendiri yang asik dan menarik. Banyak lokasi indah yang menawarkan sajian khas nan lezat. Tentu saja, ada juga  yang sudah terkenal dan menarik namun harga dan porsinya tidak sesuai. Itulah serba-serbi pengalaman baru di dunia baru.

Berkunjung ke Pontianak tidak akan pernah puas jika belum mencicipi sajian khas yang membuat lidah bergoyang. Aneka makanan ini bisa Anda dapatkan di pinggir jalan maupun di restoran ternama dengan harga selangit. Mumpung masih di Pontianak, silakan saja mencicipi aneka makanan berikut ini. Meski letaknya hanya di pinggir jalan namun kualitas rasa dan kebersihan dijamin deh. Berikut ini 10 rekomendasi tempat makan enak di Pontianak dengan harga terjangkau.

1. Choi Pan A Hin

Choi Pan A Hin

Image Credit: Traveloka.com

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini mirip dengan makanan Asia pada umumnya. Hanya saja untuk isian berupa khas Indonesia, yakni kucai, bengkoang, talas dan rebung. Sesuai dengan sejarah yang ada di Pontianak, banyak pendatang yang berasal dari Cina dan Jepang sehingga makanan khasnya pun mirip dengan kedua negara tersebut.

Makanan yang satu ini renyah dan gurih di dalam namum lembut pada bagian luar, seperti pangsit basah yang ada isian daging. Untuk harganya, masih tergolong terjangkau hanya Rp. 2.000,- saja per biji. Buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Selain choi pan, rumah makan ini juga menyediakan kwetiaw khas yang tidak kalah lezatnya.

Lokasi: Jl. Siam, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

2. Pondok Pengkang

Pondok Pengkang

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Nama rumah makan ini sesuai dengan sajian yang dihidangkan, yakni pengkang. Makanan ini berupa ketan yang diberi isian ebi. Sekilas mirip dengan lemper, hanya saja bentuknya agak panjang segitiga. Dan masaknya bukan dikukus, melainkan harus dibakar dengan arang yang panas. Biasanya, makan pengkang ini ada sambal kepah atau kerang. Sambal tersebut sebagai cocolan pedas untuk menikmati pengkang yang gurih dan mengenyangkan.

Harga pengkang per biji biasanya Rp. 5.000,- sudah gratis sambal. Anda tidak hanya bisa pesan pengkang namun beragam makanan pendukung lainnya juga ada. Makanan lain yang cukup terkenal di tempat ini yakni olahan burung punai dengan sambal merah. Anda bisa pesan goreng atau bakar sesuai selera. Selain enak, makanan di sini juga tergolong murah dan terjangkau.

Lokasi: Jl. Raya Peniti, Peniti Luar, Kec. Siantan, Kab. Mempawah.

BACA JUGA:  Taman Nasional Kutai, Berwisata Sembari Belajar Flora & Fauna

3. Lek Tau Suan

Lek Tau Suan

Image Credit: Harrishotels.com

Sekilas namanya sangat unik dan menarik, mirip seperti nama orang China. Makanan ini berupa bubur kacang hijau yang dipadu dengan cakue gurih. Biasanya, orang Pontianak menyebut makanna ini dengan bubur gunting. Mengapa demikian? Karena, cakue tersebut diiris menggunakan gunting. Perpaduan rasa manis dan gurih yang sangat asik di lidah ini sangat menggoda.

Cobalah cari makanan ini di sepanjang jalan Gajah Mada. Biasanya makanan ini tersaji berderet di pinggir jalan karena merupakan makanan favorit penduduk setempat. Dapat dikatakan tempat ini khusus menyajikan menu yang hangat dan lezat ini. Mulai dari pagi hingga siang sepanjang jalan akan ada lek tau suan dengan beberapa pedagang yang berbeda. Silakan saja pilih mana yang cocok karena tiap pedagang memiliki kelebihan rasa khas yang berbeda.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

4. Mie Tiaw Apollo

Mie Tiaw Apollo

Image Credit: Traveloka.com

Makanan ini bentuk dan rasa hampir sama dengan kwetiaw pada umumnya. Hanya saja, isian dan bumbu yang tersaji lebih mantap dan lebih berani. Porsinya cukup besar sehingga bagi Anda yang sedang menyusui atau suka makan porsi besar, cukuplah ya. Mie Tiaw ini memiliki isian berupa touge, sawi hijau dan kuah nyemek.

Hal unik yang ada di tempat ini adalah deretan warung yang saling bersahutan. Hampir di sepanjang Jalan Pattimura ini terdapat beberapa warung mie Appolo dengan nama plakat yang unik. Warung pertama bertulis “Mie Tiaw Appolo” kemudian sebelahnya lagi bertulis “ Mie Tiaw Appolo Sejak 1968 Tidak Pernah Pindah” dan satunya lagi bertulis “Mie Tiaw Pollo Pindahan dari Sebelah”. Meski ketiga warung tersebut unik dan nyentrik namun tetap saja selalu ramai. Cobalah untuk mencicipi tiap warung agar Anda dapat membedakan mana yang asli dan mana yang pindahan.

Lokasi: Jl. Patimura No.63, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

5. Rumah Makan Ayong 999

Rumah Makan Ayong 999

Image Credit: Kumparan.com

Makanan yang terkenal dari rumah makan ini berupa nasi telur plus sayuran renyah. Telur yang disajikan hanya berupa kecap dan bumbu bawang, namun rasanya sangat luar biasa. Menu yang ditawarkan tidak hanya nasi telur saja, namun juga ada kwetiaw goreng dan nasi goreng. Semua menu tersebut laris manis sehingga harus antri cukup lama untuk mendapatkannya.

Biasanya, warung ini sudah buka mulai pukul 4 sore. Meski sudah agak awal namun antrianya sudah sangat banyak. Jadi jika ingin datang jangan terlalu malam, takut kehabisan ya. Lokasinya berada di Jl. Gajah Mada, Pontianak. Biasanya, sebelum tengah malam makanan sudah habis terjual.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Gajah Mada 15, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

6. Nasi Liwet Saprahan

Nasi Liwet Saprahan

Image Credit: Tribunnews.com

Saprahan merupakan adat orang Melayu mengenai kebiasaan makan bersama dengan lauk yang terpisah. Secara umum, saprahan sebenarnya memiliki arti sopan santun atau semboyan duduk sama rendah berdiri sama tinggi. Di rumah makan ini terdapat menu rumahan yang sangat lengkap. Mulai dari ceker pedas, ikan goreng dan sayur oseng. Beragam sajian tersebut bisa Anda nikmati hanya dengan harga Rp. 7.000,- saja per porsi.

Lauk dan sayur memang biasa, namun yang menjadi khas adalah nasi liwetnya. Nasi ketel yang dimasak dengan aneka rempah membuat rasa gurih dan nikmat. Sekilas mirip dengan nasi gurih pada umumnya, hanya saja saat mencicip maka lidah dapat membedakan nasi liwet yang khas ini.

Awalnya si pemilik merasa sangat sulit mencari makanan enak dengan harga murah. Karena itulah ia memutuskan membuka rumah makan dengan konsep menu rumahan. Berawal dari keinginna yang kuat inilah akhirnya rumah makan ini bisa heboh dan terkenal.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.60, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

7. Che Hun Tiau

Che Hun Tiau

Image Credit: Detik.com

Sajian yang satu ini cukup segar dan manis, yakni che hun tiau. Menu yang satu ini bisa disebut sebagai dessert lokal. Jajanan es yang murah dan segar ini berisi sagu balok, tepung beras seperti mie, kacang merah, mutiara, bongko dan ketan hitam. Jika Anda tidak suka pada beberapa campuran maka bisa memilih isian terlebih dahulu. Harga cukup murah, hanya Rp. 5.000,- saja per porsi. Buka dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore.

Harga yang murah dan sajian yang lezat membuat warung ini tidak pernah sepi pengunjung. Selain es, ada juga sajian lain berupa camilan serupa yang bisa pilih isian dan rasa. Sangat pas dijadikan tempat istirahat sejenak sambil menikmati rasa dingin dari es ini. Boleh juga dibungkus untuk menjadi sruputan nikmat dalam perjalanan nanti.

Lokasi: Jl. WR Supratman, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

8. Es Lidah Buaya Komplek Agribisnis

Es Lidah Buaya Komplek Agribisnis

Image Credit: Cookpad.com

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Pontianak namun tidak mampir ke Komplek Agrobisnis untuk mencicipi es lidah buaya super besar. Pontianak terkenal dengan daerahnya yang panas dan berkeringat, untuk itu butuh sajian yang segar dan menyehatkan agar tubuh senantiasa bugar. Lidah buaya memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk daya tahan tubuh sehingga cocok dikonsumsi. Terutama saat tubuh mengalami penurunan vitalitas.

BACA JUGA:  2 Rumah Adat Khas Kalimantan Timur

Cukup dengan uang Rp. 5.000,- saja Anda sudah dapat menikmati sajian yang lezat ini. Buka dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Selain lokasinya yang indah dan sejuk, Anda juga dapat berjalan melihat pemandangan kebun yang tertata rapi dan bersih. Sebuah wisata alam yang sekaligus menyajikan makanan khas yang sangat nikmat dan bergizi.

Lokasi: Jl. Budi Utomo No. 3, Siantan Tengah, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak.

9. Bubbor Padas Pak Ngah

Bubbor Padas Pak Ngah

Image Credit: Dhzblog.com

Menu yang lezat dan sangat terkenal ini miliki Pak Ngah. Biasanya bubur nasi ini ada tambahan sayur kangkung, jagung muda, kacang goreng, daging ayam, daun kencur, ikan teri, kecambah, kacang panjang, dan bumbu khusus. Rasanya sangat unik dan nikmat, tidak akan ragu deh untuk mencicipinya.

Bubur pedas memang menjadi makanan khas yang sangat populer di Pontianak. Terutama bubur pedas miliki Pak Ngah ini, hanya dengan uang Rp. 7.000,- saja sudah bisa menyantap seporsi bubur yang legend. Anda tidak akan menyesal merasakan bubur yang bisa membuat tubuh sehat dan kenyang ini. Sangat murah dan bikin ketagihan.

Lokasi: Jl. Komyos Sudarso, Sungai Jawi Luar, Kec. Pontianak Barat, Kota Pontianak.

10. Kopi Asiang

Kopi Asiang

Image Credit: Pesona.travel

Menikmati malam sambil minum kopi tentu menjadi hal sangat asik. Terutama jika duduk bersama teman atau keluarga tercinta, tentu akan lebih berkesan lagi. Di Pontianak ada warung kopi yang sudah sangat terkenal, namanya Kopi Asiang. Kopi yang satu ini memiliki rasa khas kopi yang luar biasa. Tidak hanya rasa dan tempatnya saja yang asik, namun juga cara penyajian kopi Koh Asiang ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu yang datang.

Di warung kopi ini Anda dapat pesan kopi biasa atau plus susu sesuai selera. Kopi yang disajikan dapat membuka mata hingga pagi sehingga jam buka warung ini juga mulai pukul 4 sore hingga pagi.

Lokasi: Jl. Merapi, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

Itulah 10 rekomendasi tempat makan di Pontianak paling enak dan murah. Beragam tempat tersebut akan lebih asik dan lebih nikmat jika dicicipi bersama orang tersayang. Ada baiknya juga datang secara berkelompok agar moment dan suasana menjadi lebih berbeda. Menikmati makanan dan minuman Pontianak di tempat yang pas dan populer tentu akan menjadi cerita tersendiri bagi Anda suatu hari nanti. Siapa tahu anak cucu Anda masih bisa merasakan moment yang sama di kemudian hari nanti.