Kalimantan Tengah

10 Tempat Makan di Palangkaraya Paling Enak & Murah

Nusantara memiliki alam yang sangat luar biasa. Tiap kota selalu saja menghadirkan suasana dan latar yang berbeda. Banyak orang yang selalu saja rindu dan ingin kembali datang ke Nusantara hanya untuk duduk dan menikmati beragam sajian yang enak dan luar biasa. Palangkaraya adalah salah satu wilayah yang menyajikan beragam menu menarik dan unik.

Kota Palangkaraya terkenal akan wisata alam yang indah dan luar biasa. Tidak hanya pemandangan saja yang bikin ketagihan, namun juga aneka kuliner yang ada di kota ini begitu enak dan lezat. Begitu banyaknya, saking Anda akan bingung memilih mana yang hendak icip terlebih dahulu. Sekali merasa, jangan heran ya jika terus ketagihan. Pasalnya, makanan di kota ini terbuat dari bahan alami dan resep pilihan.

Ingin mencicipi kuliner khas yang lezat? Berikut ini ada 10 rekomendasi tempat makan di Palngkaraya paling enak dan harganya terjangkau.

1. Rumah Makan Serba Kandas

Rumah Makan Serba Kandas

Image Credit: Facebook.com @Kuliner Tempo Dulu Serba kandas

Tempat makan ini sudah ada sejak dulu dengan hidangan sambal kandas sebagai andalannya. Ada beragam lauk yang bisa Anda pesan sebagai pendamping. Hidangan yang populer tentu saja ikan lais atau ikan saluang, baik digoreng maupu dibakar ikan ini sama enaknya. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung karena sambalnya begitu enak dan nikmat. Banyak rumah makan yang menyediakan menu serupa namun rumah makan tetap menjadi idola bagi mereka yang suka dengan pedas. Katanya, rumah makan ini sangat pedas dan panas.

Bagi Anda yang tidak suka rasa pedas, boleh pilih menu lain dengan cita rasa yang tak kalah lezat. Banyak lauk tanpa cabe yang bisa dijadikan teman nasi yang sangat luar biasa. Biasanya rumah makan ini tutup pada hari minggu. Jadi silakan saja datang pada hari selain itu dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Menu selalu habis setiap hari jadi jangan takut basi ya, karena masaknya dadakan.

Lokasi: Jl. Kutilang No.118/54, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

2. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

Image Credit: Starjogja.com

Rumah makan menyediakan menu lontong sayur dan nasi kuning yang sangat enak dan lezat. Sesuai dengan namanya, tentu saja yang menjadi andalan ialah lontong sayurnya. Bumbu rempah yang ada di sini sangat alami dan tradisional jadi Anda tidak usah khawatir akan kesehatan dan jaminan kebersihan ya. Banyak lauk yang bisa Anda nikmati antara lain jangan ndeso, ikan, tempe dan daging ayam. Semua menu tersebut sangat enak dan bikin ketagihan.

Rumah makan ini memberikan selera dan cita rasa yang berbeda untuk Anda. Banyak sajian baru yang hanya ada pada moment tertentu saja. Terletak di Menteng, Jekang Raya, Palangkaraya. Buka dari jam 6 pagi hingga jam 3 sore. Jadi sangat cocok untuk menu sarapan dan makan siang. Silakan saja pilih yang mana sesuai selera.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sukamara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Dr. Murjani, Pahandut, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

3. Kampung Lauk

Kampung Lauk

Image Credit: Tinamelindanasution.wordpress.com

Berikutnya ada kampung lauk yang memiliki menu andalan serba ikan. Konon, rumah makan menjadi rajanya ikan bakar. Berbagai jenis ikan tersebut antara lain ikan gurame, ikan lais dan ikan papuyu. Ada juga udang dan ayam jika Anda tidak suka dengan ikan. Beragam menu tersebut tentu akan sangat menggoda lidah. Terutama saat perut tengah lapar dan ingin segera di isi dengan menu berat seperti ini. Kampung lauk memiliki menu enak dan lezat sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan lidah. Bai pecinta pedas maupun bukan tetap memberikan cita rasa yang bikin nagih.

Rumah makan ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Terletak di Jl. Bukit Rawi No. 2, Pahandut Seberang, Palangkaraya. Lokasinya yang bersih dan asri membuat para pengunjung betah. Ruang parkir yang luas juga membuat semua orang tidak ragu lagi datang menikmati menu yang ada.

Lokasi: Jl. Bukit Rawi Km No.2, Pahandut Seberang, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

4. Pondok Ikan Cianjur

Pondok Mancing dan Makan Boga Rasa Indah

Image Credit: Tripadvisor.com

Meski namanya cianjur, namun rumah makan ini ada di Palangkaraya loh. Konon, rumah makan ini sudah sangat terkenal dan legendaris. Sesuai dengan namanya, dulunya pemiliki rumah makan ini ialah orang cianjur. Entah sekarang pemiliknya orang mana juga masih menjadi rahasia. Yeng jelas rumah makan sangat enak dan istimewa. Terutama sambal kandas dan sambal raja. Tentu sangat menggoda.

Masakan ikan yang ada di sini sangat enak. Tidak ada bau amis atau bau tanah sehingga Anda yang tidak suka dengan ikan bisa lahap juga makan di sini. Tempatnya bersih dan asri sehingga cocok untuk kumpul bersama teman atau keluarga. Rumah makan ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Terletak di Jl. Kahayan, Palangkaraya.

Lokasi: Jl. Kahayan, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

5. Rumah Makan Samba

Rumah Makan Samba

Image Credit: Facebook.com @Samba.Resto

Ini bukanlah rumah makan yang menyediakan goyang samba seperti yang sedang hits ya. Rumah makan ini menyediakan aneka menu khas Kalimantan yang enak dan lezat. Tema yang diusung sebenarnya menu rumahan, jadi Anda bisa pesan menu yang biasa dikonsumsi orang Kalimantan pada umumnya. Beragam menu tersebut antara lain sayur kaluang, juhu umbu sawit dan ikan pakasam. Olahan yang ada di rumah makan ini cukup bersih dan higienis.

BACA JUGA:  Pesona Alam Lestari, Destinasi Wisata Keluarga Favorit di Palangkaraya

Rumah makan ini tidak hanya menyajikan hidangan yang enak dan nikmat. Namun juga pemandangan dan tempatnya nyaman untuk duduk agak lama. Ruangan juga agak lapang sehingga Anda bisa mengajak banyak orang untuk menyantap sajian yang lezat di rumah makan ini.

Lokasi: Jl. RTA Milono No.15, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

6. Cafe Cengkrama

Cafe Cengkrama

Image Credit: Facebook.com @Cengkrama.pky

Apabila ingin menikmati ruangan nikmat seperti rumah sendiri silakan saja datang ke cafe cengkrarama. Cafe ini menyajikan beragam makanan yang enak dan lezat. Tidak hanya kopi saja, namun juga ada nasi goreng kambing dan naga putih mangkuk. Untuk nasi goreng ini bisa request cabe loh, jadi jika ingin makan dengan panas dan pedas bisa sekali makan menu yang satu ini. Kemudian untuk kudapan naga putih mangkuk ini sangat segar dan cukup mengenyangkan.

Kedua menu tersebut menjadi andalan cafe ini karena memang khusus hanya ada di cafe ini. Jangan lupa untuk memilih menu tersebut saat berkunjung. Karena dapat dipastikan Anda akan langsung ketagihan. Baik nasi goreng maupun naga putihnya sangat enak dan lezat. Silakan datang pada sore hari agar dapat menyaksikan matahari tenggelam yang indah. Cocok untuk duduk sambil tertawa bersama orang tersayang.

Lokasi: Jl. Seth Adji, Panarung, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

7. D’langit Rooftop Café

D'langit Rooftop Café

Image Credit: Detik.com

Ada lagi nih cafe keren namun juga tetap aman dikantong. Meski tempatnya sangat indah dan menarik, namun menu yang disajikan cukup aman dikantong. Harga yang ditawarkan mulai dari 7 ribu hingga 50 ribu per porsi. Tempatnya sangat asik dan menarik, cocok bagi Anda yang ingin ruang romantis di atas rumah. Baik siang maupun malam cafe ini sangat pas untuk duduk santai. Konsep yang ada pada cafe ini memang cukup unik dan menarik. Tidak pas rasanya jika berlibur ke Palangkaraya tidak mampir ke cafe ini terlebih dahulu.

Biasanya ada band yang akan membawakan beragam lagu. Anda bisa request lagu kepada band tersebut untuk dipersembahkan pada orang tersayang. Cocok deh, untuk pasangan yang baru menikah atau hendak menikah. Tiap ruang memberikan nuansa dan harmoni yang berbeda sehingga Anda bisa menikmati makan sambil duduk dengan tenang.

Lokasi: Jl. D.I Pandjaitan No.1, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

8. Warung Bama Raya

Warung Bama Raya

Image Credit: Traveloka.com

Rumah makan ini memberikan sajian yang hangat dan kenyang. Ragam menu yang sangat populer antara lain lontong sayur, nasi kuning dan nasi goreng. Menu tersebut selalu saja laris dan bikin orang selalu ingin kembali lagi. Konon, menu yang ada di sini sudah ada sejak jaman kemerdekaan. Seiring perjalanan waktu, resep terus terjaga dan penikmat makin banyak. Tidak heran jika setiap hari selalu saja ada pembeli yang rindu atau penasaran ingin merasakan resep yang melegenda ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kotawaringin Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Terletak di Jl. Milono Km 3,9 Langkai, Pahandut. Buka dari jam 6 pagi hingga jam 9 malam. Warung ini cukup rapi dan bersih meski bangunan sudah agak tua. Bagi Anda yang cinta akan kebersihan bisa tetap makan lahap tanpa ragu. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya agar lingkungan juga tetap sehat ya.

Lokasi: Jl. RTA Milono No.KM. 3.9, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

9. Pondok Mancing dan Makan Boga Rasa Indah

Pondok Mancing dan Makan Boga Rasa Indah

Image Credit: Idntrip.com

Nama rumah makannya cukup unik dan menarik bukan? Rumah makan ini memberikan nuansa yang indah dan sejuk. Tidak hanya menu ikannya saja yang enak, namun juga ada menu ayam dan udang. Ada juga kepiting segar yang diolah dengan bumbu yang pas sehingga terasa lebih lezat.

Apabila datang ke sini, Anda bisa memancing terlebih dahulu atau langsung pesan aneka menu yang sudah tersaji. Bisa memilih menu goreng atau bakar sesuai pilihan. Aneka resep yang ada di rumah makan ini sangat lezat jadi bisa disesuaikan dengan selera. Buka dari pagi hingga malam sehingga Anda tidak usah takut kehabisan ruang. Lokasinya dalam dan luar luas cukup untuk makan 150 orang lebih. Bagian parkir juga lapang, cukup untuk mobil dan motor yang agak banyak.

Lokasi: Jl. G. Obos VII Gg. 6, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

10. Rumah Makan Palangka

Rumah Makan Palangka

Image Credit: Traveloka.com

Menu yang ada di rumah makan ini mirip dengan menu nasi padang yang biasa kita temui. Hanya saja pelayanan dan penyajian agak berbeda. Tersaji dalam aneka menu seperti ayam, ikan dan telur. Semua menu tersebut enak dan lezat. Perpaduan antara bumbu dan bahan yang berkualitas membuat rumah makan ini tidak pernah sepi pembeli. Siapkan perut yang lapang jika ingin meraup untung yang lebih besar. Makanan yang ada di sini bisa membuat Anda susah berjalan karena kenyang loh.

Tempat ini sangat terkenal dan cukup legendaris sehingga Anda akan mudah menemukan. Jangan heran jika belum makan sudah antri cukup lama. Biasanya buka dari pagi hingga malam, tergantung habisnya bahan karena pengolahannya setiap hari selalu habis.

Lokasi: Jl. G. Obos No.20, Pahandut, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

Itulah 10 tempat makan di Palangkaraya paling enak dan murah yang wajib Anda kunjungi. Silakan pilih dan sesuaikan dengan selera. Semua kebutuhan gizi bisa dipenuhi dengan rajin konsumsi makanan sehat. Aneka lokasi kuliner di atas memeberikan olahan yang lezat dan bergizi. Bagian penakar gizi tentu hanya diri Anda sendiri yang bisa mengaturnya. Penuhi kebutuhan diri dengan memberikan asupan yang pas. Jaga kesehatan dan selamat makan.