Kalimantan Selatan

10 Tempat Makan di Banjarmasin Paling Enak & Murah

Indonesia memiliki daftar menu makanan terbaik bercita rasa menarik di setiap daerah. Saat Anda berlibur ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan bisa dipastikan ada banyak destinasi kuliner terbaik. Bukan hanya dari sisi harga lebih murah saja, akan tetapi di setiap rasa kulinernya juga menarik untuk dicoba.

Pecinta kuliner tanah air diharapkan bisa mengunjungi setiap gerai makan terpopuler bahkan bersejarah di Banjarmasin. Kemudian dari semua komponen baru di dalam pengembangan menu kuliner juga bisa diikuti informasinya. Banjarmasin dikenal punya banyak hidangan favorit dengan rasa unik serta harga terjangkau. Ditambah lagi, ciri khas setiap gerai makan pun tidak sama hingga mampu beri pengalaman terbaik bagi pelancong.

Selera makan traveller akan terus dicoba ketika berkunjung ke Banjarmasin. Ditambah lagi ketersediaan bahan rempah untuk membuat porsi makanan juga terus dikembangkan. Masyarakat Banjarmasin sangat kreatif dalam bidang pengembangan menu kuliner tradisional. Jadi tak jarang gerai-gerai makan di Banjarmasin bisa dikenal sampai luar kota bahkan luar pulau.

Tempat Makan di Banjarmasin Paling Murah dan Lezat

Soal rasa di setiap makanan pasti ditentukan oleh cara pengolah sampai penyajiannya. Bukan hanya dari makanan tradisionalnya saja, namun Anda masih bisa menikmati semua jenis kuliner terbaik yang sekarang sudah tersedia di banyak gerai kuliner terpopuler dan paling unik seperti dalam informasi berikut ini.

1. Soto Bang Amat

Soto Bang Amat

Image Credit: Suharyantobjm.com

Kedai kuoliner terkenal di Banjarmasin yakni Soto Bang Amat banyak dikunjungi sebab menu kuliner soto di gerai ini terbilang unik. Kualitas pengolahan soto Banjar di gerai satu ini sudah dikenal mampu menambah selera makan siapa saja. Kemudian, dari sisi kepuasan menyantap semua hidangan juga terus bertambah karena ada beberapa pemandangan menarik di sekitar gerai.

Pemandangan Sungai Martapura juga ikut menyuguhkan banyak pesona indah dari Kota Banjarmasin. Ditambah lagi ada beberapa sajian menu topping lainnya untuk menambah kualitas rasa dan juga momen menyantap hidangan khas Banjarmasin.

Lokasi gerai Soto Bang Amat berada di kawasan Banua Anyar, kemudian ada tempat menarik lain yakni pasar terapung Lokbantin yang juga lokasinya berdekatan dengan kedai Soto Bang Amat.

Lokasi: Jl. Banua Anyar No. 6, Benua Anyar, Banjarmasin Timur, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

2. Rumah Sambal Acan Raja Banjar

Rumah Sambal Acan Raja Banjar

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Bila Anda mencari gerai makan paling populer di Banjarmasin cobalah datangi Rumah Sambal Acan Raja Banjar. Kelengkapan menu hidangan terbaik di gerai Rumah Sambal Acan Raja Banjar sudah menyebar hingga ke luar Banjarmasin. Pada akhir pekan, tempat makan satu ini sangat ramai pengunjung. Jadi tak heran bila Rumah Sambal Acan Raja Banjar ini justru menjadi tempat populer sekaligus paling tepat untuk mencicipi sajian menu ikan bakar haruan, papuyu, dan patin.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tabalong Terbaru & Terhits Dikunjungi

Hidangan khas Banjarmasin sudah tersedia di gerai Rumah Sambal Acan Raja Banjar ini. Ditambah lagi untuk lokasinya ada dua cabang yang mana lokasinya berada di Jl. RE Martadinata. Tips tepat untuk menikmati momen menyantap makanan di gerai Rumah Sambal Acan Raja Banjar ini adalah datang selain akhir pekan untuk menghindari ramainya pengunjung.

Lokasi: Jl. Brig Jend. Hasan Basri No.40, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

3. Mie Bancir Agus Sasirangan

Mie Bancir Agus Sasirangan

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Pecinta menu makanan dari olahan mie wajib datang ke Mie Bancir Agus Sasirangan. Dari menu mie bancir atau disebut mi tanggung ini diolah secara sempurna sebagai satu hidangan khas Banjarmasin. Menariknya lagi dari paduan mie bancir dengan topping ayam panggang, pangsit, ceker ayam dan telur bebek pun bisa menggugah selera Anda.

Ditambah lagi dari sisi rasa kuah kaldu yang dimasukkan ke dalam menu mie bancir ini sangat spesial, sehingga tidak banyak kedai yang memberi cita rasa sama seperti Mie Bancir Agus Sasirangan.

Untuk berkunjung ke gerai makan satu ini tidaklah sulit sebab lokasinya berada di Jl. Brigjen Hasan Basri, Banjarmasin. Bisa dipastikan rasa mie bancir akan mengingatkan Anda pada Kota Banjarmasin. Sehingga dari keinginan untuk mencobanya lagi pun selalu muncul.

Lokasi: Jl. Kayu Tangi, Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

4. Waroeng Pondok Bahari

Waroeng Pondok Bahari

Image Credit: Notesplusultra.com

Mencari menu makanan spesial di Banjarmasing tidaklah sulit. Sudah tersedia banyak kedai menghadirkan cita rasa terbaik salah satunya Waroeng Pondok Bahari. Bukan menjadi kedai biasa, akan tetapi kedai satu ini buka selama 24 jam penuh. Jadi Anda tak perlu memikirkan ketersediaan menu hidangan sampai larut malam masih tersedia.

Gerai Waroeng Pondok Bahari ini menyajikan menu favorit salah satunya Soto Banjar. Kemudian dari penawaran cita rasa khas Banjar sudah tersedia di gerai Waroeng Pondok Bahari tersebut. Jadi sangat cocok untuk pecinta kuliner mencermati semua cita rasa yang benar-benar sempurna dan sampai sekarang banyak didatangi pecinta kuliner.

Lokasi dari Waroeng Pondok Bahari sangat mudah diakses, berada di kawasan wisata Menara Pandang dan juga ada di dekat tempat wisata Siring Sungai Martapura.

Lokasi: Jl. Simp. Kapt. Piere Tedean No.108, RT.016/RW.002, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

5. Rumah Makan Sari Patin

Rumah Makan Sari Patin

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Sudah jadi satu gerai makan paling populer di Banjarmasin dimana Rumah Makan Sari Patin tentu berhasil menyajikan meni kuliner ikan bakar khas yang tak pernah bisa dilupakan pecinta kuliner. Ikan patin bakar dan goreng hingga diolah menjadi sop adalah menu paling banyak dikonsumsi. Jadi Rumah Makan Sari Patin ini justru memberi cita rasa terbaik dan paling banyak dipilih sebagai hidangan poopuler.

BACA JUGA:  Mengintip Bukit Rimpi Pelaihari, Bukit Teletubbies di Kalimantan Selatan

Sampai sekarang tata cara pengolahan dari menu makanan di Rumah Makan Sari Patin justru membuahkan banyak pengalaman terbaik. Bahkan ada beberapa fasilitas terbaik bisa dinikmati seperti ruangan ber AC kemudian open space untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Konsep modern dari tempat makan Sari Patin sudah dikenal sampai ke mancanegara. Kemudian dari lokasinya juga sangat mudah diakses berada di Jl. Hasan Basri, Banjarmasin. Ajak saudara dan teman untuk mencicipi semua menu terbaik yang ada di Rumah Makan Sari Patin.

Lokasi: Jl. Brig Jend. Hasan Basri No.53, Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

6. Ketupat Kandangan Warung Kaum

Ketupat Kandangan Warung Kaum

Image Credit: Pesona.travel

Bagi traveller yang rindu dengan rasa ketupat dan masakan yang diolah dari ketupat cobalah kunjungi gerai Kandangan Warung Kaum. Dari daftar menu di gerai makan satu ini cukup beragam. Bahkan Anda bisa menikmati menu ketupat khas Banjarmasin yang kemudian bisa dihadirkan dengan beberapa toping lainnya.

Ketupat Kandangan Warung Kaum juga dikenal sebagai tempat makan keluarga. Sehingga untuk momen tertentu tempat makan satu ini selalu ramai dikunjungi. Cira rasa ketupat kandangan sudah dikenal masyarakat Banjarmasin sebagai menu terbaik dan paling banyak dipilih.

Ditambah lagi akses lokasi juga tidak sulit dijangkau. Lokasinya kurang lebih 200 meter dari jalan Ahmad Yani. Biasanya untuk menikmati momen menyantap ketupat kandangan, setiap wisatawan akan menambah porsi dan menggunakan toping terbaik seperti sambal dan lainnya.

Lokasi: Jl. Bumi Mas Raya, Pemurus Baru, Kec. Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

7. Ikan Bakar H Fauzan

Ikan Bakar H Fauzan

Image Credit: Openrice.com

Cerita liburan ke Banjarmasin kurang menarik bila Anda tak mengunjungi gerai makan bernama Ikan Bakar H Fauzan. Sudah jadi identitas Kota Banjarmasin dimana olahan makanan dari bahan ikan semakin diminati. Ditambah lagi konsep gerai makan Ikan Bakar H Fauzan ini sangat kental dengan unsur tradisional. Sehingga sangat cocok dimanfaatkan sebagai tempat makan wajib dikunjungi.

Beberapa menu utama mulai dari ikan patin bakar, nila, haruan, udang papuyu dan masih banyak lainnya bisa disajikan dengan kualitas bumbu terbaik. Sedangkan dari sisi suasana lingkungan tempat makan satu ini juga cukup nyaman bagi pelancong. Pelayanan lebih cepat, ramah dan banyak dipilih sebagai tempat makan populer selalu membuahkan banyak pengalaman terbaik bagi pengunjung.

Lokasi gerai Ikan Bakar H Fauzan berada di Jl. Ahmad Yani Km 11 Banjar ataupun Anda bisa kunjungi cabangnya di Jl. Sultar Adam tepat di depan kompleks Mandiri IV. Soal harga di setiap menu Ikan Bakar H Fauzan sudah dikenal terjangkau, jadi Anda tak perlu ragu mengunjungi gerai makan satu ini.

BACA JUGA:  Pantai Gedambaan, Pantai Cantik Nan Eksotis di Kotabaru

Lokasi: Jl. Sultan Adam No.13, Antasan Kecil Timur, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

8. Nasi Itik Gambut Tenda Biru

Nasi Itik Gambut Tenda Biru

Image Credit: Junantoherdiawan.com

Nah, kali ini bagi pecinta kuliner dengan harga terjangkau dan sederhana sangat cocok menyantap hidangan di gerai Nasi Itik Gambut Tenda Biru. Gerai satu ini dikenal sebagai tempat kuliner keluarga meskipun lokasinya sangat mudah diakses yakni di Jl. Ahmad Yani km 14 Gambut.

Menariknya lagi hidangan sederhana berupa nasi putih lauk daging itik menjadi menu unggulan. Jadi dari segi rasa hingga proses pengolahan daging itik sangatlah sempurna. Sehingga saat Anda menyantap hidangan nasi itik tersebut akan terasa bumbu rempah dan empuknya daging itik.

Olahan nasi itik gambut tenda biru sudah dikenal sebagai sajian tradisional yang penyajiannya menggunakan daun pisang. Sudah terlihat cita rasa tradisional di menu hidangan nasi itik ini semakin menarik untuk disantap. Rasa hingga tekstur pulen nasinya sanggup menambah selera makan Anda.

Lokasi: Jl. A. Yani No.14, Pemurus Dalam, Kec. Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

9. Soto Banjar H Anang Bapukah

Soto Banjar H Anang Bapukah

Image Credit: Openrice.com

Masih dalam menu hidangan Soto Banjar yang menjadi ciri khas Kota Banjarmasin bisa didapatkan di gerai H Anang Bapukah. Menjadi tempat favorit sekaligus populer di kalangan pecinta kuliner karena gerai satu ini menghadirkan porsi pas dan harga terjangkau. Kualitas penyajian soto banjar di gerai H Anang Bapukah terbilang sempurna. Sebab kualitas irisan lontong dan juga kualitas penyajian sampai pengolahannya sangat sempurna untuk satu sajian kuliner terbaik.

Bukan hanya itu saja, dari warung Soto Banjar H Anang Bapukah telah menghadirkan sarana-sarana terbaik dan paling tepat untuk pecinta kuliner dalam mencoba semua hidangan paling tepat untuk momen liburan keluarga. Lokasi dari gerai H Anang Bapukah berada di Jl. Pekapuran A Banjarmasin. Kemudian dari jam operasional gerai satu ini buka setiap hari dari pagi sampai sore.

Lokasi: Jl. Pekapuran A, Sungai Baru, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

10. Nasi Kuning Rahmat

Nasi Kuning Rahmat

Image Credit: Nilailham.wordpress.com

Menu hidangan nasi kuning pastinya sudah Anda kenal dengan cita rasa gurih dan proses pembuatannya lebih mudah. Seperti kita tahu hidangan nasi kuning juga tersaji di Kota Banjarmasin tepatnya di gerai Nasi Kuning Rahmat.

Untuk setiap pengolahan makanan nasi kuning menggunakan bahan rempah-rempah terbaik. Sehingga dari ketersediaan lauk pauk berupa haruan, ayam, dendeng, dan telur sanggup memberi cita rasa berbeda dari menu lainnya. Meskipun dari menu nasi kuning terlihat sederhana, tetapi gerai Nasi Kuning Rahmat ini terus dibanjiri pengunjung. Lokasi gerai Nasi Kuning Rahmat berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Banjarmasin.

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan No.20A, Ps. Lama, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Sejumlah daftar gerai makan berkualitas terbaik dengan penyajian menu makanan terbaik akan terus memberi kesempurnaan kepada pengunjung. Jadi saat Anda berlibur ke Banjarmasin cobalah nikmati sajian menu kuliner terbaik dan menjadi ciri khas dari Kota Banjarmasin.