Kalimantan Tengah

10 Tempat Makan di Balikpapan Paling Enak & Murah

Berwisata ke suatu tempat tidak lengkap rasanya jika tidak mengulik makanan khas daerah tersebut. Indonesia merupakan negara dengan beragam kulineran bercita rasa khas tiada duanya. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya sendiri, jadi setiap kamu singgah di suatu daerah untuk berwisata jangan lupa untuk mencari wisata kulinernya juga. Jika kamu sedang ingin menikmati masakan khas timur Indonesia yang penuh dengan rempah dan tampilan sedikit berbeda cobalah datang ke Balikpapan.

Selain terkenal dengan wisata alam yang mempesona dan wajib untuk dikunjungi, Balikpapan juga mempunyai beragam kuliner khas yang menggoda, dan kurang jika hanya menyempatkan sehari untuk menjelajah kulinernya. Setelah lelah dengan aktifitas alammu atau merasa bosan dengan aktifitas wisata, maka kulineran adalah aktifitas yang tepat untuk mengembalikan mood dan kebugaran badan.

Berikut ini ada 10 tempat makan di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi untuk menambah wawasan wisata kulinermu, atau hanya sekedar mencari inspirasi olahan makanan yang bisa kamu bawa pulang, dan coba memasaknya di rumah untuk santapan keluarga di rumah. Nah jika kamu sedang ada rencana berlibur ke kota minyak ini, referensi satu ini bisa dijadikan acuan yang tepat.

1. Warung Kaki Lima Kantor Pos Klandasan

Warung Kaki Lima Kantor Pos Klandasan

Image Credit: Tribunnews.com

Tempat makan satu ini sangat terkenal di Balikpapan. Kuliner ini ada di Jalan Jenderal Sudirman No. 1, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. Sepanjang jalan Jenderal Sudirman ini sudah berjejer segala rupa makanan khas Balikpapan. Ada gado-gado, soto, nasi goreng, pecel, dan tentu masakan laut seperti ikan bakar, cumi, kepiting, dan semacamnya. Untuk kamu yang berwisata dengan budget terbats, jangan khawatir karena harga disini terjangkau kisaran dari belasan ribu, jadi jangan takut kantong bolong.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.1, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

2. Kepiting Kenari

Kepiting Kenari

Image Credit: Ksmtour.com

Kalimantan terkenal dengan masakan kepitingnya yang punya cita rasa khas, salah satu tempat makanan yang harus kamu kunjungi jika ingin merasakan masakan kepiting adalah kepiting kenari. Tempat makan yang ada di Jalan Iswahyudi No. 4 Balikpapan ini cukup terkenal dan mudah untuk ditemukan. Harga satu porsi kepiting disini dijual seharaga 220.000, tapi jangan minder dulu atau merasa harga ini terlalu mahal, karena seporsi kepiting disini bisa untuk 4 sampai 5 porsi makan orang biasa.

Namun untuk kamu yang hanya sendiri atau merasa satu porsi terlalu besar, bisa membelinya setengah porsi saja dengan harga start 130.000. jangan lupa untuk mencoba menu hidangan laut lain yang sama nikmat dan segarnya, seperti cumi asam manis digabung dengan cak kangkung yang pastinya segar.

Lokasi: Jl. Marsma R. Iswahyudi No.4, Gn. Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

BACA JUGA:  Menikmati Keindahan Pantai Batakan di Tanah Laut

3. Depot Simpang Empat

Depot Simpang Empat

Image Credit: Tripadvisor.com

Jika kamu bosan dengan makanan hidangan laut dan ingin merasakan kenikmatan daging-dagingan seperti sapi, depot simpang empat adalah pilihan yang tepat. Tempat makan satu ini sudah terkenal dengan kelezatan makanannya dan harganya yang relatife murah. Menu makanan di sini ada mantau, sapi lada hitam yang kenyal dan enak karena tidak pelit bumbu.

Jika ingin ke sini langsung saja ke Jalan Letjen Soeprapto No. 06 Kebun Sayur, Balikpapan. Mantau sendiri adalah roti kukus lembut yang dimakan dengan bumbu khusus atau sapi lada hitam sendiri. Kamu juga bisa memesan mangkaw untuk dibawa sebagai bekal perjalananmu, harganya yang terjangkau dan rasa yang enak cocok banget untuk teman perjalananmu.

Lokasi: Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

4. Kuliner Malam Terminal Balikpapan Permai

Kuliner Malam Terminal Balikpapan Permai

Image Credit: Tribunnews.com

Jika siang, terminal Balikpapan seperti halnya terminal pada umumnya, yaitu menjadi tempat mangkal angkot, namun jika di malam hari Terminal BP sudah menjadi tempat baru yaitu kuliner malam yang murah dan enak. Cukup dengan 18 ribu saja, kamu sudah bisa dapat satu paket makan ayam lengkap dengan minumannya.

Selain ayam lalapan masih banyak lagi makanan lainnya yang bisa kamu coba. Tertarik mencoba datang saja langsung ke Terminal Balikpapan Permai. Jika tertarik disini lebih baik memakai pakaian senyaman mungkin, karena tempatnya sangat ramai jadi pakailah pakaina yang membuatmu lebih leluasa untuk bergerak saat berkeringat.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Damai, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

5. Dandito Restaurant

Dandito Restaurant

Image Credit: Youtube.com (Jejak FoodSteps)

Ingin menikmati masakan kepiting yang bercita rasa tinggi, cobalah datang ke Dandito Restaurant. Mereka menyajikan masakan kepiting saus dengan bumbu campuran tomat, jahe, gula merah, bawang, dan cabai. Tekstur sausnya kental berwarna merah dengan paduan rasa asam, manis, dan pedas yang bercampur menjadi satu. Bila ingin mencoba varian lain, bisa menggunakan saus lada hitam, kepiting asparagus, atau kepiting goreng dengan bumbu bawang putih.

Selain menu kepiting kamu juga bisa mencoba berbagai hidangan laut seperti udang, cumi, ikan cakalang. Tempat makan ini sudah terkenal di kalangan wisatawan yang rutin berlibur di Balikpapan, karena makanannya memang dibuat dengan seenuh hati, jadi jangan ragu lagi untuk mencoba mencicipi hidangannya.

Lokasi: Jl. Marsma R. Iswahyudi No.70, Gn. Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan.

6. Rumah Makan Torani

Rumah Makan Torani

Image Credit: Wisatakulinerbalikpapan.weebly.com

Jika kamu ingin mencicipi berbagai olehan masakan hidangan laut yang lengkap ada dalam satu tempat saja, maka kamu bisa mampir ke rumah makan torani yang ada di Jalan Jenderal Sudirman Stal Kuda, Balikpapan, Kalimantan Timur. Tempat makan ini mempunyai banyak menu seafood dengan cita rasa yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kotawaringin Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Rumah makan ini juga cocok untuk tipe rumah makan keluarga. Soal harga memang sedikit lebih mahal, namun kepuasan rasa dan fasilitas kenyamanan sudah tidak perlu diragukan lagi. Ada kepiting jumbo yang bisa disantap untuk 3 sampai 4 porsi orang. Ada juga cumi-cumi yang rasanya kaya dengan bumbu Balikpapan. Ada juga lobster jumbo yang bisa disantap bersama keluarga sambil berbincang santai.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.73, Gn. Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

7. Sarapan Pagi di Depot Miki

Sarapan Pagi di Depot Miki

Image Credit: Openrice.com

Untuk traveller yang mals beraktivitas jika belum sarapan, biasanya pada pagi hari tempat makan di Balikpapan masih jarang yang buka. Nah, tempat makan di Depot Miki bisa menjadi alternatif yang pas. Selain nasi kuningnya yang enak, suasana kota Balikpapan di pagi hari sayang sekali untuk dilewatkan. Untuk kamu yang tidak ingin makan karbohidrat di pagi hari, bisa juga makan cemilan seperti cakwe, bakpao, dan kue-kue basah dan kering lainnya yang banyak dijejer.

Selain nasi kuning ada juga bubur ayam, soto banjar, lontong banjar, yang pastinya memiliki rasa yang unik dan berbeda dengan makanan. serupa yang ada di kota lain. Jangan lupa untuk memesan soto banjarnya dan lontong banjarnya, rasa rempah yang kaya membuatnya beda dengan lontong sayur dan soto yang ada di daerah lain.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.93, Klandasan Ilir, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

8. Kedai Kopi Mantaw

Kedai Kopi Mantaw

Image Credit: Idntimes.com

Ingin santai dan berbincang hangat dengan teman atau keluarga, Kedai Kopi Mantaw adalah tempat yang cocok untuk mendapatkan nuansa tersebut. Mantaw sendiri adalah roti yang digoreng namun bentuknya lebih bantet, cocok dijadikan santapan sarapan atau cemilan untuk ngobrol santai sambil ditemani kopi. Namun masyarakat Balikpapan biasanya menyantap mantau dengan masakan daging sapi dengan bumbu lada hitam yang pedas dan kental.

Kedai Kopi Mantaw berada tepat di sebelah depot miki, jadi kalau merasa jajan masih kurang lengkap bisa langsung membeli di Kedai Kopi Mantaw. Di kedai ini juga ada menu-menu unik lain yang bisa kamu coba seperti bubur ikan, kembang tahu jahe yang hangat, nasi tim, dim sum hingga bebek pekking juga ada, jadi mau sarapan atau makan dengan suasana santai bisa, ingin suasana ramai riuh kumpul bersama keluarga juga bisa banget.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.101, Damai, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

9. Coto Makassar Hj. Judding

Coto Makassar Hj. Judding

Image Credit: Openrice.com

Ingin makan siang dengan menu yang segar-segar dan hangat, coba saja datang ke Coto Makassar Hj. Judding. Kapan lagi kan wisata ke Balikpapan namun berkesempatan merasakan nikmat segarnya Coto Makassar. Tempat makan coto di Balikpapan sebenarnya banyak, tapi tempat spesial kuliner satu ini sangat direkomendasikan untuk dicoba para wisatawan.

BACA JUGA:  5 Mall & Tempat Belanja di Palangkaraya yang Wajib Anda Kunjungi

Selain makanannya yang enak, tempat makan ini terletak di pinggir pantai, ditemani angina sepoi-sepoi kamu bisa menikmati semangkuk coto berisikan daging dan jeroan yang mantap. Mantapnya lagi ketupatnya all you can eat, jaldi kamu bisa ambil sepuas hati yang penting jangan berlebihan saja, karena bisa mengakibatkan sakit perut.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.9, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

10. Kedai Kopi Nam Min

Kedai Kopi Nam Min

Image Credit: Hairiyanti.com

Kedai kopi ini sudah berusia 59 tahun, kedai ini terkenal karena menyajikan roti produksi sendiri, kamu bisa menikmati hidangan aneka roti disini sambil ditemani secangkir kopi yang hangat. Menu andalan mereka adalah roti bakar dengan selai sarikaya yang juga dibuat sendiri. Sekarang sudah ada 2 lokasi Kedai yang siap melayani perut-perut laparmu dan menuntaskan rasa lelahmu dengan kopi hangat. Tempatnya juga artsy banget untuk tempat foto-foto pengisi instagrammu. Pulangnya kamu bisa bungkus roti yang baru keluar dari panggangan dan selai kemasan khas Depot Nam Min.

Lokasi: Jl. Indrakila No.59, RT.05 Gunung Samarinda, Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

Bagaimana, beberapa ulasan tempat makan di Balikpapan tadi sepertinya lebih dari cukup ya untuk ide kulineranmu. Ada beberapa tips tambahan agar kulineranmu bisa berjalan dengan lancar. Pertama, pastikan jam buka dan tutup tempat makan yang akan dituju. Susun jadwal harian saat liburan di Balikpapan, jika ingin menikmatinya saat jam makan siang, maka usahakan datang lebih cepat sebelum jam makan siang agar tidak menunggu makanan terlalu lama. Kedua, pilih tempat wisata dan tempat makan yang berdekatan, hal ini untuk menghindari salah rute dan membuang-buang waktu liburan yang berharga.

Ketiga, untuk kamu yang islam pastikan tempat makan yang dituju bersertifikat halal dan layak konsumsi. Untuk liburan yang menyenangkan kamu harus pintar-pintar mengatur semua jadwal dan rencana secara rinci jauh-jauh hari, catat pula resiko kejadiantak terduga yang mungkin akan menimpamu. Susun antisipasi tepatnya untuk berjaga-jaga tentunya, saking banyaknya kulineran tempat makan yang ada di Balikpapan tentu membuatmu bingung memutuskan mana yang akan dicoba.

Sebaiknya cukup mencoba beberapa saja, sesuaikan saja dengan budget dan waktu liburanmu. Selain itu paskan juga dengan suasana yang kamu inginkan. Misalkan saja kamu dan rombongan ingin makan dengan suasana malam yang ramai dan akrab, maka kaki lima dan street food Balikpapan adalah pilihan yang tepat untuk kulineranmu. Nah, bagaimana sudah sipa liburan ke Balikpapan dman merasakan sensasi kuliner kepiting jumbonya yang enak atau macaw yang disantap dengan sapi lada hitam dan kopi hitam yang masih panas. Jangan lupa sebelum pulang sempatkan pula membeli oleh-oleh untuk orang rumah ya. Selamat liburan.