Kalimantan Selatan

5 Tempat Belanja di Banjarmasin yang Wajib Anda Kunjungi

Tidak perlu bingung dimana berbelanja saat di Banjarmasin, karena sudah ada 5 rekomendasi tempat belanja populer yang bisa Anda kunjungi.

Banjarmasin termasuk salah satu kota metropolitan yang kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Selain mengunjungi berbagai destinasi tempat wisata ataupun sekedar berburu kuliner lezat, sempatkan diri mendatangi beberapa tempat berbelanja populer untuk membeli beberapa kebutuhan. Berikut rekomendasi mall serta tempat belanja di Banjarmasin yang wajib dikunjungi untuk mendapatkan buah tangan terbaik.

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan

Image Credit: Befren.com

Saat mendengar kata tempat berbelanja, umumnya orang akan menjawab pasar tradisional ataupun mall yang umumnya berada di daratan. Jawaban masyarakat Banjarmasin sedikit berbeda, lantaran mereka memiliki Pasar Terapung yang sudah terkenal sebagai pusat perbelanjaan populer sejak bertahun tahun silam. Hanya dari namanya saja, Anda pasti bisa menggambarkan bagaimana para pedagang menjajakan daganganya.

Para pedagang berjualan dengan cara menaiki kapal kecil yang tampak memanjang dan diisi dengan aneka macam sayuran ataupun buah buahan. Jika penasaran dengan pasar unik dan legendaris ini, Anda bisa menemukan salah satunya di Sungai Martapura. Selain uniknya pemilihan lokasi berdagang, ternyata cara berjualannya pun cukup unik. Pasalnya proses jual beli hingga pembayarannya sendiri dilakukan di atas perahu.

Umumnya para pedagang ini menjajakan hasil bumi dan perkebunan yang kemudian dibawa penduduk sekitar dari hulu. Contohnya saja seperti aneka sayuran, buah buahan, bahkan aneka kue tradisional bisa ditemukan disini. Agar lebih memudahkan, perahu pun dijadikan sebagai alat transportasi sekaligus tempat berdagang terbaik. Berdasarkan informasi yang telah didapatkan, setidaknya ada sekitar 70 hingga 100 perahu pedagang setiap harinya siap menyambut pembelinya.

Jika diperhatikan seksama, mungkin Anda bisa menyadari jika para pedagang didominasi oleh para wanita yang mengenakan penutup kepala yang diberi nama tanggui. Bukan tanpa alasan, pasalnya para pria umumnya pergi bertani sebelum fajar menyapa bumi sehingga para wanita yang berperan membantu menjajakan hasilnya. Inilah alasan mengapa lebih banyak ditemukan pedagang wanita dibandingkan pria.

Sudah ada sejak Zaman Kesultanan Banjar, membuat Pasar Terapung dijuluki sebagai pasar legendaris yang pernah ada. Hebatnya lagi, kepopulerannya seakan tidak pernah surut dimakan usia, mengingat banyaknya tempat berbelanja baru tumbuh subur di Banjarmasin. Apabila tertarik membeli kebutuhan di pasar ini, dianjurkan pergi sebelum matahari sebagai salah satu tips terbaik yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Banjarmasin Paling Enak & Murah

Apabila menggunakan perahu kelotok dan bertolak dari kota Banjarmasin, setidaknya perjalanan akan ditempuh dalam waktu sekitar 40 menitan untuk bisa sampai di lokasi pasar berada. Sedangkan Pasar Terapung sendiri, sudah mulai beroperasi sejak pukul 6 pagi hingga sekitar 8 pagi saja. Dengan berangkat lebih pagi, Anda tidak akan saling berebut mendapatkan sayuran terbaik dan tidak saling bertabrakan dengan perahu lainnya.

Lokasi: Jl. Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Kab. Banjar.

2. Duta Mall Banjarmasin

Duta Mall Banjarmasin

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Puas berbelanja di pasar tradisional, mari kita sedikit bergeser ke tempat berbelanja modern sebentar. Hanya dengan melihat bangunannya yang tampak menjulang tinggi dan luas ini, Anda pasti sudah mengetahui bahwa Mall populer satu ini adalalah Mall terbesar yang ada di Kalimantan Selatan. Sejak diresmikan pada tanggal 7 Juli 2007 lalu, tempat ini seakan tidak pernah sepi pengunjung.

Kepopuleran yang didapatkan bukanlah sekedar karena bangunannya yang megah, namun juga dari lengkapnya fasilitas yang diberikan dirasa mampu menghadirkan rasa nyaman dan aman saat berbelanja ataupun sekedar berjalan jalan santai bersama kerabat. Disini bukan hanya difungsikan sebagai tempat berbelaja layaknya Mall pada umumnya, namun disini Anda bisa menemukan Hotel dan Trade Center untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Hadir dengan 4 lantai dan sekitar 300 tenant di dalamnya, tempat berbelanja populer ini tampak seperti surga bagi mereka yang hendak memanjakan mata. Dikatakan demikian karena pengunjung bisa menemukan aneka tenant yang menawarkan kuliner lezat, aneka fashion kekinian dengan model terbaru, hingga tersedianya pusat hiburan khusus yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Adapun beberapa fasilitas lainnya bisa ditemukan seperti masjid, ruang khusus bagi ibu menyusui, SIM Corner, ATM Center, serta hotel berbintang telah tersedia disini. Semua kebebutuhan seakan tersedia dalam satu tempat, tidak heran jika Mall terbesar ini wajib dikunjungi masyarakat sekitar maupun wisatawan yang memang sengaja datang dari jauh untuk berbelanja kebutuhannya.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Pantai Teluk Tamiang di Kotabaru

Lokasi: Jl. A. Yani No.98, Melayu, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

3. Wadai Banjar

Wadai Banjar

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Berkunjung ke kota Banjarmasin, rasanya kurang afdol sebelum mencicipi aneka kuliner lezatnya mulai dari makanan berat hingga jajanan tradisionalnya sekalipun. Apabila ingin mencoba aneka jajanan tradisional, tampaknya mengunjungi Wadai Banjar bisa menjadi keputusan tepat. Benar, Wadai Banjar bisa disebut sebagai surganya berburu aneka kue khas Banjar yang cukup lengkap dan memiliki rasa yang begitu lezat di mulut.

Kue Wadai masuk ke dalam rekomendasi jajanan yang wajib dibeli ketika berada di tempat berbelanja satu ini. Bukan hanya karena kepopulerannya semata, namun karena rasanya yang lezat siap menggoyang lidah. Kue Wadai sebenarnya semacam kue basah yang terbuat dari campuran tepung terigu serta santan kental, lalu dapat dimodifikasi dari campuran beberapa bahan lainnya hingga rasa dan tampilannya begitu menggugah selera.

Perpaduan dari rasa manis yang pas, tekturnya yang lembut, namun juga gurih dalam satu waktu dirasa cukup menjadi alasan kuat mengapa masyarakat begitu menggemari jajanan tradisional satu ini. Cukup satu gigitan saja, siapapun yang mencobanya akan dibuat jatuh cinta dengan rasanya yang unik dan lezat.  Selain Kue Wadai, masih banyak jajanan jenis lainnya seperti aneka jenis wadai lainnya hingga binka yang tidak kalah sedap untuk dicoba.

Selain terkenal sebagai surganya berburu jajanan tradisional, para pengunjung dimanjakan dengan pesona alam sekitarnya yang cantik. Untuk bisa sampai di lokasi wisata kuliner ini, Anda harus menyusuri sungai Martapura terlebih dahulu yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Perahu tidak hanya mengantarkan penumpangnya ke tempat tujuan, sebab pengunjung seakan diajak berkeliling sekitar kota selama perjalanan berlangsung.

Lokasi: Jl. A. Yani KM.2 No 83A, Sungai Baru, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

4. Toko Oleh-Oleh Andalas

Toko Oleh-Oleh Andalas

Image Credit: Bp-guide.id

Berkunjung ke Banjarmasin, rasanya belum lega tanpa membawa buah tangan sedikitpun. Jika Anda ingin membawa buah tangan berupa aneka makanan khas Banjar, maka Toko Oleh Oleh Andalas bisa diandalkan. Seperti yang bisa ditebak, disini pengunjung bisa menemukan aneka jajanan lezat khas Kalimantan Selatan dengan harga bersahabat. Mulai dari kue kering, kue basah, hingga souvenir menggemaskan tersedia cukup lengkap.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Terhits Dikunjungi

Souvenir seperti apa yang terbaik untuk dijadikan sebagai buah tangan dari Banjarmasin ? Sebagai wilayah yang terkenal mampu memproduksi berbagai jenis permata, maka souvenir seperti gelang maupun kalung yang dihiasi batu permata bisa menjadi buah tangan terbaik yang pernah diberikan. Tidak perlu takut isi kantong akan ludes seketika, sebab semua permata ditawarkan dengan harga bersahabat dibandingkan ketika membeli di tempat lainnya.

Berikan fasilitas serta pelayanan lengkap demi kenyamanan dan keamanan pengunjung, merupakan salah satu alasan mengapa tempat ini begitu populer. Fasilitas dan pelayanan yang diberikan terbaiknya berupa area tokonya yang luas dan megah, kebersihan terjaga, area parkir yang lapang sehingga tidak perlu kesulitan memarkirkan kendaraan pribadi, tukang parkir ramah dan sigap membantu pengunjung.

Beroperasi hingga pukul 9 malam, bahkan jangan heran jika menjelang waktu tutup toko tersebut masih dipadati pengunjung silih berganti. Ditambah lagi dengan pelayannya yang sigap dan ramah meski jam kerja seakan tidak pernah berkurang, mereka tetap profesional dengan mengedepankan sopan santun. Berkat pelayanan memuaskan inilah, tidak perlu dipertanyakan kembali kenapa tempat ini begitu diburu pengunjung setiap harinya.

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan No.12, RT.22, Pasar Lama, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

5. Pasar Tungging Banjarmasin

Pasar Tungging Banjarmasin

Image Credit: Anangrulwar.blogspot.com

Pasar Tungging Banjarmasin termasuk salah satu pasar populer yang banyak dikunjungi pengunjung. Layaknya pasar pada umumnya, pada pedagang akan menjajakan dagangannya di pinggir jalan menunggu hingga ada pembeli yang mendatanginya. Sedangkan nama tungging sendiri diberikan, lantaran pada pembeli harus menungging setiap kali membeli kebutuhannya. Namun lokasi pasar populer ini telah dialokasikan sehingga pengunjung tidak perlu menungging lagi.

Lokasi: Jl. Belitung Darat No.43, Kuin Cerucuk, Kec. Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin.

Sebagai kota yang banyak dikunjungi wisatawan, wajar saja jika Banjarmasin menyimpan beberapa tempat belanja seru untuk dikunjungi. Pasar Terapung misalnya, dimana tempat berbelanja tradisional ini selalu ramai pengunjung tampak silih berganti tiada henti. Ada pula toko khas oleh oleh yang bisa dijadikan tempat terbaik berburu buah tangan hingga sebuah Mall yang siap memenuhi segala kebutuhan para pengunjungnya.