Kalimantan Timur

Telaga Permai Batu Besaung, Wisata Alam Tersembunyi di Samarinda

Bertandang ke Samarinda, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan emas untuk mengunjungi Telaga Permai Batu Besaung. Sajikan pesona alam yang begitu menyejukkan, siapapun yang berkunjung dibuat jatuh hati sejak pertama kali melihatnya.

Lokasi: Desa Sempaja, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.
Map: Cek Lokasi

Keindahan alam yang dimiliki Indonesia tidak pernah habis untuk dikulik, salah satunya ditorehkan pada Telaga Permai Batu Besaung di Samarinda. Wisata alam satu ini tidak hanya menyajikan pesona alam yang masih asri semata, namun pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas menarik selagi berada di kawasan wisatanya. Untuk mengenalnya lebih dekat, simak ulasan berikut.

Daya Tarik Utama Telaga Permai Batu Besaung

Daya Tarik Permai Batu Besaung

Image Credit: Facebook.com @skyradiobanjarmasin893fm

Telaga ini masuk sebagai salah satu destinasi wisata alam di Samarinda yang sayang untuk dilewatkan. Bukan tanpa alasan, sebab disini pengunjung akan disuguhkan dengan air terjun berukuran cukup besar yang tersebar di beberapa titik. Selagi berada disana, banyak wisatawan yang tidak pernah absen mengunjungi telaga yang berada tidak jauh dari lokasi wisata.

Telaga cantik tersebut berada tepat di bawah air terjunnya, sehingga sudah bisa dibayangkan betapa segarnya air yang disuguhkannya. Telaga tersebut dapat ditemukan di beberapa titik, mengingat air terjunnya sendiri terpecah menjadi beberapa bagian. Air terjun ini tampak terpecah belah, karena airnya terbentur ke permukaan tanah hingga menciptakan telaga.

Jika diperhatikan, telaga pada umumnya memiliki kedalaman relatif dangkal dan mudah ditembus oleh sinar matahari hingga ke bagian dasar telaganya. Namun tidak dengan telaga cantik satu ini, mengingat telaganya sendiri terbentuk akibat gerusan dari hantaman air yang meluncur dari ketinggian tertentu.

Sesuai dengan perkiraan Anda, telaga satu ini cukup sulit ditembus oleh sinar matahari meski telaganya relatif dangkal. Sedangkan hantaman airnya yang cukup deras, membuat pasir di bawah telaga berhamburan dan bercampur menjadi satu kesatuan dengan airnya. Inilah alasan mengapa air telaganya tidak terlalu jernih seperti telaga pada umumnya.

Daya Tarik Telaga Permai Batu Besaung

Image Credit: Twitter.com @cnt_travel

Meski airnya tidak sejernih telaga pada umumnya, bukan berarti wisata satu ini tidak layak dikunjungi. Sebab air yang meluncur dari ketinggian tersebut terasa menyegarkan, sehingga banyak wisatawan tertarik berendam di telaga tersebut untuk mengembalikan semangat. Selagi asyik berendam santai, Anda bisa menikmati pepohonan rindang yang menghiasi sekitar telaga.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kutai Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kawasan wisatanya yang dihiasi dengan pepohonan rindang, membuatnya cocok dijadikan sebagai bumi perkemahan bagi para pecinta alam. Menyadari hal tersebut, bahkan pihak pengelola telah menyiapkan area khusus untuk berkemah demi memanjakan para pengunjungnya. Sehingga tidak mengherankan jika ditemukan sejumlah tenda tampak berdiri di sekitar kawasan wisatanya.

Wisatawan juga diberikan kesempatan untuk lebih dekat dengan alamnya, dengan cara mendirikan tenda di sekitar aliran sungainya. Tidak perlu takut air akan masuk ke dalam tenda ataupun hanyut terbawa derasnya air, sebab sungai tersebut tidak terlalu dalam sehingga sangat aman dijadikan sebagai lahan berkemah terbaik.

Telaga Permai Batu Besaung adalah tempat terbaik bagi mereka yang membutuhkan ketenangan dan kenyamanan, karena lokasi wisatanya sendiri jauh dari hiruk pikuk khas perkotaan. Ditambah lagi dengan kesejukan yang ditawarkannya, membuat siapapun merasa betah berada disana bahkan hanya duduk manis di sekitar guyuran air terjunnya.

Alamat dan Rute Menuju Telaga Permai Batu Besaung

Alamat Telaga Permai Batu Besaung

Image Credit: Instagram.com @dsm0nd.r26

Apakah Anda tertarik mengunjunginya dalam waktu dekat ini ? Sebaiknya langsung meluncur ke Desa Sempaja, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Apabila bertolak dari kota Samarinda, setidaknya Anda harus menempuh perjalanan sekitar 15 km untuk bisa sampai di kawasan wisatanya. Beruntungnya medan menuju lokasi wisata terbilang cukup mulus karena sudah diaspal.

Karena medan menuju lokasi wisata sudah cukup mulus, pengunjung bisa meraihnya dengan mengandalkan kendaraan umum atau mengendarai kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat tanpa ditemukan masalah. Selama perjalanan menuju lokasi wisatanya, sepanjang mata memandang akan dimanjakan dengan pepohonan rindang dan sejuk terasa.

Tidak terlalu sulit untuk menemukannya, mengingat destinasi wisata satu ini cukup tersohor hingga dikenal oleh masyarakat luar daerah Samarinda. Jika kesulitan menemukan lokasinya, jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan kepada warga sekitar atau memanfaatkan aplikasi canggih yang terinstall pada smartphone kesayangan.

Harga Tiket Masuk Telaga Permai Batu Besaung

Harga Tiket Telaga Permai Batu Besaung

Image Credit: Facebook.com @jalan2com

Berlibur Telaga Permai Batu Besaung tidak akan menguras isi dompet Anda. Sebab pihak pengelola hanya menarik tiket masuk sekitar 5 ribuan saja per orangnya. Dengan harga tiket tersebut, pesona keindahannya sudah bisa dipandang hingga puas. Bahkan wisatawan sudah bisa berkemah santai disana dengan harga yang cukup terjangkau.

Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, umumnya akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya membawa persediaan uang sedikit lebih banyak sebagai langkah pencegahan jika terjadi pengeluaran mendadak. Namun perlu diingat bahwa harga tiket masuknya dapat berubah kapanpun.

BACA JUGA:  2 Rumah Adat Khas Kalimantan Timur

Apabila takut kehabisan dana di tengah perjalanan dan tidak bisa memasuki wisata, dianjurkan membawa sejumlah dana namun tidak berlebihan. Untuk menekan pengeluaran, tidak ada salahnya membawa perbekalan dari rumah dan disesuaikan dengan kebutuhan. Cara ini dilakukan sebagai langkah pencegahan agar tidak membeli sesuatu yang tidak terlalu diperlukan.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Telaga Permai Batu Besaung

Aktivitas di Telaga Permai Batu Besaung

Image Credit: Facebook.com @modern.samarinda

Anda tidak akan pernah menyesal telah berkunjung ke Telaga Permai Batu Besaung, karena ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu berlibur. Mencoba berendam di dalam telaga, adalah satu dari sekian banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan disana. Sebab di sekitar telaganya ditumbuhi aneka pepohonan rindang tampak tumbuh subur.

Berkat kehadiran pepohonan tersebut, kawasan di sekitar telaga tidak hanya terasa teduh namun juga menenangkan. Sedangkan guyuran airnya berhasil membuat pikiran menjadi lebih jernih dan tubuh terasa lebih segar. Cukup bersantai di telaga tersebut selama beberapa menit saja, wajah yang awalnya muram akan kembali ceria seperti biasanya.

Aktivitas seru yang tidak kalah menarik dilakukan yaitu berkemah di sekitar kawasan wisatanya. Namun pastikan untuk tidak meninggalkan jejak berupa sampah ataupun mengotori kawasan wisatanya. Bahkan pihak pengelola menyediakan tempat khusus untuk mendirikan tenda, sehingga acara bermalam pun menjadi lebih nyaman.

Selagi bermalam disana, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya mulai dari menyalakan api unggun hingga bersenandung diiringi dengan petikan gitar. Agar acara berkemah semakin menyenangkan jika berkunjung secara rombongan. Dijamin hari libur Anda akan menggoreskan kenangan baru tak terlupakan.

Selagi menikmati acara bermalam di dalam hutan, Anda bisa memandang langit luas yang dihiasi dengan taburan bintang bersinar terang. Suasana semakin damai terasa berkat deburan airnya yang terdengar stabil tanpa jedah. Inilah alasan kuat mengapa Telaga Permai Besaung cocok bagi mereka yang mencari ketenangan.

Penginapan Terdekat dari Telaga Permai Batu Besaung

Penginapan Telaga Permai Batu Besaung

Image Credit: Booking.com

Berkunjung ke Samarinda rasanya kurang puas jika hanya dilakukan seharian penuh saja, mengingat kota satu ini menyimpan segudang wisata menarik untuk dikunjungi di keesokan harinya. Menyadari hal tersebut, banyak wisatawan dari luar daerah yang memilih bermalam selama beberapa hari sebagai alternatif terbaiknya.

BACA JUGA:  Planetarium Jagad Raya, Rumah Alam Semesta Tenggarong

Beruntungnya wisatawan dapat menemukan sejumlah tempat bermalam yang dilengkapi dengan fasilitas cukup lengkap. Pelayanan yang diberikan pun cukup memuaskan, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan budget. Bermalam di tempat penginapan memang menggiurkan, namun tidak ada salahnya mencoba berkemah di kawasan Teluk Permai Batu Besaung.

Berkemah masuk ke dalam agenda menarik untuk mengisi waktu libur Anda. Bahkan pihak pengelola menyiapkan area berkemah khusus di sekitar area hutannya. Cara ini bisa menjadi alternatif terbaik terutama bagi mereka yang ingin lebih dekat dengan alam. Saat malam tiba, langit tampak cantik berkat taburan bintang tampak menghiasi galaxy.

Pengunjung dijamin betah berkemah di kawasan wisatanya, karena gemericik air yang bersumber dari air terjunnya berhasil memberikan kesan nyaman dan menghadirkan ketenangan. Ketika berkemah disana, Anda bisa menyaksikan fajar terbit dari ufuk timur yang begitu menawan. Namun pastikan untuk tidak meninggalkan sampah sedikitpun agar kondisi alamnya tetap terjaga.

Fasilitas yang Tersedia di Telaga Permai Batu Besaung

Fasilitas Telaga Permai Batu Besaung

Image Credit: Facebook.com @sbisamarinda

Layaknya wisata alam populer lainnya, disini pengunjung akan dimanjakan dengan sejumlah fasilitas untuk memenuhi kebutuhan harian. Bahkan salah satu fasilitasnya sudah ditemukan berada dekat dengan pintu masuknya. Disana Anda bisa menemukan sebuah gedung pusat yang dimiliki oleh Pengelola Telaga Permai Batu Besaung.

Tidak jauh dari gedung tersebut, terdapat area khusus parkir yang cukup luas dan tekstur tanah sudah rata karena diaspal bak berada di jalanan perkotaan. Berkat fasilitas tersebut, pengunjung yang datang dari jauh dapat memarkirkan kendaraannya tanpa merasa khawatir. Wajar saja jika wisata alam satu ini begitu diminati wisatawan dari berbagai daerah.

Tersedianya lahan khusus untuk berkemah, merupakan salah satu fasilitas lainnya yang banyak diunggulkan. Area berkemah tersebut berada di kawasan hutan yang tidak jauh dari air terjun, sehingga pengujung masih bisa menikmati suara guyuran airnya yang terdengar menenangkan. Wajar jika destinasi wisata satu ini tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya.

Wisata alam berupa air terjun merupakan salah satu tempat terbaik untuk melepaskan lelah, tidak terkecuali telaga cantik yang ada di Samarinda satu ini. Kondisi alamnya yang asri, membuat nuansa di sekitarnya terasa sejuk dan menenangkan. Sedangkan bagi wisatawan yang tertarik lebih dekat dengan alamnya, diperbolehkan untuk berkemah di sekitar kawasan wisata Telaga Permai Batu Besaung.