Kalimantan Timur

Taman Wisata Graha Mangrove, Taman Paling Recommended di Bontang

Bontang menyuguhkan destinasi wisata menarik Taman Wisata Graha Mangrove. Taman yang memiliki sekitar 89 jenis mangrove dan diantaranya terdapat 2 tumbuhan langka.

Lokasi: Jl. Gunung Binaya No.6, Gunung Elai, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.
Map: Cek Lokasi

Berlibur ke Kalimantan Timur tak lengkap bila tidak menjelajahi keindahan alam dari kota Bontang. Kota satu ini memiliki sederet wisata alam yang sangat memanjakan mata, salah satunya kawasan hutan lindung mangrove yang baru saja diresmikan. Lokasinya cukup mudah diakses, sehingga jadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh warga sekitar. Tak hanya masyarakat Bontang, wisata satu ini mampu menarik minat wisatawan dari luar kota.

Daya Tarik yang Ditawarkan Taman Graha Mangrove

Daya Tarik Taman Graha Mangrove

Image Credit: Pikniktoday.com

Daya tarik utama yang disuguhkan kepada para pengunjung, tentu saja keanekaragaman pohon mangrove. Terdapat sekitar 89 jenis mangrove yang tumbuh di wilayah Indonesia, bahkan terdapat dua jenis mangrove yang langka. Kelangkaan pohon ini dapat tumbuh di wilayah Bontang dengan sangat baik. Tentu bukan tanpa perawatan, pohon yang sulit ditemukan ini telah dirawat sangat baik agar dapat beradaptasi dan tumbuh secara subur.

Destinasi wisata yang mengunggulkan sektor flora ini tak hanya mengembangkan wisata dengan satu jenis daya tarik saja. Anda dapat menikmati arena fauna sebagai sarana edukasi anak anak, yaitu dengan adanya iguana dan musang yang dipelihara dengan baik. Terdapat kandang khusus untuk dua jenis hewan ini, sehingga para pengunjung bisa melihatnya dari jarak dekat. Tentu saja hewan ini mampu menarik minat banyak wisatawan untuk datang ke tempat ini.

Keunikan lainnya, seperti halnya kawasan wisata di Kalimantan yang dibangun di atas wilayah perairan. Kawasan Taman Wisata Graha Mangrove ini memakai kayu ulin sebagai jembatan di sepanjang taman wisata. Anda bisa berjalan di atas perairan dengan sangat aman dan nyaman karena kayu ulin ini kuat. Kekuatan bahan satu ini sudah tak perlu Anda ragukan lagi karena telah terbukti di beberapa tempat lainnya yang memakai bahan serupa.

Jembatan di kawasan ini dibuat dengan sedemikian rupa agar wisatawan yang datang tidak mengalami insiden yang menyebabkan cedera. Selain aman, jembatan juga dibangun dengan sangat estetik sebagai salah satu daya tarik spot swafoto. Para pengunjung bisa berjalan sembari mengambil gambar dengan ponsel pintar di tangan. Dengan begitu, liburan kali ini akan terasa lebih berkesan karena adanya potret yang terabadikan bersama orang terkasih.

BACA JUGA:  Intip Keindahan Alam Bukit Biru Tenggarong yang Masih Asri

Telah disebutkan sebelumnya bahwa bahan yang dipakai untuk membangun jembatan dari kayu ulin. Kayu ini dipilih selain kuat, juga bertujuan untuk menjaga ekosistem dibawah laut. Bahan ini berasal dari alam, sehingga sangat aman dipakai untuk konstruksi bangunan. Ternyata kawasan ini tak hanya memakai kayu sebagai konstruksi jembatan, tetapi juga untuk tugu selamat datang dan panggung adat yang diletakkan di area depan tempat wisata.

Rute dan Harga Tiket Masuk Taman Wisata Graha Mangrove

Rute Taman Wisata Graha Mangrove

Image Credit: Google Maps (Ekajati Widarmo)

Banyak yang belum mengetahui lokasi tepat dari destinasi wisata satu ini. Taman Wisata Graha Mangrove ini berada di jalan Gunung Binaya nomor 6 Bontang Utara. Alamat yang menaungi tempat wisata ini memang sulit dicari karena berada di dalam kawasan suatu perumahan. Perumahan Bumi Sekatup Damai adalah jalan masuk menuju hutan lindung ini. Tak heran, lokasi ini juga dikenal dengan nama Hutan Lindung Mangrove BSD Bontang.

Untuk para wisatawan dari luar kota Bontang, Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar untuk menunjukkan arah menuju perumahan BSD. Lokasi ini jauh lebih mudah dicari, daripada memakai alamat tepat taman wisata mangrove ini. Para pengunjung bisa datang dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Akses menuju destinasi wisata cukup mudah dilalui karena masuk ke perumahan elit yang ada di Bontang Utara.

Para pengunjung yang datang ke tempat ini akan dikenai biaya yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 7.500 hingga 10 ribu rupiah. Kenaikan harga hanya berlaku di saat libur panjang atau akhir pekan. Selain itu harga normal baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Jam buka destinasi wisata ini mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam. Oleh sebab itu, sering kali dijadikan sebagai tempat menikmati sunset terbaik.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Graha Mangrove

Aktivitas di Graha Mangrove

Image Credit: Google Maps (Rini Mulyaningsih)

Diklaim sebagai kawasan wisata dan edukasi, taman Wisata Graha Mangrove ini menjadi destinasi yang tepat untuk liburan bersama keluarga. Anda bisa mengajak anak anak untuk belajar seputar tumbuhan mangrove yang ada di tempat ini. Terdapat beberapa jenis yang langka dan sulit untuk dikembangbiakkan. Jumlahnya sangat terbatas, bahkan di tempat wisata lainnya belum tentu ditemukan tumbuhan serupa.

BACA JUGA:  Lembah Hijau Lestari, Objek Wisata Taman Bunga di Bontang

Para pengunjung tak hanya disuguhi keindahan wisata mangrove, tetapi juga beberapa jenis hewan. Terdapat iguana dan musang yang telah diletakkan di dalam kandang yang terpisah. Anak anak dapat melihat dari dekat hewan tersebut beserta penjelasan singkat dari para penjaga wisata. Selain kedua hewan, Anda masih disuguhi bekantan dan burung kuntul yang tidak bisa ditemukan di sembarang tempat. Di area ini disediakan rumah pemantauan agar populasinya terjaga.

Selain melihat penangkaran hewan dan menikmati asrinya alam sekitar, Anda juga bisa berkeliling hutan mangrove dengan perahu. Telah tersedia perahu dayung yang mampu menampung sekitar 10 orang. Kapal ini melayani penyewaan untuk berkeliling dan melihat hutan mangrove dari jarak dekat. Para wisatawan akan diajak berkeliling selama kurang lebih 1 jam untuk mengitari lokasi yang cukup luas ini melalui wilayah perairan.

Para penggemar mancing mania bisa memancing hingga puas karena telah tersedia kolam pancing. Kolam ini memiliki beberapa jenis ikan yang dapat Anda tangkap dengan alat pancing beserta umpannya. Tak perlu repot membawa alatnya dari rumah, karena tempat wisata ini telah menyediakan penyewaan alat pancing yang sangat lengkap. Anda hanya perlu membayar dengan harga yang terjangkau untuk menangkap ikan dan dibawa pulang.

Bagi para pecinta watersport, Anda bisa menjajal berkeliling wilayah perairan sambil menantang adrenalin. Caranya sangat mudah, yaitu menyewa banana boat yang mampu menampung sekitar 5 sampai 6 orang. Anda akan dilengkapi peralatan lengkap seperti alat pelampung dan pemandu. Banana boat akan dihubungkan dengan speed boat yang akan membawa Anda hingga ke tengah laut, sembari menikmati sensasi seakan terbang lalu terjatuh di laut.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Graha Mangrove

Fasilitas Taman Graha Mangrove

Image Credit: Google Maps (Rudy Sidharta)

Fasilitas pertama yang tersedia untuk para wisatawan lokasi wisata yang luas, sehingga bisa berjalan jalan hingga puas. Anda bisa berjalan jalan di atas jembatan kayu ulin sembari menikmati semilir angin khas laut lepas. Kawasan ini tak akan terasa panas karena banyak tumbuhan dari hutan mangrove yang akan menghasilkan oksigen. Anda akan merasa sangat nyaman berjalan jalan menikmati liburan singkat yang tetap akan terasa berkesan.

Tersedia berbagai spot foto yang sangat menarik sebagai latar belakang swafoto Anda. Mulai dari jembatan ulin yang klasik hingga beberapa spot foto ikonik. Anda juga akan disuguhi salah satu spot lengkap dengan payung gantung berwarna warni. Lokasi ini sering kali jadi lokasi foto para wisatawan, sehingga Anda tak boleh melewatkannya. Selain payung gantung Anda juga bisa berfoto di tempat duduk yang dihiasi berwarna warni membuatnya semakin ikonik.

BACA JUGA:  Taman Cibodas Bontang, Destinasi Wisata Favorit Keluarga

Fasilitas lainnya yang membuat pengunjung lebih nyaman, yaitu banyaknya gazebo yang dibangun di atas wilayah perairan juga. Terdapat sekitar 60 gazebo yang dibangun khusus untuk para pengunjung, tetapi Anda juga bisa tidak dapat tempat di saat pengunjung membludak. Setelah lelah berjalan jalan, banyak orang yang memutuskan untuk beristirahat di lokasi ini sembari menikmati camilan yang dibawa dari rumah.

Bagi para pecinta aktivitas air yang menantang, lokasi wisata ini juga menyediakan speed boat dan banana boat untuk disewakan. Anda bisa menyewanya dengan rombongan yang berjumlah sekitar 5 sampai 6 orang. Tak hanya itu, ada pula motor laut dan perahu dayung yang bisa dipakai untuk berkeliling sekitar hutan mangrove. Selain itu, terdapat pula kolam pancing untuk pecinta mancing mania yang ingin menangkap ikan hasil laut dari lokasi wisata ini.

Tak lupa tersedia pula wisata kuliner untuk para pengunjung yang ingin menjajal cita rasa masakan khas kota Bontang. Salah satu daerah di Kalimantan Timur ini memiliki makanan khas yang wajib Anda coba. Cafetaria ini menyediakan beberapa jenis makanan dan tentu saja minuman dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu, Anda tak perlu membawa makanan dari rumah sebagai santapan makan siang di taman Wisata Graha Mangrove ini.

Pemerintah Kota Bontang merencanakan Hutan Lindung Mangrove ini memiliki kawasan edukasi yang lebih banyak. Salah satu caranya dengan membangun perpustakaan yang didominasi dengan buku seputar flora dan fauna. Yang menarik, fasilitas serta keragaman buku di tempat ini nantinya akan semakin diperkaya. Dengan harapan, para pengunjung dapar belajar dari wisata edukasi ini secara lebih optimal.

Kota Bontang tak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang ada di pusat kota, sebab di Bontang Utara sendiri sudah ada taman wisata mangrove yang tak kalah menarik. Anda bisa berlibur sambil belajar terkait flora dan fauna yang cukup banyak di sini. Bahkan terdapat beberapa jenis flora langka yang tidak bisa ditemukan di tempat wisata lainnya. Para pengunjung juga bisa menantang adrenalin dengan aktivitas water sport yang tersedia.