Kalimantan Timur

Taman Tanjung Laut, Tempat Refreshing Bikin Betah di Bontang

Tak hanya refreshing, Taman Tanjung Laut di Bontang juga diperuntukkan bagi yang ingin olahraga dan bermain. Tersedia berbagai fasilitas umum, termasuk wifi gratis dengan radius 200 meter untuk mewujudkan Bontang sebagai Kota Cerdas.

Lokasi: Jl. Jend. Soedirman No.69, Tanjung Laut, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.
Map: Cek Lokasi

Bontang adalah salah satu kota di Kalimantan Timur yang menjadi kawasan pariwisata dan industri. Tak heran, banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi salah satunya taman kota yang menjadi area bermain dan olahraga. Tempat ini merupakan program pemerintah provinsi yang diserahkan kepada pemerintah kota Bontang. Tujuan utama dari taman kota ini jadi salah satu fasilitas untuk aktivitas masyarakat dan komunitas. Yuk intip ulasan Taman Tanjung Laut berikut ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Taman Kota Tanjung Laut

Daya Tarik Taman Kota Tanjung Laut

Image Credit: Google Maps (Iwan Rahady)

Ruang terbuka satu ini memiliki daya tarik utama, yaitu jogging track yang memfasilitasi masyarakat sekitar untuk selalu hidup sehat. Anda bisa berkunjung ke kawasan di Tanjung laut untuk sekadar olahraga ringan, yaitu lari pagi atau sore hari. Dengan begitu, tubuh akan terasa bugar dan tak ada penyakit yang mengintai. Selain olahraga, Anda juga juga harus mengimbanginya dengan makan makanan yang bergizi agar kebutuhan harian terpenuhi.

Tak hanya jogging track, pemerintah kota juga memfasilitasi area tersebut dengan taman bermain yang cocok untuk anak anak. Kawasan ini tak hanya untuk orang dewasa, tapi juga bisa dipakai oleh anak anak. Putra putri Anda bisa bermain jungkat jungkit, seluncuran, ayunan, dan lain lain. Yang menarik, anak anak dapat bermain dengan teman sebaya di satu lokasi yang sama sehingga tidak lagi berkutat dengan tugas sekolah atau ponsel pintar di rumah.

Sebagai fasilitas umum, pemerintah kota juga harus menanam banyak pohon di area sekitar agar pasokan oksigen melimpah. Dengan begitu, Anda yang berolahraga di tempat ini pun akan merasa nyaman. Yang tidak kalah penting, tumbuhan di sekitar taman juga dapat dipakai sebagai peneduh bagi mereka yang ingin duduk di bawah pohon. Dengan begitu, Anda bisa merasakan semilir angin yang sangat sejuk dan mengurangi polusi di udara.

Area ini sangat cocok untuk Anda yang ingin olahraga, tetapi juga cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu di sore hari. Pasalnya, pengelola taman juga telah menyediakan beberapa tempat duduk di tengah taman. Anda bisa berkunjung ke tempat ini bersama teman, pasangan, atau bahkan keluarga. Lalu duduk di tempat yang telah tersedia untuk sekadar berbincang atau menghabiskan waktu bersama hingga matahari terbenam di ufuk barat.

BACA JUGA:  Keseruan Bermain Air di Taman Rekreasi Lembah Hijau Samarinda

Yang membuat taman ini ramai dikunjungi yaitu wifi gratis dengan akses yang cukup mudah. Radius 200 meter dari taman Anda bisa mengakses wifi untuk berbagai hal yang positif. Dalam rangka mewujudkan Bontang sebagai kota cerdas, pemerintah mengajak warganya untuk menggunakan internet secara bijak. Oleh sebab itu, Anda bisa memakai fasilitas publik ini untuk mengakses berbagai informasi yang bermanfaat seperti edukasi atau informasi umum lainnya.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan Pengunjung di Taman Kota

Aktivitas di Taman Kota

Image Credit: Klikkaltim.com

Aktivitas utama yang banyak dilakukan oleh pengunjung, yaitu olahraga di jogging track yang telah tersedia. Olahraga lari memang jauh lebih mudah dan terjangkau, sehingga cukup diminati banyak orang. Tak hanya muda mudi, Anda akan melihat banyak orang dengan rentang usia yang beragam lari pagi atau sore di tempat ini. Jogging track ini memudahkan Anda dalam berlari karena tidak akan bertabrakan dengan orang lain, sehingga olahraga pun lebih nyaman.

Tak hanya dijadikan sebagai area olahraga, anak anak sering kali berjanjian di tempat ini untuk bermain bersama. Saat sore hari, Anda bisa mengajak anak anak untuk menikmati aktivitas di luar rumah bersama teman sebaya. Di lokasi tersebut, putra putri Anda juga dapat bertemu teman baru sehingga melatih kemampuan sosialnya. Selain kemampuan sosial, aktivitas di luar rumah juga dapat membuatnya lebih sehat karena terpapar sinar matahari.

Bagi siswa siswi yang memerlukan akses internet secara gratis, Anda juga bisa pergi ke tempat ini. Beberapa orang justru mengakses informasi melalui tempat ini untuk berbagai hal, seperti tugas atau kebutuhan lainnya. Tak jarang, justru jadi arena diskusi dengan teman karena akses internet yang mudah dan cepat. Anda bisa berdiskusi tentang materi sekolah agar biaya yang dikeluarkan untuk kuota internet jauh lebih hemat.

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan swafoto saat berada di suatu tempat. Hal tersebut bisa Anda lakukan di tempat ini karena terdapat beberapa spot menarik. Di bagian tengah taman terdapat ikon unik, yaitu dua burung yang sedang berhadapan. Tak jarang, pengunjung Taman Tanjung Laut berswafoto dengan latar ikon ini. Anda juga bisa menjajal ide ini untuk mengabadikan momen saat bersantai di taman kota Bontang ini.

BACA JUGA:  Aquaboom BSB, Waterpark Favorit di Kota Balikpapan

Aktivitas yang tidak kalah menarik yaitu menjajal berbagai jajanan khas dari kota Bontang. Terdapat beberapa penjual di kampung Tanjung Laut yang menjajakan dagangannya khusus untuk para pengunjung taman. Anda bisa membeli beberapa makanan dan minuman sebagai pelengkap bersantai bersama teman atau pasangan. Mengenai harga makanan, Anda tak perlu khawatir karena dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Tanjung Laut

Fasilitas di Taman Tanjung Laut

Image Credit: Youtube.com @boss bechek

Fasilitas utama yang dapat diakses oleh semua pengunjung, yaitu taman yang sangat luas. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di area yang luas ini dengan sangat nyaman. Tak sedikit orang yang tidak suka ada banyak pengunjung dalam satu area, karena terkesan berjubel dan kurang leluasa. Hal tersebut tak mungkin Anda temui di taman Tanjung Laut karena tersedia beberapa area yang sangat luas dan mampu menampung ratusan orang di dalamnya.

Selain itu, para pengunjung juga dapat mengakses toilet umum secara mudah. Di dalam area taman ini telah tersedia toilet umum bagi mereka yang ingin ke kamar kecil. Tak jarang, saat bersantai Anda justru harus buang air kecil, sehingga harus segera meninggalkan taman kota ini lebih cepat. Di tempat ini, Anda bisa menemukan toilet dengan sangat mudah karena tersedia lebih dari satu sehingga tak perlu antri lama dengan pengunjung lainnya.

Bagi para pengunjung yang beragama muslim, Anda tentu tak bisa melewatkan waktu sholat. Oleh sebab itu, pemerintah setempat menyediakan mushola di area taman agar para pemeluk agama Islam dapat menunaikan kewajibannya. Anda bisa sembahyang lebih dulu di tengah tengah aktivitas bersantai di Taman Tanjung Laut. Di dalam musholla juga telah tersedia tempat untuk wudhu sehingga sangat nyaman bagi para muslimah.

Alamat dan Harga Tiket Taman Tanjung Laut

Alamat Taman Tanjung Laut

Image Credit: Wisatalengkap.com

Wisata satu ini berlokasi di Kampung Tanjung Laut, tepatnya berada di Jalan Jenderal Soedirman, Bontang Selatan. Para pengunjung dapat memakai kendaraan umum atau pribadi untuk sampai ke tempat ini. Taman ini dibuka selama 24 jam, sehingga bisa diakses dengan sangat mudah dan terjangkau. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memarkir motor atau mobil di area yang telah tersedia agar jauh lebih aman.

BACA JUGA:  Museum Mulawarman, Objek Wisata Edukasi & Bersejarah di Kutai Kartanegara

Taman di Kampung Tanjung Laut ini tidak mematok harga tiket masuk untuk setiap pengunjung yang datang. Dengan kata lain, Anda bisa masuk ke dalam taman selama 24 jam secara gratis. Seluruh pengunjung yang datang dapat mengakses fasilitas yang tersedia tanpa harus membayar biaya tambahan. Mulai dari permainan hingga wifi gratis bisa Anda akses untuk mencari berbaga informasi bahkan mengerjakan tugas atau diskusi dengan teman.

Tips Berkunjung ke Taman Cantik Bontang

Tips ke Taman Cantik Bontang

Image Credit: Instagram.com @anggrawanneo

Berkunjung ke area taman ini harus memperhatikan jam berkunjung agar Anda dapat bermain di tempat ini dengan nyaman. Jam berkunjung terbaik yang direkomendasikan, yaitu di pagi hari dan sore hari. Di kedua waktu tersebut, Anda bisa berolahraga atau sekadar jalan jalan di jogging track. Dengan begitu, Anda bisa menjaga tubuh tetap sehat dan dapat menghirup udara yang masih sangat segar. Di sore hari, Anda juga bisa sambil menikmati sunset.

Tips lainnya, Anda bisa berkunjung sambil menikmati jajanan di sekitar area taman. Jajanan yang ditawarkan mengusung makanan khas dari Bontang. Harga yang dibanderol untuk satu jajanan sangat terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak biaya. Akan tetapi, Anda juga bisa membawa bekal untuk berpiknik di area taman bersama teman atau keluarga. Hal tersebut sangat cocok untuk Anda yang malas untuk beranjak ke area Kampung Tanjung Laut.

Selain memanfaatkan fasilitas yang tersedia di dalam taman, Anda juga harus menjaga dengan baik. Gunakan peralatan atau permainan di area playground dengan baik agar taman ini dapat digunakan dalam jangka yang lama. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang mengenal taman kota yang ada di Bontang. Selain itu, tidak perlu biaya yang cukup banyak untuk proses perbaikan atau perawatan di kemudian hari.

Menyandang label sebagai kota pariwisata dan industri, Bontang pun membangun taman di daerah Kampung Tanjung Laut untuk masyarakat umum. Taman ini bisa diakses oleh semua orang dengan beragam fasilitas yang tersedia. Mulai dari anak anak hingga dewasa akan dipastikan nyaman dan betah untuk beraktivitas di dalamnya. Anda bisa olahraga, bersantai, atau bermain di area playground. Area ini cocok untuk Anda yang ingin berolahraga dengan harga terjangkau.