Kalimantan Timur

10 Taman di Samarinda yang Cocok untuk Refreshing

Inilah Rekomendasi Taman Terbaik di Samarinda. Mengunjungi taman menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan pikiran dan melepas penat setelah lelah bekerja.

Berlibur dengan mengunjungi taman memang merupakan cara yang cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi sekarang banyak sekali taman yang sudah dilengkapi dengan fasilitas mendukung, sehingga pengunjung akan merasa nyaman. Di Samarinda sendiri ada beberapa taman kota yang cocok sekali untuk melepas penat setelah bekerja satu hari penuh. Yuk simak deretan taman keren di Kota Samarinda berikut.

1. Taman Samarendah

Taman Samarendah

Image Credit: Korankaltim.com

Taman pertama yang bisa Anda kunjungi untuk melepas penat adalah Taman Samarendah. Taman ini memiliki banyak sekali lampu hias di bagian menara yang berdiri kokoh di tengah taman. Apalagi terdapat patung kuda yang dikelilingi oleh air mancur warna warni semakin membuat taman tersebut terlihat sangat indah. Pengunjung yang datang pun akan terpana dengan kegagahan dari patung kuda tersebut.

Selain itu ada beberapa fasilitas yang akan dibangun di taman tersebut. Diantaranya adalah pembangunan tambahan tempat duduk dan kawasan edukasi. Saat malam hari banyak sekali pengunjung yang datang ke taman ini untuk sekadar bersantai sambil menikmati keindahan lampu taman. Anda juga akan menemukan banyak sekali pedagang asongan yang siap menemani Anda untuk menikmati gemerlap lampu pada malam hari.

Lokasi: Jl. Bhayangkara, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

2. Taman Cerdas

Taman Cerdas

Image Credit: Asmari2.blogspot.com

Taman yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Taman Cerdas. Taman ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa pengunjung gunakan. Misalnya fasilitas olahraga yang terletak di pinggir taman. Selain itu Anda juga akan menemukan banyak mainan anak anak yang turut hadir melengkapi fasilitas Taman Cerdas. Diantaranya adalah ayunan,track jogging, plosotan dan lain sebagainya.

Saat Anda berkunjung ke taman ini, Anda akan menemukan banyak sekali patung penghias yang ada di area taman. Taman ini cukup ramai didatangi pengunjung karena taman tersebut memiliki pohon yang tumbuh tinggi menjulang, sehingga membuatnya rindang dibandingkan dengan taman lainnya. Di taman ini Anda juga akan menemukan banyak area untuk bersantai bersama dengan orang orang terdekat anda.

Lokasi: Jl. Mayor Jendral S. Parman, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sangatta, Kutai Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Taman Wisata Mesra

Taman Wisata Mesra

Image Credit: Nitizen.co.id

Kawasan rekreasi baru telah hadir di Samarinda yaitu Taman Wisata Mesra. Taman ini berlokasi di tengah kota dan merupakan kawasan yang asri dan sejuk. Anda bisa bertamasya di area taman tersebut sambil menikmati indahnya pemandangan alam yang hijau. Ditambah lagi taman ini memiliki jembatan gantung yang sangat kece dan bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Jembatan ini memiliki panjang kurang lebih 90meter dengan ketinggian 25meter dari permukaan. Selain itu banyak sekali fasilitas yang tersedia di taman tersebut seperti rumah pohon, mini golf, kolam air panas hingga jogging track. Rencananya taman ini akan dilengkapi dengan beragam fasilitas lain seperti flying fox dan juga taman bermain anak yang tak kalah seru.

Lokasi: Jl. R. W. Monginsidi No.45c, Dadi Mulya, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

4. Taman Segiri

Taman Segiri

Image Credit: Kaltim.prokal.co

Salah satu taman kota yang ada di Samarinda dan seringkali dimanfaatkan oleh warga sekitar adalah Taman Segiri. Taman ini seringkali dimanfaatkan oleh warga Kota Samarinda untuk bersantai atau melakukan aktivitas olahraga lainnya. Ada banyak sekali pohon yang tumbuh di sekitar taman ini sehingga membuat taman terasa lebih rindang dan nyaman untuk bersantai. Terlebih lagi ada air mancur di tengah taman sehingga akan menambah kesejukan dari taman tersebut.

Lokasi: Jl. Harmonika, Dadi Mulya, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

5. Taman Sejati Samarinda

Taman Sejati Samarinda

Image Credit: Aboutsamarinda.blogspot.com

Taman lain di Samarinda yang tak kalah bagus adalah Taman Sejati Samarinda. Taman ini menyediakan beragam fasilitas yang mendukung seperti toilet dan mushola. Sehingga Anda bisa berlama lama di taman tersebut dari pagi hingga sore hari. Banyak sekali pengunjung yang datang untuk bersantai di taman ini karena memang memiliki banyak fasilitas yang sangat beragam dan memanjakan pengunjung.

Pada hari libur biasanya banyak sekali kegiatan dari komunitas yang ada di Kota Samarinda. Bahkan rencananya taman ini akan dilengkapi dengan fasilitas pemancingan, permainan anak hingga aktivitas olahraga. Pengunjung yang datang pun akan merasa nyaman untuk melakukan aktivitas di taman tersebut. Anda bisa mengajak anak Anda untuk berkunjung ke Taman Sejati Samarinda ini.

Lokasi: Jl. MT Haryono, Karang Anyar, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

BACA JUGA:  Kebun Raya Unmul Samarinda, Tempat Rekreasi Favorit

6. Taman Tepian Mahakam

Taman Tepian Mahakam

Image Credit: Aframardiana.blogspot.com

Taman yang sudah dikenal oleh masyarakat luas adalah Taman Tepian Mahakam Samarinda. Tempat rekreasi untuk warga Samarinda ini berada di tepi sungai Mahakam dan berada di dekat jalan Gajah Mada. Sehingga Anda akan menemukan pemandangan sungai yang sangat indah saat berkunjung ke taman ini. Apalagi jika Anda berkunjung pada malam hari, maka suasana Taman Mahakam akan terlihat semakin indah.

Selain karena sungai yang sangat indah, Anda juga akan bisa menikmati banyak lampion di area taman. Banyak sekali patung yang dihiasi dengan lampion berwarna warna sehingga menambah semarak taman tersebut. Sebagian patung tersebut merupakan miniature yang terkenal di berbagai negara seperti Menara Eiffel. Taman tersebut sangat ramai di kunjungi saat malam hari karena menampilkan pemandangan yang tidak biasa.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

7. Teluk Lerong Garden

Teluk Lerong Garden

Image Credit: Arachelyserena.blogspot.com

Teluk Lerong garden merupakan salah satu icon ibu kota Samarinda. Taman ini mulai dibuka pada tahun 2014 silam dan menjadi taman rujukan bagi masyarakat setempat. Banyak sekali pengunjung yang sengaja datang untuk melepaskan penat setelah lelah berakfitivitas. Taman yang berada di kawasan Teluk Lerong Gorden ini memiliki pesona yang sangat indah dan wahana bermain yang memadai.

Ditambah lagi adanya pemandangan Sungai Mahakam yang menambah pengunjung betah untuk berlama lama di taman tersebut. Ada banyak sekali fasilitas yang ditawarkan di taman tersebut. Diantara faslitas tersebut adalah lapangan yang sangat luas, tempat duduk untuk bersantai dan trek jogging untuk berolahraga. Anda bisa mengabadikan momden di taman ini dengan latar belakang tulisan Taman Teluk Lerong Garden yang memiliki hiasan lampion yang indah.

Lokasi: Jl. RE Martadinata, Teluk Lerong Ilir, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

8. Taman Borneo

Taman Borneo

Image Credit: Tribunnews.com

Satu lagi taman yang akan membuat pikiran kembal refresh adalah taman borneo. Taman yang terletak di zona wisata ini merupakan destinasi andalan bagi warga Samarinda. Bahkan banyak sekali pengunjung dari luar kota yang sengaja berkunjung ke taman ini karena memiliki luas wilayah hingga 300 hektar. Taman ini sudah memiliki fasilitas publik yang sangat mendukung dan sangat ramah lingkungan.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Anda bisa mengajak Anda ke taman ini sambil bermain edukasi berbasis alam yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Selain itu terdapat kawasan wisata yang nyaman dana man untuk anak dan sangat terjangkau oleh masyarakat umum. Menariknya lagi di taman ini Anda akan menjumpai zona penangkaran dan pengembangbiakan koleksi taman satwa. Anda juga bisa mengambil beberapa foto unik dengan spot koleksi kayu endemic.

Lokasi: Jl. Bontang – Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

9. Taman Lembah Hijau

Taman Lembah Hijau

Image Credit: Tempatwisatanegeri.blogspot.com

Jika Anda ingin menyegarkan pikiran dengan menyaksikan pemandangan air yang tenang, maka Anda bisa mengunjungi Taman Lembah Hijau Samarinda. Taman ini memiliki panorama yang indah dan menarik perhatian para turis lokal maupun asing. Anda bisa bermain air di kolam yang telah disediakan sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa cantik. Selain bermain air Anda juga bisa melihat bunga yang bermekaran di area kolam.

Banyak sekali fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Anda bisa bermain camping ground dan berkemah selama beberapa hari di akhir pekan. Jika Anda ingin melakukan kemah di taman ini, maka Anda tidak perlu membawa peralatan kemah karena sudah ada tempat penyewaan tenda beserta peralatannya. Ada juga fasilitas seperti flying fox, waterboom dan wahana wahana lain yang sangat cocok untuk anak dan orang dewasa.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

10. Taman Budaya Samarinda

Taman Budaya Samarinda

Image Credit: Facebook.com @UPTD Taman Budaya Prov Kaltim

Jika Anda ingin menyegarkan pikiran dan menambah wawasan, maka Anda bisa berkunjung ke Taman Budaya Samarinda. Taman ini merupakan tempat untuk memperkenalkan budaya yang ada di kota Samarinda dengan mengadakan lomba lomba. Biasanya akan ada aksi setiap minggunya di taman budaya ini. Anda bisa berkeliling sambil melihat lihat beragam budaya yang ada di Samarinda melalui baju dan aksesoris pendukung lainnya.

Lokasi: Jl. Kemakmuran, Sungai Pinang Dalam, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

Berkunjung ke taman merupakan cara alternatif untuk menyegarkan pikiran tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Anda bisa sekedar jogging di area taman sambil menikmati udara yang masih sangat segar. Apalagi jika Anda berkunjung ke taman di Samarinda yang sudah memiliki banyak fasilitas menarik seperti taman bermain, tempat duduk atau bahkan spot foto yang sangat cocok untuk feed Instagram anda.