Kalimantan Tengah

10 Taman di Palangkaraya yang Cocok untuk Refreshing

Palangkaraya termasuk kota besar di Indonesia, sehingga keberadaan taman dan ruang terbuka menjadi penting. Dimana taman bisa menjadi sarana untuk bisa membentuk interaksi sosial pada masyarakat yang hidup di kota.

Sebagai kota besar, Palangkaraya juga memiliki ruang terbuka hijau sebagai fasilitas umum yang cocok untuk dijadikan tempat refreshing. Yang mana ruang terbuka ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat bersantai, dan juga sebagai tempat berkumpul dengan teman atau keluarga.

Ketika berada di kota Palangkaraya, berikut 10 rekomendasi taman yang menjadi pilihan favorit warga dan para pendatang yang perlu Anda kunjungi.

1. Taman Kota Palangkaraya

Taman Kota Palangkaraya

Image Credit: Getborneo.com

Taman yang dirancang langsung oleh Ir. Soekarno ini merupakan salah satu pilihan favorit warga kota Palangkaraya untuk menghabiskan waktu luang. Taman yang juga memiliki nama taman Perjuangan ini, letaknya berdekatan dengan kantor gubernur Kalimantan Tengah sehingga memiliki akses yang mudah untuk dijangkau. Di taman ini, hampir setengah bagian dibatasi oleh benteng yang didesain dengan relief perjuangan masyarakat dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Di taman ini juga bisa dijumpai relief yang mempresentasikan Sumpah Pemuda, dimana terdapat lima orang yang berasal dari suku yang berbeda di Indonesai dan saling bergandengan tangan. Tidak hanya digunakan sebagai tempat refreshing, taman Perjuangan juga kerap dijadikan untuk tempat berkumpul bagi beberapa komunitas. Selain itu, taman ini juga sering dijadikan tempat mahasiswa dan pelajar untuk berkumpul dan belajar bersama.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

2. Taman Pasuk Kameloh

Taman Pasuk Kameloh

Image Credit: Jpnn.com

Salah satu taman di Palangkaraya yang cukup indah dipandang adalah taman Pasuk Kameluh. Karena terletak di pusat kota, taman satu ini menjadi salah satu destinasi yang cukup populer untuk tempat refreshing. Salah satu daya tarik dari taman ini adalah desain dan tampilannya yang ngehits. Di tempat ini ada beberapa spot foto yang menjadi favorit pada pengunjung, seperti beberapa arsitektur bangunan yang unik dan juga tulisan taman Pasuk Kameluh.

Taman satu ini cocok untuk olahraga ringan dan sekedar jalan santai di sore atau pagi hari, sebab memiliki pedestrian yang lumayan luas. Di malam hari, taman ini juga ramai oleh pengunjung. Hal ini dikarenakan keberadaan lampu taman yang membuat kawasan tersebut menjadi nampak indah. karena pesonanya di malam hari ini, taman Pasuk Kameluh menjadi salah satu wisata malam yang patut dikunjungi.

BACA JUGA:  Pesona Alam Lestari, Destinasi Wisata Keluarga Favorit di Palangkaraya

Lokasi: Jl. S. Parman, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

3. Taman Lalu Lintas Garuda

Taman Lalu Lintas Garuda

Image Credit: Jurnalmojo.com

Ada baiknya sedari kecil, anak sudah diajari dengan berbagai rambu rambu lalu lintas yang ada di jalan. Nah, untuk memudahkan si kecil belajar maka bisa diajak ke taman Lalu Lintas Garuda ini. Di sana anak bisa belajar mengenai rambu rambu yang ada di jalan, dan bagaimana tindakan yang harus dilakukan ketika menemukan rambu tersebut. Yang menyenangkan, di tempat ini tidak hanya terdapat edukasi rambu lalu lintas saja tetapi juga beberapa mainan seperti perosotan dan ayunan.

Lokasi: Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

4. Taman Pemuda

Taman Pemuda

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Terletak di pinggir jalan, taman satu ini memiliki akses yang baik dan mudah dijumpai. Taman yang terletak di Jekan Raya ini, merupakan salah satu tempat yang menjadi pilihan utama masyarakat Palangkaraya untuk menghilangkan penat dan bersantai. Memiliki pemandangan yang indah di sore hari, taman Pemuda sangat cocok dijadikan spot foto yang bagus dan instagramable.

Karena dilalui jalur Trans Kalimantan Poros Selatan, taman satu ini tidak hanya menjadi tempat singgah warga sekitar tetapi juga warga luar kota Palangkaraya. Kebanyakan pengunjung tersebut tidak hanya sekedar melepas penat, tetapi juga mengambil foto sebagai kenang kenangan. Tidak hanya itu, taman satu ini juga bagus untuk dijadikan wisata edukasi bagi anak anak sekolah guna mengetahui sejarah bangsa Indonesia.

Lokasi: Jl. G. Obos, Bukit Tunggal, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

5. Taman Harati

Taman Harati

Image Credit: Vymaps.com

Taman satu ini cocok untuk wisata keluarga dan anak anak, sebab di tempat ini ada berbagai sarana bermain anak. Taman satu ini memiliki suasana yang nyaman serta asri dan memiliki udara yang sejuk, sehingga sangat pas untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Biasanya taman Harati akan ramai pengunjung di sore hari, entah itu untuk berkumpul bersama keluarga atau melakukan olahraga ringan.

Lokasi: Pojok, Panarung, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Murung Raya Terbaru & Terhits Dikunjungi

6. Taman Kota Habaring Hurung

Taman Kota Habaring Hurung

Image Credit: Blimaderi-momen.blogspot.com

Taman kota memang sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat rekreasi ataupun menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau orang terkasih. Salah satu taman di kota Palangkaraya yang menjadi favorit warga adalah taman kota Habaring Hurung. Terletak di jalan Kinabalu, hampir setiap sore taman kota ini selalu dipenuhi oleh anak anak bersama dengan kedua orangtuanya. Hal tersebut karena di taman ini sudah dilengkapi dengan berbagai permainan.

Yang mana fasilitas tersebut antara lain ada ayunan, papan jungkat jungkit, hingga tempat duduk berputar. Namun tidak hanya itu, keberadaan pepohonan yang tumbuh dengan rindang membuat taman ini memiliki udara yang sejuk. Di taman ini, juga dilengkapi dengan beragam jenis bunga yang mempercantik taman. Jika berkunjung ke Palangkaraya, tidak ada salahnya mampir di taman satu ini.

Lokasi: Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

7. Taman Lansia

Taman Lansia

Image Credit: Bloggerkalteng.id

Seperti namanya, taman satu ini dibangun oleh pemerintah kota Palangkaraya untuk para lansia atau lanjut usia. Karena diperuntukkan untuk lansia, di tempat ini dilengkapi dengan jalur pejalan kaki berkerikil besar yang baik untuk refleksi. Taman Lansia juga dilengkapi dengan fasilitas standar layaknya taman lain, seperti toilet dan bangku taman. Asyiknya di tempat ini terdapat fasilitas tambahan, yakni keberadaan gazebo di beberapa bagian taman.

Meskipun ditujukan untuk lansia, namun taman satu ini terbuka bagi semua usia. Anak anak dan remaja juga bisa berolahraga atau berkumpul di taman ini. Entah itu untuk jogging ataupun hanya sekedar duduk duduk menikmati suasana taman yang sejuk dan asri. Biasanya di sore hari, taman Lansia akan ramai oleh pengunjung lanjut usia yang sedang jalan jalan bersama pasangan atau keluarganya.

Lokasi: Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

8. Taman Kuliner Tunggal Sangomang

Taman Kuliner Tunggal Sangomang

Image Credit: Sangkaicity.blogspot.com

Berbeda dengan taman lain, destinasi satu ini diperuntukkan untuk para pecinta kuliner. Ya, taman kuliner Tunggal Sangomang merupakan tempat pedagang untuk menjajakan kuliner yang menggugah selera. Di sini pengunjung akan menjumpai berbagai kuliner dengan cita rasa yang enak dan harga yang pas di kantong. Tidak hanya sebagai wadah wisata kuliner, di sore hari tempat ini juga asyik digunakan untuk jogging ataupun bersepeda.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Palangkaraya yang Wajib Dicoba

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

9. Taman Wisata Kumkum

Taman Wisata Kumkum

Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata di kota Palangkaraya satu ini sering disebut dengan kebun binatang kecil. Meskipun demikian, taman Wisata Kumkum ini cukup spesial karena memiliki penataan yang unik dan menarik. Sesuai julukannya sebagai kebun binatang mini, di taman ini terdapat beberapa satwa sebagai penghuninya. Beberapa hewan yang hidup di taman ini ada beruang madu, monyet, buaya, dan burung rangkong. Yang mana semua hewan tersebut dipelihara dengan baik.

Di taman ini juga terdapat gubug gubug menyerupai rumah panggung yang disusun dengan rapi, sehingga terlihat unik dan gubug tersebut bisa disewakan. Di sekitar gubug, terdapat pohon pohon karet dan juga aliran sungai yang indah. Taman wisata Kumkum memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti free wifi ataupun memesan makanan dan minuman. Dengan suasana yang asri, taman satu ini sangat cocok dijadikan tempat melepas penat.

Lokasi: Jl. Wisata No.1, Pahandut Seberang, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

10. Bundaran Besar Palangkaraya

Bundaran Besar Palangkaraya

Image Credit: Facebook.com @bundaranbesar

Menjadi ikon kota Palangkaraya, Bundaran Besar adalah salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh warga ataupun pendatang dari luar kota. Berada tepat di jantung kota, tempat ini memiliki akses yang baik dan mudah untuk dijumpai. Memiliki lahan yang luas, tempat satu ini tidak hanya digunakan sebagai lokasi olahraga ringan saja tetapi juga untuk menggelar kegiatan tertentu.

Biasanya di setiap minggu, bundaran ini akan ditutup dan digunakan sebagai lokasi Car Free Day atau tempat olahraga. Jika Anda berlibur ke kota Palangkaraya, akan sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke tempat ini. Sebab Bundaran Besar merupakan ikon kota yang perlu untuk dikunjungi. Biasanya, kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung di tempat ini adalah berjalan ringan atau sekedar mengambil foto di beberapa spot menarik.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

Salah satu Kota di pulau Kalimantan ini memang memiliki banyak taman yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat ataupun pendatang untuk melepas penat ataupun sebagai tempat singgah sejenak. Yang mana taman taman tersebut tentunya sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas guna menunjang kenyamanan pengunjung. Dari beberapa taman di Palangkaraya yang ada dalam ulasan ini, kira kira tempat mana yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu?