Kalimantan Utara

Taman Oval Ladang, Sarana Rekreasi & Hiburan Warga Tarakan

Taman Oval Ladang menjadi sarana hiburan dan rekreasi bagi warga Kota Tarakan. Dengan segudang fasilitas yang tersedia, taman ini siap memanjakan pengunjung.

Lokasi : Pamusian, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.
Map: Cek Lokasi

Kalimantan begitu terkenal dengan keindahan alam yang masih alami, banyak pepohonan yang tumbuh subur dan tersebar di seluruh penjuru Borneo. Oleh karena itu, di pulau ini Anda dapat menemukan banyak sekali wisata alam. Tak terkecuali di daerah Tarakan, yang sejuta pesona wisata alam yang begitu apik.

Salah satu wisata yang begitu digandrungi anak muda yaitu Taman Oval Ladang, yang terkenal sebagai sarana rekreasi dan hiburan bagi warga setempat untuk menghilangkan penat atau menghabiskan akhir pekan.

Sekilas Tentang Taman Oval Ladang

Sekilas Tentang Taman Oval Ladang

Image Credit: Taman-oval-ladang.business.site

Taman Oval Ladang berlokasi di Pamusian, Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Dan merupakan salah satu tempat wisata, yang dijadikan sebagai sarana hiburan serta rekreasi bagi warga Bumi Paguntaka. Tempat wisata ini sangat banyak diminati sebagai tempat refreshing, terutama oleh para kawula muda kota tersebut. Selain itu, Taman Oval Ladang ini juga difungsikan sebagai salah satu ruang terbuka hijau di Kota Tarakan.

Taman ini disebut dengan nama Taman Oval, karena strukturnya yang berbentuk oval. Taman Oval Ladang dibangun di dalam kompleks sebuah perumahan, sehingga menjadikannya terlihat lebih rapi, tenang, dan asri. Warga komplek perumahan tersebut seringkali berkunjung ke taman ini pada sore hari, untuk melepaskan penat, berjalan-jalan santai dengan keluarga, atau untuk berolahraga.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Oval Ladang

Fasilitas yang Tersedia di Taman Oval Ladang

Image Credit: Indonesia-tourism.com

Taman Oval begitu ramai dikunjungi karena fasilitasnya yang begitu memadai, serta lokasinya yang mudah untuk dijangkau. Terdapat berbagai macam patung yang menarik di dalam taman. Seperti patung kuda, patung dinosaurus, patung ikan, dan masih banyak lagi. Jadi, Anda yang hobi berswafoto pasti akan sangat dimanjakan di taman satu ini. Terlebih jika anda mengajak buah hati untuk berkunjung, si kecil pasti akan sangat senang bertemu dengan dinosaurus.

Selain itu, fasilitas lain juga akan turut mendukung kenyamanan Anda selama berada di Taman Oval Ladang. Seperti taman bermain anak yang membebaskan si kecil bermain sepuasnya di sana, jogging track untuk Anda yang ingin berolahraga agar sehat, serta lampu-lampu hias yang akan terlihat begitu romantis di malam hari. Anda bisa membawa pasangan untuk berkunjung ke sana, dan menikmati momen indah berdua ditemani lampu-lampu taman yang cantik.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Utara yang Paling Hits

Tidak ketinggalan juga air mancurnya yang akan menyala di malam hari, tentu akan membuat suasana semakin romantis. Oleh karena itu, Anda bisa menemukan banyak pasangan yang berkunjung ke Taman Oval Ladang. Bermacam kios pedagang makanan dan minuman pun ikut menyemarakkan taman satu ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan selama berkunjung, berbagai sajian kuliner yang dijajakan mampu memanjakan perut serta lidah Anda.

Berbagai santap kuliner yang ditawarkan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai makanan tradisional khas dari Kalimantan sendiri, hingga jenis makanan modern. Jadi, sembari menikmati wisata kuliner, Anda juga bisa sekalian menikmati keindahan dari Taman Oval Ladang di sore dan malam hari. Karena taman ini memang mulai beroperasi di sore hari, hingga hampir menjelang larut malam.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Taman Oval Ladang ternyata tidak sampai di situ saja. Saat berkunjung ke sana, Anda juga bisa menyaksikan sebuah acara pentas seni yang seringkali digelar di taman tersebut. Acara pentas seni diadakan di bagian tengah taman, yang terdapat banyak bangku-bangku agar pengunjung bisa menonton pertunjukan dengan nyaman. Anda juga bisa membawa makanan yang telah Anda beli ke area tersebut, sambil menikmati pagelaran.

Satu lagi fasilitas yang menjadikan Taman Oval Ladang menjadi tempat yang sangat diminati oleh kaum muda Kota Tarakan, adalah karena adanya fasilitas free wifi. Fasilitas ini memang disediakan secara langsung oleh Pemerintah Kota Tarakan sendiri. Jadi jangan heran jika taman satu ini begitu ramai oleh pengunjung para anak muda. Berselancar di dunia maya, sambil menikmati hawa taman yang sejuk tentu menjadi daya tarik yang menggaet para kawula muda tersebut.

Tempat parkir yang disediakan untuk pengunjung juga sudah tertata cukup rapi. Jadi Anda tidak perlu takut untuk memarkirkan kendaraan pribadi di tempat yang telah disediakan. Luas lahan parkirnya juga sudah terbilang memadai untuk pengunjungnya yang terus berdatangan tanpa henti. Jadi, tidak masalah jika Anda ingin membawa rombongan untuk berkunjung ke Taman Oval Ladang.

Rute Menuju Lokasi Taman Oval Ladang

Rute Menuju Lokasi Taman Oval Ladang

Image Credit: Id.utiket.com

Karena Taman Oval Ladang berada di daerah komplek perumahan, bukan hal yang sulit untuk menuju lokasinya. Jalan yang dilalui sudah bagus dan mulus, serta bisa dilewati oleh berbagai macam kendaraan. Anda bisa berkunjung ke taman tersebut dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Anda bahkan bisa menggunakan transportasi umum untuk berkunjung ke kawasan perumahan tempat dibangunnya taman ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Malinau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Taman Oval Ladang sendiri memiliki jarak tempuh kurang lebih 9,2 km dari pusat Kota Tarakan. Jadi, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 23 menit untuk menuju ke taman tersebut melalui Jalan Akik Balak, jika lalu lintas berjalan normal. Sedangkan jika Anda berkendara dari Bandar Udara Internasional Juwata, akan memakan waktu lebih singkat lagi. Karena Taman Oval Ladang hanya berjarak sekitar 5,9 km dari Bandar Udara tersebut.

Sehingga Anda hanya butuh waktu kurang lebih 14 menit untuk menuju ke lokasi taman, melalui Jalan Mulawarman dan Jalan Jenderal Sudirman saat lalu lintas normal. Jadi, jika tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan taksi bandara untuk mengantarkan Anda ke Taman Oval Ladang. Atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi ojek online seperti Grab atau Gojek dan lain sebagainya, yang sudah ada di Kota Tarakan.

Penginapan di Sekitar Taman Oval Ladang

Penginapan di Sekitar Taman Oval Ladang

Image Credit: Pegipegi.com

Apabila Anda berencana tinggal di Taman Oval Ladang hingga larut malam, maka tidak perlu khawatir. Kawasan di sekitar taman ini menyediakan banyak sekali penginapan atau hotel, yang memiliki berbagai fasilitas tergantung dengan harga sewanya. Beberapa penginapannya yaitu Hotel Paradise Tarakan yang berada di Jalan Mulawarman. Dan hotel ini hanya berjarak 3,1 km dari taman oval, jadi hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit saja.

Masih ada juga hotel-hotel lainnya yang berada tidak jauh dari Hotel Paradise, seperti Hotel Swiss Bell Tarakan, Hotel D’CaLia Tarakan, Hotel Royal Tarakan, Hotel Kaisar Tarakan, Padmaloka Hotel, dan berbagai hotel RedDoorz. Anda dapat menginap di berbagai hotel tersebut dengan menyesuaikan budget yang ada. Karena biaya per malamnya berbeda-beda tergantung pada kebijakan hotel dan fasilitas yang ditawarkan.

Objek Wisata Lain di Sekitar Taman Oval

Objek Wisata Lain di Sekitar Taman Oval

Image Credit: Kompas.com

Jika Anda berlibur ke Kota Tarakan, tentu Anda ingin berkunjung ke berbagai tempat objek wisatanya sekaligus. Dengan mengunjungi Taman Oval Ladang, maka Anda juga bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata lain yang berada tidak jauh dari taman tersebut. Seperti Roemah Bundar Kota Tarakan, yang merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Kota Bumi Paguntaka ini.

BACA JUGA:  Taman Berlabuh, Destinasi Weekend Favorit Warga Tarakan

Roemah Bundar ini merupakan sebuah museum yang berisikan nilai-nilai sejarah, dan telah dibangun sejak tahun 1930 an. Lalu ada juga Taman Oval Marconi yang berada cukup dekat dengan Taman Oval Ladang, jadi Anda bisa melakukan wisata taman, dengan berkunjung dari taman satu ke taman lainnya. Kemudian ada juga kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan yang hanya berjarak 4,1 km dari Taman Oval Ladang.

Selain berdekatan dengan berbagai objek wisata lainnya, Taman Oval Ladang juga tidak jauh dari akses publik. Seperti SPBU yang hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit, RSUD Tarakan yang hanya berjarak sekitar 900 meter, Masjid Al Maarif yang memerlukan waktu kurang lebih 9 menit, serta berbagai rumah makan yang tersebar di sekeliling area Taman Oval Ladang. Jadi, selain aksesnya lokasinya mudah, taman ini juga dikelilingi oleh fasilitas publik yang memadai.

Tips Berkunjung ke Taman Oval Ladang

Tips Berkunjung ke Taman Oval Ladang

Image Credit: Heikaku.com

Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin berkunjung ke Taman Oval Ladang. Karena taman ini beroperasi pada sore hari hingga larut malam, maka pastikan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan tertutup, agar Anda terhindar dari udara malam yang dingin. Karena area taman tentunya banyak ditumbuhi pepohonan, itu berarti akan cukup banyak serangga atau nyamuk yang berkeliaran di malam hari.

Sehingga sebaiknya Anda mengenakan pakaian lengan panjang. Atau sediakan lotion anti nyamuk untuk berjaga-jaga dan terhindar dari gigitan hewan penghisap darah tersebut. Sediakan juga beberapa lembar uang lebih, karena banyak sekali kios makanan yang akan menerbitkan liur Anda. Dijamin Anda akan tergoda untuk melakukan wisata kuliner di Taman Oval Ladang. Atau jika anda ingin lebih berhemat, bisa membawa bekal dari rumah untuk disantap di taman.

Dengan mengikuti tips-tips berlibur yang ada, maka Anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh Taman Oval Ladang dengan nyaman. Jangan lupa untuk membawa smartphone, agar Anda bisa melakukan swafoto sebanyak-banyaknya dengan patung-patung cantik di taman tersebut. Setelah menyimak semua fasilitas serta keseruan yang ada di Taman Oval Ladang, tertarik untuk berkunjung ke objek wisata yang ada di Tarakan tersebut?