Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting, Destinasi Ekowisata Unggulan Kalimantan Tengah

Lokasi: Teluk Pulai, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.
MapCek Lokasi

Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting merupakan salah satu daerah konservasi pertama yang ada di Indonesia untuk melindungi Orang Hutan. Selain itu, Anda pun juga bisa untuk menyusuri indahnya Sungai Sekonyer sekaligus menikmati indahnya sunset.

Berwisata ke Kalimantan Tengah, tentu saja Anda tak boleh melewatkan destinasi satu ini. Taman yang cukup luas ini ternyata memiliki beberapa tipe ekosistem dan keindahan yang layak untuk Anda telusuri. Penasaran seperti apa keindahan dari Taman Nasional Tanjung Puting? Maka Anda pun bisa mengintip daya tarik yang terdapat di obyek wisata satu ini. Simak ulasan selengkapnya.

Sekilas Mengenai Kawasan Konservasi Tanjung Puting

Sekilas Mengenai Kawasan Konservasi Tanjung Puting

Image Credit: BeritaSatu.com

Memiliki ukuran yang cukup besar yakni seluas Pulau Bali maka membuat Anda akan merasa puas ketika berkeliling di kawasan satu ini. Dengan mempunyai beberapa ekosistem, mulai dari hutan hujan tropis, hutan tanah kering, dataran rendah hutan rawa air tawar, hutan pantai, hutan mangrove dan juga hutan sekunder. Sehingga ketika berada di kawasan ini akan membuat Anda belajar tentang berbagai macam ekosistem.

Berada di ketinggian 0 – 100 mdpl, maka akan cocok sebagai rumah untuk beberapa hewan yang ada di Kalimantan. Sebut saja seperti orang utan, lutung merah, bekantan, kancil, beruang, dan juga kucing hutan. Tak hanya itu saja, terdapat pula 38 jenis mamalia serta 200 jenis burung yang mendiami kawasan satu ini. Selain itu, ada pula sejumlah flora endemik dan hewan liar yang bisa Anda temukan di tempat satu ini.

Tempat satu ini pun juga sebagai lokasi untuk pusat rehabilitasi orang utan pertama yang ada di Indonesia. ditetapkan pertama kali oleh Pemerintah Hindia BelAnda di tahun 1937 dengan nama Suaka Marga Satwa Sampit. Dan pada tahun 1970 an, maka namanya pun berubah menjadi Suaka Margasatwa Tanjung Puting seperti yang Anda kenal saat ini.

Ketika Anda berada disini, maka sepanjang perjalanan yang dilalui dengan menggunakan perahu klotok akan sangat indah. Anda pun akan disuguhkan pemandangan akan hutan tropis yang teduh. Selain itu, ketika Anda sedang beruntung maka Anda nantinya akan bisa melihat monyet yang bergelantungan dari satu pohon ke pohon lainnya. memang akan terasa berbeda apabila melihat binatang dengan mengunjungi habitat aslinya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Seruyan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Daya Tarik yang Dimiliki Kawasan Konservasi Orang Utan

Image Credit: RimbaKita.com

Ketika Anda berkunjung ke destinasi wisata satu ini, pastinya Anda pun akan disuguhkan dengan banyak sekali orang utan. Hal ini dikarenakan Tanjung Puting merupakan tempat atau habitat asli dari orang utan yang ada di Kalimantan. Selama berada di tempat satu ini, maka Anda pun akan bisa melihat secara langsung bagaimana kegiatan dari binatang mamalia ini. Mulai dari tingkah lakunya hingga ketika mereka sedang mengonsumsi makanan.

Tempat satu ini, merupakan konservasi orang utan terbesar yang ada di dunia. Pasalnya, terdapat sekitar 30 ribu hingga 40 ribu orang utan yang tersebar di dalam maupun luar taman nasional ini. Menakjubkan bukan? Selain itu, di kawasan ini jua terdapat binatang lain, seperti monyet, buaya, bekantan, babi hutan dan juga hewan yang lain.

Keindahan lain yang Anda dapatkan ketika berada di daerah ini, maka Anda pun akan bisa menyusuri Sungai Sekonyer yang luar biasa indahnya. Untuk memasuki daerah ini, maka Anda pun akan berada di titik awal yakni melalui pelabuhan yang berada di Kumai. Dengan menggunakan perahu klotok, maka Anda pun akan bisa untuk memasuki area dari Taman Nasional Tanjung Puting.

Ketika Anda menaiki perahu klotok, maka wisatawan pun akan diajak untuk menyusuri Sungai Sekonyer yang berada di dalam taman nasional. Saat berada di kawasan wisata ini, maka semua aktifitas akan dilakukan di atas perahu klotok. Namun, Anda pun tak perlu khawatir, pasalnya fasilitas di perahu satu ini pun cukup lengkap. Sehingga membuat pengunjung menjadi lebih nyaman.

Mulai dari kamar mandi hingga meja makan dan juga kasur akan tersedia di tempat satu ini. untuk itu, bagi Anda yang ingin beristirahat pun bisa melakukannya di atas perahu klotok. Untuk jenis klotok disini pun bermacam macam. Ada yang memiliki ukuran besar yang muat menampung hingga 20 orang. Serta ada pula yang hanya memiliki kapasitas sebanyak 2 orang, cocok bagi Anda yang pergi bersama pasangan.

BACA JUGA:  Pantai Pagatan, Destinasi Favorit Berakhir Pekan di Tanah Bumbu

Aktifitas yang Bisa Anda Lakukan di Taman Nasional Tanjung Putting

Aktifitas yang Bisa Anda Lakukan di Taman Nasional Tanjung Putting

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Selain menyusuri taman dengan menggunakan perahu klotok, ada pula kegiatan lain yang bisa Anda lakukan ketika berada di tempat satu ini. Anda bisa menyusuri Desa Tanjung Harapan yang masih berada di dalam area taman Nasional Tanjung Puting. Untuk desa ini terletak bersebelahan dengan camp Tanjung Harapan. Dimana masih dihuni oleh masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja kapal dan juga nelayan.

Tak hanya itu saja, kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan sembari berwisata dan melihat orang utan, maka Anda pun bisa mandi dengan air dari kali hitam. Ketika Anda memasuki Camp Leakey, maka wisatawan akan dikejutkan dengan perubahan warna air sungai yang awalnya coklat menjadi warna hitam. Warna tersebut merupakan akibat dari warna akar pepohonan yang ada di sekitarnya.

Sehingga apabila Anda perhatikan dengan lebih seksama maka warna air yang sesungguhnya adalah jernih. Bahkan Anda pun bisa melihat hal yang ada di balik air tersebut. ketika Anda sampai disini, maka Anda pun bisa mencoba untuk mandi menggunakan air ini. Meskipun memiliki warna yang hitam, namun Anda tak perlu khawatir akan air yang berminyak atau berbau. Melainkan air di sungai ini sangatlah segar.

Bermain sampan pun juga bisa menjadi kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berada di tempat satu ini. Ketika pengunjung menunggu waktu untuk feeding time, maka wisatawan bisa memanfaatkannya untuk bersantai dan menunggu klotok. Selain itu, Anda pun juga bisa menyimpan sampan milik masyarakat setempat. Namun, Anda pun harus berhati hati karena jika belum terbiasa maka sampan bisa terbalik ke sungai yang ada buaya nya tersebut.

Sebelum beranjak dari kawasan Taman Nasional Tanjung Puting maka Anda pun bisa menikmati sunset dari Sungai Sekonyer. Ketika senja mulai terlihat, hal tersebut merupakan waktu terbaik untuk menyaksikan sunset. Meskipun tidak sebagus dengan pantai ataupun lokasi tinggi lainnya, akan tetapi Anda pun bisa menikmatinya dalam suasana yang berbeda. Yakni dalam lebatnya area yang dikelilingi hutan. Tentu saja akan menjadi pengalaman yang baru untuk anda.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pulang Pisau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Rute Menuju Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting

Rute Menuju Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting

Image Credit: Dianisekaringsejati.wordpress.com

Untuk menuju taman nasional in, maka Anda pun bisa menempuhnya melalui Pangkalan Bun. Nantinya pengunjung pun akan bisa untuk menuju Kumai yang memiliki jarak yakni sekitar 8 km dengan menggunakan kendaraan umum. Kira kira, nantinya Anda akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya, perjalanan pun akan dilanjutkan dengan menggunakan perahu klotok.

Ketika menggunakan perahu ini, maka Anda pun akan bisa menempuhnya dalam waktu dua jam. Akan tetapi, apabila Anda ingin cepat sampai maka Anda bisa mengendarai speed boat yang hanya memiliki waktu yakni sekitar satu jam saja. Dengan begitu, Anda pun akan lebih cepat untuk sampai dan melihat keindahan dari Taman Nasional Tanjung Puting yang menawan ini.

Tips Berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting

Tips Berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting

Image Credit: Faktakalimantan.co.id

Ketika Anda berencana untuk berwisata ke tempat satu ini, maka terdapat beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan. Diantaranya adalah dengan membawa lotion anti nyamuk. Karena berada di tengah hutan, tentu saja benda satu ini akan sangat dibutuhkan. Selain itu, Anda pun juga perlu untuk membawa sepatu gunung yang kedap air. Serta jangan lupa untuk memakai pakaian yang nyaman.

Saat berwisata ke Taman Nasional Tanjung Puting maka Anda pun nantinya akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kapal. Oleh karena itu, untuk mengusir rasa bosan maka Anda pun bisa membawa buku ataupun permainan seru yang akan bisa untuk mengusir rasa bosan anda. pasalnya, Anda akan mengelilingi kawasan ini dengan menggunakan perahu untuk waktu yang tidak sebentar.

Dengan memperhatikan persiapan dan barang barang apa saja yang perlu dibawa, maka Anda pun akan bisa untuk menikmati keindahan kawasan konservasi orang utan ini. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berada di Kalimantan Tengah tak ada salahnya untuk menyempatkan mampir dan singgah untuk mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting yang eksotis ini.