Kalimantan Tengah

Taman Nasional Sebangau, Wisata Hutan Gambut Unik di Kalimantan Tengah

Lokasi: Jl. Mahir Mahar KM. 1.2, Paduran Sabangau, Kec. Sebangau Kuala, Kab. Pulang Pisau.
MapCek Lokasi

Wilayah kalimantan Tengah memang sangat terkenal dengan objek wisata alam yang milikinya. Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Sebangau. Jika kebanyakan wisata hutan di tempat lain, berupa hutan hujan tropis. Maka di tempat ini, Anda akan menemukan hutan yang berbeda yaitu hutan gambut. Penasaran dengan berbagai hal yang ada di tempat wisata ini? Yuk simak ulasan berikut.

Daya Tarik Taman Nasional Sebangau

Daya Tarik Taman Nasional Sebangau

Image Credit: Borneo24.com

Taman Nasional ini menjadi salah satu hutan gambut yang masih tersisa di pulau Borneo. Luas nya sekitar 568.700 hektar, yang menjadi habitat bagi orangutan dan beberapa jenis reptil yang menjadi salah satu populasi terbesar. Di tengah tengah hutan gambut, terlihat pemandangan yang indah dari bukit yang masih alami. Salah satu dari puncak bukit ini menghadap ke Taman Nasional Sebangau. Selain itu, terdapat danau megah yaitu danau bulat, danau punggualas dan danau Panjang.

Bagi Anda yang terbiasa mendaki, perjalanan menuju ke bukit bulan merupakan perjalanan yang cukup menantang. Pasalnya, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan sepanjang jalan Sungai Bulan yang menyegarkan. Merupakan pemandangan yang unik dari rawa rawa dan batu batu granit yang dapat disaksikan di bukit kaki. Batu granit ini menyebabkan lingkungan menjadi kering, sehingga pohon yang tumbuh memiliki warna yang berbeda dengan pohon di lingkungan sekitar.

Keanekaragaman Flora dan Fauna

Keanekaragaman Flora dan Fauna

Image Credit: Beritagar.id

Tempat wisata ini menjadi Taman Nasional karena menjadi habitat dari hewan hewan langka. Tercatat, sekitar 13 hewan langka yang tinggal di tempat ini. Beberapa hewan langka tersebut diantaranya owa, beruk, orangutan, kelasi, binturong, musang pohon, beruang madu, macan dahan, bajing dan kucing hutan. Ada juga beberapa jenis burung yang terancam punah, diantaranya elang hitam, cengak merah dan baliang.

BACA JUGA:  Pantai Ujung Pandaran, Wisata Bahari Andalan Kotawaringin Timur

Selain hewan langka, terhitung sekitar 809 jenis flora dapat ditemukan di Taman Nasional Sebangau. Flora ini termasuk ke dalam 128 suku, dimana 16 spesies flora yang ada di tempat ini belum dapat diidentifikasi. Beberapa tumbuhan yang cukup dominan di Taman Nasional Sebangau diantaranya Rubiaceae, Fabaceae, Clusiaceae, Cyperaceae, Lauraceae dan Annonaceae.

Kegiatan Menarik di Taman Wisata Sebangau

Kegiatan Menarik di Taman Wisata Sebangau

Image Credit: Idntimes.com

Di tempat wisata ini, pengunjung dapat melihat orangutan dengan suasana yang masih asli. Terdapat fauna langka lainnya yang bisa disaksikan di tempat ini. Selain dapat mengamati hewan hewan punah yang ada di sana, pengunjung juga dapat menyusuri Sungai Koran menggunakan perahu. Pengunjung akan diajak berkeliling ke beberapa demaraga untuk menikmati suasana di sepanjang sungai.

Salah satu pemandangan unik yang ditemukan di sepanjang sungai yaitu pohon rasau. Pohon ini tampak seperti pohon pandan laut. Pohon rasau biasanya dimanfaatkan untuk membuat tikar. Di sungai ini, pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai jenis reptil. Keunikan dari sungai yang ada di sini, yaitu warna airnya yang kehitaman. Hal ini dikarenakan tanah yang ada di sini memang berjenis gambut.

Untuk menikmati kegiatan susur sungai ini, pengunjung harus menaiki kapal dengan tarif yang dikenakan sekitar Rp 450 ribu untuk  kapasitas penumpang sebanyak 3 hingga 4 orang. Sedangkan jika ingin menelusuri ke dalam hutan, akan ada biaya tambahan sekitar Rp 150 ribu. Jika belum puas, pengunjung bisa mendaki bukit Bulan. Di tempat ini, pengunjung bisa melihat keindahan pemandangan Taman Nasional Sebangau.

Akses Menuju Lokasi Taman Nasional Sebangau

Akses Menuju Lokasi Taman Nasional Sebangau

Image Credit: Kompas.com

Akses menuju lokasi ini cukup sulit, mengingat letaknya yang berada di kawasan hutan gambut. Jika pengunjung berangkat dari Palangkaraya, maka perjalanan bisa dilakukan dengan menyewa mobil menuju ke Pelabuhan Kareng Bengkirai yang menjadi pintu masuk Taman Nasional Sebangau. Setelah sampai di pelabuhan, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa perahu penduduk di sekitar.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pulang Pisau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selanjutnya, pengunjung akan diantarkan menyusuri Sungai Sebangau menuju hilir yang berada di Pelabuhan Pegatan Hilir. Tarif untuk naik perahu dibanderol sekitar Rp 250 ribu per orang. Selanjutnya dari pelabuhan, Anda bisa melanjutkan perjalanan melalui Sungai Katingan ke arah Pelabuhan Kecamatan Mendawai. Di sini, pengunjung sudah sampai di Taman Wisata Sebangau.

Jika dihitung, perjalanan menuju tempat wisata ini memakan waktu sekitar 9 jam. Lokasi tempat wisata terletak diantara Sungai Katingan dan Sungai Sebangau. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Harga tiket yang dibebankan kepada pengunjung yang berstatus WNI yaitu sekitar Rp 5 ribu. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara harus membayar biaya yang lebih mahal, yaitu Rp 150 ribu.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Taman Nasional Sebangau

Waktu Terbaik Berkunjung ke Taman Nasional Sebangau

Image Credit: Genpi.co

Waktu terbaik mengunjungi tempat wisata ini yaitu ketika musim hujan. Yaitu pada bulan desember hingga februari. Jika Anda mengunjunginya pada musim kemarau, maka air rawa akan surut sehingga pengunjung harus melakukan tracking  di beberapa tempat. Agar bisa melihat orangutan yang ada di hutan ini, maka waktu yang terbaik adalah sore hari yaitu sekitar pukul 15.00 WIB.

Dimana pada waktu tersebut orangutan akan mengumpulkan dedaunan untuk dijadikan sebagai kasur tempat tidur. Biasanya mereka akan tidur di tempat yang berbeda setiap malamnya. Selanjutnya, orangutan akan beristirahat pada pukul 18.00 WIB. Karena Lokasi Sungai Koran yang terletak berbatasan dengan hutan belantara, maka tempat ini menjadi ekosistem yang tepat untuk orangutan dan hewan liar lainnya.

Tips Berlibur ke Taman Nasional Sebangau

Tips Berlibur ke Taman Nasional Sebangau

Image Credit: Beborneotour.com

Agar liburan yang Anda rasakan semakin seru dan tidak mengecewakan, Anda menerapkan beberapa tips, diantaranya berangkat ke tempat ini lebih pagi. Karena perjalanan menuju ke tempat ini cukup lama. Jika memang kesiangan, sebaiknya menginap di penginapan terdekat. Pasalnya, Anda akan kesulitan menemukan kapal yang mengantarkan Anda saat sudah malam. Pengunjung dapat menginap di kota Palangkaraya.

BACA JUGA:  5 Tempat Wisata di Kapuas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Terdapat beberapa hotel yang dapat dijadikan sebagai tempat menginap. Beberapa diantaranya Luwansa, NEO, hingga Favehotel. Harga menginap di tempat ini juga cukup terjangkau. Namun, jika ingin merasakan suasana menginap di pedalaman hutan Kalimantan, Anda bisa bermalam di Pos Jaga Sungai Koran.  Pengunjung Taman Wisata Sebangau boleh membawa makanan maupun minuman dari luar, asalkan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Saat sedang menaiki perahu, sebaiknya gunakan payung maupun jas hujan. Mengingat kapal yang digunakan tidak memakai atap, sehingga cukup berbahaya saat terjadi hujan. Sebagai salah satu langkah waspada, sebaiknya gunakan pelampung saat sedang menaiki kapal. Karena daerahnya yang berada di sepanjang sungai, maka di tempat ini terdapat banyak serangga. Maka dari itu, sebaiknya gunakan lotion anti serangga untuk menghindari gigitan serangga tersebut.

Taman Nasional Sebangau memang menjadi tempat yang tepat untuk melihat berbagai jenis flora dan fauna yang ada di pulau Borneo. Selain keindahan pemandangan hutan gambut, pengunjung juga diajak untuk menyusuri sepanjang sungai Koran. Karena letaknya yang berada di kawasan rawa gambut, air di sungai ini memiliki warna hitam. Agar dapat menyaksikan orangutan di tempat ini, sebaiknya lakukan kunjungan pada saat sore hari.