Kalimantan Timur

Taman Nasional Kutai, Berwisata Sembari Belajar Flora & Fauna

Ingin lebih dekat dengan alam dan bisa belajar lebih dalam? Kunjungi Taman Nasional Kutai, berwisata sekaligus mempelajari fauna dan flora hidup saling berdampingan, dijamin Anda akan terbuai dan tidak ingin pulang terlalu cepat.

Lokasi: Sangkima Lama, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur.
Map: Cek Lokasi

Keindahan alam yang dimiliki oleh tanah Indonesia seakan tidak pernah habis dikupas dan dikagumi oleh masyarakat dunia, dimana salah satunya tertorehkan pada sebuah tempat wisata unik di Bontang bernama Taman Nasional Kutai. Selama berada disana, wisatawan dapat menikmati alam asri lengkap dengan segala kehidupan di dalam kawasan tersebut. Daripada penasaran dengan pesonanya, mari simak ulasan berikut.

Sejarah Singkat Berdirinya Taman Nasional Kutai

Sejarah Singkat Berdirinya Taman Nasional Kutai

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Kekayaan alam yang ditawarkan di kawasan wisata cantik satu ini, bahkan sudah diakui pada zaman kolonialisme. Bukan tanpa alasan, sebab disanalah kekayaan alam tersimpan dengan baik dengan jumlah yang melimpah bagi generasi sekarang bahkan generasi setelahnya sekalipun. Bahkan hutan satu ini tidak hanya sebagai rumah ternyaman bagi satwa yang tinggal di dalamnya, namun hutan tropis satu ini juga turut andil dalam kehidupan bumi dan manusia.

Pada awalnya kawasan wisata satu ini berstatus sebagai Hutan Persediaan seluas 2 juta hektar. Data tersebut didapatkan berdasarkan dari Surat Keputusan Pemerintah Hindia Belanda Nomer 3843/ AZ / 1934, lalu kemudian Pemerintah Kerajaan Kutai menetapkannya sebagai kawasan Suaka Margasatwa dengan meluncurkan SK (ZB) No : 80/22-ZB/1936 yang memiliki luas sekitar 306 hektar.

Namun kehidupan selanjutnya tidaklah damai seperti yang diharapkan, karena sejak kehadiran TN maka Kutai seakan tidak pernah lepas dari adanya konflik kepentingan. Hal ini terlihat dari kawasan hutannya yang semakin sempit akibat adanya pengurangan luas lahan yang cukup signifikan. Bahkan kondisi ini tercatat sudah dimulai sejak 63 tahun silam dan telah dihitung pada tahun 1997 lalu.

Sebenarnya kawasan Taman Nasional Kutai disebut sebagai salah satu objek wisata alam, dan didalamnya terdapat flora dan fauna langka yang saling hidup berdampingan dengan damai. Bahkan berdasarkan informasi yang didapatkan, wisata alam menawan satu ini merupakan wakilan dari hutan ulin terluas yang dimiliki oleh Indonesia. Pohon ulin tersebut tampak tumbuh subur di kawan desa Sangkima dengan jumlah yang begitu melimpah.

Tidak tanggung tanggung, bahkan pohon satu ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian kurang lebih 45 meter, berdiameter 225 cm, volume mencapai 150 m3, dan keliling batang sekitar 760 cm. Dengan melihat data tersebut, Anda pastinya sudah bisa membayangkan berapa tingginya pohon tersebut tampak menghiasi kawasan hutannya. Bahkan pohon tersebut mendapat julukan sebagai pohon tertinggi dan terbesar yang pernah dimiliki Indonesia.

BACA JUGA:  Taman Tanjung Laut, Tempat Refreshing Bikin Betah di Bontang

Daya Tarik Utama yang Dimiliki Taman Nasional Kutai

Daya Tarik Utama yang Dimiliki Taman Nasional Kutai

Image Credit: Tegarnews.com

Pengujung tidak akan pernah bosan mengunjungi destinasi wisata alam indah satu ini. Tawarkan segudang pesona alam yang begitu mempesona, dimana keindahannya sendiri berasal dari keasrian alamnya yang begitu terjaga. Bagaimana tidak, selama berada disana Anda bisa menemukan sejumlah flora tampak menghiasi kawasan wisatanya mulai dari pohon Ulin, Kapur, Cemara Laut, Tanncang, Bakau, berbagai jenis Anggrek, hingga 3 jenis Raflesia bisa ditemukan disini.

Bahkan jika ditotal, kawasan Taman Nasional Kutai setidaknya memiliki 958 jenis flora. Bahkan beberapa diantara masuk sebagai flora langka seperti tanaman Gaharu, Anggrek hutan, hingga kantong semar masih cukup mudah ditemukan di kawasan wisata cantik satu ini. Bukan hanya ragam jenis floranya semata, namun hutan satu ini menyimpan kekayaan jenis fauna langka sehingga wajib dilindungi.

Menurut data yang berhasil didapatkan, setidaknya ada sekitar 80% jenis burung Borneo serta 80 jenis mamalia Borneo tinggal di hutan tersebut. Hutan ini pun menjadi rumah tinggal bagi sekumpulan kelompok primata seperti bekantan, owa Kalimantan, kera ekor panjang, kukang, beruk, hingga oran utan tersebar di berbagai sudut kawasan hutannya. Sekelompok primata yang mulai punah tersebut hidup saling berdampingan dengan damai.

Tidak berhenti sampai disana, wisatawan juga bisa melihat sekumpulan kelompok ungulata seperti kijang, rusa, benteng, kanil, dan masih banyak lainnya. Semua kebutuhan antar kelompoknya seakan tersedia semua di dalam kawasan hutannya, sehingga mereka dapat hidup dengan penuh kecukupan walaupun kini sebagian kawasannya telah tergusur. Padahal jika dikulik lebih dalam, kondisi alamnya begitu mempesona dan mengagumkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Nasional Kutai

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Nasional Kutai

Image Credit: Wartawisata.id

Tertarik mengulik keindahannya secara langsung ? Segeralah meluncur ke daerah pinggiran Teluk Kaba. Untuk bisa sampai di lokasi wisatanya, setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 3.5 jam perjalanan karena akan menempuh jarak berkisar 120 km jika bertolak dari kota Samarinda. Sedangkan bagi mereka yang bertolak dari kota Balikpapan harus rela menempuh sektiar 6 jam perjalanan untuk akhirnya sampai di kawasan wisatanya.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Pontianak Paling Enak & Murah

Namun rasa lelah dan penat selama berjalanan akan tergantikan ketika hampir memasuki kawasan wisatanya. Sebab selama perjalanan berlangsung, Anda bisa menikmati panorama alam yang begitu memanjakan mata. Pengunjung pun dibuat terkagum tiada henti, sebab kawasan wisata satu ini memiliki luas berkisar 198.629 hektar yang berarti cukup luas untuk menampung segala jenis flora dan fauna.

Akses menuju lokasi wisata tidaklah sulit seperti yang dibayangkan, sehingga pengunjung bisa mengendarai kendaraan pribadi sebagai alternatifnya. Mungkin bagi warga sekitar, lokasi wisata populer satu ini tidaklah sulit ditemukan. Sedangkan bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah, bisa memanfaatkan teknologi canggih untuk memandu menuju tempat wisata ataupun meminta bantuan masyarakat sekitar sebagai solusi terbaiknya.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Kutai

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Kutai

Image Credit: Travellers.id

Setelahnya berhasil menemukan kawasan taman nasional, nantinya pengunjung akan ditarik biaya tiket masuk sebelum memasuki kawasan wisatanya. Tidak perlu khawatir isi dompet akan ludes seketika, karena pihak pengelola hanya menarik sekitar 5 ribuan saja per orangnya.

Dengan harga tiket tersebut, panorama alamnya yang indah sudah bisa dinikmati sepuasnya tanpa ada kata tapi dibelakangnya.

Aktifitas Menarik Dilakukan di Taman Nasional

Aktifitas Menarik Dilakukan di Taman Nasional

Image Credit: Greenlabsabontang.blogspot.com

Para pecinta alam tampaknya tidak ingin melewatkan kesempatan emas untuk bisa berteman lebih dekat dengan alam yang dimiliki hutan Kalimantan satu ini. Sebab ada beberapa hal menarik yang bisa dilakukan selama berada di dalam kawasan wisatanya. Mulai dari melihat dari dekat dengan aneka jenis hewan langka tanpa jarak, hingga melihat mereka menyantap makanan bisa menjadi pemandangan menarik.

Pengunjung pun bisa menikmati pesonanya yang tiada dua tanpa ada batasan, namun pastikan untuk tidak merusak agar kondisi alamnya tetap terjaga. Masih di tempat yang sama, pengunjung pun dapat menikmati suara alam yang mengalun indah hingga sampai di indra pendengaran. Bahkan acara duduk santai di pinggiran hutan bakau bisa memberikan pengalaman tidak terlupa sehingga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Menyusuri aliran sungai Sanggata mulai dari hilir hingga hulunya dirasa masuk sebagai deretan aktifitas menarik yang wajib Anda coba. Selama perjalanan tersebut, kemungkinan besar pengunjung bisa melihat aneka ragam flora tampak menghiasi pinggir sungainya. Pengunjung yang beruntung pun bisa melihat langsung berbagai satwa liar, tampak asyik menikmati nuansa hutannya tanpa merasa takut dengan kehadiran manusia.

BACA JUGA:  Bukit Tangkiling, Objek Wisata Alam Penuh Legenda di Palangkaraya

Agar perjalanan menyusuri sungainya lebih menyenangkan, cobalah untuk menaiki perhu ketinting sebagai alternatifnya. Perasaan terombang ambing selama perjalanan seakan bukan menjadi rintangan yang berat, setelah melihat keindahan alam yang ditawarkan selama penyusuran berlangsung. Walaupun menaiki perahu ketinting begitu menyenangkan, pastikan untuk tetap waspada dan memperhatikan keselamatan.

Bukan tanpa alasan, sebab di sepanjang sungai tersebut ada kemungkinan Anda akan bertemu sekumpulan predator sungai Sanggata yang begitu fenomenal bernama Buaya Muara. Bahkan bisa dikatakan bahwa sungai Sanggata merupakan habitat aslinya, sehingga diperlukan keberanian lebih serta kewaspadaan tinggi selama menyusurinya. Dijamin perjalanan akan berlangsung menegangkan namun juga tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Selama menelusuri setiap sudut hutannya, dijamin pengunjung tidak hentinya mengucapkan kata takjub dengan keindahan alam ciptaan Tuhan satu ini. Di tempat ini pula, Anda bisa menemukan sejumlah spot foto menarik dengan latar belakang yang begitu mempesona. Dengan angle tepat dan sedikit bantuan pencahayaan sinar mentari, hasil jepretan pun tampak menawan hati.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Nasional Kutai

Fasilitas yang Tersedia di Taman Nasional Kutai

Image Credit: Kate.id

Walaupun disebut sebagai wisata alam asri, pihak pengelola sangat memahami betul bahwa tempat tersebut harus dilengkapi dengan aneka fasilitas. Berdasarkan ide tersebut, maka ditambahkanlah sejumlah fasilitas sebagai bentuk pelayanan terbaik yang bisa dilakukan. Beberapa fasiltias yang dimaksudkan disini meliputi outbond yang siap menantang adrenalin, sejumlah anak tangga, jembatan gantung, dan masih banyak lagi lainnya.

Sayangnya beberapa fasilitasnya perlahan mulai lapuk dimakan usia, namun justru menambah kesan berbeda ketika melihatnya. Belum tersedia guide yang siap menemani selama perjalanan, sehingga wisatawan harus berhati hati ketika menelurusi hutan tersebut. Sebelum langit seutuhnya berubah menjadi gelap, ada baiknya segera membuat tenda atau mengunjungi post tertentu sebagai solusinya.

Alam warisan tanah Indonesia memang tidak pernah mengecewakan penggemarnya, salah satunya dapat ditemukan di kota Bontang atau lebih tepatnya bernama Taman Nasional Kutai Kabupaten Kutai Timur. Berbagai tanaman tampak tumbuh subur di kawasan wisata tersebut, dan sesekali terlihat fauna tampak melenggang santai yang membuat nuansa asri semakin kuat terasa. Namun pastikan untuk membuang sampah di tempatnya untuk menjaga keasriannya.