Kalimantan Timur

Taman Kota Raja Tenggarong, Taman Favorit untuk Bersantai

Tidak perlu menghabiskan biaya yang mahal untuk berlibur. Anda bisa berkunjung ke Taman Kota Raja Tenggarong untuk merasakan sensasi bersantai yang mengesankan. Taman alternatif warga Tenggarong untuk melepas penat.

Lokasi: Jl. Robert Wolter Mongisidi No.16, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.
Map: Cek Lokasi

Akhir pekan merupakan waktu yang tepat bagi Anda yang ingin melepas penat setelah melakukan aktivitas harian yang menyibukkan. Oleh karena itu, salah satu destinasi wisata yang tidak bisa dilewatkan untuk bersantai adalah Taman Kota Raja Tenggarong. Tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang bisa dinikmati. Untuk lebih detailnya, simak ulasan berikut.

Daya Tarik Utama Taman Kota Raja Tenggarong

Daya Tarik Taman Kota Raja Tenggarong

Image Credit: Google Maps (Heru Kusmartono)

Waktu akhir pekan merupakan waktu yang sudah ditunggu-tunggu oleh sebagian orang setelah seminggu bekerja. Untuk mengisi hari libur tersebut, tidak harus dilakukan ke tempat yang jauh. Anda bisa memilih destinasi wisata seperti Taman Kota Tenggarong. Letaknya di pinggir kota, sehingga memudahkan masyarakat sekitar mengunjunginya.

Taman di Tenggarong ini sengaja dibangun di lingkungan perkotaan untuk bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Selain menjadi lokasi untuk berkumpul dan bersantai, taman juga menambah keindahan dari sebuah perkotaan. Terutama di Kota Tenggarong ini, taman menjadi tempat yang memiliki daya pikatnya tersendiri bagi pengunjungnya.

Taman yang berada di pinggir Sungai Mahakam dan dekat dengan Jembatan Kutai Kartanegara ini, dijadikan tempat andalan untuk menghabiskan waktu weekend masyarakat sekitar atau sekedar melepas lelah. Pasalnya hembusan angin yang semilir berpadu dengan deretan pepohonan yang ada di sekitar taman membuat suasana menjadi lebih rileks.

Terlebih dengan aliran air Sungai Mahakam yang tenang, mampu menambah keindahan yang bisa dinikmati kapan saja ketika mengunjunginya. Taman Kota Raja Tenggarong dapat menjadi alternatif wisata jika ingin melepas lelah atau sedang ingin bersantai menikmati pemandangan indah. Anda juga bisa kunjungi Jembatan Kutai Negara yang berdiri kokoh di atas Sungai Mahakam.

Menariknya, di taman ini terdapat ikon unik yang mirip dengan menara payung di negara Arab. Hal ini menambah pesona dari taman ini. Selain itu, ukuran taman yang begitu luas menjadikannya tempat seru untuk sekedar berkumpul bersama keluarga, kerabat terdekat, atau teman.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Paling Hits

Untuk menunjang kegiatan pengunjung, sejumlah fasilitas dibangun di taman yang indah ini. Termasuk fasilitas umum seperti tempat ibadah, toilet, tempat cuci tangan, wahana permainan, dan tempat makan, ada di Taman Kota Raja Tenggarong. Dengan begitu, Anda tidak usah khawatir jika membawa keluarga atau anak untuk menghabiskan waktu di sini karena fasilitasnya sudah lengkap.

Daya Tarik Taman Kota Raja

Image Credit: Google Maps (Stepanus Dofa)

Tak kalah menariknya, pihak pengelola tidak menarik biaya masuk sepeser pun untuk bisa menikmati keindahan Kota Raja Tenggarong ini. Sehingga setiap pengunjung yang datang akan memiliki kesempatan yang sama jika ingin menikmati suasana di tengah kota dengan pemandangan menawan.

Tumbuhan hijau dan tempat duduk yang ada di sekitar taman ini menambah kenyamanan ketika lelah beraktivitas. Tentu saja keindahan ini akan membuat banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk sekedar bersantai di pagi maupun sore hari. Apalagi jika menjelang senja, pemandangan yang dipancarkan dari taman ini sungguh memesona.

Tak hanya itu saja, ada tempat kuliner lesehan yang unik di pinggiran Sungai Mahakam. Setelah lelah beraktivitas berjalan-jalan di taman ini, Anda bisa mengisi perut dengan kuliner lezat. Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan hilir mudik kapal sambil menyantap hidangan lezat khas Kalimantan yang ada di Taman Kota Raja Tenggarong.

Selain itu, kebersihan dari Taman Raja Tenggarong juga menjadi focal point sendiri bagi pengunjung yang datang ke tempat satu ini. Anda akan melihat betapa bersihnya taman yang tertata rapi di setiap sudutnya. Hal tersebut pastinya akan memanjakan mata Anda ketika berkunjung ke taman yang ada di pinggir Sungai Mahakam.

Deretan pohon yang ada di sekitar taman akan membuat Anda memilih tempat yang pas untuk bersantai atau melepas penat. Meskipun tanaman hijau hanya ada di pinggiran taman, hal ini tidak mengurangi kesejukan suasana di taman ini. Apalagi saat malam hari, udara semilir disertai lampu yang menyala, menambah keindahan Taman Kota Raja Tenggarong.

Waktu yang Tepat Berkunjung ke Taman Kota

Waktu Berkunjung ke Taman Kota

Image Credit: Instagram.com @poetragrind

Jika Anda ingin mengunjungi Taman Kota Tenggarong, ada baiknya datang di pagi atau sore hari. Pasalnya, ketika Anda mengunjunginya di pagi hari, maka Anda bisa sekaligus berolahraga ketika berada di sini. Bentuk taman yang cukup luas memudahkan Anda melakukan sederet aktivitas seperti lari pagi atau berjalan kaki.

BACA JUGA:  Pantai Marina, Wisata Bahari di Bontang yang Memukau

Apabila Anda ingin sekedar berkumpul bersama dengan teman atau keluarga terdekat, maka waktu yang cocok untuk berkunjung ke taman yang satu ini adalah sore hari. Anda bisa mendapatkan spot terbaik bila ingin mengabadikan momen bersama. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunset yang terlihat dari Sungai Mahakam.

Namun bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berkunjung di pagi hari, maka Anda dapat datang ketika sore hari. Karena saat menjelang malam tiba, Anda bisa melihat satu persatu lampu menyala di taman yang indah ini. Pastinya hal tersebut akan menampilkan pemandangan yang sangat menawan.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Kota Raja

Fasilitas di Taman Kota Raja

Image Credit: Google Maps (Sandi Maulana)

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola sudah melengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Selain area terbuka yang luas, taman ini menyediakan sarana, seperti taman bermain anak, tempat kuliner, mushola, dan toilet umum. Dengan begitu, akan semakin banyak pengunjung yang datang di Taman menarik ini untuk bersantai atau berlibur.

Apabila berkunjung bersama keluarga, maka Anda tidak usah khawatir. Pasalnya, Anda bisa menggunakan berbagai wahana yang disediakan. Permainan yang bisa digunakan adalah bianglala dan istana boneka. Untuk tarif yang dipatok berkisar sepuluh ribu hingga 20 ribu rupiah saja setiap putaran. Sehingga, liburan bersama keluarga tidak akan membosankan.

Selain menawarkan area terbuka luas dan hijau, taman ini menyediakan berbagai fasilitas seperti area wahana, tempat ibadah dan toilet umum. Tak hanya itu saja, di Taman Tenggarong juga banyak sekali warung berkonsep lesehan yang menjual makanan. Sehingga Anda pun dijamin tidak akan merasa lapar, meskipun berada di taman mulai pagi hingga petang.

Jika Anda yang menggunakan kendaraan bermotor, maka Anda pun bisa memarkirnya dengan aman di tempat yang sudah disediakan. Sehingga tidak mengganggu lalu lintas yang ada di sekitar taman. Selain itu, Anda juga akan merasa aman jika memarkir kendaraan yang dimiliki. Pasalnya, pengelola sudah menyediakan penjaga parkir untuk membuat kenyamanan Anda lebih terjamin.

Apabila Anda berkunjung bersama keluarga tercinta, ada juga beberapa fasilitas yang disediakan agar anak Anda tidak akan bosan saat mengunjungi Taman Berkampung. Sementara itu, bagi Anda yang berasal dari luar daerah, maka tak perlu khawatir untuk menghabiskan malam di kota satu ini. Karena taman ini berada di tengah kota sehingga akan banyak sekali pilihan penginapan.

BACA JUGA:  Waduk Panji Sukarame, Tempat Rekreasi Air di Kutai Kartanegara

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Kota Raja

Kegiatan di Taman Kota Raja

Image Credit: Facebook.com @taman kota raja tenggarong

Taman Kota Raja Tenggarong ini sengaja dibangun di sebidang tanah yang luas untuk digunakan untuk lokasi berkumpul dan bergembira bersama. Ketika Anda berada di taman satu ini, Anda tak hanya akan sekedar bersantai saja duduk di sekitar taman. Banyak kegiatan menarik untuk dilakukan saat berada di taman kota ini.

Karena bentuk taman yang melingkar, maka Anda bisa melakukan kegiatan jogging di area pinggir taman. Saat memasuki taman ini, Anda akan melihat tempat duduk yang ada di setiap sudutnya. Ditambah lagi lokasinya yang ada di pinggir sungai, Anda bisa menghabiskan waktu untuk menikmati fasilitas tersebut untuk berkumpul bersama orang terdekat.

Jika Anda menyukai aktivitas piknik, lokasi ini juga sangat cocok digunakan untuk berkumpul bersama orang tercinta. Anda bisa membawa bekal dan menggelar tikar di sekitar pohon maupun di area dekat pinggir sungai. Sambil menyantap hidangan yang dibawa dari rumah, Anda dapat melihat keindahan hilir mudik kapal di Sungai Mahakam.

Terdapat berbagai wisata kuliner yang disediakan pengelola di sekitar taman. Bahkan, ada juga tempat makan unik dengan tema lesehan yang ada di Taman Kota Raja Tenggarong. Anda bisa menikmati makanan khas Kalimantan sembari memandang keindahan taman. Menariknya lagi, Anda juga bisa membawa pulang makanan jika tidak ingin menikmati makanan di taman.

Tidak berhenti sampai di situ saja, jika Anda suka berfoto, tentu saja ada beberapa spot menarik yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah papan tulisan besar yang ada di depan Taman Kota Tenggarong. Selain itu, lokasi pinggir pantai dengan pemandangan jembatan Kutai Negara juga menjadi spot terbaik bagi Anda yang ingin berswafoto.

Untuk itu, bagi Anda yang berlibur ke Kota Tenggarong tidak perlu bingung cari lokasi wisata. Anda bisa mengunjungi Taman Kota Raja Tenggarong sebagai alternatif berlibur yang bisa digunakan untuk melepas rasa penat setelah lelah beraktivitas karena pekerjaan. Selain itu, taman ini bisa menjadi lokasi yang pas jika Anda mempunyai budget yang pas-pasan, sebab tidak ada biaya tiket masuk.