Kalimantan Barat

10 Taman di Pontianak yang Cocok untuk Refreshing

Kota Pontianak memiliki banyak taman kota keren yang cocok dijadikan tempat berkumpul bersama teman dan melepas rasa penat.

Taman merupakan salah satu alternatif bagi warga sebagai tempat berlibur ataupun berwisata. Selain itu, kebutuhan akan ruang terbuka juga membuat pemerintah kota Pontianak berusaha memenuhi kebutuhan tersebut dengan membangun taman-taman buatan. Dimana taman tersebut bisa menjadi destinasi pelancong yang tengah berlibur ke kota Pontianak. Untuk itu, berikut rekomendasi taman di kota Pontianak yang cocok dijadikan tempat beristirahat dan refreshing.

1. Taman Alun Alun Kapuas

Taman Alun Alun Kapuas

Image Credit: Ophiziadah.com

Taman satu ini lokasinya tidak jauh dari kantor walikota Pontianak. Karena letaknya tepat di depan Korem di jalan Rahadi Usman, tempat satu ini juga dikenal dengan nama taman Korem. Sebagai taman kota yang tepat untuk melepas penat, tempat ini memiliki sejumlah spot foto yang menarik. Seperti area yang terdapat bangunan berlambang Tanjak, dimana bangunan ini memiliki warna kuning dan dikenal sebagai ikon taman tersebut.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat jembatan penghubung antara taman dengan kawasan waterfront pinggiran sungai Kapuas. Yang menarik, di taman ini terdapat miniatur tugu khatulistiwa dan kapal Bandong. Karena letaknya di pinggir sungai, foto yang diambil di lokasi ini akan memberikan kesan yang berbeda. Lampu nama atau tulisan yang ada di taman Alun alun Kapuas juga menjadi salah satu spot foto favorit para wisatawan.

Lokasi: Jl. Rahadi Usman, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

2. Taman Rektorat UNTAN

Taman Rektorat UNTAN

Image Credit: Pascasarjana.untan.ac.id

Universitas Tanjungpura ternyata memiliki taman yang bisa digunakan oleh masyarakat luas. Yang mana taman tersebut berada di lingkungan gedung Rektorat UNTAN. Salah satu daya tarik di taman ini adalah bangunan gedung Rektorat Universitas Tanjungpura yang bagus dan unik. Bangunan yang bisa dibilang megah tersebut dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, sehingga membuat pengunjung taman menjadi betah untuk berlama lama duduk santai ataupun menenangkan diri.

Untuk masalah fasilitas, taman satu ini bisa dibilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di tempat ini terdapat banyak bilik toilet yang bersih dan juga ada musholla untuk tempat ibadah yang juga bersih. Karena sudah dilengkapi dengan jogging track, tempat ini selalu ramai digunakan untuk lari atau sekedar bersantai sejenak sambil foto foto. Taman satu ini biasanya ramai di sore hari karena suasananya yang nyaman.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Singkawang Paling Enak & Murah

Lokasi: Jl. Profesor Dokter H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

3. Taman Akcaya Pontianak

Taman Akcaya Pontianak

Image Credit: Kumparan.com

Salah satu taman yang bisa menjadi tempat yang pas untuk melepas penat ialah taman Akcaya yang berada di jalan Sultan Syahrir. Karena ditumbuhi banyak pepohonan, taman satu ini sangat sejuk dan juga rindang. Sehingga bisa menjadi destinasi yang tepat untuk jalan jalan santai ataupun hanya sekedar duduk duduk dan berkumpul bersama dengan teman. Di taman ini, juga ada sejumlah spot yang bagus untuk berselfie.

Untuk yang ingin berolahraga ringan, di taman Akcaya Pontianak juga sudah ada jogging track. Selain itu, di taman kota ini juga ada perpustakaan mini yang bisa digunakan sebagai sarana membaca gratis. taman ini terletak di lokasi yang strategis, sehingga mudah untuk diakses oleh warga ataupun pendatang yang ingin singgah. Ketika malam hari, taman ini tidak kalah ramai dari siang hari. Tidak hanya ramai pengunjung, di malam hari taman ini juga ramai pedagang yang berjualan.

Lokasi: Jl. Sultan Syahrir, Akcaya, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

4. Taman Digulis Pontianak

Taman Digulis Pontianak

Image Credit: OnSehat.COM

Bisa dibilang, taman satu ini adalah salah satu taman untuk nongkrong dan bersantai yang paling nyaman di kota Pontianak. Karena buka 24 jam, taman ini bisa dijadikan tempat berkumpul atau bersantai kapan saja. Terletak di pusat kota, taman Digulis sangat strategis dan memiliki akses yang mudah dijangkau. Layaknya destinasi wisata lainnya, taman ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang bisa membuat para pengunjung menjadi nyaman dan betah.

Area playground yang sudah dilengkapi dengan berbagai permainan, sangat cocok digunakan untuk tempat bermain anak. Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan jogging track sebagai penunjang para pengunjung untuk berolahraga. Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat berkumpul para pecinta skateboard, hal ini dikarenakan adanya fasilitas skatepark. Tidak hanya dijadikan latihan skateboard, taman ini juga sering dijadikan tempat nongkrong anak muda ketika malam hari.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.114, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

5. Taman Tugu Pancasila

Taman Tugu Pancasila

Image Credit: Tribunnews.com

Di taman ini berdiri dengan megah sebuah tugu Pancasila, yang kerap kali dijadikan destinasi wisata gratis di kota Pontianak. Terletak di kawasan Bundaran Pelindo, taman Tugu Pancasila mudah untuk dijumpai. Taman yang berdiri di atas lahan berbentuk segitiga ini, memiliki monumen Pancasila dengan ciri khas warna merah putih dan lambang Garuda Pancasila berukuran besar di sisi depan.

BACA JUGA:  Pulau Randayan, Pulau Cantik Nan Eksotis di Kalimantan Barat

Tugu satu ini dibangun untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia, sehingga jika berkunjung ke tempat ini bisa sekalian belajar tentang sejarah. Di taman ini aktivitas yang paling sering dilakukan adalah berfoto bersama teman atau keluarga, hal tersebut dikarenakan taman ini memiliki spot foto yang bagus. Selain itu, tempat ini juga kerap digunakan sebagai tempat olahraga di pagi dan sore hari. Yang menarik, di tempat ini Anda bisa melihat cenotaph atau nisan kosong.

Lokasi: Jl. Rahadi Usman, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

6. Taman Catur Ayani

Taman Catur Ayani

Image Credit: Amazingborneo.id

Berbentuk jalan setapak, taman Catur Ayani bisa dikatakan cukup unik. Taman ini dikelilingi dengan pagar dan di tengahnya ditanami dengan aneka tanaman hias. Selain itu, juga ada lapangan basket mini, skate park, dan juga perpustakaan digital. Sesuai dengan namanya, di taman ini terdapat lapangan catur raksasa yang juga dilengkapi dengan papan catur. Uniknya, taman ini memiliki pigura berbentuk kaca yang berisikan informasi yang menjelaskan mengenai kota Pontianak.

Perpustakaan digital yang berada di taman ini bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bersantai sembari membaca, apalagi perpustakaan ini sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Memiliki lokasi yang strategis, taman satu ini mudah diakses oleh para pengunjung. Selain untuk melepas penat, taman Catur Ayani juga bisa menjadi pilihan tepat sebagai tempat kumpul dan nongkrong yang seru.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.89, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

7. Taman Segitiga Universitas Tanjungpura

Taman Segitiga Universitas Tanjungpura

Image Credit: Perpustakaan.untan.ac.id

Berlokasi di lingkungan Universitas Tanjungpura, taman satu ini kerap kali dikunjungi oleh mahasiswa. Tidak hanya untuk mahasiswa, taman ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk jalan jalan santai atau hanya sekedar berkumpul bersama. Berhadapan dengan fakultas Teknik, taman kecil ini dihiasi oleh berbagai macam bunga yang dirawat dengan baik. Sehingga sangat pas digunakan untuk tempat bersantai ataupun nongkrong bersama teman.

BACA JUGA:  5 Wisata Pantai di Singkawang Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

8. Arboretum Sylva UNTAN Park

Arboretum Sylva UNTAN Park

Image Credit: Jejakbede.online

Masih dalam lingkungan Universitas Tanjungpura, Arboretum Sylva UNTAN Park merupakan salah satu taman yang bisa dijadikan tempat untuk refreshing. Taman satu ini memiliki fasilitas berupa rooftop garden, relief pahlawan Digulis, plasa, dan juga bangku taman. Meskipun taman ini tidak terlalu besar, namun di dalamnya ada berbagai jenis bunga yang tumbuh dan berkembang. Tidak hanya sekedar taman, di tempat ini juga terdapat dinding yang berisikan relief.

Selain terdapat dinding relief, di taman ini juga terdapat diorama kehidupan masyarakat di zaman Belanda dulu. Di tempat ini juga terdapat diorama tentang sebelas pahlawan yang diasingkan ke Boven Digoel. Taman satu ini merupakan salah satu favorit warga Pontianak, sehingga tidak heran jika selalu ramai. Ketika sore hari maka pengunjung taman akan semakin ramai, entah itu untuk jalan jalan santai atau hanya sekedar menikmati keriuhan jalanan Pontianak.

Lokasi: Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

9. Hutan Kota Pontianak

Hutan Kota Pontianak

Image Credit: Travsharing.com

Hutan yang berada di tengah tengah kota ini sangat cocok digunakan sebagai tempat refresing karena lokasinya yang nyaman dan memiliki udara yang sejuk. Dikelilingi dengan pepohonan rindang yang menghasilkan udara segar, tempat satu ini sangat pas untuk olahraga ringan semacam jogging atau berjalan santai. Tidak hanya itu, di hutan kota ini juga terdapat tempat bermain untuk anak anak dan juga remaja.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.114, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

10. Khatulistiwa Park

Khatulistiwa Park

Image Credit: Khatulistiwa-park-recreation-center.business.site

Karena dilewati oleh garis khatulistiwa, kota Pontianak memiliki tugu ikonik yang disebut dengan tugu Khatulistiwa. Yang mana tugu tersebut terletak di lingkungan taman Khatulistiwa. Taman satu ini biasanya dijadikan tempat tongkrongan yang asyik dan nyaman. Yang menarik, di taman ini ada banyak tempat makan yang siap menggoyang lidah para pengunjung. Sehingga selain sebagai tempat melepas penat, Khatulistiwa Park juga cocok untuk wisata kuliner.

Lokasi: Jl. Khatulistiwa No.Kel, Batu Layang, Pontianak Utara, Kota Pontianak.

Taman merupakan ruang terbuka yang sangat diperlukan oleh sebuah kota. Taman juga bisa digunakan sebagai tempat melepas penat masyarakat setempat. Sehingga tidak heran jika ada banyak taman yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti toilet dan bangku taman. Lalu dari beberapa taman di Pontianak dalam ulasan ini, taman mana yang ingin Anda kunjungi?