Kalimantan Timur

10 Taman di Balikpapan yang Cocok untuk Refreshing

Inilah Rekomendasi Taman Terbaik di Balikpapan. Mengunjungi taman menjadi tujuan tepat untuk menyegarkan pikiran dan melepas penat setelah bekerja.

Taman identik dengan tempat bersantai sempurna, yang dihiasi rerumputan hijau segar dan beberapa bunga di setiap sudutnya. Terutama jika taman tersebut berada tepat di tengah perkotaan, tentunya bisa menjadi hiburan tersendiri bagi warganya. Beruntungnya, Balikpapan memiliki sejumlah taman cantik yang dapat dijadikan tempat favorit untuk menghilangkan penat di pikiran.

Daripada penasaran, berikut rekomendasi taman di Balikpapan yang wajib dikunjungi. Sederet taman cantik yang pas untuk refreshing.

1. Taman Bekapai

Taman Bekapai

Image Credit: Kotabalikpapan.wordpress.com

Selama ini Balikpapan terkenal sebagai wilayah yang memiliki iklim sedikit hangat. Namun rasa gerah akibat teriknya sinar matahari tidak akan dirasakan ketika berkunjung ke Taman Bekapai. Benar, taman populer yang berada tepat di jantung kota Balikpapan satu ini menyuguhkan nuansa sejuk nan asri. Berkat nuansanya yang sejuk, wajar jika masyarakat sekitar menjadikannya sebagai tempat favorit melepas lelah sekaligus menyegarkan pikiran.

Menjelang hari libur tiba, taman ini semakin dipadati pengunjung yang seakan tidak pernah berhenti berdatangan. Entah itu sekedar menghabiskan waktu senggang sembari menikmati udara sejuknya, ataupun sekedar hang out bersama teman terasa semakin menyenangkan. Sebagai pelengkapnya, bahkan ditemukan berbagai ornamen taman unik yang secara otomatis dijadikan sebagai salah satu spot instagramable terbaik.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

2. Taman Adipura

Taman Adipura

Image Credit: Budisusilo85.blogspot.com

Balikpapan mendapatkan predikat sebagai kota terbersih nomer dua untuk kategori Clean Land yang bahkan sudah diakui nasional. Sebagai kota terbersih, pemerintah pun membuat Taman Adipura yang kemudian dijadikan sebagai simbol bahwa masyarakatnya cinta akan kebersihan. Bukan hanya sekali dua kali saja, pasalnya Balikpapan tercatat berhasil meraih penghargaan Adibura sebanyak 15 kali sekaligus memboyong Adipura Kencana kategori kota besar.

Kini taman cantik tersebut bukan hanya sekedar sebuah identitas membanggakan semata, karena Taman Adipura juga bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi di tengah perkotaan. Selama berada disana, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan cantik yang berasal dari bunga bunga bermekaran serta lingkungan sekitar yang terjaga kebersihannya. Taman ini pun semakin ramai dikunjungi menjelang malam hari lampu dan air mancur yang menghadirkan kesan nyaman.

BACA JUGA:  Mengenal Sejarah Balikpapan di Rumah Dahor Heritage

Lokasi: Jl. Pangeran Antasari, Karang Rejo, Kec. Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan.

3. Taman Wiluyo Puspoyudo

Taman Wiluyo Puspoyudo

Image Credit: Cendananews.com

Taman Wiluyo Puspoyudo termasuk salah satu ruang publik yang berada di kawasan elit perkotaan Balikpapan. Pemberian namanya pun tidak sembarangan, sebab Wiluyo Puspoyudo sebenarnya untuk mengenang sosok seorang pahlawan nasional. Berlokasi tepat di samping Kantor Pmerintah Kota Balikpapan, masyarakat juga menjadikannya sebagai tempat berburu kuliner tradisional yang wajib dikunjungi.

Berada tepat di pusat kota, taman ini dirasa mampu memanjakan mata dan menyegarkan. Berkat kehadirannya, bahkan masyarakat dapat berjalan jalan santai di sekitar taman dengan rasa nyaman sembari mempelajari jenis tanaman yang ada. Sebagai ruang publik, bahkan pemerintah menambahkan area khusus untuk permainan anak. Selagi menunggu si kecil bermain hingga puas, orang tua bisa duduk cantik di beberapa gazebo yang sudah disediakan.

Lokasi: Jl. Wiluyo PuspoyudoKlandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

4. Taman Wiluyo Puspoyudo II

Taman Wiluyo Puspoyudo II

Image Credit: Inibalikpapan.com

Tidak jauh dari Taman Wiluyo Puspoyudo I, pengunjung bisa melanjutkan acara jalan jalan santai menuju Taman Wiluyo Puspoyudo II. Tidak jauh berbeda dengan taman sebelumnya, hanya saja ukuran tamannya terlihat lebih luas yang dihiasi tanaman cantik cukup rindang. Banyaknya tanaman hijau mengitari taman, wajar jika ruang publik satu ini tidak pernah sepi dikunjungi baik di pagi hari maupun di sore hari sekalipun.

Tersedia pula beberapa gazebo untuk duduk santai sembari bercengkrama bersama orang tersayang, banyak yang menjadikannya sebagai spot terbaik untuk berdiskusi. Saat sore tiba, para pedagang aneka makanan pun berdatangan yang membuat taman semakin dipadati oleh penduduk yang tertarik mencicipi kuliner lezat. Dengan semua suguhan yang diberikan, tampaknya taman cantik satu ini cocok sebagai tempat refreshing diri.

Lokasi: Jl. Wiluyo Puspoyudo, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

5. Taman Tiga Generasi

Taman Tiga Generasi

Image Credit: Godiscover.co.id

Dari beberapa taman yang ada di Balikpapan, Taman Tiga Generasi tidak kalah populer dikunjungi untuk sekedar bersantai ria. Lokasinya berdekatan dengan SMAN 5 Balikpapan, membuatnya sering dikunjungi anak sekolah yang ingin melepaskan penat sebentar setelah pulang sekolah. Berkat lokasinya yang strategis, taman ini pun kerap dikunjungi pengunjung baik pagi hari maupun di sore hari sekalipun.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Samarinda Paling Enak & Murah

Seakan tidak pernah sepi pengunjung, pasalnya taman cantik ini semakin ramai dikunjungi ketika hari libur panjang tiba ataupun menjelang akhir pekan. Umumnya pengunjung yang datang bukan sekedar duduk cantik menikmati pemandangan sekitar semata, namun sebagiannya lebih memilih untuk jogging ataupun berjalan santai di sekitar taman. Bahkan pengunjung juga diperbolehkan memberi makan burung merpati yang berada di lokasi taman.

Lokasi: Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

6. Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Selama ini masyarakat mengenal taman sebagai ruang publik serta zona hijau yang bisa menyegarkan mata. Namun tidak dengan taman yang ada di Balikpapan satu ini, sebab Taman Lalu Lintas memiliki fungsi ganda karena bisa dijadikan sebagai wisata edukasi. Seperti yang bisa dibayangkan, disini masyarakat dapat bersantai sekaligus memperkaya ilmu lewat informasi terkait lalu lintas.

Bukan tanpa alasan, pembangunan taman cantik satu ini diharapkan dapat menanamkan sifat disiplin dan mengetahui etika saat menggunakan jalan umum. Informasi tersebut ditempelkan di sebuah papan berukuran besar di sisi tamannya. Bukan hanya sekedar memberikan informasi semata, pasalnya taman ini telah dilengkapi dengan berbagai jenis rambu rambu lalu lintas hingga zona penyeberangan khusus pejalan kaki.

Lokasi: Jl. Sepinggan Baru No.85, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

7. Taman RSS Damai III

Taman RSS Damai III

Image Credit: Facebook.com @kaltimpostonline

Pemerintah kota Balikpapan, tampaknya menggarap berbagi taman dengan serius demi kenyamanan warga tercintanya. Taman RSS Damai III, adalah salah satu bukti dimana masyakat dapat menikmati udara segar nan asri ataupun menjadikannya sebagai tempat berolahraga favorit. Sebagai pelengkapnya, bahkan pemerintah menambahkan area jogging track khusus serta beserta gazebo agar masyakat lebih betah berlama lama disana.

Agar semakin nyaman, tidak lupa taman akan dihiasi dengan berbagai tanaman rindang dan aneka bunga berwarna warni yang indah. Penataan taman tidak dilakukan sembarangan, dan diharapkan kawasan tersebut bisa menjadi role model dari beberapa taman yang ada di jalan jalan protokol lainnya. Sebagai pelengkapnya, dinas lewat bidang pertamanan akan menambahkan sejumlah lampu penerangan dan beberapa kursi.

Lokasi: Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

8. Taman Batu Ampar Lestari

Taman Batu Ampar Lestari

Image Credit: Inforumahdijualdi.com

Ingin mengajak si kecil bermain di taman agar tidak bosan berada di rumah saja ? Dalam kondisi tersebut, sepertinya mengunjungi Taman Batu Ampar Lestari adalah keputusan tepat. Selama berada disana, pengunjung akan disuguhkan dengan aneka tanaman hijau yang dihiasi berbagai bunga cantik siap memanjakan mata. Di tempat ini pula, tersedia berbagai wahana bermain anak sehingga pengunjung tidak akan merasa bosan.

BACA JUGA:  10 Cafe di Balikpapan yang Instagramable & Paling Hits

Lokasi: Jl. Pattimura, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

9. Park Cluster Somerset

Park Cluster Somerset

Image Credit: Bsaland.co.id

Suntuk dan ingin merefreshkan diri di sebuah taman cantik ? Anda bisa mengunjungi Park Cluster Somerset sebagai alternatifnya. Bukan tanpa alasan, pasalnya taman tampak bersih dan terawat yang membuatnya tampak menarik untuk dikunjungi. Layaknya taman pada umumnya, disini pengunjung dapat menikmati hamparan tanah luas yang dibalut dengan rerumputan hijau nan segar dan ditumbuhi dengan pepohonan rindang.

Suasananya pun terasa tenang dan damai, karena berada di kompleks perumahan. Lahannya yang cukup luas, membuat anak anak dapat berlarian dengan bebas sembari mengeksplor lingkungan sekitarnya. Meski tidak seperti taman pada umumnya, namun sudah cukup memuaskan untuk sekedar bersantai ria sembari menikmati semilir angin sejuk. Apakah kamu juga tertarik mengunjunginya ketika pikiran sedang suntuk ?

Lokasi: Balikpapan Baru, Damai, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

10. Lapangan Merdeka

Lapangan Merdeka

Image Credit: Pinterest.com @Chaztumbelaka

Berkunjung ke Balikpapan akan terasa kurang lengkap sebelum menginjakkan kaki di Lapangan Merdeka. Hamparan rerumputan hijau satu ini bisa menjadi spot terbaik untuk merefreshkan kembali pikiran, berkat banyaknya pepohonan rindang yang menghadirkan kesan sejuk. Meski lebih tepat dikatakan sebagai lapangan dibadingkan taman, namun pengunjung juga bisa bersantai ria sembari menikmati aneka kuliner lezat layaknya taman pada umumnya.

Seringkali dijadikan sebagai spot berolahraga ringan seperti joging maupun bersepeda santai, dianggap sebagai daya tari tersendiri yang membuat lapangan satu ini tampak berbeda. Bahkan pemerintah setempat difungsikan sebagai pusat berbagai kegiatan seperti konser musik hingga upacara memorial kebangsaan. Tidak jauh dari lapangan, terlihat adanya objek wisata lain yang tidak kalah menarik dikunjungi seperti Pantai Kilang Mandiri dan Masjid Istiqomah.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

Taman kota dianggap sebagai tempat terbaik untuk menikmati semilir angin pagi maupun sore bersama dengan keluarga ataupun sahabat. Jika berkunjung ke kota Balikpapan, Anda bisa menemukan sejumlah taman yang indah dengan balutan rerumputan yang segar. Bukan sekedar tempat berjalan jalan santai semata, sebab ada beberapa taman menyajikan hiburan sekaligus memberikan informasi bermanfaat bagi siapapun yang mengunjunginya.