Kalimantan Barat

Keindahan Taman Bunga Bukit Bougenville Singkawang, Kalimantan Barat

Lokasi: Jl. Pertanian, Sijangkung, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.
MapCek Lokasi

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang menjadi paru paru dunia, maka tidak heran jika wilayah tersebut memiliki banyak hutan iklim tropis khas khatulistiwa. Taman bunga Bukit Bougenville merupakan salah satu pilihan yang tepat jika ingin menikmati suasana asri dan sejuk saat mengunjungi kawasan Kalimantan Barat, lebih tepatnya di daerah Singkawang. Simak ulasan ini untuk mengetahui informasi lebih banyak tentang taman bunga Bukit Bougenville.

Mengintip Keindahan Taman Bunga Bukit Bougenville

Mengintip Keindahan Taman Bunga Bukit Bougenville

Image Credit: Infopromodiskon.com

Sesuai dengan nama yang disematkan, taman ini pada dasarnya merupakan taman bunga yang didominasi oleh bunga Bougenville. Dan taman tersebut didesain sealami mungkin untuk menghadirkan nuansa yang sejuk dan juga natural. Taman bunga satu ini memiliki lahan seluas 1,5 hektar. Dimana sebagian besar taman ditutupi dengan rumput dan juga terlihaat semakin cantik karena dipadukan dengan berbagai tanaman hias.

Selain itu, pada bagian lain dari taman ini juga terdapat sebuah kolam. Dimana di atas kolam terdapat jembatan yang memotong kolam dengan tulisan “Bukit Bougenville” pada sisi jembatannya. Di wilayah ini, juga terdapat patung naga yang meliuk liuk pada bagian bawah kolam dengan kepala naga yang menjulang ke atas jembatan. Dilihat dari bentuknya, naga tersebut diambil dari mitologi Tiongkok bukan dari mitologi Eropa pada umumnya.

Saat berkunjung di taman ini, pengunjung akan disambut dengan keindahan bunga yang berwarna warni nan indah yang mana didominasi oleh bunga Bougenville. Maka tidak mengherankan jika di taman tersebut terdapat lebih dari 46 jenis bunga Bougenville yang tumbuh dan berkembang. Bunga Bougenville merupakan tanaman yang memiliki batang kecil dan arah tumbuhnya tidak bisa tegak. Dan daya tarik bunga satu ini terletak pada bunganya yang memiliki warna cerah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bengkayang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bunga Bougenville pada saat bermekaran, akan merontokkan sebagian daunnya sebagai pertanda bung akan mekar. Nama dari Bougenville sendiri merupakan nama yang diberikan oleh seorang ahli botani bernama Philibert Commercon. Dimana pada saat itu ia ikut ekspedisi mengelilingi dunia menggunakan kapal yang dipimpin oleh Louis Antoine de Bougenvilile. Dan di Indonesia, kata Bougenville populer untuk merujuk kepada bunga kertas.

Jenis Bunga yang Berada di Taman Bukit Bougenville

Jenis Bunga yang Berada di Taman Bukit Bougenville

Image Credit: Travsharing.com

Pengunjung selain bisa menikmati keindahan bunga Bougenville juga bisa menikmati tanaman lainnya seperti Anggrek Hitam khas Kalimantan, Anthurium, Sri Rejeki atau Algonema, beragam jenis Nephentes atau Kantung Semar, Anggrek Kuping Gajah, serta jenis tanaman lainnya. Sri rejeki sendiri merupakan jenis tanaman biasa yang tumbuh di kawasan hutan hujan tropis, dimana hutan tersebut umumnya berada di sekitar garis khatulistiwa.

Ciri khas yang dimiliki tanaman Sri Rejeki yakni memiliki akar serabut dengan batang yang tidak terlalu memiliki kambium seperti pohon keras. Sementara daun Sri Rejeki terlihat berbentuk menyirip dengan beberapa turunan yang telah dikembangkan, sehingga dapat menambah tingkat kecantikan tanaman tersebut. Sedangkan Anthurium sendiri merupakan tanaman yang sangat digemari oleh sebagian pecinta tanaman hias.

Secara alamiah, tanaman ini hidup dengan menempel pada tanaman lainnya. Akan tetapi tanaman ini tidak bersifat parasit atau mengambil sari makanan dari inang yang ditempeli. Oleh karena itu Anthurium juga bisa tumbuh di permukaan hutan meskipun tanpa harus menempel dengan tumbuhan lain. Yang menarik dari tanaman satu ini yakni daunnya yang terlihat unik. selain itu sebagian besar Anthurium memiliki daun yang berwarna hijau dengan urat daun yang menonjol.

Lokasi & Fasilitas di Taman Bunga Bukit Bougenville

Lokasi & Fasilitas di Taman Bunga Bukit Bougenville

Image Credit: Pariwisata.singkawangkota.go.id

Lokasi pasti dari taman bunga Bukit Bougenville terletak di desa Sijangkung, kota Singkawang, Kalimantan Barat. Dimana taman tersebut hanya berjarak 6 kilometer dari pusat kota Singkawang. Sehingga untuk menjangkau lokasi tempat wisata satu ini, pengunjung hanya membutuhkan perjalanan dalam waktu 15 menit. Akses untuk menuju taman bunga satu ini sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama dari pusat kota Singkawang.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain itu, di taman bunga Bougenville juga memiliki lokasi yang strategis. Dimana taman bunga tersebut berlokasi di lembah yang menghadap ke arah gunung Passi, dan juga dikelilingi alam pedesaan yang asri. Tidak lupa, di taman tersebut juga disediakan track untuk pejalan kaki. Sehingga pengunjung yang gemar dengan petualangan dapat merasakan suasana hutan yang dapat menghadirkan suasana tersendiri.

Di taman bunga tersebut, selain dapat menikmati keindahan bunga Bougenville dan bunga lainnya. Ternyata kawasan wisata tersebut telah memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas, pondok pondok untuk bersantai, mushola, rest room, hingga kolam renang mini yang tersedia untuk pengunjung yang membawa anak. bahkan di taman tersebut juga terdapat hutan homogen yang dikenal dengan ‘Area Super Sejuk’

Memiliki Nuansa Sejuk dari Hutan Homogen

Memiliki Nuansa Sejuk dari Hutan Homogen

Image Credit: Pariwisata.singkawangkota.go.id

Area ini merupakan wilayah yang paling disukai oleh pengunjung taman bunga Bukit Bougenville. Kawasan tersebut memiliki nama Area Super Sejuk karena wilayahnya yang dipenuhi dengan rerimbunan pohon gaharu. Maka tidak mengherankan jika area tersebut mendapatkan julukan super sejuk. Menariknya di area ini, selain bisa menikmati udara yang sejuk. Para wisatawan juga bisa memanfaatkan area hutan homogen sebagai tempat foto pre wedding atau foto bersama keluarga.

Seperti yang diketahui jika Area Super Sejuk terdiri dari pepohonan gaharu. Pohon tersebut merupakan pohon industri, dimana getahnya yang memiliki bau harum sering dimanfaatkan untuk kebutuhan industri parfum. Daun pohon gaharu yang rimbun menjadikan hutan homogen tersebut menjadi sejuk meskipun matahari sedang sangat panas. Dalam taman  bunga Bukit Bougenville, ternyata juga terdapat sebuah danau buatan.

Dimana danau buatan ini dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk merasakan sensasi berpetualang, dengan menggunakan perahu kecil ataupun kano dan di antara rimbunnya pohon pohon yang tumbuh dengan subur. Selain dapat menikmati keindahan taman bunga dan hutan homogen, pengunjung juga bisa melakukan kunjungan ke kebun buah. Dimana tanaman buah yang berada di taman bunga tersebut merupakan buah buahan yang sering dijual oleh pedagang di Singkawang.

BACA JUGA:  44 Tempat Wisata di Pulau Kalimantan Borneo yang Paling Terkenal

Saat berkeliling di kebun buah, pengunjung akan bisa menemukan koleksi tanaman buah seperti durian, belimbing, alpukat, dan juga rambutan. Jika pengunjung telah selesai berkeliling di taman bunga Bukit Bougenville. Yang memiliki hobi berkebun dan menanam bunga, atau sekedar ingin mengoleksi bunga. Bisa membeli langsung bibit bunga yang ada di rumah kaca taman tersebut. Harga dari bibit bunga yang ada, tergantung variasi dari jenis bunga yang ingin dibeli oleh pengunjung.

Untuk yang menggemari bunga terutama bunga jenis Bougenville, tidak ada salahnya jika mengunjungi taman bunga Bukit Bougenville pada saat berkunjung ke Singkawang. Di taman bunga ini juga memiliki koleksi tanaman lainnya, bahkan juga ada hutan homogen di area taman bunga. Fasilitas yang ditawarkan di taman bunga ini, tentu saja sangat lengkap. Bahkan juga ada sebuah kolam mini untuk pengunjung yang membawa anaknya. Semoga informasi ini bermanfaat.