Kalimantan Timur

Taman Borneo, Wisata Alam Andalan Kota Samarinda

Siapa yang tidak kenal dengan Taman Borneo ? Destinasi yang menyuguhkan pemandangan alam asri, dimana pengunjung akan mendapatkan wawasan tambahan. Tersedia banyak wahana seru yang bisa dicoba di Taman Borneo, dijamin liburan Anda lebih berkesan.

Lokasi: Jl. Bontang-Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.
Map: Cek Lokasi

Berlibur ke kota Samarinda, jangan lupa masukkan Taman Borneo dalam daftar kunjungan berikutnya. Dijadikan sebagai destinasi wisata andalan, dimana pengunjung kan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu memanjakan mata. Dikelola dengan mengutamakan wawasan lingkungan dan dilengkapi dengan aneka fasilitas, dijamin Anda tidak akan merasa bosan mengunjunginya. Sebelum bertolak menuju lokasi wisata taman, mari mengenalnya lebih dalam lewat ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Borneo

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Borneo

Image Credit: Tribunnews.com

Sebelum diberi nama Taman Borneo, dahulunya destinasi wisata ini diberikan nama Kebun Raya Universitas Mulawarman Samarinda (KRUS). Sempat tutup sejak Maret 2017 lalu akibat beberapa faktor, namun setahun kemudian taman ini dibuka kembali dengan menghadirkan nuansa baru dan fasilitas yang jauh lebih lengkap. Sejak pergantian nama, pengelolaannya pun diambil alih dari Universitas Mulawarman ke pihak swasta.

Sayangnya eduwisata ini tidak terlalu ramai seperti dahulu, padahal banyak hal baru yang diekspor lebih jauh. Walaupun jumlah pengunjung mengalami penurunan, tidak menurunkan antusias pengunjung untuk berlibur kesana di kemudian hari. Bahkan destinasi wisata favorit ini terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung di akhir pekan dan hari libur panjang tiba, walaupun tidak lagi seperti dulu.

Demi meningkatkan kepuasan pengunjung, pihak pengelola terus melakukan pembangunan di beberapa sudut wisatanya. Hal ini terlihat dari jalan akses menuju museumnya yang tampak lebih terawat, karena rerumputan serta tanaman liarnya sudah dibersihkan. Alhasil jalan menuju kesana terlihat lebih terawat dan indah, sehingga pengunjung pun merasa senang ketika menyusuri area tersebut.

Jalan menuju museumnya memang terlihat lebih segar dan menarik dibandingkan sebelumnya, namun isi dari museumnya sendiri belum mengalami perubahan namun tetap menarik dikunjungi. Ketika memasuki museumnya, pengunjung bisa melihat fosil kayu yang diperkirakan berusia ribuan tahun. Bukan hanya itu saja, karena ada beberapa peninggalan lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikulik lebih dalam.

Beberapa peninggalannya yaitu banyaknya jenis kayu yang terpampang rapi, dokumentasi tentang bagaimana cara mengangkut kayu berusia ribuan tahun tersebut, hingga bagaimana cara memotong kayu di masa lalu. Selain menyuguhkan aneka macam kayu, di tempat ini pula pengunjung bisa melihat aneka jenis hewan yang diawetkan. Bukan hanya dijadikan hiasan semata, namun pengunjung bisa melihat informasi singkat terkait hewan tersebut.

BACA JUGA:  Museum Mulawarman, Objek Wisata Edukasi & Bersejarah di Kutai Kartanegara

Diharapkan dengan adanya museum ini, para pengunjung bisa mendapatkan wawasan baru tentang Kalimantan Timur serta bagaimana masa kejayaan Kalimantan di sektor perkayuan di masa lampau. Jika umumnya museum tampak membosankan, justru disini pengunjung merasa betah berlama lama untuk membaca semua informasi yang disajikan. Sejauh ini, museum unik satu ini banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran melihat kemegahan kayu di masa lalu.

Museum satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu daya tarik utama dari Taman Borneo. Sebab disinilah pengunjung bisa melihat proses pengangkatan kayu yang masih mengandalkan tenaga kuda untuk bisa memindahkan satu balok kayunya. Selama disini pula, wisatawan dapat melihat gergaji yang bisa digunakan untuk dua orang ketika menebang pohon. Semua barang tersebut kini sudah dimuseumkan dan dirawat agar tetap terjaga.

Belum cukup sampai disana, beberapa kandang yang dulunya sempat diisi oleh berbagai jenis satwa nantinya akan difungsikan kembali. Sayangnya kandang tersebut tidak lagi dihuni satwa liar yang sudah mulai langka, melainkan aneka jenis satwa yang mudah ditemui di sekitar saja. Sedangkan para satwa liar yang sudah langka seperti orang utan dan beruang madu, nantinya tidak akan dikandangkan.

Rute dan Harga Tiket Masuk Kawasan Taman Borneo

Rute dan Harga Tiket Masuk Kawasan Taman Borneo

Image Credit: Maps.google.com @m ichsan-ul m

Tertarik mengunjungi Taman Borneo dalam waktu dekat ? Silahkan saja meluncur ke Jalan Bontang, Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Termasuk wisata populer, rasanya cukup mudah untuk menemukan lokasi Taman Borneo. Agar tidak tersesat, silahkan meminta bantuan dari aplikasi canggih ataupun meminta bantuan dari masyarakat sekitar.

Siapa yang bilang jika berwisata ke suatu tempat akan mengeluarkan anggaran besar ? Dengan berwisata ke Taman Borneo, pengunjung hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 50 ribuan saja untuk setiap orangnya. Sedangkan di hari libur, harga tiketnya sedikit lebih tinggi namun rentan perbedaanya tidak terlalu jauh. Namun perlu ditekankan bahwa harga tiketnya bisa saja berubah kapanpun, sehingga tidak ada salahnya membawa dana lebih.

Pengunjung tidak perlu menunggu waktu libur untuk bisa berkunjung kesana, karena destinasi wisata satu ini siap menyambut wisatawan setiap hari termasuk hari libur (Minggu). Khusus untuk hari Senin hingga Sabtu, Taman Borneo buka sejak jam 9 pagi hingga 5 sore. Agar acara berlibur terasa lebih puas, sebaiknya datang sejak pagi agar tidak ada satupun wahana yang terlewatkan.

BACA JUGA:  Wisata Seru ke Agrowisata Beruang Madu Balikpapan

Aktivitas Menarik Selama Berada di Taman Borneo

Aktivitas Menarik Selama Berada di Taman Borneo

Image Credit: Edelweisme.blogspot.com

Segudang aktivitas seru bisa dilakukan di Taman Borneo mulai dari menyaksikan berbagai koleksi satwa di tanah seluas 5 ha, miniatur rumah hobbit yang kerap dijadikan spot foto kekinian, menyusuri jembatan cinta bersama dengan pasangan, mencoba keseruan jembatan cinta, menikmati keindahan dermaga cinta dengan menaiki perahu bebek, photobooth, hingga menemukan spot kekinian untuk berfoto ria.

Apabila ingin mencoba berbagai wahana yang ada, sebaiknya membawa dana lebih banyak karena setiap wahananya akan dikenakan biaya tambahan. Namun tidak perlu takut isi dompet akan ludes seketika, karena harga untuk setiap wahananya tidak akan menyiksa isi kantong. Dibanderol mulai dari harga 20 ribuan, dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan pengalaman tak terlupa sepanjang masa.

Selain ada beberapa wahana berbayar, tidak ada salahnya mencoba aneka macam wahana gratis yang tidak kalah menarik. Semua wahana yang ada, dijamin membuat hari libur Anda menjadi lebih berwarna sekaligus menghapus rasa penat di pikiran. Masih di tempat yang sama, Anda bisa menemukan berbagai spot kekinian untuk menghasilkan foto ciamik sehingga pengunjung enggan melewatkannya begitu saja.

Selama berada disana, wisatawan bisa melihat jenis satwa liar khas Kalimantan. Semua satwa tersebut ditempatkan di beberapa kandang dan dikelompokkan sesuai dengan jenisnya. Bahkan terkadang mereka tampak menyapa para pengunjung dengan memperlihatkan aksi menggemaskan. Aksi tersebut mengundang rasa ingin mengabadikan momen berlibur disana tanpa ada yang terlewatkan sedikitpun.

Selagi berada di kawasan wisatanya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka jajanan lezat yang banyak ditawarkan di area wisatanya. Banyak menu jajanan yang bisa dipilih sesuai selera, dijamin Anda akan ketagihan untuk mengkonsumsinya. Selain membeli jajanan di beberapa stand pedagang, tidak ada salahnya membawa bekal sendiri apabila ingin lebih hemat. Dengan membawa bekal sendiri, maka menu yang tersajikan sudah sesuai dengan selera Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Borneo

Fasilitas yang Tersedia di Taman Borneo

Image Credit: Tribunnews.com

Berniat menginap agar acara berlibur ke Samarinda lebih puas namun juga tidak terlalu jauh dari pusat wisata ? Beruntungnya Anda bisa menemukan sejumlah penginapan dengan harga bersahabat di kantong, dan secara kebetulan berlokasi dekat dengan Taman Borneo. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan isi kantong. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, sehingga tidak perlu khawatir tidak menemukan hotel terbaik.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selama berada disana, pengunjung dijamin merasa betah berlama lama disana mengingat banyaknya wahana menarik wajib dicoba. Aneka wahana yang dimaksudkan tersebut terdiri dari Museum Kayu, Air Terjun, Mini Boat, Jembatan Cinta, Hobbit House, Bebek Air, Thomas Train, Bebek Air, serta berfoto ria bersama dengan satwa liar. Fasilitas yang diberikan pun tidak kalah lengkap, sehingga semua kebutuhan pengunjung bisa terpenuhi dengan sempurna.

Dari sekian banyak fasilitas yang diberikan, pihak pengelola menyuguhkan fasilitas publik yang siap mendukung program ramah lingkungan dan sepaket dengan edukasi berbasis alam. Masih ditempat yang sama, pengunjung bisa menemukan kawasan khusus yang didesain sedemikian rupa agar terasa nyaman dan aman bagi anak anak. Semua wahananya pun telah dilengkapi dengan protokol keselamatan, sehingga pengujung tidak perlu was was mencobanya.

Semua wahana yang tersedia tidak hanya dihadiri khusus bagi anak anak semata, namun orang dewasa juga bisa mencobanya. Selama berada disana, Anda juga bisa menemukan zona penangkaran khusus untuk mengembangbiakkan aneka satwa maupun pohon endemik. Kehadiran fasilitas ini tentunya berjalan lurus dengan program pelestarian yang ditegakkan di tempat wisata satu ini.

Bukan hanya itu saja, disini pengunjung juga dimanjakan dengan beberapa spot cantik yang bisa menambah koleksi foto Anda. Pengunjung yang tertarik mengabadikan momen berlibur di spot tersebut tidak akan dikenakan biaya tambahan. Hasil jepretannya pun tidak kalah menawan, mengingat latar belakangnya yang berupa pemandangan alam asri yang tampak di setiap mata memandang. Tidak heran jika Taman Borneo banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah.

Taman Borneo bukanlah wisata alam semata, namun disini pengunjung akan mendapatkan wawasan baru terkait dengan lingkungan. Alhasil wisata eduwisata ini kerap dijadikan sebagai destinasi wisata ideal bersama dengan keluarga maupun sahabat terdekat. Selama berada disana, ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan sehingga pengunjung tidak akan bosan mengunjunginya. Ditambah dengan banyaknya fasilitas membuat pengunjung betah berlama lama disana.