Kalimantan Utara

Taman Berlabuh, Destinasi Weekend Favorit Warga Tarakan

Taman Berlabuh di kota Tarakan hadirkan taman rekreasi dengan pemandangan cantik untuk melepas penat, dijamin membuat siapapun merasa betah berada disana.

Lokasi: Karang Anyar, Tarakan Barat, Kota Tarakan.
Map: Cek Lokasi

Berlibur tidak selalu dihabiskan dengan mengunjungi destinasi yang berlokasi cukup jauh dari tempat tinggal, sebab Anda bisa menjadikan taman terbuka hijau seperti Taman Berlabuh di Tarakan sebagai destinasi terbaik untuk mengisi akhir pekan yang terbilang cukup singkat. Suguhkan nuansa menyegarkan berkat banyaknya pepohonan rindang tampak menghasi kawasan tamannya, dijamin wisatawan dibuat betah berlama lama disana.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Berlabuh

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Berlabuh

Image Credit: Youtube.com @thompelica doang

Jika pada umumnya taman menyuguhkan pemandangan asri berupa pepohonan rindang ataupun sepetak tanah yang dihiasi dengan tanaman berbunga semata, maka disini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan laut lepas yang menyejukkan mata. Menjelang sore tiba bahkan kawasan wisata ini pun semakin ramai dikunjungi, karena banyak wisatawan yang tertarik menyaksikan sunset cantik secara langsung.

Selain dijadikan sebagai tempat berburu langit senja, taman terbuka ini pun kerap dijadikan sebagai spot foto kekinian yang sayang untuk dilewatkan. Pernyataan ini pun semakin diperkuat dengan banyaknya wisatawan yang memboyong peralatan tempurnya untuk mendapatkan hasil jepretan menawan. Alhasil Taman Berlabuh pun masuk sebagai wisata dengan spot selfie populer bagi warga Tarakan yang tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya.

Siapa sangka sebelum disulap menjadi taman cantik dan menawan, dahulunya lokasi ini merupakan tempat favorit nelayan untuk menyandarkan aneka jenis kapal berukuran besar. Seiring berjalannya waktu, Pemerintah pun menyadari bahwa lokasi tersebut juga bisa dimanfaatkan maksimal, dan sejak itulah taman terbuka hijau ini pun terlahir sebagai ide terbaik yang kemudian segera direalisasikan.

Walaupun terbilang objek wisata baru, kepopuleran Taman Berlabuh tidak boleh dipandang sebelah mata. Terhitung sejak diresmikan pada bulan Desember 2016 lalu, sejak itu pula taman terbuka satu ini pun begitu ramai dikunjungi wisatawan. Jumlah pengunjung pun mengalami peningkatan signifikan, terutama jika menjelang akhir pekan telah tiba. Dijadikan sebagai destinasi wisata favorit, mengingat nuansanya yang nyaman dan cukup tenang.

Melihat dari fenomena tersebut, dapat disimpulkan bahwa kehadiran taman terbuka hijau ini sebenarnya disambut bahagia oleh masyarakat Tarakan. Sambutan hangat tersebut didapatkan, mengingat minimnya sarana hiburan maupun objek wisata bagi warganya. Diharapkan dengan adanya Taman Berlabuh, warga tidak lagi merasa gelisah untuk mencari tempat menghibur diri ketika pikiran dan tubuhnya merasa lelah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tarakan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Dibalik keindahannya ini, siapa sangka dulunya kawasan taman ini sempat ditutup oleh Pemkot Tarakan dalam jangka beberapa minggu setelah diresmikan. Terbilang cukup dini untuk ditutup, ternyata hal ini dilakukan sebagai langkah memperbaiki fasilitas yang ada di dalam tamannya. Ternyata kerusakan taman diakibatkan aksi vandalisme oleh orang yang kurang bertanggung jawab, sehingga mau tidak mau Pemkot harus menutupnya kembali hingga berhasil pulih.

Bukan hanya ditemukan aksi vandalisme di beberapa sudut taman semata, bahkan banyak sekali ditemukan wahana khusus anak kecil dinaiki oleh anak remaja, wisatawan yang berenang di kolam air mancur, hingga aksi membuang sampah sembarangan pun menjadi momok baru setelah taman cantik ini diresmikan. Tentu saja aksi tersebut tidak hanya merugikan pemerintah saja, namun merugikan masyarakat yang sudah menjadikannya sebagai wisata favorit.

Belajar dari kesalahan masa lalu, kini Pemkot Tarakan pun tegas berikan sejumlah larangan ketat bagi siapapun yang berkunjung kesana. Diharapkan dengan adanya peraturan tegas ini, pengunjung merasa lebih nyaman dan bisa merasakan kesenangan ketika berlibur ke taman terbuka tersebut. Beruntungnya kini taman ini pun kembali pulih dan dapat pengunjung pun bisa menikmati waktu liburnya kembali.

Rute dan Harga Tiket Masuk Taman Berlabuh

Rute dan Harga Tiket Masuk Taman Berlabuh

Image Credit: Maps.google.com @rahman jiebeda

Tertarik mengunjungi tempat wisata unik satu ini ? Anda bisa langsung meluncur ke Jalan Yos Sudarso, atau lebih tepatnya berada tepat di samping Dermaga Pertamina Jembatan Besi, Kelurahan Lingkas Ujung, Kota Tarakan. Apabila merasa kesulitan untuk menemukan lokasi wisatanya, silahkan bertanya kepada warga sekitar atau bahkan memanfaatkan teknologi canggih untuk mengantarkan Anda ke tempat yang tepat.

Berwisata ke suatu tempat tidak selalu menghamburkan dana besar. Berlibur ke Taman Berlabuh misalnya, disini pengunjung bisa menikmati waktu senggang tanpa mengeluarkan dana alias gratis. Dapat dikunjungi kapan saja karena dibuka setiap harinya, wisatawan pun dapat mengunjunginya kapanpun diperlukan. Semua fasilitas yang diberikan pun dapat digunakan secara gratis, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak mengunjunginya dalam waktu dekat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Malinau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Aktivitas Seru di Taman Berlabuh Tarakan

Aktivitas Seru di Taman Berlabuh Tarakan

Image Credit: Maps.google.com @nugroho purwo

Jika pada umumnya pengunjung hanya bisa duduk manis di taman, maka disini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru untuk menghidupkan suasana liburan. Sejumlah aktivitas seru tersebut tidak terlepas dari banyak fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola, sehingga pengunjung anak anak hingga orang dewasa pun enggan pergi terlalu cepat sejak menginjakkan kaki di kawasan wisatanya.

Sang buah hati tidak akan pernah bosan menjelajahi taman cantik tersebut, mengingat lokasinya yang cukup lapang dan banyaknya wahana seru untuk dicoba. Mulai dari ayunan, air mancur, hingga kuda kudaan siap memberikan pengalaman baru selama berwisata di Taman Berlabuh. Tidak mengherankan jika taman terbuka hijau satu ini dijadikan sebagai tempat berlibur favorit bersama dengan keluarga ataupun sahabat tersayang.

Selain membawa keluarga, taman cantik satu ini pun dipadati oleh generasi muda yang tertarik mengabadikan setiap momen berliburnya. Bagaimana tidak, karena disini ditemukan sejumlah spot cantik yang membuat hasil jepretan begitu menawan. Objek wisata ini pun kerap dikunjungi mereka yang hobi fotografi, sehingga suguhan keindahannya sudah tidak bisa dipertanyakan kembali.

Penginapan di Sekitar Taman Berlabuh

Penginapan di Sekitar Taman Berlabuh

Image Credit: Agoda.com

Kecantikan Taman Berlabuh ternyata tidak hanya dikenal oleh warga Tarakan saja. Sebab banyak wisatawan dari luar daerah yang bahkan rela datang dari jauh hanya untuk melihat keindahannya dari dekat. Walaupun datang dari tempat yang jauh sekalipun, Anda masih bisa menyaksikan keindahannya hingga puas berkat adanya sejumlah tempat penginapan di sekitar kawasan wisatanya. Alhasil Anda bisa beristirahat sejenak sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan.

Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan isi dompet. Bahkan beberapa diantaranya ada yang menawarkan dengan harga bersahabat di kantong dengan fasilitas memadai. Alhasil Anda pun dapat beristirahat dengan nyaman, berkat pelayanan memuaskan bagi seluruh pengunjungnya. Agar tidak kehabisan kamar, tidak ada salahnya booking kamar sejak jauh hari sebagai langkah antisipasi cerdas.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Cantik Tarakan

Fasilitas yang Tersedia di Taman Cantik Tarakan

Image Credit: Youtube.com @mr. sulaiman

Walaupun taman cantik ini didominasi oleh pengunjung dari generasi muda, pihak pengelola menyadari bahwa jumlah pengunjung yang membawa keluarga tersayangnya tidak kalah banyak. Berangkat dari pengamatan inilah Pemkot Tarakan pun menyuguhkan sejumlah fasilitas lengkap, dengan harapan semua kebutuhan pengunjung bisa terpenuhi dengan baik. Jika fasilitas sudah mumpuni, kemungkinan besar wisatawan merasa betah berlama lama disana.

BACA JUGA:  Rumah Adat Khas Kalimantan Utara

Dan benar saja, kerap ditemukan wisatawan yang menjadikan Taman Berlabuh sebagai tempat terbaik untuk melepaskan penat, ataupun sekedar menjadi tempat pelarian dari padatnya aktivitas harian. Pengunjung pun diberikan pelayanan istimewa, dimana bisa menikmati kenyamanan berlibur tanpa perlu mengeluarkan dana sedikitpun alias gratis. Tidak ditarik sedikitpun dana untuk tiket masuk, lalu fasilitas apa saja yang bisa didapatkan ?

Beberapa wahana yang disediakan demi kenyamanan dan kesenangan pengunjung terdiri dari kolam air mancur, spot khusus bermain sepatu roda maupun skateboard, sejumlah kursi kayu yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai, hingga taman hijau yang menyejukkan mata bisa ditemukan disini. Semua fasilitas tersebut terus mengalami perbaikan demi memuaskan pengunjungnya.

Tidak berhenti sampai disana, pasalnya pihak pengelola menyadari bahwa jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan. Alhasil mereka membutuhkan tempat khusus untuk memarkirkan kendaraan pribadi dengan aman dan nyaman. Berdasarkan kondisi tersebut, pihak pengelola pun mewujudkannya dengan menghadirkan area parkir lapang yang ditambahkan dengan penerangan tambahan sebagai jawabannya.

Jika taman lainnya lebih menarik dikunjungi saat pagi ataupun sore hari semata, maka disini pengunjung bisa datang kapanpun diinginkannya. Sebab area tamannya telah dilengkapi dengan penerangan memadai, sehingga pemandangan sekitar pun tampak lebih cantik berkat balutan sejumlah lampu yang menghiasi Taman Berlabuh. Berkat adanya penerangan tambahan inilah, tingkat kejahatan pun dapat ditekan dengan sangat baik.

Selagi menikmati hembusan angin malam, Anda bisa menyaksikan kecantikan dari air mancur yang telah dilengkapi dengan sorotan lampu di bagian dalamnya. Alhasil cipratan airnya tampak mengeluarkan warna yang begitu menawan hati. Perpaduan antara beberapa warnanya berhasil menarik wisatawan untuk mengabadikannya dengan segera. Tidak mengherankan jika kawasan wisata satu ini tidak pernah sepi dikunjungi bahkan ketika malam hari sekalipun.

Siapa yang tidak tertarik mengunjungi taman terbuka hijau cantik satu ini ? Bukan hanya menyuguhkan suasana tenang dengan pepohonan rindang di setiap sudut tamannya saja, karena di tempat ini pula wisatawan dapat menikmati semilir angin khas pesisir sembari melihat hamparan lautan lepas. Sebagai pengunjung cerdas, silahkan buang sampah di tempatnya demi menjaga kenyaman dan keindahannya tetap terjaga. Selamat berlibur!