Kalimantan Utara

Taman Berkampung, Tempat Seru Berakhir Pekan di Tarakan

Tarakan yang terkenal akan hiruk pikuknya memiliki destinasi favorit Taman Berkampung yang bisa dijadikan pelepas penat untuk berakhir pekan bersama keluarga ataupun teman dekat.

Lokasi: Kampung Empat, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.
Map: Cek Lokasi

Tarakan merupakan salah satu kota di Kalimantan yang terkenal dengan hiruk pikuknya. Namun tak usah khawatir, karena sudah banyak lokasi wisata yang ditawarkan di daerah ini. Salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi saat libur akhir pekan atau sekedar bersantai adalah Taman Berkampung. Tempat asyik untuk dikunjungi ini memiliki daya tarik tersendiri yang bisa dinikmati. Untuk lebih lanjut yuk simak ulasannya seperti berikut!

Daya Tarik yang Ditawarkan Taman Berkampung

Daya Tarik yang Ditawarkan Taman Berkampung

Image Credit: Instagram.com @pilotdronesarungan

Mengisi waktu akhir pekan tidak harus dilakukan untuk berkunjung ke tempat yang jauh. Anda bisa mengunjungi taman seperti di Tarakan. Taman yang diberi nama Berkampung memiliki pesona yang tidak bisa dipungkiri karena kenyamanannya. Tempat ini merupakan taman kota terluas yang dibangun di Tarakan. Ada banyak yang bisa dinikmati jika menghabiskan waktu di taman yang luas ini.

Taman Berkampung sengaja dibangun di lingkungan perkotaan dalam skala besar dan luas untuk bisa dinikmati seluruh masyarakat. Selain dapat menjadi tempat berkumpul dan berkomunikasi secara sosial, taman juga menambah nilai estetika dari sebuah lingkungan. Khususnya di Tarakan, Taman Berkampung menjadi sebuah tempat yang memiliki keindahan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi penduduk sekitar.

Bagi masyarakat kota, taman ini bisa dijadikan andalan untuk menghabiskan liburan di akhir pekan atau sekedar melepas lelah. Pasalnya pohon yang berderet di sekitar dan bangku yang ditata rapi membuat suasana menjadi lebih rileks ketika mengunjunginya. Ditambah lagi dengan air mancur yang berada di tengah juga menambah keindahan yang bisa dinikmati. Untuk itu jika Anda ingin melepas lelah atau sedang ingin bersantai, taman ini dapat menjadi tujuan wisata.

Ukuran yang luas pada Taman Berkampung menjadikan tempat seru yang bisa digunakan untuk sekedar berkumpul bersama keluarga, teman maupun komunitas. Tak berhenti sampai di situ saja, sejumlah fasilitas dibangun untuk menunjang kegiatan pagi para wisatawan yang berkunjung. Termasuk fasilitas umum seperti toilet, tempat ibadah, tempat permainan, hingga tempat makan ada di taman yang indah ini.

Tak hanya berhenti di situ saja, pihak pengelola tidak memungut biaya masuk sepeser pun untuk bisa menikmati keindahan kota Tarakan. Sehingga setiap pengunjung yang datang memiliki kesempatan yang sama bila ingin menikmati suasana di tengah kota dengan pepohonan dan tempat duduk yang nyaman ketika lelah beraktivitas. Hal ini tentu saja akan membuat banyak masyarakat memanfaatkannya untuk sekedar bersantai di pagi maupun sore hari.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tarakan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain itu, kebersihan dari Taman Berkampung juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang menginjakkan kakinya ke tempat yang satu ini. Anda akan melihat suasana taman yang bersih dan tertata rapi di setiap sudutnya. Hal tersebut pastinya akan memanjakan mata Anda saat berkunjung ke taman yang bersih ini. Sehingga wisatawan bisa memanfaatkannya untuk berkumpul bersama ataupun melepas lelah.

Pohon yang berderet di sekitar taman akan membuat Anda memilih tempat yang cocok untuk melepas penat. Meskipun tempat ini memiliki pohon yang ada di pinggiran, namun hal itu tak mengurangi kesejukannya. Terlebih lagi ketika malam hari, maka udara yang semilir dan lampu yang berpijar menambah keunikan dari taman yang satu ini. Lampu yang dipasang sangat bervariasi, sehingga akan menjadi tampilan baru ya bisa didapat dari Taman Berkampung

Fasilitas yang Tersedia di Taman Berkampung

Fasilitas yang Tersedia di Taman Berkampung

Image Credit: Maps.google.com @abdul haris

Fasilitas yang ada di Taman Berkampung tentu saja akan menunjang kenyamanan bagi pengunjungnya. Selain menyediakan area terbuka yang luas, taman ini menyediakan berbagai fasilitas seperti area free wifi, tempat ibadah dan toilet umum. Tak hanya itu saja, di Taman Berkampung juga banyak sekali tenda warung yang menjual makanan, Sehingga Anda pun dijamin terhindar dari rasa lapar meskipun berada di taman seharian penuh.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, maka Anda pun bisa memarkirnya dengan aman di tempat yang sudah disediakan pengelola. Sehingga tidak mengganggu lalu lintas yang ada di jalanan. Selain itu Anda juga dimudahkan dengan sistem yang canggih saat memarkirkan kendaraan yang dimiliki. Pasalnya, pengelola sudah menyediakan sistem e-tiket sehingga keamanan dan kenyamanan Anda akan lebih terjamin.

Apabila Anda berkunjung bersama keluarga tercinta, ada juga fasilitas yang disediakan. Sehingga anak Anda tidak akan bosan saat mengunjungi Taman Berkampung. Sedangkan bagi Anda yang berasal dari luar kota, maka tak perlu khawatir untuk menginap. Karena taman ini berada di tengah kota sehingga akan banyak sekali pilihan hotel atau villa untuk menghabiskan malam di Kota Tarakan ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Malinau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Taman Cantik Tarakan

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Taman Cantik Tarakan

Image Credit: Instagram.com @tarakantourism

Taman Berkampung dibangun di sebidang tanah yang luas untuk digunakan bersenang senang, berkumpul dan bergembira. Ketika Anda berada di taman satu ini, Anda tak hanya akan sekedar duduk santai saja. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di taman kota ini. Mulai dari pagi, Anda bisa melakukan kegiatan jogging di area pinggir taman. Atau bagi yang memiliki hewan peliharaan, Anda juga bisa membawanya untuk berjalan jalan.

Saat memasuki lokasi ini, Anda akan melihat tempat duduk berbahan beton di setiap sudutnya. Ditambah lagi ada air mancur di tengahnya, Anda bisa menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan dari fasilitas tersebut untuk berkumpul dan berbincang bersama orang terdekat. Selain itu, bagi Anda yang ingin mengerjakan tugas atau bersantai, lokasi ini juga sudah menyediakan layanan wifi gratis di area taman.

Jika Anda menyukai kegiatan berpiknik, lokasi ini juga sangat cocok digunakan untuk bercengkerama bersama orang tercinta. Anda bisa membawa bekal dan menggelar tikar di sekitar pohon maupun di area dekat air mancur. Suasana yang menyejukkan dari pepohonan menambah kenyamanan Anda saat beraktivitas di taman ini. Sembari menyantap hidangan yang dibawa dari rumah, Anda bisa melihat keindahan air mancur.

Selain itu, ada juga pegiat UMKM yang berjualan di depan Taman Berkampung. Terdapat berbagai jenis usaha dibidang kuliner yang disediakan pengelola. Anda bisa berwisata kuliner di sini sembari menikmati keindahan Taman Berkampung. Tak sampai di situ saja, Anda juga bisa membungkus makanan untuk dibawa pulang jika tidak ingin menyantap makanan di Taman.

Luasnya taman ini juga tak hanya digunakan untuk ajang berkumpul saja, namun ada juga serangkaian event dari pemerintah Kota yang kerap diadakan di taman ini. Bahkan beberapa kali Taman Berkampung digunakan untuk mengadakan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak hanya itu, beberapa acara tertentu yang membutuhkan lahan lapang juga terkadang menggunakan taman ini karena multifungsinya tempat ini.

Waktu yang Tepat Berkunjung Ke Taman Berkampung

Waktu yang Tepat Berkunjung Ke Taman Berkampung

Image Credit: Twitter.com @dutadl

Apabila Anda ingin mengunjungi tempat ini, maka sebaiknya dikunjungi di dua waktu yaitu pagi atau sore hari. Hal ini dikarenakan ketika mengunjunginya di pagi hari, maka Anda bisa sekaligus berolahraga ketika berada di Taman Berkampung. Bentuk taman yang bulat memutar memudahkan Anda melakukan kegiatan olahraga seperti jalan kaku ataupun berjogging.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Kalimantan Utara Paling Hits Dikunjungi

Selain itu, jika Anda ingin sekedar berkumpul bersama dengan teman, kerabat atau komunitas, maka waktu berkunjung yang tepat adalah sore hari. Anda bisa mendapatkan spot terbaik pada waktu ini jika ingin berswafoto atau mengabadikan momen kebersamaan saat berkumpul di taman ini. Anda juga bisa menikmati matahari terbenam di Taman Berkampung saat menjelang petang.

Namun, jika Anda terlalu sibuk mengunjungi di pagi hari atau sore hari, Anda juga bisa mengunjungi pada saat malam tiba. Pasalnya, ketika menjelang malam, Anda bisa melihat keindahan yang ditawarkan dari air mancur yang berada di tengah kawasan ini. Tak hanya itu saja, saat petang datang maka Anda bisa menyaksikan keindahan lampu yang mulai menyala pada area taman ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Berkampung

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Berkampung

Image Credit: Tribunnews.com

Kota Tarakan tak hanya dikenal sebagai kota penambangan saja, karena kota yang berada di utara Kalimantan ini juga memiliki area terbuka yang wajib dikunjungi. Di antaranya adalah Taman Berkampung yang berlokasi di Jalan Sei Sesayap. Lokasi ini berada di tengah kota sehingga mudah untuk diakses dari mana pun. Selain itu Anda juga bisa mengaksesnya dengan mudah menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Sesuai dengan namanya, lokasi taman yang luas ini berada dua Jalan Sei Sesayap, Kelurahan Kampung Empat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Terletak di pusat kota, membuat siapa pun mudah untuk mengunjunginya. Letaknya yang di pinggir jalan membuat Anda lebih mudah untuk bisa menemukannya. Terlebih, terdapat huruf timbul bertuliskan Taman Berkampung yang cukup besar di depan taman yang menjadi penanda dari objek wisata ini.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berlibur dan menghabiskan waktu di Tarakan, maka tak perlu jauh jauh untuk berwisata. Taman Tarakan dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata yang bisa dipilih untuk melepas lelah. Terlebih lagi, tidak usah mengeluarkan budget karena tidak dipungut biaya saat berkunjung ke tempat ini. Tentu saja akan menjadi salah satu wisata yang paling ampuh untuk Anda jika sedang kelelahan.