Kalimantan Timur

Taman Bekapai, Taman Keren Andalan Warga Balikpapan

Berkunjung ke Taman Bekapai, Anda bisa merasakan sensasi bersantai yang tenang tanpa perlu biaya mahal. Banyak warga Balikpapan yang menjadikan Taman Bekapai sebagai tempat untuk rehat dan melepas lelah.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.
Map: Cek lokasi

Tinggal di kawasan perkotaan yang padat tentu saja akan membuat Anda menjadi jenuh. Untuk itu, Anda pun akan membutuhkan tempat yang memiliki suasana tenang dan cocok digunakan untuk melepas lelah. Saat ini berlibur tidak lagi membutuhkan biaya yang mahal. Salah satu destinasi favorit di Balikpapan, yakni Taman Bekapai hadir untuk menjawab pertanyaan akan jenuhnya kegiatan di kota. Pasalnya, taman yang sejuk dan rindang ini akan membuat Anda bisa melepas stres akan aktivitas harian.

Daya Tarik yang Anda Dapatkan di Taman Bekapai

Daya Tarik yang Anda Dapatkan di Taman Bekapai

Image Credit: Adeproperti.com

Taman menjadi salah satu andalan bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan untuk melepas lelah. Pasalnya pohon pohon yang berdiri sejajar dan bangku bangku yang ditata apik sedemikian rupa akan mampu membuat suasana hati menjadi lebih rileks. Untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk berteduh atau melepas lelah, maka Taman Bekapai dapat menjadi tujuan wisata.

Pasalnya, taman satu ini merupakan salah satu kawasan yang memang dibuat pemerintah untuk memberikan ruang terbuka yang hijau dan juga untuk menjaga kesegaran kota. Tak heran banyak masyarakat Balikpapan maupun pelancong yang sering terlihat mengunjungi taman satu ini. Dengan keindahan yang ditawarkan maka dapat menjadi tempat bagi orang yang lelah untuk melakukan sekedar aktivitas maupun hanya sebagai tempat untuk bersantai.

Dengan adanya ruang hijau yang terbuka ini dapat pula berfungsi sebagai paru paru kota. Hal ini dikarenakan di dalam kota yang memiliki penduduk yang padat, memang diwajibkan untuk memiliki salah satu ruang terbuka hijau. Tentu saja, dengan tujuan agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar dan menghadirkan suasana yang rindang dan sejuk di tengah panas dan macetnya suasana kota.

Sehingga, tingginya polusi udara yang kerap kali dirasakan oleh masyarakat di kota Balikpapan dapat diatasi dengan dibangunnya Taman Bekapai ini. Dengan begitu, jumlah oksigen yang bersirkulasi dengan udara akan otomatis bertambah. Hal tersebut menjadi salah satu fungsi utama didirikannya taman satu ini. Keberadaan taman yang indah ini dapat juga difungsikan sebagai salah satu alternatif bagi warga Balikpapan dan sekitarnya untuk berwisata.

BACA JUGA:  Pantai Lamaru, Objek Wisata Berpagar Cemara di Balikpapan

Terlebih lagi, pemerintah Balikpapan pun tidak memungut biaya masuk untuk menikmati panorama yang ada di dalam taman satu ini. Sehingga setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati santainya duduk di bawah pohon yang rindang ketika telah lelah beraktivitas. Hal ini tentu saja akan membuat banyak masyarakat yang memanfaatkannya sebagai tempat untuk bersantai di kala pagi maupun sore hari.

Daya tarik yang ada di Taman Bekapai ini adalah terletak pada kebersihannya. Ketika menginjakkan kaki ke tempat satu ini, maka Anda akan melihat situasi taman yang bersih dan tertata rapi. Hal ini tentu saja akan memanjakan mata Anda ketika berkunjung ke tempat satu ini. Sehingga, wisatawan bisa memanfaatkan hal tersebut untuk bercengkrama ataupun melepas lelah.

Dengan banyaknya pohon rindang yang ada di tempat tersebut akan membuat Anda bisa memilih tempat yang pas untuk mencari inspirasi. Meskipun banyak pohon yang terdapat di area ini, namun penataan tersebut tetaplah rapi sehingga tidak akan menimbulkan kesan yang berantakan. Terlebih lagi, ketika Anda datang di malam hari maka udara sepoi sepoi dan lampu yang berpijar akan menjadi panorama yang bisa Anda dapatkan di tempat ini.

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Taman Bekapai

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Taman Bekapai

Image Credit: Rukodikontrakandibalikpapan.com

Ketika Anda berada di taman satu ini, maka Anda pun tak hanya akan sekedar duduk duduk saja. Pasalnya, banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan saat berada di tempat wisata ini. mulai dari pagi, maka Anda bisa melakukan jogging di area pinggir taman. Atau bagi Anda yang ingin mengajak hewan peliharaan Anda untuk berjalan jalan, maka tempat ini adalah lokasi yang tepat.

Memasuki lokasi satu ini, Anda akan melihat gerbang akses untuk masuk. Kemudian, akan terdapat dua buah teras yang akan memberikan arahan kepada Anda untuk masuk ke bagian dalam. Bagian teras tersebut diberikan susunan bebatuan yang ditambah dengan semen. Sehingga, Anda pun akan seolah olah sedang berada di kawasan yang cocok untuk refleksi kaki.

Untuk batuannya sendiri, memang sengaja dibuat dengan memakai efek yang sedikit timbul. Sehingga, ketika Anda berjalan jalan kesini maka Anda bisa sekaligus merasakan area refleksi. Dengan begitu, Anda akan bisa berjalan jalan sambil berolahraga tipis tipis ketika berada di area satu ini. Pasalnya, pijatan yang lembut dari bebatuan tersebut akan mampu menyehatkan tubuh Anda.

BACA JUGA:  Hutan Mengrove Margomulyo, Jelajahi Wisata Alam Terbaik di Balikpapan

Tak hanya itu saja, bagi Anda yang ingin bersantai maupun mengerjakan tugas, maka Anda pun bisa memanfaatkan fasilitas wifi yang dimiliki oleh taman ini. Pasalnya, pemerintah telah menyediakan free wifi area dan hotspot gratis yang akan menunjang gaya hidup dari milenial yang tak bisa lepas dengan internet. Bahkan beberapa area di sekitar taman juga memiliki fasilitas free wifi yang bisa untuk dinikmati oleh pengunjung.

Berlanjut jalan jalan di Taman Bekapai, maka Anda juga bisa menemukan sebuah track yang berisi persegi. Pada kedua sisi tersebut, sengaja ditanam berbagai macam tumbuhan yang akan menyejukkan mata. Sebut saja seperti sawit, palem dan juga pohon lain yang memiliki kulit cukup keras. Tak ketinggalan pula terdapat rumput yang menghiasi track tersebut.

Untuk Anda yang senang berfoto, tentu saja terdapat spot foto apik yang bisa untuk Anda dapatkan di tempat wisata satu ini. Adanya salur kawat besi yang melingkari air mancur, tentu saja akan menjadi salah satu lokasi terbaik bagi kamu yang ingin berswafoto. Ikon dari Taman Bekapai satu ini tentu saja tak bisa untuk Anda abaikan begitu saja.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Bekapai

Fasilitas yang Tersedia di Taman Bekapai

Image Credit: Tempatwisatadaerah.blogspot.com

Fasilitas yang terdapat pada sebuah tempat wisata tentu saja akan menunjang kenyamanan bagi pengunjungnya. Selain menyediakan area free wifi, di Taman Bekapai juga banyak sekali tersedia warung yang menjual makanan. Sehingga, Anda pun dijamin akan terhindar dari rasa haus dan lapar meskipun berada di taman satu ini seharian penuh. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, sehingga tidak akan membuat kantong Anda menjadi jebol.

Tak hanya itu saja, bagi Anda yang membawa kendaraan maka Anda pun bisa memarkirkannya di pinggir jalan dekat taman. Sehingga tak akan mengganggu lalu lintas. Sedangkan bagi Anda yang berasal dari luar kota, maka tak perlu khawatir akan tempat menginap. Pasalnya, taman ini berada di tengah kota sehingga akan banyak sekali villa atau hotel untuk menginap yang ada di sekitar Jalan Jenderal Sudirman.

Alamat & Rute Menuju Kawasan Taman Bekapai

Alamat & Rute Menuju Kawasan Taman Bekapai

Image Credit: Adeproperti.com

Kota Balikpapan tak hanya dikenal sebagai kota pelabuhan saja, pasalnya kota padat penduduk ini juga memiliki area hijau yang wajib untuk Anda singgahi. Diantaranya adalah Taman Bekapai yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan. Awalnya, lokasi satu ini merupakan salah satu kawasan padat penduduk. Akan tetapi, setelah kebakaran yang terjadi di Pasar Klandasan, maka Taman Bekapai ini dibangun pemerintah untuk mengisi kekosongan.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Samarinda yang Wajib Anda Coba

Terletak di jantung kota Balikpapan, membuat Anda lebih mudah untuk mengunjunginya. Anda pun bisa datang ke taman ini hanya dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Letaknya yang berada di pinggir jalan membuat Anda lebih mudah untuk bisa menemukannya. Apalagi, terdapat plakat Taman Bekapai yang cukup lebar terpasang di depan taman yang membuat Anda lebih mudah untuk melihatnya.

Waktu yang Tepat Berkunjung ke Taman Bekapai

Waktu yang Tepat Berkunjung ke Taman Bekapai

Image Credit: Wikipedia.org

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, maka ada dua waktu yang pas untuk mengunjunginya, yakni pada pagi dan sore hari. Hal ini dikarenakan ketika mengunjunginya di pagi hari, maka Anda bisa sekaligus berolahraga ketika berada disini. Bentuk taman yang memutar, memudahkan Anda untuk melakukan aktifitas seperti jalan kaki maupun berjogging.

Selain itu, bagi Anda yang ingin melakukan pijat refleksi maka Anda bisa berjalan dengan santai di kawasan bebatuan yang ada di taman ini. Tentu saja, berada di taman ini ketika pagi hari akan bisa membuat Anda merasakan segar dan rindangnya suasana di Taman Bekapai. Anda pun juga bisa membawa sarapan dan berpiknik kecil kecilan di bangku yang ada pada taman.

Namun, apabila Anda terlalu sibuk di pagi hari, maka Anda bisa berkunjung ketika sore hari. Pasalnya, saat menjelang malam, Anda bisa melihat keindahan air mancur yang ada di kawasan ini. Tak hanya itu saja, menjelang malam tiba maka Anda juga bisa menyaksikan satu persatu lampu pijar yang mulai menyala pada area ini. Tentu saja hal tersebut akan menampilkan pemandangan yang sangat mengagumkan.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin berlibur saat di Balikpapan, maka tak perlu jauh jauh. Dengan mengunjungi Taman Bekapai dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa untuk Anda lakukan untuk melepas lelah. Terlebih lagi, tanpa dipungut biaya membuat Anda bisa mengunjunginya setiap hari ketika Anda sedang merasa penat. Tentu saja akan menjadi salah satu wisata yang paling mujarab untuk Anda yang sedang lelah.